Makanan Apa Yang Membuat Arteri Elastis?

Penyakit jantung – juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner – mewakili pembunuh nomor 1 orang Amerika. Ketika Anda memiliki penyakit arteri koroner, plak yang terdiri dari endapan kolesterol disimpan di arteri Anda, mengeras dan menyempitnya.

Plak ini dapat melemahkan otot jantung Anda, menyebabkan kerusakan seiring waktu. Ini juga dapat menyebabkan serangan jantung ketika sepotong plak pecah dan benar-benar menghalangi arteri menuju ke jantung Anda. Untungnya, adalah mungkin untuk melawan penyakit jantung dan menjaga arteri Anda elastis dan tidak terblokir dengan makan makanan yang melawan penyakit jantung.

Mau belajar lebih lanjut tentang pentingnya pembuluh darah atau arteri dalam tubuh manusia? Simak videonya di  https://www.youtube.com/watch?v=v43ej5lCeBo

Ikan

Pertimbangkan untuk menambahkan ikan ke dalam makanan Anda. Ini mengandung kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mengurangi risiko penyakit arteri koroner dan membantu menjaga arteri Anda tetap elastis, menurut American Heart Association (AHA). Ikan berminyak mengandung lebih banyak lemak yang membantu.

Cobalah menyantap ikan kembung, salmon, dan tuna, setidaknya dua kali per minggu. Tidak masalah jika ikan itu berasal dari peternakan atau jika mereka tertangkap hidup, kata AHA. Namun, jika Anda seorang wanita hamil, Anda harus menghindari ikan hiu, ikan todak, king mackerel dan tilefish, dan batasi konsumsi tuna Anda, karena tingkat merkuri yang tinggi pada spesies ikan tersebut.

Havermut

Oatmeal membantu menjaga arteri yang jernih karena mengandung banyak serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat” bersama dengan kolesterol total. Satu mangkuk besar oatmeal mengandung 3g serat larut, cukup untuk menurunkan kolesterol Anda hingga 2-3 persen. Anda juga dapat membeli oat untuk ditaburkan pada  salad dan sereal untuk efek yang sama, atau menikmati serat larut yang ditemukan dalam kacang dan jeruk.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan – terutama almond dan kenari – mengandung kadar lemak sehat yang tinggi. Mengemil kacang bukan chip potatoes dapat membantu menjaga arteri Anda tetap dalam kondisi baik. Seperti oatmeal, kacang-kacangan mengurangi kadar kolesterol jahat Anda, dan juga membantu meredam peradangan di arteri Anda.

Jika Anda makan 1,5 oz. kacang-kacangan per hari – sebanyak pas ke telapak tangan Anda – Anda akan memenuhi rekomendasi FDA (Administrasi Makanan dan Obat AS) untuk kesehatan jantung. Namun Anda wajib berhati-hati karena kacang-kacangan banyak mengandung kalori, jangan konsumsi berlebihan.

Susu Rendah Lemak

Anda mungkin cenderung menghindari produk susu karena kandungan lemak dan kolesterolnya yang jenuh, tetapi produk susu rendah lemak dapat mewakili tambahan yang bagus untuk diet yang dirancang untuk mengoptimalkan kesehatan arteri Anda, menurut Yale University. Susu skim mengandung banyak kalsium tetapi tidak mengandung lemak, jadi minumlah.

Jika Anda ingin sedikit krim, pilih 1% susu. Anda bahkan dapat memiliki keju, selama Anda menikmati salah satu yang mengandung kurang dari 3 g lemak per porsi, seperti keju Parmesan rendah lemak. Untuk hidangan penutup, cobalah yogurt beku rendah lemak, yang memberi Anda kalsium tanpa lemak jenuh yang ditambahkan.

(EGS)