Sel. Okt 15th, 2019

Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

Lego – kita semua tahu itu. Sebagian besar dari kita tumbuh dengan itu. Ini adalah salah satu merek terbesar di dunia, langsung dikenali dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Pernahkah Anda memikirkan manfaat pendidikan Lego?  Telah banyak guru dan pakar pendidikan yang membawa lego ke dalam proses pendidikan di kelas. Simak video berikut.

Merek Lego Education telah bekerja sama dengan pendidik selama lebih dari tiga dekade untuk mengembangkan pengalaman di kelas yang membawa konsep pembelajaran ke kehidupan. Bagi sebagian orang Lego hanya sekedar mainan dan manfaat pendidikan bermain dengan bata berwarna-warni dan multi segi tidak selalu jelas. Namun The Scots College Sydney Australia telah mengidentifikasi delapan manfaat utama dalam membuat, mengonfigurasi dan merangkai dengan Lego.

  1. Lego mempromosikan keterampilan motorik halus. Anak-anak berlatih ketangkasan saat mereka menghubungkan potongan-potongan Lego dengan berbagai ukuran dan bentuk. Hal ini membutuhkan tekanan jemari yang berbeda dan merupakan latihan yang bagus untuk anak-anak pada saat mereka belajar menulis.
  2. Lego mendorong kerja tim. Melalui bermain dengan anak-anak Lego belajar berbagi dan menunggu giliran. Ketika menyusun Lego bersama-sama, anak-anak harus sepakat dengan apa yang akan mereka bentuk apakah itu sebuah kastil, kapal atau pesawat ruang angkasa? Anak-anak harus mengikuti petunjuk satu sama lain dan mulai memahami bagaimana ide yang berbeda dapat berkontribusi dan memperluas permainan mereka. Anak-anak juga harus mempelajari bagaimana menegosiasikan peran dan tanggung jawabnya agar bisa bermain bersama.
  3. Lego meningkatkan kreativitas. Kreativitas ditingkatkan saat anak-anak menggunakan berbagai bentuk, warna dan ukuran Lego untuk membangun desain yang rumit, baik itu stasiun polisi atau pesawat ruang angkasa yang bepergian ke bulan. Kreativitas dan imajinasi dipupuk saat anak tidak memiliki keterbatasan apa yang bisa mereka hasilkan.
  4. Lego mengembangkan pemecahan masalah dan pemikiran matematis. Instruksi untuk merakit Lego juga memiliki banyak manfaat untuk pemecahan masalah anak, fokus dan perhatian terhadap detail. Gagasan simetri, keseimbangan, bentuk dan ukuran dieksplorasi saat bermain dengan Lego. Anak-anak mengalami bekerja dengan pecahan saat mengamati berapa banyak potongan kecil yang bisa dimasukkan ke dalam potongan besar dan bisa mulai bereksperimen dengan pembagian.
  5. Lego meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Lego adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres dan terlibat dalam percakapan yang berarti dan menyenangkan. Sewaktu anak-anak mengomentari kreasi lego mereka, mereka mengembangkan keterampilan komunikasi yang penting termasuk kemampuan untuk menjelaskan gagasan, menggambarkan pekerjaan mereka, membicarakan proses dan tantangan verbal yang mereka hadapi sepanjang perjalanan.
  6. Lego mengembangkan ketekunan. Kita bisa menyaksikan menara yang dibangun dengan hati-hati runtuh. Lego mengajarkan anak-anak pentingnya bertahan dengan sebuah tugas untuk melihat visi Anda terwujud. Menggunakan Lego mendorong anak-anak untuk mengambil, meluangkan waktu dan bertekun. Seiring peningkatan keterampilan motorik halus, anak-anak dapat menciptakan konstruksi yang lebih rumit dan mengikuti desain yang rumit.
  7. Lego meningkatkan harga diri. Menghubungkan potongan kecil Lego untuk menciptakan produk akhir yang mengikuti visi seorang anak bisa menjadi tantangan. Mencapai tugas ini memiliki rasa kepuasan yang luar biasa yang terlihat jelas dalam senyuman seorang anak saat mereka dengan bangga memamerkan karya mereka yang telah selesai. Ini memiliki efek positif pada harga diri seorang anak.
  8. Lego mengembangkan keterampilan berpikir dan perencanaan lateral. Mengikuti instruksi Lego bisa jadi menantang. Namun, ini membantu anak mengembangkan keterampilan perencanaan serta pemikiran lateral. Ketika dihadapkan pada masalah perakitan, anak-anak harus menelusuri kembali langkah mereka dan menganalisis pekerjaan mereka untuk menemukan bagian yang perlu diperbaiki.
BACA JUGA  Squline Bekerjasama dengan LBI FIB UI Membuka Kelas Bahasa Indonesia Secara Daring

Lomba Lego Centro Department Store

Untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam bermain lego, Centro Department Store akan mengadakan lomba lego yang akan berlangsung pada hari Minggu, 26 November 2017, pukul 14.00 sampai selesai di Centro Bintaro Xchange Mall, lantai B1. Pendaftaran untuk lomba ini gratis. Terbuka bagi anak laki-laki dan perempuan usia 7 -12 tahun. Dalam lomba nanti, hanya ada satu kelompok umur. Nantinya juara I, II dan III akan mendapat hadiah berupa produk Lego dan sertifikat peserta. Adapun tema lomba lego tersebut bebas. Peserta lomba dapat bebas membentuk aneka kreasi sesuai selera masing-masing individu.

Info lebih lanjut/pendaftaran:
Customer Service Centro Dept Store
Bintaro Exchange Mall
Telp 021- 2986 4727

 

(EGS)

 

 

Baca Juga