Lowongan CPNS 2018 Siap Dibuka Bulan Ini! Sudah Siap Untuk Daftar?

Pembukaan lowongan CPNS untuk tahun 2018 sudah siap diselenggarakan pada bulan September ini. Keterangan ini sudah resmi dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pemberdayaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal apa saja yang hal yang harus diperhatikan untuk lowongan ini? Cek di artikel ini ya!

Jumlah lowongan CPNS yang tersedia untuk pembukaan tahun 2018 adalah sebesar 238.015 orang. Jumlah tersebut akan dibagi menjadi lowongan instasi pusat dan instansi daerah. Alokasi lowongan instansi pusat sebesar 51.271 orang sedangan untuk instansi daerah dialokasikan 186.744 formasi.

Jumlah lowongan tersebut diprediksi akan diperebutkan oleh jumlah pelamar hingga 6 sampai 7 juta pelamar dengan berbagai klasifikasi pelamar.

Dari seluruh angka tadi, tenaga pendidik seperti dosen dan guru merupakan posisi prioritas dengan formasi terbanyak. Angka untuk formasi ini mencapai 122.000 formasi untuk penempatan di pusat dan juga daerah.

Melihat angka peminat yang besar ini tentunya akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pelamar nantinya ya?

Cara Pendaftaran CPNS 2018

Proses pendaftaran CPNS 2018 baru akan dibuka pada tanggal 16-20 September 2018 melalui situs sscn.bkn.go.id. Pelamar hanya bisa melakukan lamaran melalui situs ini dengan melengkapi persyaratan administrasi yang diwajibkan oleh instansi yang membuka lowongan. Pelamar juga hanya bisa memilih satu lowongan dari satu instansi saja sehingga tidak diperkenankan untuk melamar lebih dari satu kali.

Pelamar nantinya akan diwajibkan mengisi formulis online yang tersedia sesuai dengan data diri menggunakan nomor identitas eKTP. Bagi pelamar yang belum memiliki eKTP atau masih dalam proses, sebaiknya memeriksakan data dirinya di kantor Disdukcapil terdekat agar bisa melakukan pendaftaran.

Rangkaian tes lowongan CPNS 2018 dibagi menjadi tiga rangkaian yaitu Seleksi administrasi, Tes Kemampuan Dasar (TKD), dan Tes Kemampuan Bidang. Untuk jadwal seleksi administrasi diseuaikan dengan tanggal yang disediakan oleh masing-masing instansi.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi akan menjalani Tes Kemampuan Dasar. Di seleksi tahap ini, setiap peserta harus memenuhi nilai ambang batas yang diwajibkan oleh panitia seleksi.

Nilai ambang batas yang diwajibkan untuk tahun ini yaitu 143 untuk soal TKP, 80 untuk soal TIU, dan 75 untuk soal TWK. Jumlah soal yang akan diujikan adalah 100 butir, terdiri dari 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK.

Bagi peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar selajutnya harus menghadapi tes kompetensi bidang. Tes ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dari pelamar mengenai posisi dan juga instansi yang dilamar.

Setelah menjalani seluruh rangkaian proses tersebut, pelamar yang berhasil akan menjalani pemberkasan di akhir tahun 2018 untuk bisa menjadi CPNS. Harap diingat, setiap persyaratan yang diwajibkan akan diperiksa pada tahap ini sehingga bila masih ada persyarata yang kurang lengkap, tidak menutup kemungkinan kandidat bisa dinyatakan tidak lulus.

Jadi, bila ada Qolega yang tertarik untuk mengikuti tes CPNS tahun ini, maka tidak ada salahnya untuk mulai bersiap-siap dari sekarang menyiapkan seluruh persyaratannya.

(Sumber : www.qerja.com)