Manfaat Petai Cina (Lamtoro) Bagi Kesehatan

Adakah yang mengetahui petai cina? Di daerah Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro atau mlanding. Tanaman yang memiliki nama latin Leucaena leucocephala ini sering dijadikan kudapan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari berbagai sayuran seperti mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal membuat makanan ini sering dijadikan teman berbuka puasa. Ingat…sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan. Kembali lagi pada bahasan sebelumnya yaitu petai cina, tanaman satu ini merupakan tanaman perdu yang dapat tumbuh baik di daerah tropis. Buat yang belum pernah melihat pohon ini bisa menyimaknya di video berikut https://www.youtube.com/watch?v=Cc3yb7JcBks

Dilansir dari berbagai media, petai cina mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, A, dan B1. Selain itu juga mengandung kabohidrat, lemak, zat besi, fosfor, kalsium, dan protein. Di samping nutrisi, petai cina memiliki senyawa berupa tanin, flavonoid, dan saponin. Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh petai cina membuat makanan satu ini dapat dimanfaatkan di bidang kesehatan. Adapun manfaat petai cina dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam. Petai Cina baik daun maupun bijinya sering digunakan sebagai sayuran yang enak untuk dimakan.

Tanaman petai cina biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama kambing. Bagian yang dimanfaatkan adalah ranting dan daunnya. Sedangkan batang pohon dari petai cina dapat digunakan sebagai kayu bakar atau bahkan dijadikan sebagai bahan untuk membuat furnitur rumah yang cantik.

Biji petai cina dapat dikeringkan kemudian disangrai dan digiling. Bubuk ini merupakan pengganti dari bubuk kopi. Selain sebagai pengganti kopi, terkadang petai cina juga dijadikan campuran kopi.

Barangkali Anda pun belum mengetahui bahwa petai cina dapat mencegah osteoporosis yakni penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang serta menguatkan kepadatan gigi.

Bagi Anda yang sulit tidur dapat mengkonsumsi petai cina untuk meringankan gangguan insomnia.

Manfaat lain bagi tubuh adalah kandungan vitamin C-nya. Apabila seseorang kekurangan vitamin C, dapat menyebabkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diperlukan asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti petai cina. Vitamin C pun dapat mengontrol tekanan darah manusia sehingga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi dan stroke.

Aneka Menu Makanan Petai Cina

Petai cina pun lezat dibuat sayur trancam petai cina yang pas dimakan sama nasi hangat. Kalo di Barat ada salad, Indonesia pun punya menu trancam. Ini maknanya bukan “terancam” lho…. Trancam adalah sajian salad yang terdiri dari daun-daunan atau sayuran mentah bercampur dengan bumbu kelapa. Sekilas mirip urap namun keduanya punya perbedaan mendasar. Dalam urap, bahan sayuran direbus, bumbu kelapa dikukus baru keduanya dicampurkan. Untuk trancam, bahan dedaunan beserta bumbu kelapa semuanya mentah dan biasanya langsung dihidangkan. Mau belajar membuat trancam di rumah? Klik: https://www.youtube.com/watch?v=dPAtLY-C9mc

Pecel Wali Songo

Di samping menu trancam, petai cina ini juga kerap dicampurkan pada menu makanan pecel.

Kali ini Info Bintaro akan mengajak Anda mencicipi Pecel Wali Songo yang ada di Warung Botekan Surabaya di Pasar Modern Bintaro. Di sana memang tersaji beberapa menu khas Jawa Timur seperti Rawon dan Nasi Pecel. Nasi pecel di sana memiliki nama unik Pecel Wali Songo. Sayangnya menu ini hanya dapat dijumpai di hari Sabtu dan Minggu. Bukanya dari jam 08.00-14.30 setiap hari.

Mengapa diberi nama Pecel Wali Songo? Ada 9 lauk di pecel ini seperti petai cina, kecipir, daun kenikir, daun pepaya, tauge, kemangi, bunga kecombrang, timun dan bunga turi. Bertambah lezat dengan beberapa topping di antara nya dendeng ragi khas Jawa Timur (serundeng kelapa) dan tempe semangit.

Baca juga: http://www.infobintaro.com/kangen-dengan-masakan-suroboyo-di-pecel-pincuk-godong-ijo-rasa-kangen-itu-bisa-terobati/

Dendeng ragi (serundeng sapi)

Dendeng ragi adalah makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Umumnya makanan kuliner dendeng ini akan dapat kita temukan dengan mudah pada acara-acara spesial seperti pada acara pernikahan, hajatan, dan lain sebagainya.

Masakan dendeng ini dibuat dengan bahan utama daging sapi yang dipadukan dengan kelapa parut dan ditambahkan dengan bumbu rempa-rempa lainnya. Dendeng ragi sapi ini memiliki cita rasa yang khas gurih yang enak dan lezat untuk dijadikan lauk saat menyantap nasi. Oleh karena itu banyak sekali orang yang menyukai atau menggemari masakan kuliner yang satu ini. Simak cara pembuatannya di https://www.youtube.com/watch?v=ZLX6oAH8dmc

Tempe Semangit

Meskipun digolongkan sebagai tempe yang sudah mulai membusuk tetapi aromanya yang unik bikin masakan jadi sedap. Dijamin ketagihan!

Tempe yang dikonsumsi umumnya merupakan tempe yang sudah cukup fermentasinya. Ditandai dengan munculnya kapang merata di seluruh permukaannya.

Namun, di wilayah Jawa Tengah dikenal jenis tempe semangit. Nama ‘semangit’ berasal dari kata ‘sangit’ atau aroma smoky atau asap yang kuat. Aroma ini muncul pada tempe yang sudah dibiarkan pada suhu ruang selama sehari setelah tempe ‘masak’.

Warna jamur tempe menjadi kecokelatan hingga butiran kedelai terlihat jelas. Teksturnya menjadi agak basah dengan aroma tajam. Untuk membuatnya caranya mudah. Pilih tempe berbungkus daun pisang dan diamkan di suhu ruangan selama sehari atau 2 hari.

Tempe ini disebut juga tempe bosok atau tempe busuk. Karena sudah over fermentasi. Biasanya tempe ini ditambahkan dengan lodeh yang berkuah santan. Aroma sangit tempe akan larut dalam kuah santan.

Kembali ke menu pecel, di Indonesia memang terkenal dengan beragam pecel seperti pecel lele, pecel belut, pecel kerang, pecel tumpang, pecel Blitar, pecel Madiun, pecel pakis Colo, pical sikai.

Pecel atau pecal adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’. Ada kemungkinan makanan ini berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan oleh campuran bahan dan tekstur bumbunya.

Pecel juga dapat ditemukan di Malaysia, Filipina, Thailand, dan Suriname dengan cita rasa yang sedikit berbeda dari pecel di Indonesia karena perbedaan jenis kacang yang digunakan.

Nasi Rawon Nguling

Selain pecal, di tempat kuliner ini Anda dapat menikmati rawon yang merupakan makanan khas Jawa Timur, berupa masakan daging sapi dengan kuahnya yang khas dan pekat karena penggunaan kluwek dalam campuran bumbunya. Ada beragam rawon yang dapat dijumpai di pasaran. Pertama adalah rawon setan yang memiliki kuah hitam pekat dan asin. Sedangkan tipe kedua adalah rawon yang kuahnya tidak begitu hitam pekat dan rasanya campuran manis dan asin. Selain daging sapi ada telor asin, toge kecambah dan kerupuk udang. Rasanya mirip rawon di Warung Rawon Nguling yang ada di Probolinggo, Jawa Timur.

Warung Botekan Surabaya

Warung yang ada di sisi Barat dari Pasar Modern Bintaro ini dimiliki oleh Bapak Heru Santoso, pensiunan Bank Indonesia dan Ibu Ike Sufie H. yang tinggal di Jalan Masjid Darussalam, Ciputat. Di warung yang berdiri sejak bulan Juli 2011 ini Anda dapat menikmati nasi pecel seharga Rp. 15.000 sedangkan nasi rawon dijual Rp. 21.000 dan Anda pun dapat memesan rawon saja seharga Rp. 16.000.

Ayo, buruan mampir ke warung ini karena selama bulan Ramadhan, warung ini akan berhenti operasionalnya. Hanya menerima pesanan khusus bagi Anda yang mau mengadakan acara pertemuan. Minimum order 50 pax dengan pemesanan dilakukan H-3. Untuk pemesanan tersebut dikenakan harga khusus dan ongkos kirim yang dibebankan kepada pemesan.

Di cabang Warung Botekan Surabaya yang ada di Ciputat tersedia ruangan outdoor untuk acara privat berupa saung-saung dan Anda pun dapat menikmati hidangan sambil lesehan.

Info lebih lanjut:
Waroeng Botekan Suroboyo
Pasar Modern Bintaro Jaya Blok KB 60

Facebook: Waroeng Botekan Suroboyo
Instagram: @ Waroeng.Botekan.S

(EGS)