Mari Mengenal Fignet Spinner Mainan Kekinian

Akhir-akhir ini pasti Anda mengenal mainan yang kerap dimainkan anak-anak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ia adalah mainan fignet spinner. Mari mengenal lebih lanjut mainan kekinian ini.

Fidgetting atau Fidget adalah tindakan bergerak secara tidak sadar yang diakibatkan kegelisahan, kebosanan atau kombinasi dari semua itu, penyebab dari fidget disebabkan oleh gen atau oleh alam bawah sadar.

Fidgetting sering kali dilakukan dengan jari yang melibatkan rambut, barang yang berada di sekitarnya atau pakaian, dan juga melibatkan pergerakan kaki yang berulang kali.

Nah, Fidget Spinner diciptakan untuk mengurangi kebiasaan di atas. Fidget Spinner pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger pada tahun 1996. Dengan mainan unik ini, Catherine A Hettinger berharap bisa mengurangi kebiasaan buruk seseorang seperti mengigit kuku atau menghilangkan rasa bosan ketika sedang tidak ada kerjaan.

Cara memainkannya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu memegang mainan dengan dua jari lalu memutarnya. Kamu pun akan merasakan sensasi nikmatnya Fidget Spinner yang sedang berputar.
Bagi Anda yang baru membeli mainan hits ini, bisa menyimak banyak video triknya di youtube di antaranya:

Outlet Penjualan

Saat ini Fignet Spinner banyak dijual di toko online dan sosial media seperti  Instagram Master Signore, Instagram InfigetID, danInstagram Spinner_Jkt. Tertarik untuk mencobanya?

Manfaat

Ada beberapa manfaat dari bermain fignet spinner. Pertama, melatih otak kiri dan kanan. Dengan gerakan fidgetting yang teratur dapat meningkatkan kemampuan belajar. Kedua, mengurangi kebiasaan duduk berjam-jam. Ketiga, ada penelitian yang menyebutkan bahwa permainan ini meningkatkan memori dan kreativitas. Gerakan fidget sebanyak 250 ketukan per menit ini dapat pula membantu memperlancar peredaran darah. Terakhir, fidgeting dapat menambah kemampuan memori, menurunkan tingkat kortisol serta mengurangi hormon stres.

Bahaya Fignet Spinner

Di balik kepopuleran permainan ini, ada beberapa resiko yang patut diwaspadai. Spinner impor murah, berisiko pada anak-anak, kualitasnya yang rendah membuat mainan tersebut rentan pecah menjadi bagian kecil sehingga mudah tertelan.

Beberapa versi spinner yang memiliki sudut tajam juga dianggap berbahaya dan berpotensi melukai penggunanya saat diputar. Petugas standar perdagangan Inggris bahkan telah menyita 800 spinner yang diimpor dari Cina melalui bandara Heathrow. Mereka menemukan peringatan tentang bahaya tersedak pada mainan tersebut.  Otoritas standar perdagangan di Inggris telah mengeluarkan peringatan keras tentang peredaran fidget spinner. Spinner impor murah, berisiko pada anak-anak, kualitasnya.

Bila Anda sudah memiliki fignet spinner ini, akan lebih baik bila Anda mengawasi saat anak Anda bermain fignet spinner agar tidak terluka atau menelan potongan fignet spinner ini. Jadilah orang tua yang bijak mengawasi permainan anak-anaknya.

 

(EGS)

Leave a Comment