Sel. Sep 17th, 2019

Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

Kekayaan budaya dan tradisi Jambi tidak lepas dari keunikan baik Jambi yang mempunyai kekhasan motif dan warna yang pada umumnya berwarna dasar cerah seperti merah, biru, hijau dan kuning. Motif khas batik Jambi memiliki karakter yang berbeda dari batik yang ada di nusantara, motif-motifnya yang terkenal antara lain: Kapal Sanggat, Durian Pecah, Bunga Matahari, Sungai Batanghari, Angso Duo dll.

Bila Anda berkunjung ke Jambi, Anda dapat pergi ke kawasan objek wisata Seberang Kota Jambi. Di sini Anda bisa mengunjungi dan menyaksikan pengrajin batik dengan teknik pembuatan yang masih konvensional, di antaranya Galeri Ibu Asmiah dan Galeri Dua Puteri Ibu Nafisah dan pengrajin lainnya. Ada juga Sanggar Batik Olak Kemang yang menjual batik Jambi dan kerajinan dari batik Jambi.

Bahkan Gubernur Jambi Zumi Zola, mantan artis sinetron, hampir di setiap kesempatan formal, Zumi mengandalkan batik Jambi sebagai busana dinas andalannya. “Batik Jambi dikenal dengan warnanya yang gelap. Motifnya yang terkenal di antaranya durian pecah dan angso duo,” jelas Zumi tentang batik Jambi. Ia memadukannya dengan celana panjang hitam dan sepatu kulit high-top berwarna senada. Tidak ketinggalan Tanjak, ikat kepala khas Jambi, yang menghiasi kepalanya.

Lacak/Tanjak

Lacak/Tanjak adalah tutup kepala suku melayu Jambi yang digunakan pria. Lacak ini terbuat dari kain songket maupun batik dengan motif fatola yang terbentuk “Kepak Ayam Patah”, yang melambangkan sistem kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang pria dalam kehidupan rumah tangga, guna melindungi dan memelihara serta meyakinkan masyarakat menuju kesempurnaan serta kesenangan hidup bersama.

Tengkuluk

Tengkuluk ini berupa tutup kepala wanita dengan menggunakan batik Jambi, di mana simpul lipatan/model yang beragam, dan biasa dipakai oleh kaum wanita dalam keseharian maupun pada acara khusus. Hampir di setiap daerah di Propinsi Jambi, khususnya di pedesaan, kaum wanitanya baik tua maupun mudah masih menggunakan tengkuluk dalam aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA  Tips Sukses Jadi Penyiar Radio ala Gofar Hilman

Info lebih lanjut:
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi
Jl. KH. Agus Salim – Kota Baru, Jambi
Phone/Fax 0741-445054
Email :
mkt.tourismjambi@gmail.com
info@explorejambi.com
Website: www.explorejambi.com

 

(EGS)

 

Baca Juga