Jum. Mei 24th, 2019

Mau Bisnis Sushi? Ikuti Sushi Class for Entrepreneur Bersama Master Chef Setiyaki

Dengan semakin meningkatnya kepopuleran sushi, membuat banyak orang yang ingin belajar membuat sendiri hidangan khas Jepang, ini baik untuk dinikmati sendiri bersama keluarga di rumah maupun membuka usaha sushi. Untuk bisa membuat sushi, Anda bisa menambah wawasan dengan belajar cara membuat sushi di tempat kursus. Tidak heran, tempat kursus membuat sushi banyak bertebaran di mana-mana. Dari yang berkelas hotel, hingga yang berbasis di rumah-rumah tangga.

Namun Anda harus kritis memilih tempat kursus sushi, karena banyak tempat kursus sushi sebetulnya hanya menawarkan tempat kursus yang nyaman, misalnya di hotel-hotel berbintang, yang membandrol biaya kursusnya dengan harga selangit dengan embel-embel pengalaman instrukturnya pernah bekerja di hotel berbintang. Sushi seperti juga makanan Jepang lainnya memiliki teknik pembuatan yang unik, dibalik itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatannya termasuk filosofi yang ada di balik setiap proses yang dilakukan. Banyak orang yang bisa membuat sushi, namun hanya sedikit orang di Indonesia yang betul-betul memahami cara pembuatan sushi seperti di negara asalnya. Salah satunya adalah Master Chef Sushi Armiyanto Setiyaki.

Salah satu Sushi Class oleh Chef Setiyaki yang diadakan di Oshi Sushi Indonesia, PHX Bintaro

Chef Setiyaki, panggilan akrabnya, adalah pemilik dari resto sushi Oshi Sushi Indonesia yang terletak di PHX Bintaro, Bintaro Sektor 9. Sepintas tidak ada yang luar biasa dari penampilan pria ramah dan sederhana ini. Maklum di Indonesia banyak restoran yang menyajikan masakan Jepang seperti sushi, termasuk banyak yang mengklaim menguasai pembuatan sushi seperti asalnya di Jepang, padahal cuma berbekal pengalaman bekerja sebagai chef di sebuah restoran di Indonesia beberapa tahun atau mempelajari dari internet. Namun bila kita menyimak pengalaman Chef Setiyaki, kita akan tahu pengalaman pria pemilik beberapa restoran sushi di Amerika Serikat, Jepang dan Norwegia ini tidak main-main.

Betapa tidak, ia adalah The Best 5 World Sushi Championship yang diadakan di Tokyo pada tahun 2014 yang lalu. Selain itu, ia juga adalah salah satu dari hanya 129 orang di dunia yang memiliki sertifikat untuk menyajikan Omakase, sebuah menu unik di Jepang yang salah satunya terdiri dari sashimi yang terbuat dari ikan fugu yaitu sejenis ikan yang paling beracun di dunia sehingga bisa disantap bahkan menjadi masakan yang sangat lezat. Kakek 2 cucu ini juga adalah member dari All Japan Sushi Master Association dan American Culinary Federation. Belum cukup itu, ia juga merupakan Best Chef of The Shore, Atlantic City, New Jersey, 2011.

Chef Setiyaki mempelajari cara pembuatan berbagai masakan Jepang, termasuk sushi melalui pendidikan formal dan pengalaman praktis di pekerjaannya di berbagai resto di Amerika selama lebih dari 30 tahun. Selain pendidikan formal yang tidak berkaitan dengan kuliner yang ia selesaikan di Jurusan Geologi Universitas Trisakti dan Master Business Administration di Universitas Melbourne, Australia, ia memperdalam pengetahuannya di bidang kuliner dari Culinary Institute of America, New York dan World Sushi Skill Institute, Chiba, Jepang. Pengalaman praktis didapatnya selama ia bekerja di berbagai restoran di Amerika, termasuk salah satunya saat ia bekerja di sebuah restoran yang dimiliki Masaharu Morimoto, seorang ‘dewa’ sushi dan host TV shows terkemuka di Jepang maupun saat ia membangun bisnis restoran seperti yang disebutkan sebelumnya.

BACA JUGA  Bakmi Tops : Kuliner Chinesse Food Halal, Sekali Dicoba Pasti Suka

Baca juga :

http://www.pressofatlanticcity.com/life/mastering-sushi-and-sauce-hard-work-earns-chef-an-international/article_a8052db0-e27f-54c4-ad76-fb3277f9f55e.html

http://blog.caesars.com/atlantic-city/oshi-sushi-sake-is-the-new-go-to-foodie-destination-at-harrahs-resort/

https://www.tripadvisor.co.uk/ShowUserReviews-g29750-d7291355-r279490508-Oshi_Sushi_Sake-Atlantic_City_New_Jersey.html

http://www.hariansuara.com/index.php/2016-04-03-03-37-40/2016-04-03-03-57-51/661-master-chef-berdarah-indonesia-di-atlantic-city

Kepada Info Bintaro, Chef Setiyaki mengemukakan pertimbangannya membuka restoran sushi di Indonesia adalah selain karena ia mencintai Indonesia, ia juga ingin membagi pengalamannya yang cukup panjang di bidang kuliner Jepang kepada masyarakat di Indonesia. Restorannya di Bintaro adalah restorannya yang pertama ia buka di Indonesia. Ia hanya sesekali mengontrol restoran-restorannya di Amerika, Jepang dan Norwegia yang pengelolaannya ia serahkan kepada karyawan-karyawannya di sana.

Nah bagi Anda yang kepingin membuat atau mengembangkan bisnis sushi yang sudah Anda miliki sebelumnya ada kabar baik bagi Anda. Chef Setiyaki bersama Oshi Sushi Indonesia akan mengadakaan cooking class yang diberi nama Sushi Class for Entrepreneur. Cooking class ini akan berlangsung pada hari Sabtu, 18 November 2017 bertempat di Oshi Sushi Indonesia, PHX Bintaro.

Chef Setiyaki mendemontrasikan berbagai teknik pemotongan sashimi kepada Info Bintaro

Cooking class ini akan dibagi menjadi 3 level dalam jam yang berbeda. Calon peserta bisa memilih level yang diambilnya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya yang dimilikinya dalam pembuatan sushi.

Untuk level pemula (Primary Sushi Class), biayanya Rp. 100 ribu per orang dengan durasi waktu 3 jam (pukul 09.00 – 12.00). Disini peserta akan belajar mengenai seni pembuatan sushi, disamping pembuatan dan cara menggulung berbagai jenis sushi (Hosomaki, Uramaki, Temaki dan Onigiri).  Selain itu peserta akan diajarkan cara pembuatan nasi untuk sushi.

Untuk peserta yang pernah membuat sushi dan sudah mengetahui dasar-dasar pembuatan sushi bisa mengikuti level Elementary Sushi Class yang biayanya Rp. 25o ribu per peserta. Level ini akan diadakan pada hari yang sama pada jam 13.00 – 16.00. Pada level ini peserta akan belajar cara penyiapan ikan sebagai bahan sushi yang meliputi salmon, tuna, mackerel, squid dan shrimp. Peserta juga akan diajarkan cara penyiapan sashimi dan pembuatan nigiri.

Sedang bagi peserta yang telah berkecimpung dalam bidang pembuatan sushi, entah melalui pekerjaannya atau sebagai pemilik usaha sushi bisa memperdalam kemampuannya di Advance Sushi Class yang biayanya Rp. 450 ribu per peserta. Tingkat advance ini akan berlangsung pada hari yang sama juga dari pukul 17.00 – 20.00. Di kelas ini peserta akan diajarkan berbagai teknik pemotongan ikan (Blok, Saku dan Neta), teknik pemotongan sashimi (Hikizukuri, Hirazukuri, Sogizukuri dan Usuzukuri), teknik pemotongan Aisasa, penyajian sushi dan teknik pengasahan pisau masak Jepang.

BACA JUGA  Nikmatnya Kopi Asli Indonesia Dengan Suasana Kedai Kopi di Laku Kopi

O ya, karena pertimbangan efisiensi dalam pengajaran untuk peserta setiap levelnya dibatasi maksimum 25 orang. Yuk buruan daftarkan diri Anda, kapan lagi bisa belajar pembuatan sushi dari seorang ‘sensei’ sushi dunia dengan biaya yang sangat terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, hubungi 0812 8778 9710.

 

(ES)

 

 

Baca Juga