Sel. Des 10th, 2019

Manfaat Bunga Pepaya Untuk Tubuh

Kandungan bunga pepaya sendiri sangat beragam dan banyak nutrisi di dalamnya. Misalnya saja kandungan senyawa Alkaloid Capein, yang menyebabkan rasa pahit pada bunga pepaya. Rasa pahit itu akan bisa hilang jika orang yang mengolahnya untuk menjadi masakan pandai dalam menghilangkannya.

Kandungan yang terdapat di dalam bunga pepaya dalam membantu dalam melancarkan pencernaan yang ada didalam tubuh manusia. Yang mana hal tersebut nantinya akan memperlancarkan fungsi dari organ tubuh tersebut dengan cara yang optimal. Bunga pepaya pun dapat membantu memperbaiki nafsu makan.

Di dalam bunga pepaya terdapat unsur-unsur yang memegang peran dalam menjadi antioksidan alami. Antioksidan sendiri sangat bermanfaat untuk menangkal masukan radikan bebas kedalam tubuh manusia. Radikal ini sendiri berasal dari adanya polusi asap kendaran, dan polusi lainnya, yang nantinya dapat membawa berbagai penyakit.

Bunga pepaya sendiri memiliki peran yang cukup aktif di dalam membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Kandungan yang terdapat di dalamnya melancarkan peredaran darah tersebut.

Bunga pepaya membantu dalam menjauhkan tubuh dari penyakit kanker karena mengandung senyawa flavanoid. Sedangkan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat berfungsi sebagai penangkal masuknya zat radikal bebas ke dalam tubuh kita.

Orang jaman dulu percaya bahwa bunga papaya dapat menurunkan kadar dari insulin yang ada didalam tubuh kita, Yang mana ini menjadi penyebab utama seseorang, mengalami yang namanya penyakit diabetes. Walaupun mengenai penelitian secara ilmiah, masih belum menemukan bukti pasti bahwa bunga pepaya dari menyembuhkan penyakit diabetes yang diderita seseorang. Bunga pepaya dipercaya pula untuk menurunkan berat badan dan kolesterol.

Menghilangkan rasa pahit

Bunga pepaya yang direbus bersama air garam dan asam jawa sangat ampuh untuk mengurangi dan menetralisir rasa pahit tersebut. Supaya lebih ampuh kali ini dilakukan 2 kali perebusan, pertama dengan rebusan air dan garam selanjutnya rebus lagi dengan air dan asam jawa.

Mudah dan sederhana, tetapi hasilnya menjadi masakan tumis bunga pepaya yang tidak pahit di lidah, namun juga tidak menghilangkan ciri khas cita rasa dan aromanya, sehingga menjadi santapan yang enak dan lezat.

BACA JUGA  RS Brawijaya Buka Cabang Di Perbatasan Tangsel

Resep Tumis Bunga Pepaya Khas Manado

Dari sekian banyak cara mengolah masakan bunga pepaya, masakan manado terkenal dengan tumis bunga pepaya. Mari simak resep tumis bunga pepaya khas Manado

Bahan yang dibutuhkan :

  • Bunga Pepaya 150 gr
  • Teri Medan (rendam sebentar goreng kering) 75 gr
  • Bawang Merah 6 siung
  • Bawang Putih 5 siung
  • Cabe merah 2 atau 3 (bila mau pedas tambah cabe rawit)
  • Daun Salam 3 lbr
  • Lengkuas + 3 cm
  • Gula pasir 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Asam + 3 biji
  • Tomat 1 buah potong-potong

Cara Membuat Tumis Bunga Pepaya Khas Manado

  • Remas-remas bunga pepaya dengan garam kemudian diamkan 10 menit cuci bersih peras airnya
  • Rebus bunga pepaya dengan asam (untuk menghilangkan pahit)
  • Siapkan minyak goreng ikan teri sampai kering kemudian sisihkan
  • Tumis bawang putih, bawang merah hingga harum tambah cabe, lengkuas, daun salam aduk sampai layu
  • Masukan bunga pepaya aduk rata tambah garam, gula
  • Masukan ikan teri
  • Siap dihidangkan

Lihat cara pembuatannya di video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=Q0vrwmU-L5U

Mau mencicipi tumis bunga pepaya khas Manado, silahkan mampir ke salah satu tempat kuliner di bawah ini:

Warung Makan Khas Manado Kasuang
Jl. Maleo JA2/No. 4, Bintaro Jaya Sektor 9, Bintaro,
(021) 745-0923
Jam 10:00 – 22:00

Masakan Manado Tinoor Baru
Jl. Porkit Raya Shop House No. 10
Pasar Bintaro Sektor II Bintaro Jakarta Selatan
Telp: 0812 8567 4573
Jam: 08.00 – 20.00

Warong Dabo-Dabo
Pasar Segar Graha Raya Blok KA2 No. 17
Jam 07.00-15.00 (Senin tutup)
Baca Juga: https://www.infobintaro.com/masakan-manado-yang-enak-dan-murah-di-warong-dabu-dabu/

(EGS)

 

Baca Juga

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.