Mau Coba Ayam Goreng Kremes yang Umurnya Sudah 30 tahun?

Dengan kerasnya persaingan bisnis, tidak jarang suatu usaha hanya bertahan beberapa tahun saja. Hanya sedikit merek lokal atau asli Indonesia yang tetap bertahan dalam waktu lama. Salah satunya adalah Ayam Goreng Kalasan Borobudur (AGKB) yang sudah berdiri lebih 30 tahun di Jalan Borobudur Jelambar Baru.

Orang seringkali salah sangka, dikira berhubungan dengan candi Borobudur di Jawa Tengah padahal tidak ada kaitannya sama sekali. Saat ini AGKB sudah ada di 5 lokasi. Pertama di pusatnya di Jelambar dan di PHX Bintaro, PHX Grogol, Casa Jardin, Krendang Raya.

Menu Andalan

Ayam goreng disajikan dengan sambal terasi dan lemon cui sehingga aromanya menjadi segar. Didampingi beberapa potong ketimun dan daun kol. Anda juga bisa memesan sayur asem, tahu, tempe, usus, hati, ampela, kepala ayam, pete dan lalap. Nasi pun dapat dipilih. Mau nasi putih atau nasi uduk. Ada beberapa pilihan paket yang terdiri dari nasi putih/nasi uduk + ayam goreng + tahu/tempe. Untuk ayam goreng harganya Rp. 18.500/potong. Anda bisa memilih bagian paha ayam atau dada ayam.

Apabila Anda memerlukan ayam sebagai lauk pelengkap untuk nasi tumpeng, Anda dapat memesan ayam utuh (1 ekor) di AGKB. Harganya Rp. 80.000/ekor, lengkap dengan kremesnya.

Ayam kremes ini biasanya direbus dengan air kelapa pada panci. Khusus di AGKB, ayam melalui proses presto sehingga daging dan tulangnya terasa lunak. Bumbu meresap ke dalamnya secara merata sampai ayam matang. Resep ini sudah ada sejak AGKB berdiri di tahun 1980an. Info Bintaro berkesempatan mewawancarai Evina, salah satu putri pendiri AGKB.

Khusus kremesan yang banyak disuka orang, dibuat dengan mengaduk rata santan bersama dengan tepung sagu, tepung beras, garam, bawang putih, kaldu ayam, kuning telur dan juga air sebanyak 50 ml. Diaduk-aduk semua bahan ini sampai merata. Kemudian dimasukkan dalam minyak panas, kecilkan api dan goreng sampai matang. Setelah matang, ayam goreng disajikan dengan taburan kremesan ini hingga merata. Pengunjung AGKB dapat membeli kremes dengan menambah biaya tertentu. Evina menegaskan bahwa semua bahan makanan dijamin halal dan tidak mengandung bahan pengawet.

Bila ada pengunjung yang mau membawa ayam keluar kota maka Evina menyarankan untuk membeli AGKB yang mentah+bumbu+kremes. Setelah tiba di kota tujuan ayamnya dapat langsung disimpan di freezer.

Minuman

Jenis yang ada di sana tergolong sederhana yaitu teh tawar, teh manis, es teh tawar, es teh manis dan markisa.

Special Order

AGKB juga melayani pesanan khusus untuk pesta kantor atau pesta keluarga seperti ulang tahun atau syukuran dll. Dengan minimum order 50 pax. Dapat dipesan juga via gojek.

Info lebih lanjut:
Ayam Goreng Kalasan Borobudur
PHX Bintaro
Jl. Senayan Utama Blok HJ 1A
Bintaro Sektor 9
HP: 0821 2222 2855

 

(EGS)