Majapahit Nusantara Secondary School, Memfasilitasi Siswa Menjadi Lebih Aktif di Usia Mudanya

Proses perkembangan seseorang dimulai dari usia dini. Lingkungan merupakan faktor yang sangat berperan membangun seseorang menjadi pribadi yang unggul, tidak saja dari sisi kecerdasannya namun kemampuannya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapinya sekaligus membuat berbagai terobosan yang membawa dampak bagi lingkungannya.

Pendidikan merupakan jembatan emas untuk membawa seseorang menuju kehidupan yang lebih baik. Namun kita juga mengetahui sistem pendidikan kita seringkali hanya mendidik seseorang anak mengikuti pola (baca : kurikulum) yang baku dengan metode yang standar. Dengan metode pendidikan yang konvensional, seorang anak tidak terlatih mengembangkan kreativitasnya, pasif dan tidak mandiri.

Dibangun dengan keinginan memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia dengan sistem pengajaran yang mengedepankan kreativitas dan inisiatif, Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia (Majapahit Nusantara Secondary School) membangun metode pembelajaran yang menggabungkan berbagai kelebihan yang dimiliki kurikulum nasional, Cambridge dan IB.

Sekolah yang rencananya akan mulai dibuka pada masa tahun ajaran baru Juli 2017 ini berlokasi di bangunan yang sama dengan lembaga kursus bahasa Inggris EEC (English Education Center), Ruko Sentra Menteng Blok B7/MN No. 50, Bintaro Sektor 7. Berdasarkan informasi yang diperoleh Info Bintaro, lokasi ini bersifat sementara. Nantinya Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia akan memiliki bangunan sendiri.

Seperti kita ketahui, sistem kurikulum nasional memiliki keunggulan karena berakar dari kultur asli Indonesia, oleh Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia, sistem ini dikembangkan dengan pengayaan skill development dari kurikulum Cambridge dan competency dari kurikulum IB.

Dalam penerapannya, sistem pendidikan yang dikembangkan ini diterapkan dengan metode-metode untuk mengembangkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Metode pengajaran akan berfokus pada siswa, tidak ada cara pengajaran satu arah dengan guru menjelaskan semua materi belajar dan siswa menyimak, siswa diberikan ruang untuk mengembangkan kemampuannya. Setiap minggu siswa juga akan diajak untuk melakukan riset dan field trip.

Tidak hanya itu, untuk membuat siswa dapat mengekplorasi minat dan kemampuannya di bidang seni, siswa difasilitasi dengan art workshop. Kemampuan kepemimpinan siswa dan cara berpikir strategis dikembangkan melalui berbagai proyek-proyek yang ditugaskan kepada siswa. Dan, tidak kalah penting kepekaan siswa terhadap sekelilingnya dikembangkan dengan berbagai aktivitas sosial dan bisnis (venture capital).

Setiap harinya, dari Senin – Jumat siswa akan mengikuti proses belajar dari pukul 07.00 – 14.30, yang akan diisi berbagai aktivitas. Dimulai dengan Physical Activities selama 1 jam, Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia bekerja sama dengan Celebrity Fitness yang berlokasi di Lotte Mall Bintaro dan International Sports Club of Indonesia (ISCI) yang berlokasi di Jl. Ciputat Raya (depan UIN Syarif Hidayatullah). Untuk Physical Activities di ISCI ini dilakukan 2x sebulan.

Kemudian siswa juga akan memperoleh mata pelajaran Global Perspective  selama 1,5 jam yang akan membuka wawasan siswa. Untuk materi Global Perspective ini, rencananya Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia akan bekerjasama dengan Kompas dan The Jakarta Post.

Selanjutnya, berbagai materi Math, English, Science, Social, Research, ICT dan Religion akan mengisi waktu belajar siswa sampai berakhirnya sesi belajar pada hari itu. Untuk Math dan English, metode pembelajaran akan mengadopsi sistem Cambridge. Khusus Social metode yang digunakan berasal dari kurikulum nasional dan Cambridge.

Untuk biaya, Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia menerapkan biaya yang cukup murah untuk kategori sekolah yang menerapkan kurikulum internasional seperti Cambridge dan IB. Biaya bulanannya Rp. 800 ribu. Untuk Activity Payment Rp. 6,5 juta yang dibayarkan setiap semester. Sedangkan untuk buku-buku Rp. 2 juta per tahunnya. Khusus untuk seragam, dilakukan melalui pembelian langsung pada @Uniqlo.

Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi:

Sekolah Majapahit Nusantara Indonesia
Ruko Sentra Menteng Blok B7/MN No. 50
Jl . Moh Husni Thamrin, Bintaro Sektor 7
Telp. : 021 – 7486 3959 / 0819 0812 5775
Email : css.malachi456@gmail.com

 

(EG)

Leave a Comment