Sab. Jan 18th, 2020

Masakan Makassar di Bintaro: Dapoer Mamakoe

Makassar terkenal sebagai salah satu gudang kuliner di Indonesia. Berbagai masakan Makassar digemari bukan saja oleh orang-orang yang berasal dari Makassar melainkan juga dari berbagai wilayah di Indonesia. Berbagai sudut kotanya menyimpan tempat makan enak yang menggugah selera. Tidak hanya memiliki jenis dan macam kuliner yang beragam, akan tetapi banyak orang yang menilai bahwa makanan khas Makassar memiliki rasa yang khas enaknya, sebut saja Sop Konro, Coto Makassar dan Es Pisang Ijo yang banyak digemari dimana-mana.

Tidak banyak tempat makan di wilayah Bintaro dan sekitarnya yang menyajikan masakan Makassar, entah apa sebabnya. Padahal, di Bintaro pastilah tidak kurang penggemar masakan Makassar. Namun di beberapa lokasi kita bisa menemukan tempat makan yang menyajikan menu-menu khas Makassar, salah satunya adalah Dapoer Mamakoe di Culture Kitchen.

dapoer_mamakoe_info_bintaro_1

Dapoer Mamakoe yang dimiliki oleh Ibu Maryam Zulkifli, seorang asli Makassar. Bersama suaminya, ia bukanlah pemula dalam kuliner Makassar. Sebelumnya pada tahun 2007, ia telah membuka gerai di kota Makassar  selama beberapa tahun yang menyajikan berbagai menu khas Makassar yang melayani berbagai kantor di Makassar. Setelah pindah ke Bintaro, berbekal pengalamannya selama di Makassar, ia sempat membuka gerai di dekat rumahnya di Villa Bintaro Regency dari tahun 2012-2013.

Dibukanya Culture Kitchen membuatnya berpikir untuk memperluas pasarnya tidak hanya di seputar Villa Bintaro Regency namun juga untuk wilayah Bintaro dan sekitarnya. Jadilah semenjak awal Oktober 2016 gerai Dapoer Mamakoe buka dan melayani selera masyarakat di Bintaro.

Untuk mempertahankan keaslian cita rasa khas masakan Makassar, Ibu Maryam tidak mau menyerahkan kepada asistennya untuk memasak. Ia memasak sendiri berbagai masakan Makassar di rumahnya, sebelum dibawa ke gerainya. Baginya, rasa tidak bisa bohong. Karena ia memang asli berasal dari Makassar, ia paham sekali dengan bumbu-bumbu racikan masakan Makassar yang pas. Untuk itu, beberapa bahan masakannya ia datangkan langsung dari Makassar, sebut saja tauco Makassar sebagai bahan campuran Coto Makassar, atau asam mangga. Dari pengalamannya, rasa dan aroma masakan yang dibuatnya akan berbeda bila menggunakan bahan-bahan asli dari Makassar, ketimbang menggunakan bahan-bahan yang dibeli di pasar-pasar seputar Bintaro.

BACA JUGA  Berburu Gudeg di Bintaro: Gudeg Jogja Bu Umi

dapoer_mamakoe_info_bintaro_2

Menu-menu yang disajikan oleh Dapoer Mamakoe merupakan menu-menu khas Makassar yang sudah umum dikenal, seperti Coto Makassar, Sop Konro, Es Pisang Ijo dan Es Pallubutung. Bahkan Dapoer Mamakoe juga menyediakan Pallumara dan Pallubassa, 2 menu masakan khas Makassar yang belum tentu ada di semua tempat makan yang menyajikan menu-menu Makassar.

Dapoer Mamakoe dapat melayani pemesanan dimana pengunjung datang dan mengambil sendiri pesanannya maupun pemesanan di lokasi pelanggan dengan kemampuan sampai dengan 100 porsi. Selain itu, Dapoer Mamakoe juga terbuka untuk acara-acara seperti arisan, dll.

Dapoer Mamakoe buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00, kecuali hari Senin libur. Untuk pemesanan dapat menghubungi ke 0813 1826 6526.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan