Rab. Mei 22nd, 2019

Lomba Anak dan Dampaknya

Menurut theAsianparent Indonesia, salah satu media parenting ternama di Asia Tenggara, lomba anak memiliki dampak positif bagi anak-anak, tetapi juga bisa membawa dampak negatif.

Dampak Positif Mengikuti Lomba Anak

Lomba-lomba anak tersebut memang banyak manfaatnya, dari mengembangkan potensi anak sampai memupuk rasa percaya diri mereka. Seperti pada lomba mewarnai, anak belajar untuk percaya pada kemampuannya, mencocokkan warna, mengambil keputusan warna yang digunakan, memahami media dan alat yang digunakan, serta mempraktekkan teknik mewarnai yang sudah dipelajarinya. Dengan ikut lomba si anak akan makin mengasah kemampuannya menjadi lebih baik lagi.

Info Bintaro baru-baru ini meliput lomba mewarnai yang diadakan di Gramedia Teras Kota – Serpong. Banyak anak yang antusias mengikuti lomba mewarnai tersebut. Lomba dimulai pukul 08.00. Sudah pasti mereka harus bergegas berangkat pagi-pagi dari rumahnya menuju lokasi lomba. Pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 ada 90 anak yang mengikuti lomba mewarnai tersebut. Waktu lomba sempat diundur setengah jam karena banyak peserta yang terlambat hadir. Ada pelaksanaan CAR FREE DAY yang berlaku di Jalan Raya Serpong pagi itu.

Dampak Negatif dari Anak

Dalam suatu perlombaan terkadang ada juga anak yang tidak dapat menerima kekalahan, dalam hal ini diperlukan kedewasaan orangtua dalam memberikan pengertian kepada anak bahwa menang dan kalah adalah hal yang wajar dalam tiap perlombaan.

Dampak Negatif dari Orangtua

Info Bintaro mengamati sering dalam suatu lomba, ambisi pribadi orangtua terlibat di dalamnya. Begitu inginnya orangtua agar anaknya memenangkan perlombaan sehingga menuntut anak untuk menjadi pemenang lomba. Ketika lomba berlangsung di Gramedia Teras Kota, tampak orang tua yang sibuk memberikan instruksi kepada sang anak yang sedang mewarnai.

Peristiwa seperti ini dapat membawa dampak  yang negatif bagi anak, karena secara mental anak memperoleh beban dan tekanan dari orangtua. Apalagi jika kemudian si anak tidak memenangkan lomba dan tidak memperoleh satu piala pun, yang membuat orangtua menyalahkan si anak, baik langsung maupun tidak langsung orangtua menunjukkan rasa kecewa.

Juara Lomba Mewarnai Gramedia Teras Kota

Setelah mewarnai selama 90 menit, seluruh hasil mewarnai peserta dikumpulkan dan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Bapak Tjhin Ricky, Marketing Manager dari  Datascrip Indonesia yang memasarkan produk Crayon Maped, Bapak Koes Brontolaras, Sales Superintendant Gramedia Teras Kota, Ibu Mardhiana Koesumawati, Product Specialist PT Gramedia Asri Media dan Ibu Bertha, Sales Superintendant dari Gramedia Teras Kota. Pada pukul 11.30 diumumkan oleh MC para juara lomba mewarnai yang mendapat hadiah berupa voucher belanja di Gramedia, piala, sertifikat dan goodiebag.

BACA JUGA  Final Lomba Marawis dan Da'i Cilik Lotte Mart

Tips terakhir bagi para orang tua yang mengirim anaknya mengikuti lomba-lomba:

  1. Lomba anak adalah Fun. Hal inilah yang harus diingat oleh orangtua dalam mengikutsertakan anaknya dalam lomba, yaitu lomba bertujuan membuat anak senang atau fun. Sehingga jangan memberikan tuntutan apapun pada anak.
  2. Menerima hasil lomba anak dengan tulus. Menang atau kalah dalam berlomba semua anak akan memperoleh ‘nilai lebih’, baik pengalaman baru, pengetahuan baru atau teman baru. Orangtua tetap harus menerima dengan tulus apapun kondisi anak dan tidak melihat anak sebagai loser (orang yang kalah dan tidak mampu).

Dari hal-hal tersebut menandakan bahwa faktor orangtualah yang menjadi penentu dari dampak lomba-lomba yang akan diikuti oleh anak. Sehingga jangan segan atau takut untuk mengikutserakan mereka dalam lomba anak. Dukung dan semangati  anak kita sesuai pepatah bijak dari Malcom Forbes  “Victory is sweetest when you’ve known defeat”

Pengumuman Lomba Berikutnya

Bagi yang belum sempat mengikuti lomba mewarnai MOOPY bersama MAPED,  dapat mendaftarkan diri untuk lomba yang diadakan pada hari Minggu, 22 Oktober 2017 jam 8.30 pagi. Dengan biaya Rp 60.000 per peserta (Free Buku Moopy, Oil Pastel Maped 12 warna, Kertas mewarnai A3)

Peserta :
Kategori A : Pra TK dan TK
Kategori B : SD Kelas 1-3

Hadiah :

  • JUARA I: Uang Tunai Rp 750.000 (+ Piala, Sertifikat, dan Goodiebag)
  • JUARA II : Uang Tunai Rp 500.000 (+ Piala, Sertifikat, dan Goodiebag)
  • JUARA III : Uang Tunai Rp 250.000 (+ Piala, Sertifikat, dan Goodiebag)
  • JUARA HARAPAN 1&2 : Piala, Sertifikat, dan Goodiebag

Info pendaftaran:
Gramedia Plaza Bintaro
Plaza Bintaro Jaya Lt. 2
Jalan Bintaro Utama Sektor III-A, Pd. Karya, Pd. Aren, Jaksel, DKI Jakarta 15225
Telp: (021) 735-3774/3442

BACA JUGA  Old Soldier will Never Die : Duel Meet Superkid vs SAS 2017

 

(EGS)

 

 

Baca Juga