Masakan Manado Yang Enak dan Murah di Warong Dabu-Dabu

Mendengar nama masakan Manado langsung terbayang berbagai menu khas Manado yang lezat dan berbumbu ‘nendang’. Sebut saja Ayam Rica-Rica, Ayam Bumbu Tuturaga, Sambal Dabu-Dabu, atau Ayam Woku. Belum lagi seperti Bubur Manado atau Panada. Itu baru sebagian kecil dari menu masakan khas Manado yang sudah sangat populer dan disukai, bukan hanya bagi orang-orang asal Manado, melainkan masyarakat non Manado.

Untuk mendapatkan masakan-masakan Manado pun tidak sulit, walaupun tidak di semua tempat kita bisa menemukan gerai masakan Manado. Sayangnya, persepsi tentang masakan Manado dianggap tidak murah, walaupun juga tidak berkategori sangat mahal. Namun berbeda di Warong Dabu-Dabu, disini harga-harga berbagai menunya sangat bersahabat dan tentu saja yang paling penting, enak.

waroeng_dabu_dabu_info_bintaro_1

Warong Dabo-Dabo terletak di Pasar Segar Graha Raya. Berada di sisi utara Blok KA2 No. 17. Jam bukanya dari pukul 07.00-15.00 setiap hari, kecuali hari Senin Warong Dabu-Dabu tutup.

Menu-menu yang disajikan pada umumnya menu-menu yang standar seperti Ayam dan Cakalang Woku, Ayam Rica-Rica, IkanTude, Bubur Manado, Bunga Pepaya, dll. Namun ada juga beberapa menu yang tidak selalu bisa ditemukan di kebanyakan warung makan Manado, seperti Ayam Bumbu Tuturuga atau Pare Cakalang. Semua menu masakan di Warong Dabu-Dabu merupakan menu halal.

Info Bintaro tergoda mencoba salah satu menu yang jarang terlihat di tempat lain dan sangat menggoda selera, yaitu Pare Cakalang. Sesuai namanya, Pare Cakalang menggunakan pare besar yang dipotong-potong menyerupai silinder. Pare yang telah dibuang isinya kemudian diisi dengan campuran tahu giling dan ikan cakalang. Rasa pahit dari pare bercampur dengan gurih ikan cakalang dimasak dengan bumbu rica yang pedasnya sedang, sangat enak dimakan dengan nasi yang masih panas. Tak terasa 4 potong Pare Cakalang pun habis disantap. Yang membuat kami sangat kaget, harganya yang murah. Untuk 4 potong Pare Cakalang cuma berharga Rp. 10 ribu.

waroeng_dabu_dabu_info_bintaro
Pare Cakalang

Tak jauh berbeda, harga menu-menu lain yang terhitung sangat murah. Misalnya Ayam Woku, 1 potong Ayam Woku dihargai Rp. 15 ribu, jauh lebih murah dari kebanyakan tempat makan lain yang membanderol harga Ayam Woku paling murah Rp. 30 ribu untuk setiap potongnya.

Tidak heran karena harga-harga menunya yang murah dan enak, Warong Dabo-Dabo ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Dari pengamatan kami selama bersantap di sini, pengunjung yang datang dan pergi tidak pernah sepi. Walaupun gerai Warong Dabu-Dabu ini cukup kecil, pengunjung bergantian datang sampai mengantri menunggu dilayani. Mungkin itu sebabnya kebanyakan pengunjung datang dan memesan untuk dibungkus.

Warong Dabo-Dabo melayani pesan antar melalui nomor-nomor 0857 6950 0950 (Telp) atau 0813 1082 6631 (WA). Ke depannya, berbagai menu di Warong Dabo-Dabo bisa dipesan melalui GoFood.

waroeng_dabu_dabu_info_bintaro_2
Ayam Woku

 

(ES)

Leave a Comment