Sen. Okt 14th, 2019

Manfaat Musik Klasik Bagi Anak-Anak : Talkshow, Seminar & Master Class Bersama Ananda Sukarlan

Percayakah Anda, seorang anak yang dilahirkan dari ibu yang kerap mendengarkan musik klasik pada masa kehamilannya akan memiliki kecerdasan yang lebih baik daripada anak yang dilahirkan seorang ibu yang tidak mendengarkan musik klasik? Memang tidak ada suatu penelitian ilmiah yang pernah membuktikan adanya hubungan antara mendengarkan musik klasik dan kecerdasan.

img-20161101-wa0012.jpg

Namun penelitian yang dilakukan oleh Universitas California pada tahun 1993 membuktikan siswa-siswa yang mendengarkan musik klasik ciptaan Mozart, yang berjudul 1781 Sonata for Two Pianos in D sebelum mengikuti tes di sekolahnya dapat mengerjakan tes dengan lebih baik daripada siswa-siswa yang mendengarkan musik jenis lain atau tidak mendengarkan musik sama sekali. Setelah penelitian ini berkembanglah istilah ‘Mozart Effect’ yang mengacu pada pengertian efek musik klasik terhadap seseorang. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan Universitas Appalachia yang menyatakan musik klasik dapat meningkatkan ketenangan dan konsentrasi seseorang.

Namun, musik klasik seringkali dianggap sebagai musik yang ‘berat’, sulit dipelajari dan hanya disukai oleh golongan orang yang dikategorikan sudah sepuh. Tidak mengherankan hal ini disebabkan pemahaman kita akan musik klasik sangat minim, disamping musik klasik bukanlah musik yang populer tidak saja bagi anak-anak namun juga bagi orang dewasa. Padahal seperti hasil penelitian dari berbagai universitas terkemuka di AS di atas, musik klasik memiliki banyak manfaat, khususnya bagi perkembangan seorang anak.

Untuk memperkenalkan musik klasik bagi anak-anak, Petrof Piano House Bintaro, sebuah sekolah musik yang berlokasi di Kidscenter Studio, Bintaro Sektor 9, akan mengadakan event yang menghadirkan Ananda Sukarlan, seorang musisi dan maestro untuk piano dan musik klasik yang dimiliki oleh Indonesia sebagai narasumber. Event yang terdiri dari Talkshow, Seminar dan Master Class ini akan diadakan pada 2 sesi pada hari dan tanggal yang berbeda. Adapun jadwal acaranya sebagai berikut:

Talk Show dan Master Class
Sabtu, 12 November 2016

13.00 – 15.00 Talk Show, dengan topik ‘Mengapa Anak-anak harus belajar Musik Klasik ?’
*) Peserta diharapkan mempersiapkan pertanyaan untuk dijawab oleh Ananda Sukarlan

15.30 – 17.30 Master Class

Seminar dan Master Class
Selasa, 29 November 2016

13.00 – 15.00 Seminar, dengan topik ‘Belajar Musik Klasik untuk Pemula
15.30 – 17.30 Master Class

Biaya

Talk Show : Rp. 250.000,- / peserta

Seminar : Rp. 250.000,- / peserta
*) Biaya Talk Show / Seminar sudah termasuk peserta pasif Master Class
Member Sekolah Musik Petrof mendapat potongan biaya Rp. 100.000,-

Master Class

Rp. 600.000,-/ 30 menit (peserta aktif siswa/i SM Petrof)
Rp. 700.000,-/ 30 menit (peserta aktif umum)
Rp. 50.000,- (peserta pasif)
*) Peserta Master Class aktif mendapatkan sertifikat

Tempat
KIDSCENTER STUDIO, Jl. Bintaro Utama IX Blok JB5 no. 4. Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang

Informasi Pendaftaran
Tel. 021 – 745 1173, 0877 7135 0573, WA 0838 7209 3891

BACA JUGA  Ikuti Perkembangan Dunia Komunikasi di UPJ, 5-8 Desember 2017

Tentang Petrof Piano House

Petrof Piano House menyelenggarakan sekolah musik untuk berbagai macam alat musik diantaranya: Kursus Piano, Kursus Keyboard, Kursus Gitar, Kursus Biola, dan Kursus Drum

Petrof Piano House menjual aneka merk piano baik baru maupun bekas dengan berbagai merk seperti Yamaha, Kawai, Pearl River, Heilmann, Pramberger, dan lain lain.

Juga melayani Body Reparation, Stem Piano, General Check Up, Transport Piano hingga Rental Piano (penyewaan piano-piano untuk berbagai macam kegiatan-kegiatan yang membutuhkan piano).


Tentang Ananda Sukarlan

Ananda Sukarlan adalah pianis Indonesia kelahiran Jakarta, 10 Juni 1968 yang kini menetap di Spanyol. Namanya lebih dikenal di kalangan musik klasik dengan reputasi internasional. Dia menjadi satu-satunya musisi Indonesia yang masuk dalam The International Who’s Who in Music dan The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century, yang berisikan riwayat hidup 2000 orang yang dianggap berdedikasi pada dunia musik.

Pada 1998 ia pindah ke Spanyol, tinggal di kawasan pegunungan Spanyol utara, bersama istrinya, Raquel Gomez, wanita berkebangsaan Spanyol. Raquel adalah mantan asistennya ketika konser di Spanyol. Pasangan ini telah dikaruniai seorang anak, Alicia Pirena Sukarlan.

Bungsu dari tujuh bersaudara ini pertama kali belajar piano dari kakaknya, Martani Widjayanti dan berguru pada pianis Soetarno Soetikno dan Rudy Laban. Lulus dari SMA Kolese Kanisius Jakarta pada tahun 1986, ia mendapat beasiswa dari Piano Petrof, sebuah lembaga yang memberikan beasiswa untuk anak-anak berbakat untuk belajar piano di Sekolah Musik Walter Hautzig di Harford, Connecticut, Amerika Serikat, selama satu semester.

ananda_sukarlan_info_bintaro_2

Sempat pulang ke Indonesia, Ananda kemudian mendapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Fakultas Piano Koninklijk Conservatorium, Den Haag. Lulus dengan predikat summa cum laude pada tahun 1993 di bawah bimbingan Naum Grubert, seorang pianis handal yang sering menyabet gelar internasional. Dari sinilah namanya kemudian mulai dikenal dunia

Ananda sering diundang untuk menjadi pemain solo dengan orkes-orkes terkemuka dunia antara lain Rotterdam, Berlin, Madrid dan juga memberi resital piano tunggal di gedung-gedung konser paling bergengsi di Eropa seperti Concertgebouw Amsterdam, Philharmonie Berlin, Auditorio Nacional (Madrid), Rachmaninoff Hall (Moskow), Queen’s Hall (Edinburg).

Permainannya telah direkam dalam sejumlah CD oleh berbagai perusahaan rekaman Belanda, Austria, Italia, Spanyol. Rekamannya atas musik piano Theo Loevendie berhasil meraih urutan kedua dari Vienna Modern Masters Performers Recording Award (dikeluarkan dalam bentuk CD oleh VMM).

Lebih dari 70 komposisi musik untuk piano berupa concerto maupun solo telah ditulis khusus untuknya oleh berbagai komponis dunia untuk dimainkan Ananda antara lain Nancy Van der Vate dan Roderik de Man.

Ananda yang sering berkiprah di Eropa juga sering mengisi acara-acara resmi kenegaraan. Seperti pada tahun 2000, ia sepat diundang Ratu Sofia dari Spanyol untuk mengisi acara konser pada Malam Gala Queen Sofia Prize di Madrid. Ia juga pernah tampil di hadapan Presiden Abdurrahman Wahid di Istana Merdeka pada acara konser recital esklusif yang diselenggarakan pada 19 Agustus 2000.

BACA JUGA  Pameran Foto TRUST | Bintaro Jaya Xchange Mall, 12-21 Mei 2017

Pada tahun 2002, ia mencapai puncak karirnya dengan menandatangani kontrak untuk berkolaborasi dengan dengan komponis besar Perancis Pierre Boulez pada tur konser ke 11 kota di antaranya Helsinkski, Oslo, Santiago, dan Paris.

Prestasi

  • 1988 Amsterdam, Eduard Elipse Award
  • 1993 Juara Pertama “Nadia Boulanger” – Concours International d’Orleans (Orleans, Prancis, 1993).
  • 1993 Juara Pertama “Xavier Montsalvatge” – Concurso de Musica del Siglo XX Xavier Montsalvatge, Ginora, Spanyol
  • 1994 Juara Pertama “Blanquefort Piano Competition”, Bordeaux, Prancis
  • 1995 Juara Pertama and Juara Favorit kategori The Best Interpreter of Spanish Music “City of Ferrol Piano Competition”, Galicia, Spanyol
  • 1995 Juara Kedua “Sweelinck-Postbank”, Amsterdam, Belanda
  • 1995 Juara Ketiga “Fundacion Guerrero Competition”, Madrid, Spanyol
  • 1996 Juara Kedua “Vienna Modern Master Performers Recording Award”
  • 2000 Outstanding Musicians on the 20th Century.
  • 2001 Nominee Unesco Prize
  • 2003 Mont Blanc Asia atas kontribusinya untuk industry music klasik Indonesia
  • Pianis Indonesia pertama yang tercatat dalam The International Who’s Who in Music book.

 

(ES)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan