Ming. Nov 17th, 2019

Masakan Rumahan Yang Ramah di Kantong

Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, memperkenalkan aplikasi terbarunya bernama “Madhang.id”. Aplikasi ini dibesut dengan tujuan untuk mempromosikan masakan rumahan khas Indonesia. Dalam keterangan resmi Madhang, dijelaskan aplikasi diciptakan khusus bagi para pecinta kuliner yang ingin mencari makanan khas keluarga Indonesia. Kaesang percaya bahwa di setiap keluarga pasti memiliki resep rahasia yang dijaga turun temurun. Bagaimana dengan keluarga Anda?

Masakan rumahan adalah masakan yang dibuat oleh sang ibu di rumah. Sebagai seorang ibu, tugas dan tanggung jawab yang dipikul memang sangat besar. Tidak hanya mengurus rumah saja, tetapi juga harus memastikan kebutuhan gizi dan makanan yang dikonsumsi oleh anak anak dan suami harus terjaga.

Memang dengan mudah kita bisa membeli masakan jadi di rumah makan atau restoran . langganan. Tetapi bila kita dapat memasak sendiri masakan rumahan maka kita dapat berhemat untuk pengeluaran sehari-hari.

Beragam masakan rumah yang jamak kita kenal. Mulai dari resep masakan ayam, resep masakan ikan, masakan daging, telur dan masakan rumahan tradisional lainnya. Di bawah akan kita berikan berbagai macam menu masakan sehari hari yang mudah dan praktis cara membuat dan memasaknya.

Mulai resep masakan sederhana yang berbahan dasar sayuran seperti tumis, sayur lodeh, sayur asem dan lainnya. Atau yang menyukai daging ayam, kita bisa juga menyiapkan hidangan menu masakan sehari hari berupa ayam kecap, ayam bumbu rujak, ayam goreng kremes, sop ayam dan sebagainya. Untuk penggemar ikan pun kita bisa membuat resep masakan sehari-hari yang sederhana  dan mudah, seperti pepes ikan, ikan bakar dan lainnya. Tetapi tentu saja, keaneka ragaman dan variasi resep masakan rumahan yang kita buat nanti harus benar benar diperhatikan. Hal ini untuk menghindari kebosanan yang biasanya muncul karena kurangnya variasi hidangan yang kita sajikan di rumah.

Nasi Goreng

Nasi goreng bisa jadi menu utama saat sarapan maupun makan malam. Jadi nggak ada salahnya kamu kuasai resep nasi goreng yang enak. Bair bisa bikinin sarapan romantis buat suamimu kelak, meskipun hanya dengan sepiring nasi goreng.

Telur Ceplok

Telur ceplok kayaknya pas banget deh buat sarapan sang suami sebelum berangkat ke kantor. Cukup waktu lima menit untuk mempersiapkannya.

Tumis

Nah, masakan sederhana yang dapat Anda kuasai dengan mudah adalah aneka tumis. Bisa tumis kangkung, tumis sawi dan sebagainya. bumbunya pun juga cukup simpel seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Contohnya tumis kacang panjang, yang ditambah ayam goreng atau tempe goreng. Bila ribet mengolah bumbu dapur, sekarang dapat dibeli bumbu jadi di pasar swalayan.

BACA JUGA  Aman dan Tenang Selama Mudik dengan Perlindungan Asuransi Mudik Adira Insurance

Sayur Sop

Sayur sop adalah salah satu masakan khas rumahan. Sop ini selain kaya akan jenis sayuran juga cukup mudah membuatnya. Bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, merica, kaldu, gula pasir dan garam cukup Anda masak sampai mendidih baru memasukkan aneka sayuran seperti kentang, wortel, kol, macaroni sampai daging ayam sesuai selera.

Sayur Lodeh

Bumbu buat sayur lodeh ini juga cukup simpel. Cukup bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas dan garam dihaluskan jadi satu. Masak bersama santan hingga mendidih, kemudian masukkan aneka sayuran seperti labu siam, kacang panjang dan terong. Sederhana saja, tapi ini bisa menjadi salah satu alternatif menu makan siang. Anda dapat membawa menu ini ke kantor. Hemat di dompet, kan?

Ayam Kecap

Resepnya cukup simpel dan nggak ribet, Anda dapat menanyakan resepnya ke ibu atau cari resep dari internet.

Perkedel Ayam

Perkedel ayam juga cocok buat makan siang maupun makan malam. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan kentang dan merebus daging ayam cincang. Kemudian campurkan keduanya dengan menambah beberapa bumbu, bentuk bulat pipih lalu goreng sampai matang.

Orak-Arik Sayuran

Dengan mencampurkan berbagai macam irisan sayuran seperti kol, kacang pajang dan wortel ke dalam tiga butir telur kocok, maka akan menghasilkan hidangan yang istimewa seperti orak-arik sayuran ini.

Sayur Asem

Sayur asem ini nikmat sekali disantap bersama sambal terasi atau tempe goreng. Rasanya maknyus!

Aneka Cah

Selama ini, beberapa dari kita mungkin masih bertanya-tanya apa perbedaan dari cah dan tumis. Bahkan, di beberapa restoran, disediakan kedua menu ini dengan menggunakan bahan yang sama, seperti cah kangkung dan tumis kangkung. Nah lho, Anda juga bingung perbedaannya? Yuk baca lebih lanjut untuk tahu perbedaannya!

Bumbu

Cah lebih banyak menggunakan bumbu-bumbu oriental seperti bawang putih dan jahe, sementara tumis cenderung menggunakan bawang putih, bawang merah dan cabai sebagai bumbu yang paling dominan.

Jenis Minyak

Tumis dan cah sebenarnya sama-sama menggunakan sedikit minyak atau margarin untuk menjadikan bahan masakan layu dan matang. Namun, saat membuat cah, ditambahkan pula minyak wijen untuk membuat aroma masakan semakin kuat.

BACA JUGA  Zumba dan Yoga Klinik Ichsan Bintaro pada Acara Car Free Day

Saus Tambahan

Saat menumis, umumnya tidak terdapat saus khusus yang ditambahkan karena bumbu yang digunakan sudah cukup kuat. Sementara itu, terdapat beberapa saus tambahan saat membuat cah, seperti kecap asin, kecap ikan, kecap inggris, atau saus tiram.

Mumpung masih liburan akhir tahun nih, mengapa tidak mencoba membuat masakan rumahan? Selain membuat Anda berhemat, makanan rumahan juga membuat kita yakin bahwa masakan yang kita santap terjamin kebersihannya, bebas bahan pengawet atau penyedap rasa. Sehat, bukan?

 

(EGS)

 

Baca Juga