Mari Mengenal Dharmayatra Dalam Agama Buddha

Di Indonesia ada beberapa agama yang dianut di antaranya adalah agama Budha. Dalam artikel ini kita akan membahas soal Dharmayatra yang merupakan ritual untuk menghormati tempat-tempat yang disucikan atau disakralkan.

Tempat yang disucikan atau disakralkan tersebut memiliki latar belakang istimewa seperti makam orang-orang suci, tempat menyimpan relik para arahat atau para suci, tempat bersejarah dalam perjalanan hidup Buddha, tempat bersejarah dalam pembabaran Dhamma, dan candi-candi. Hal tersebut dapat dijadikan motivasi bagi umat dalam mempraktekkan Dhamma serta meningkatkan pengetahuan mengenai nilai-nilai spiritual Buddhis dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan dharmayatra di antaranya adalah:

  • Meningkatkan pengetahuan terhadap tempat-tempat yang disakralkan dalam agama Buddha;
  • Menumbuhkan keyakinan dalam melaksanakan Dharma;
  • Mewujudkan kader generasi muda khususnya umat Buddhis yang berkualitas dalam membimbing umat dalam melaksanakan Dharma;
  • Menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya nilai-nilai luhur peninggalan bersejarah;
  • Turut melestarikan cagar budaya.

Dasar Dharmayatra dalam Agama Buddha

Kegiatan dharmayatra merupakan mengunjungi obyek-obyek yang disakralkan dan sebagai wujud penghormatan terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah dalam agama Buddha. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan motivasi umat Buddha agar selalu berbuat kebajikan. Adapun dasar-dasar yang mendasari kegiatan dharmayatra adalah dasar yuridis dan teologis.

Keluarga Mahasiswa Hindu Budha (KMHB) PKNSTAN

Acara tahunan KMHB kali ini mengangkat tema “Tat Twam Asi, Filosofi Dalam Empati” berlokasi di daerah Semarang, Jawa Tengah. Mereka akan melakukan ngayah (Kata ngayah secara harafiah dapat diartikan melakukan pekerjaan tanpa mendapat upah) dan memberikan donasi terhadap beberapa Pura dan Vihara pada tanggal 25-27 Mei 2018.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat, 25 Mei 2018 sampai dengan Minggu, 27 Mei 2018, bertempat di Semarang, Jawa Tengah. Adapun alasan memilih Semarang sebagai tempat pelaksanaan Dharmayatra 2018 adalah masih banyak masyarakat di sana yang memiliki semangat dalam menjalankan kegiatan keagamaan namun tidak memiliki fasilitas pendukung dalam menjalankan kegiatannya. Berdasarkan hasil survey kondisi dan situasi di Pura dan Vihara di daerah tersebut sangat membutuhkan bantuan.

Dalam rangka kegiatan Dharmayatra ini, Keluarga Mahasiswa Hindu dan Buddha PKNSTAN membuka donasi yang akan disalurkan ke ketiga tempat yang akan dikunjungi tersebut. Donasi dapat berupa uang tunai maupun barang seperti buku bacaan, alat-alat persembahyangan,dan keperluan lainnya yang dibutuhkan.

Donasi berupa barang dapat dikirim melalui alamat yang akan diberikan narahubung. Donasi berupa uang tunai dapat disalurkan melalui nomor rekening : 0521 01 012191 50 0 (BRI) a.n. Keluarga Mahasiswa Hindu Budha.“Ribuan lilin dapat dinyalakan dari satu lilin dan nyalanya tidak akan berkurang. Begitu pun kebahagiaan tidak akan pernah berkurang walau dibagi-bagi” -BuddhaSegala pertanyaan dapat ditanyakan melalui narahubung: 082144134833 (Fitri)Id line: fi3ani123 081238500275 (Vira)Id line: virasonia

Info Lebih Lanjut:
🌐: www.kmhbstan.org
✉: stankmhb@gmail.com
OA: @APW9914N
IG & Twitter: kmhbstan
Facebook: Kmhb Pkn Stan

(EGS)