Manfaat Kaldu Bagi Tubuh

Pas libur Lebaran seperti saat ini, Anda bisa turun ke dapur untuk memasak bagi keluarga. Apalagi nih…para ART alias Asisten Rumah Tangga belum kembali dari kampung halamannya.

Anda akan memiliki waktu memasak lebih lama di saat libur seperti sekarang. Beragam masakan dapat diolah termasuk membuat kaldu. Kaldu merupakan sari dari daging yang direbus. Pada dasarnya kaldu sendiri sangat mudah untuk dibuat. Berikut ini adalah beberapa langkah simpel untuk membuat kaldu :

  • Siapkan daging mentah, bisa daging ayam, sapi, ataupun daging dari seafood seperti udang.
  • Bersihkan daging hingga bersih dengan air
  • Kemudian tambahkan air ke dalam wadah atau panci yang berisi daging
  • Banyak atau tidaknya air akan mempengaruhi kekentalan dari kaldu yang akan dihasilkan, jadi takarlah air sesuai dengan selera
  • Tambahkan garam sesuai selera, untuk memperkuat rasa kaldu yang akan dihasilkan
  • Kemudian ungkep daging bersama dengan airnya dalam panci tertutup hingga daging matang dan empuk.
  • Untuk memperoleh rasa yang lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan tulang pada rebusan kaldu Anda.

Apa saja sih manfaat kaldu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya  :

Menjadi pengganti penyedap rasa

Saat ini hampir setiap masakan pasti dimasak dengan menggunakan penyedap rasa. Dan hampir setiap masakan yang tidak dimasak dengan menggunakan penyedap rasa pasti akan terasa hambar. Namun tahukah Anda bahwa penggunaan penyedap rasa bisa berbahaya apabila dilakukan terus-menerus? Karena itu, Anda dapat menggunakan kaldu alami sebagai penyedap rasa dari masakan Anda. Dengan begitu, maka Anda akan memperoleh masakan yang lezat dan nikmat, tanpa perlu khawatir akan efek buruk yang dapat ditimbulkan dari penggunaan penyedap rasa.

Memberikan rasa yang nikmat bagi masakan

Jangan remehkan kaldu. Kaldu dapat membuat rasa dari masakan yang Anda buat menjadi luar biasa. Karena kaldu sendiri juga sudah menyimpan sari dari daging dan bahan yang sudah direbus, seperti udang, sapi dan juga ayam. Maka dari itu, masakan yang Anda masak dengan menggunakan kaldu akan memiliki rasa yang sama seperti rasa dari daging yang Anda jadikan kaldu.

Baik untuk menghangatkan tubuh

Kaldu yang diolah secara alami dengan menggunakan manfaat daging asli, akan sangat bermanfaat untuk Anda olah lagi menjadi sup. Sup inilah yang kemudian bisa ditambahkan berbagai macam bumbu dan juga bahan, sehingga baik untuk membantu menghangatkan tubuh Anda, apalagi ketika malam hari.

Kaya akan protein

Sari dari daging yang Anda masak sehingga menjadi kaldu merupakan salah satu keunggulan dari kaldu alami tersebut. Zat penting dari daging, salah satunya adalah manfaat protein, akan tinggal di dalam kaldu, sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang membutuhkan asupan protein. Bagi bayi, kaldu juga sangat baik, terlebih lagi, bayi yang belum tumbuh sempurna giginya, agar tetap mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya.

Menjadi bahan pembuatan bubur nasi

Pasti semua sudah mengenal makanan yang satu ini. Ya, bubur. Biasanya bubur hanya berupa nasi yang direbus kembali dengan menggunakan air dalam jumlah yang banyak. Namun demikian, Anda dapat mengolah bubur dengan cara merebus menggunakan kaldu, baik itu kaldu ayam maupun kaldu sapi. Kaldu akan menambah nilai gizi dari bubur dan akan menambah rasa dari bubur itu sendiri.

Makanan ini sangat cocok untuk mereka yang sedang sakit dan sulit untuk mengunyah makanan. Karena tekstur bubur yang lunak akan mudah untuk dicerna dan ditambah dengan kandungan gizi yang tinggi.

Kaya akan kalsium

Kaldu juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Manfaat kalsium tentu saja merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan oleh tubuh, karena kalsium dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang kita. Selain itu, bagi mereka yang sedang berada dalam masa pertumbuhan, kalsium yang terdapat pada kaldu ini sangat baik untuk membantu pertumbuhan, dan menambah tinggi badan pada mereka yang masih berusia remaja.

Melancarkan peredaran darah

Anda yang mungkin sering merasa pusing dan juga sakit kepala, dapat mengkonsumsi bahan makanan yang dapat meningkatkan peredaran darah. Salah satunya adalah kaldu, yang sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah Anda.

Anti peradangan

Manfaat kaldu lainnya adalah sebagai anti peradangan. Radang yang biasa muncul, seperti radang pada tenggorokan bisa Anda obati dengan cara mengkonsumsi kaldu. Kaldu dapat membantu membunuh bakteri penyebab peradangan dan juga menyembuhkan peradangan yang Anda alami.

Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

Selain mampu untuk meningkatkan dan juga melancarkan peredaran darah, manfaat kaldu lainnya adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang meningkat akan membantu Anda dalam terhindar dari beragam penyakit,seperti flu dan juga batuk. Di saat mudik Lebaran kemarin, mungkin Anda masih merasa lelah, kaldu dapat menjadi sarana untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang meningkat, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas dengan kebugaran dan juga kesegaran tubuh yang terjaga setiap saat.

Itulah beberapa manfaat kaldu bagi kesehatan kita dan juga bagi konsumsi kita sehari-hari. Ingat, jangan pernah meremehkan kaldu, karena pada dasarnya kaldu merupakan salah satu bahan makanan yang bergizi tinggi untuk kita semua.

(EGS)