Kuliner

Manfaat Petai Cina (Lamtoro) Bagi Kesehatan

Adakah yang mengetahui petai cina? Di daerah Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro atau mlanding. Tanaman yang memiliki nama latin Leucaena leucocephala ini sering dijadikan kudapan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari berbagai sayuran seperti mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal membuat makanan ini sering dijadikan teman berbuka puasa. Ingat…sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Kembali lagi pada bahasan sebelumnya yaitu petai cina, tanaman satu ini merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh baik di daerah tropis. Buat yang belum pernah melihat pohon ini bisa menyimaknya di video berikut https://www.youtube.com/watch?v=Cc3yb7JcBks

Dilansir dari berbagai media, petai cina mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, A, dan B1. Selain itu juga mengandung kabohidrat, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, dan protein. Di samping nutrisi, petai cina memiliki senyawa berupa tanin, flavonoid, dan saponin. Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh petai cina membuat makanan satu ini dapat dimanfaatkan di bidang kesehatan. Adapun manfaat petai cina dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam. Petai Cina baik daun maupun bijinya sering digunakan sebagai sayuran yang enak untuk dimakan.

Tanaman petai cina biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama kambing. Bagian yang dimanfaatkan adalah ranting dan daunnya. Sedangkan batang pohon dari petai cina dapat digunakan sebagai kayu bakar atau bahkan dijadikan sebagai bahan untuk membuat furnitur rumah yang cantik.

Biji petai cina dapat dikeringkan kemudian disangrai dan digiling. Bubuk ini merupakan pengganti dari bubuk kopi. Selain sebagai pengganti kopi, terkadang petai cina juga dijadikan campuran kopi.

Barangkali Anda pun belum mengetahui bahwa petai cina dapat mencegah osteoporosis yakni penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang serta menguatkan kepadatan gigi.

Bagi Anda yang sulit tidur dapat mengkonsumsi petai cina untuk meringankan gangguan insomnia.

Manfaat lain bagi tubuh adalah kandungan vitamin C-nya. Apabila seseorang kekurangan vitamin C, dapat menyebabkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti petai cina. Vitamin C pun dapat mengontrol tekanan darah manusia sehingga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi dan stroke.

Aneka Menu Makanan Petai Cina

Petai cina pun lezat dibuat sayur trancam petai cina yang pas dimakan sama nasi hangat. Kalo di Barat ada salad, Indonesia pun punya menu trancam. Ini maknanya bukan “terancam” lho…. Trancam adalah sajian salad yang terdiri dari daun-daunan atau sayuran mentah bercampur dengan bumbu kelapa. Sekilas mirip urap namun keduanya punya perbedaan mendasar. Dalam urap, bahan sayuran direbus, bumbu kelapa dikukus baru keduanya dicampurkan. Untuk trancam, bahan dedaunan beserta bumbu kelapa semuanya mentah dan biasanya langsung dihidangkan. Mau belajar membuat trancam di rumah? Klik: https://www.youtube.com/watch?v=dPAtLY-C9mc

Pecel Wali Songo

Di samping menu trancam, petai cina ini juga kerap dicampurkan pada menu makanan pecel.

Kali ini Info Bintaro akan mengajak Anda mencicipi Pecel Wali Songo yang ada di Warung Botekan Surabaya di Pasar Modern Bintaro. Di sana memang tersaji beberapa menu khas Jawa Timur seperti Rawon dan Nasi Pecel. Nasi pecel di sana memiliki nama unik Pecel Wali Songo. Sayangnya menu ini hanya dapat dijumpai di hari Sabtu dan Minggu. Bukanya dari jam 08.00-14.30 setiap hari.

Mengapa diberi nama Pecel Wali Songo? Ada 9 lauk di pecel ini seperti petai cina, kecipir, daun kenikir, daun pepaya, tauge, kemangi, bunga kecombrang, timun dan bunga turi. Bertambah lezat dengan beberapa topping di antara nya dendeng ragi khas Jawa Timur (serundeng kelapa) dan tempe semangit.

Baca juga: http://www.infobintaro.com/kangen-dengan-masakan-suroboyo-di-pecel-pincuk-godong-ijo-rasa-kangen-itu-bisa-terobati/

Dendeng ragi (serundeng sapi)

Dendeng ragi adalah makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Umumnya makanan kuliner dendeng ini akan dapat kita temukan dengan mudah pada acara-acara spesial seperti pada acara pernikahan, hajatan, dan lain sebagainya.

Masakan dendeng ini dibuat dengan bahan utama daging sapi yang dipadukan dengan kelapa parut dan ditambahkan dengan bumbu rempa-rempa lainnya. Dendeng ragi sapi ini memiliki cita rasa yang khas gurih yang enak dan lezat untuk dijadikan lauk saat menyantap nasi. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menyukai atau menggemari masakan kuliner yang satu ini. Simak cara pembuatannya di https://www.youtube.com/watch?v=ZLX6oAH8dmc

Tempe Semangit

Meskipun digolongkan sebagai tempe yang sudah mulai membusuk tetapi aromanya yang unik bikin masakan jadi sedap. Dijamin ketagihan!

Tempe yang dikonsumsi umumnya merupakan tempe yang sudah cukup fermentasinya. Ditandai dengan munculnya kapang merata di seluruh permukaannya.

Namun, di wilayah Jawa Tengah dikenal jenis tempe semangit. Nama ‘semangit’ berasal dari kata ‘sangit’ atau aroma smoky atau asap yang kuat. Aroma ini muncul pada tempe yang sudah dibiarkan pada suhu ruang selama sehari setelah tempe ‘masak’.

Warna jamur tempe menjadi kecokelatan hingga butiran kedelai terlihat jelas. Teksturnya menjadi agak basah dengan aroma tajam. Untuk membuatnya caranya mudah. Pilih tempe berbungkus daun pisang dan diamkan di suhu ruangan selama sehari atau 2 hari.

Tempe ini disebut juga tempe bosok atau tempe busuk. Karena sudah over fermentasi. Biasanya tempe ini ditambahkan dengan lodeh yang berkuah santan. Aroma sangit tempe akan larut dalam kuah santan.

Kembali ke menu pecel, di Indonesia memang terkenal dengan beragam pecel seperti pecel lele, pecel belut, pecel kerang, pecel tumpang, pecel Blitar, pecel Madiun, pecel pakis Colo, pical sikai.

Pecel atau pecal adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’. Ada kemungkinan makanan ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan oleh campuran bahan dan tekstur bumbunya.

Pecel juga dapat ditemukan di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Suriname dengan cita rasa yang sedikit berbeda dari pecel di Indonesia karena perbedaan jenis kacang yang digunakan.

Nasi Rawon Nguling

Selain pecal, di tempat kuliner ini Anda dapat menikmati rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur, berupa masakan daging sapi dengan kuahnya yang khas dan pekat karena penggunaan kluwek dalam campuran bumbunya. Ada beragam rawon yang dapat dijumpai di pasaran. Pertama adalah rawon setan yang memiliki kuah hitam pekat dan asin. Sedangkan tipe kedua adalah rawon yang kuahnya tidak begitu hitam pekat dan rasanya campuran manis dan asin. Selain daging sapi ada telor asin, toge kecambah dan kerupuk udang. Rasanya mirip rawon di Warung Rawon Nguling yang ada di Probolinggo, Jawa Timur.

Warung Botekan Surabaya

Warung yang ada di sisi Barat dari Pasar Modern Bintaro ini dimiliki oleh Bapak Heru Santoso, pensiunan Bank Indonesia dan Ibu Ike Sufie H. yang tinggal di Jalan Masjid Darussalam, Ciputat. Di warung yang berdiri sejak bulan Juli 2011 ini Anda dapat menikmati nasi pecel seharga Rp. 15.000 sedangkan nasi rawon dijual Rp. 21.000 dan Anda pun dapat memesan rawon saja seharga Rp. 16.000.

Ayo, buruan mampir ke warung ini karena selama bulan Ramadhan, warung ini akan berhenti operasionalnya. Hanya menerima pesanan khusus bagi Anda yang mau mengadakan acara pertemuan. Minimum order 50 pax dengan pemesanan dilakukan H-3. Untuk pemesanan tersebut dikenakan harga khusus dan ongkos kirim yang dibebankan kepada pemesan.

Di cabang Warung Botekan Surabaya yang ada di Ciputat tersedia ruangan outdoor untuk acara privat berupa saung-saung dan Anda pun dapat menikmati hidangan sambil lesehan.

Info lebih lanjut:
Waroeng Botekan Suroboyo
Pasar Modern Bintaro Jaya Blok KB 60

Facebook: Waroeng Botekan Suroboyo
Instagram: @ Waroeng.Botekan.S

(EGS)

Tags

 

Baca Juga

  • Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat literasi paling rendah di dunia. Minat baca masyarakat Indonesia juga tergolong rendah, yang menyebabkan kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sebagai digital telco company, Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) berupaya untuk memberikan solusi […]
  • Belajar dari Dongeng atau Cerita Rakyat Indonesia

    Belajar dari Dongeng atau Cerita Rakyat Indonesia

    Di jaman modern ini, kebanyakan anak melewatkan waktu luangnya dengan berinteraksi dengan gawai. Kesibukan orang tua dan berbagai hal yang modern membuat keberadaan cerita rakyat atau dongeng tergerus oleh modernisasi. Di sisi lain terdapat cerita rakyat atau dongeng yang merupakan cerita atau hikayat yang berkembang di suatu masyarakat dan memiliki nilai moral atau pelajaran tertentu. […]
  • Alibaba Resmikan Platform Riset Terbuka Luohan Academy

    Alibaba Resmikan Platform Riset Terbuka Luohan Academy

    Alibaba Group bersama para penerima hadiah Nobel dan pakar ilmu sosial terbaik dunia secara resmi membentuk platform riset terbuka Luohan Academy. Institusi ini dibentuk untuk menghadapi berbagai tantangan universal yang dihadapi oleh masyarakat dunia akibat perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Pada awal pembentukannya, institusi ini akan berfokus pada sektor ekonomi digital. Seiring dengan perkembangan […]
  • Menginap dengan Pemandangan Terbaik di Dubai

    Menginap dengan Pemandangan Terbaik di Dubai

    Sektor perhotelan Dubai yang beragam dan dinamis diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan selama beberapa tahun mendatang. Dubai menyediakan kamar hotel terbaik yang ditargetkan akan terisi hingga 35,5 juta per tahun pada 2019, mewakili Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (CAGR) sebesar 10,2% selama 24 bulan ke depan. Menurut studi komprehensif mengenai pasar yang dilakukan […]
  • Hary Wisnu Yuniarta Berbagi Ilmu dan Pengalaman Dalam Bermusik Melalui Pendidikan

    Hary Wisnu Yuniarta Berbagi Ilmu dan Pengalaman Dalam Bermusik Melalui Pendidikan

    Memiliki segudang pengalaman dalam bermusik tidak serta merta membuat Drs. Hary Wisnu Yuniarta, B.Mu, Ed.M.A., keasyikan bermusik. Baginya, berbagi pengalaman melalui pendidikan adalah panggilan jiwanya. Pria yang akrab dipanggil dengan Hary Wisnu ini merupakan kepala sekolah dari World Heritage Music Academy (WHMA), sebuah lembaga pendidikan musik berbasis pop jazz dan etnik, yang berlokasi di Ruko Sentra Menteng […]
  • Mario Suryo Aji Kembali Balapan di Eropa, Siap Banggakan Bangsa

    Mario Suryo Aji Kembali Balapan di Eropa, Siap Banggakan Bangsa

    Mario Suryo Aji kembali mendapat kesempatan berjuang mengibarkan Merah Putih di Eropa. Salah satu pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berusia 16 tahun tersebut siap berjibaku di FIM CEV Moto3 Junior World Championship musim 2020 yang diisi banyak pebalap berbakat dari seluruh dunia. Perjalanan Mario yang memasuki tahun kedua di ajang ini sempat tertunda karena pandemi. […]
  • 50 Tahun Panasonic Manufacturing Indonesia Terus Berkontribusi Tingkatkan Pendapatan Devisa Negara melalui Ekspor

    50 Tahun Panasonic Manufacturing Indonesia Terus Berkontribusi Tingkatkan Pendapatan Devisa Negara melalui Ekspor

    Di tahun 2020 ini, kemitraan Panasonic – GOBEL Indonesia genap memasuki usia ke-60 tahun. Sudah banyak prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih selama enam dasawarsa tersebut. Salah satunya dengan terus mendorong PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) mengembangkan industri elektronik di Tanah Air, baik untuk memenuhi permintaan konsumen domestik maupun memperluas pasar ekspor. Realisasi dari komitmen […]
  • Solusi Pintar Menata Ruang Terbatas

    Solusi Pintar Menata Ruang Terbatas

    Kini semakin sulit mencari rumah atau apartemen yang berukuran luas. Mempertimbangkan ketersediaan ruang terbatas memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi namun juga memberikan tantangan tersendiri dalam hal mendesainnya. Tantangan untuk mendekor ruangan menjadi semakin besar ketika banyak barang dan peralatan kebutuhan rumah tangga yang tidak tepat sehingga membuat ruangan kecil menjadi semakin sempit dan tidak nyaman. […]
  • Dapatkan 5 Keuntungan ini dengan Menjadi Member Informa!

    Dapatkan 5 Keuntungan ini dengan Menjadi Member Informa!

    Tahukah Anda bila di Bintaro terdapat tempat untuk belanja furnitur sekaligus elektronik? Ya, di Informa Bintaro tempatnya. Yang patut Anda ketahui, bila Anda terdaftar menjadi member di Informa Bintaro, Anda akan mendapat banyak keuntungan.  Mulai dari harga spesial member hingga free 100 stars setiap membuka Mobile App Informa. Menurut Bapak Andre, Store Manager Informa Bintaro, […]
  • Intip Persiapan Grand Finalis KDI 2020 Yuk!

    Intip Persiapan Grand Finalis KDI 2020 Yuk!

    Tiga Grand Finalis KDI 2020 siap memperebutkan gelar juara nanti malam. (Foto: MNCTV) Tak terasa, perjalanan panjang para kontestan yaitu Haviz (Dumai), Wahid (Sidoarjo), Gita (Lombok) telah mencapai 3 besar, dan selangkah lagi menuju untuk menjadi bintang dangdut yang dicari oleh masyarakat Indonesia dalam ajang grand final KDI 2020. Pada ajang KDI 2020 ini para […]
  • Kerupuk Renyah Ya Aneka Kerupuk RHR, Bikin Ketagihan

    Kerupuk Renyah Ya Aneka Kerupuk RHR, Bikin Ketagihan

    Pada Bazaar UKM yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang Selatan dalam rangka memperingati hari jadi koperasi ke-69 tanggal 13-16 Oktober 2016, ada lebih dari 100 Usaha Kecil & Menengah (UKM) yang berpartisipasi. Berbagai jenis produk, mayoritas merupakan usaha kuliner, ditampilkan oleh berbagai usaha UKM dan koperasi yang ada di wilayah Tangerang […]
  • Dalam Waktu Dekat Akan Diberlakukan Penyesuaian Tarif Jalan Tol JORR I, Akses Tanjung Priok dan Jalan Tol Pondok Aren – Ulujami, Penyesuaian Tarif Berkisar 1.000-1.500

    Dalam Waktu Dekat Akan Diberlakukan Penyesuaian Tarif Jalan Tol JORR I, Akses Tanjung Priok dan Jalan Tol Pondok Aren – Ulujami, Penyesuaian Tarif Berkisar 1.000-1.500

    Penyesuaian tarif tol pada Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) I, Akses Tanjung Priok (ATP) dan Jalan Tol Pondok Aren – Ulujami akan mulai diberlakukan dalam waktu dekat. Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1522/KPTS/M/2020 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi W1 (Penjaringan-Kebon […]
  • Di Ceger Ada Oleh-Oleh Bogor

    Di Ceger Ada Oleh-Oleh Bogor

    Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’. Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi […]
  • Kepingin Nasi Hainam yang Lezat, di Eastern Kopi Tiam Bintaro Xchange Tempatnya

    Kepingin Nasi Hainam yang Lezat, di Eastern Kopi Tiam Bintaro Xchange Tempatnya

    Pernah bingung mencari sarapan setelah jogging di jogging track Bintaro Exchange Mall? Sekarang tidak lagi. Resto Eastern Kopi Tiam yang terletak di lantai LG BXC ini buka tiap weekend jam 7 pagi hingga 10 malam. Sedangkan pada hari lain atau weekdays, buka jam 10 pagi hingga 10 malam. Saat weekend, antrian untuk menikmati sarapan pagi […]
  • Tokopedia Bersama GoApotik Permudah Masyarakat Beli Obat

    Tokopedia Bersama GoApotik Permudah Masyarakat Beli Obat

    Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, hari ini (21/11/19) mengumumkan kemitraan strategis dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan obat-obatan serta perlengkapan kesehatan, seperti obat bebas dan obat resep, melalui platform digital Tokopedia secara lebih pasti, mudah dan aman. AVP of Business Tokopedia, Jessica Stephanie Jap, mengungkapkan, “Tokopedia selalu berkolaborasi dengan para […]
  • Kenali Jenis Pola Tapak Ban Sesuai Kebutuhan Armada Bisnis

    Kenali Jenis Pola Tapak Ban Sesuai Kebutuhan Armada Bisnis

    Memilih kendaraan niaga yang tepat merupakan sebuah investasi bisnis. Dengan strategi pemilihan dan pengelolaan yang tepat, kendaraan niaga seperti truk dan bus dapat bertahan hingga 5 atau 10 tahun lebih. Namun kenyataannya, banyak kondisi kendaraan niaga yang cepat menurun dalam waktu singkat, akibat seringnya dioperasikan tidak sesuai kebutuhan bahkan tak jarang disebabkan oleh kecelakaan. Sebagai […]
  • Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, Maxstream Hadirkan Mobile Digital Experience

    Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, Maxstream Hadirkan Mobile Digital Experience

    Telkomsel sebagai “Licensed Mobile Broadcaster” Piala Dunia 2018, telah berhasil menghadirkan rangkaian acara pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut khusus bagi pelanggannya melalui aplikasi video digital MAXstream. Selama penyelenggaraan Piala Dunia, MAXstream diunduh sebanyak lebih dari 4 juta kali dimana 99% di antaranya merupakan pelanggan yang aktif menggunakan aplikasi tersebut untuk mengakses saluran Piala Dunia […]
  • Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

    Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

    Mengenalkan buku pada anak merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan orangtua sejak dini. Bagaimana cara memulainya? Simak tips-tips berikut ini. Buku sebaiknya diperkenalkan saat anak masih berusia batita atau di bawah tiga tahun. Bila anak senang membaca, kemampuan berbahasa anak bisa meningkat dengan pesat. Ia akan menemukan kosa kata baru yang bisa digunakan sehari-hari. […]
  • APP Sinar Mas Raih Penghargaan Edukasi Pasar Terbaik Lewat “Festival Penulis Cilik SiDU”

    APP Sinar Mas Raih Penghargaan Edukasi Pasar Terbaik Lewat “Festival Penulis Cilik SiDU”

    Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperoleh penghargaan kategori edukasi pasar terbaik untuk program Festival Penulis Cilik SiDU di ajang The Most Experiential Brand Activation Award 2018 di Jakarta. Melalui penghargaan tersebut, majalah komunikasi pemasaran terkemuka, selaku penggagas, mengapresiasi dampak nyata dari Festival Penulis Cilik SiDU (FPCS) dalam menumbuhkan minat menulis anak Indonesia. “Di […]
  • Di Kedai Pak Bejo, Makan Enak Tak Harus Mahal

    Di Kedai Pak Bejo, Makan Enak Tak Harus Mahal

    Biasanya makan enak selalu berkonotasi mahal, namun di Kedai Pak Bejo hal ini tidak berlaku. Penasaran? Datang saja ke gerai Kedai Pak Bejo di Pasar Modern RC/20, Bintaro, Sektor 7. Gerai yang berada di sisi Selatan bagian luar dari Pasar Modern Bintaro terlihat mencolok dengan dinding yang berwarna merah. Kedai Pak Bejo di Pasar Modern […]