Pendidikan

Listerine melalui Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

Listerine salah satu produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia sekaligus sebagai pemimpin pasar produk mouthwash yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia, hari ini secara resmi meluncurkan kampanye terbarunya, ‘Ubah Dengan Suara’ bertempat di DoubleTree Hotel, Jakarta Pusat. Melalui inisiatif ini, Listerine bermitra dengan Indonesia Mengajar untuk meningkatkan kompetensi para pengajar mudanya yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu meningkatkan pendidikan bangsa.

Sistem pendidikan di Indonesia tergolong besar dan beragam dengan jumlah murid lebih dari 50 juta dan tenaga pengajar sebanyak 2,6 juta yang tersebar di lebih dari 250,000 sekolah di Indonesia. Hal ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan sistem pendidikan ke 4 terbesar di dunia (setelah Cina, India dan Amerika). Akan tetapi, terlepas dari begitu besarnya upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia, ternyata pendidikan masih belum tersebar secara merata karena masih adanya keterbatasan akses di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data dari Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, UNESCO, kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan lebih baik lagi dibanding dengan negara lain. Padahal, guru memegang peranan penting dalam membentuk karakter sebuah generasi, terlebih suatu bangsa. Untuk itulah maka diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk sektor swasta, dalam memberikan dukungan terhadap pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung.

Najelaa Shihab, Psikolog dan Pendidik, mengatakan, “Pendidikan itu perlu mengantar setiap dan semua anak Indonesia menuju cita-citanya. Sebagai bangsa, kita punya tujuan yang besar – bukan hanya sekadar pencapaian intelektual atau memastikan pekerjaan, tetapi juga menumbuhkan potensi manusia secara utuh dalam berbagai aspek perkembangan. Saat ini, pendidikan Indonesia butuh percepatan perbaikan, ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau murid dan guru di sekolah – tapi butuh kita semua untuk ambil peran. Banyak komunitas dan organisasi pendidikan, juga individu yang memilih menjadi relawan, kerja barengan untuk pendidikan. Harapannya, semakin banyak inovasi dan kolaborasi yang terjadi antara pemerintah, korporasi, organisasi dan publik yang peduli agar pendidikan tetap relevan menghadapi tantangan zaman. Proses belajar-mengajar harus selalu menempatkan murid sebagai subjek, pengajar perlu memanusiakan hubungan dalam menjalankan perannya. Kita semua – orang dewasa yang ada di sekeliling anak perlu terus menjadi teladan – memfasilitasi anak berdasarkan kebutuhannya, memberikan dukungan dan pengalaman sukses, menerapkan komunikasi yang penuh empati. Semoga semua dan setiap anak di Indonesia mendapatkan akses dan kualitas pendidikan yang baik.”

Melihat kondisi ini, Listerine melalui kampanye ‘Ubah dengan Suara’ mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi para pengajar. Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia menjelaskan, “Perusahaan kami selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Inisiatif kali ini, ditujukan secara khusus kepada para pengajar karena mereka adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Kegiatan belajar mengajar tentunya melibatkan proses komunikasi dan interaksi secara aktif. Ketika pengajar merasa percaya diri, maka dia akan dapat secara optimal mengkomunikasikan materi yang dibawakannya. Listerine percaya bahwa setiap mulut (orang) dapat memberikan suatu perubahan yang positif. Untuk berani speak up, dibutuhkan kepercayaan diri yang bisa didapatkan ketika sesorang memiliki kesehatan mulut dan gigi yang baik. Oleh karena itu, bersama dengan mitra kami Indonesia Mengajar, Listerine akan membuat program edukasi mengenai pentingnya kesehatan mulut dan gigi serta membuatkan modul khusus untuk pembelajaran kreatif bagi para pengajar mudanya.”

Ditemui pada kesempatan yang sama, Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi mengatakan, “Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit. Bakteri normal yg hidup dalam mulut bila tidak terkendali akan berkembang biak dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan , infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi. Jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies dan plak. Bahkan dapat menimbulkan komplikasi seperti kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun paru. Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25% dari mulut sehingga ini tidak cukup karena masih ada 75% bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur, kita perlu membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash.”

Lakish menambahkan “Dengan edukasi kesehatan mulut dan gigi yang tepat kepada pada pengajar muda Indonesia Mengajar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, kami berharap kegiatan belajar – mengajar dapat menjadi optimal. Tidak hanya bagi para pengajar muda saja, kami berharap nantinya pesan ini juga dapat disampaikan kepada para murid agar nantinya kegiatan belajar mengajar tidak tertunda karena murid harus absen karena masalah sakit gigi.”

Pada kesempatan yang sama, Satria Ugahari, Direktur Indonesia Mengajar, turut menyatakan penghargaannya atas dukungan yang telah diberikan Listerine. “Kami sangat menghargai dan berterima kasih terhadap inisiatif Listerine melalui kampanye ’Ubah dengan Suara’. Peranan para Pengajar Muda amat penting untuk mencerdaskan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa secara menyeluruh. Oleh karena itu kita perlu memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kompetensi Pengajar Muda. Lebih dari itu, kompetensi Pengajar Muda ini juga perlu didukung dengan penampilan diri yang maksimal agar suasana kelas menjadi menyenangkan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut agar para Pengajar Muda lebih percaya diri dalam menyampaikan pembelajaran kreatif di hadapan para siswa. Sehingga edukasi kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian yang tak luput dari perhatian kami. Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ juga sejalan dengan visi misi Indonesia Mengajar yaitu mendorong perubahan perilaku generasi muda Indonesia menjadi generasi dan bangsa yang berkarakter kuat. Oleh karena itu, Indonesia Mengajar bersama Listerine akan membuat modul mengenai metode pembelajaran kreatif untuk dapat mengembangkan potensi para Pengajar Muda demi memajukan pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia.”

Untuk memastikan program ini menjangkau pengajar muda di seluruh wilayah Indonesia, Listerine mengajak masyarakat luas, khususnya para generasi muda Indonesia untuk turut serta berpartisipasi mendukung kampanye ‘Ubah dengan Suara’. “Hanya dengan membeli 1 (satu) botol Listerine Cool Mint 250ml, mereka telah menyumbangkan Rp. 1000,- untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Program promosi kampanye ini sudah berjalan sejak bulan Januari 2019 dan pengumpulan donasi secara resmi dimulai sejak tanggal 18 Februari 2019 dan akan berakhir pada 17 Maret 2019.

Hasil yang diperoleh nantinya akan disumbangkan ke Indonesia Mengajar untuk program edukasi kesehatan mulut dan gigi serta pembuatan modul metode pembelajaran kreatif. Kami berharap para generasi muda dapat berpartisipasi dan menunjukkan dukungan mereka untuk program ini dalam rangka menciptakan sebuah perubahan yang positif di Indonesia,” ujar Rikka Anggitha, Brand Amplification Lead Listerine Indonesia.

Turut memberikan dukungannya sebagai public figure yang telah mencapai berbagai prestasi di usianya yang muda dan peduli pada dunia pendidikan Maudy Ayunda, selaku Duta Kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ mengatakan, “Semua orang, siapa pun berhak mendapat pendidikan yang terbaik. Saya pun tidak pernah menyianyiakan pendidikan. Di tengah kesibukan saya di dunia hiburan, saya tetap aktif menjalankan dan menyelesaikan kuliah. Bahkan sewaktu duduk di sekolah dasar, saya pernah bercita – cita untuk menjadi guru karena saya sangat menyenangi lingkungan sekolah. Untuk kemajuan pendidikan Indonesia, menurut saya dibutuhkan suatu pembelajaran yang interaktif dan mendorong pemikiran kritis. Kita harus lebih berani ‘speak up’ dan menyatakan pemikiran kritis kita terhadap suatu isu. Tapi memang harus dimulai dari percaya diri. Inilah salah satu alasan saya mendukung kampanye ini. Our voice makes a difference and it starts with a healthy mouth! Oleh karena itu saya juga ingin mengundang teman – teman generasi muda untuk memberikan dukungannya pada kampanye ‘Ubah dengan Suara’ untuk memajukan pendidikan bangsa.”

Rangkaian kegiatan kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ telah dimulai sejak bulan Januari 2019 lalu dimana Listerine telah mengadakan roadshow ke universitas, mall dan beberapa public space di Jakarta, untuk mengumpulkan suara dari para generasi muda Indonesia. “Dari suara yang kami dapatkan, mayoritas menyatakan pendidikan adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu, kami memfokuskan program kami pada pendidikan untuk merespon isu yang berkembang di publik. Kami secara khusus mendukung para pengajar karena mereka merupakan ujung tombak dunia pendidikan. Bersama dengan mitra kami, Indonesia Mengajar, kami berharap agar kampanye ‘Ubah dengan Suara’ ini dapat membawa dampak dan perubahan positif bagi pendidikan di wilayah terpencil di Indonesia,” tutup Rikka.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Maknai Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020 Dorong Transformasi Digital UMKM Tanah Air

    Maknai Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel Gelar Digital Creative Millennials 2020 Dorong Transformasi Digital UMKM Tanah Air

    Telkomsel kembali menghadirkan program berbasis digital sebagai wadah untuk memacu kewirausahaan di segmen youth atau millennial. Program yang diberi nama Digital Creative Millennials 2020 ini akan memberikan serangkaian pelatihan dan pendidikan melalui seminar daring (webinar) dan lokakarya (workshop) terkait transformasi digital di sektor UMKM. Sebagai pembuka sekaligus sebagai momentum memaknai Hari Sumpah Pemuda, Telkomsel menggelar […]
  • Ikuti Seminar “Mengenal Kebutuhan Perkembangan Anak” di Graha Niaga Bintaro

    Ikuti Seminar “Mengenal Kebutuhan Perkembangan Anak” di Graha Niaga Bintaro

    Saat ini sedang berlangsung pameran daycare di Graha Niaga Bintaro. Pameran yang diselenggarakan sampai hari Jumat, 20 April 2018 diadakan  dalam rangka menyambut hari pendidikan nasional 2 Mei mendatang, menghadirkan beberapa lembaga pendidikan seperti daycare dan sekolah. Harap diperhatikan jam pameran hanya berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Hadir sebagai peserta pameran […]
  • Maxx Coffee Gandeng Grabfood untuk Layanan Pesan-Antar Makanan & Minuman

    Maxx Coffee Gandeng Grabfood untuk Layanan Pesan-Antar Makanan & Minuman

    MAXX Coffee, jaringan coffee shop lokal berstandar internasional terbesar di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan Grab, online-to-offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, dimana GrabFood akan menjadi layanan pesan-antar makanan & minuman utama untuk MAXX Coffee. Kerja sama ini diharapkan dapat mendekatkan MAXX Coffee dengan pelanggannya dan dapat memenuhi kebutuhan mereka akan kopi yang […]
  • Mengenal Batik Etnik Tangerang Selatan: Batik Ethnic Sekar Purnama

    Mengenal Batik Etnik Tangerang Selatan: Batik Ethnic Sekar Purnama

    Batik telah menjadi kekayaan budaya Bangsa Indonesia yang diakui dunia. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia. Sejarah panjang keberadaan batik di Indonesia serta pasang surut perkembangannya hingga saat ini memberikan bukti bahwa batik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Wilayah Tangerang Selatan pun memiliki batik-batik khas […]
  • RS Brawijaya Buka Cabang Di Perbatasan Tangsel

    RS Brawijaya Buka Cabang Di Perbatasan Tangsel

    Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya buka pelayanan di perbatasan Tangsel dan Jawabarat, tepatnya di Jalan Raya Ciputat, Ciputat, Minggu. “Sengaja kita buka disini karena memang kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan itu sangat banyak. Sementara di daerah ini, rumah sakit yang melayani pelayanan kesehatan dengan fasilitas lengkap sangat minim,” kata  Direktur RS Brawijaya, pada saat […]
  • Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak, ELTI Bintaro

    Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak, ELTI Bintaro

    Pada saat ini Bahasa Inggris telah menjadi bahasa pengantar yang berlaku di berbagai bidang kehidupan. Hampir tidak ada hal-hal dalam kehidupan kita sehari-hari yang tidak menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan dalam hal yang paling sederhana sekalipun. Sayangnya, penguasaan Bahasa Inggris orang Indonesia masih amat terbatas. Hal ini disebabkan umumnya kita baru belajar Bahasa Inggris saat mulai menginjak masa […]
  • Siap Temani Masyarakat, Honda Vario Tampil Lebih Sporti

    Siap Temani Masyarakat, Honda Vario Tampil Lebih Sporti

    PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penyegaran pada skutik popular New Honda Vario 150 dan New Honda Vario 125 untuk menemani aktivitas masyarakat. Tampil semakin berkelas dengan desain sporti, keduanya hadir dengan suguhan warna dan stripe terbaru yang melengkapi performa terbaiknya. New Honda Vario 150 sebagai pilihan skutik bagi anak muda yang menyukai desain ekslusif […]
  • Enam Keuntungan Konsumen Melakukan Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

    Enam Keuntungan Konsumen Melakukan Perawatan Berkala di Bengkel Resmi

    Era normal baru membuat masyarakat banyak melakukan aktivitas dengan kebiasaan baru seperti dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Termasuk dengan penggunaan kendaraan, saat ini masyarakat cenderung lebih nyaman untuk menggunakan kendaraan pribadinya. Dengan memiliki kendaraan pribadi, pastinya konsumen juga harus menjaga kondisi kendaraannya agar selalu prima dengan cara melakukan perawatan. Untuk memastikan mobil selalu dalam keadaan […]
  • Maybank Indonesia Serahkan Grand Prize”Tabungan Co-Branding Maybank Finance”

    Maybank Indonesia Serahkan Grand Prize”Tabungan Co-Branding Maybank Finance”

    PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menyerahkan hadiah utama (grand prize) program “Tabungan Co-Branding Maybank Finance” di Kantor Cabang Maybank Indonesia jalan Diponegoro, Medan. enyerahan hadiah utama dilakukan Regional Director – Sumatera Utara, Bennedi Sianipar kepada Harun Widjaja nasabah Maybank Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Jalan Bandung Medan berupa 1 (satu) unit mobil Toyota […]
  • Tren Donasi 2020: Antusiasme Masyarakat Berdonasi lewat Tokopedia Meningkat Lebih dari 6,5x Lipat Selama Pandemi

    Tren Donasi 2020: Antusiasme Masyarakat Berdonasi lewat Tokopedia Meningkat Lebih dari 6,5x Lipat Selama Pandemi

    Pandemi ternyata justru mendorong semangat masyarakat dalam berbagi kebaikan. “Sepanjang 2020 hingga bulan November, masyarakat Indonesia telah berdonasi lebih dari Rp42 miliar lewat Tokopedia,” ungkap Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda. “Nilai ini meningkat lebih dari 6,5x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” tambah Garri. Donasi dari pengguna Tokopedia ini secara […]
  • Bakoel Rasa, Masakan Rumahan di Bintaro Sektor 9

    Bakoel Rasa, Masakan Rumahan di Bintaro Sektor 9

    Weekend ini Anda mau ke mana? Biasanya mencicipi kuliner yang baru menjadi agenda akhir pekan. Saat ini di Bintaro Sektor 9, tepatnya di sebelah tempat kursus bahasa Inggris LIA, ada resto masakan rumahan yang bernama Bakoel Rasa. Resto ini dimiliki oleh sepasang suami istri Mindy dan Sanny yang memiliki hobi mencoba berbagai kuliner. Ini merupakan […]
  • Bigbird Tawarkan Pengalaman Berbeda untuk Perjalanan Bisnis Maupun Wisata

    Bigbird Tawarkan Pengalaman Berbeda untuk Perjalanan Bisnis Maupun Wisata

    Bigbird, sebagai bus layanan pariwisata dari PT Blue Bird Tbk, secara resmi memperkenalkan armada terbarunya yaitu Bigbird Premium unit Alpha dan unit Bravo. Kedatangan dua unit terbaru ini menjadikan Bigbird secara total telah mengoperasikan sebanyak sepuluh unit di layanan Bigbird Premium, tepatnya dua unit Bigbird Alpha Premium dan delapan unit Bigbird Bravo Premium. Sigit Djokosoetono, […]
  • 5 Alasan Pintar Beralih ke Smart TV

    5 Alasan Pintar Beralih ke Smart TV

    Istilah “Smart TV” atau “televisi pintar” semakin populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan Smart TV memiliki beragam fitur inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati konten hiburan maupun untuk mendukung pekerjaan, termasuk saat ini ketika lebih banyak kegiatan dilakukan dari dalam rumah. Produk smart TV Xiaomi misalnya, mencatat pengiriman global hingga […]
  • Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Untuk merayakan musim liburan dan menyambut tahun baru 2020, Aviary Bintaro menawarkan pengalaman bernuansa Tropical Vibes, di mana musim panas ada di bulan Desember. Berbagi keajaiban Natal di resto Starling Eatery dengan Christmas Brunch hanya Rp 200.000 ++/orang hanya pada tanggal 25 Desember 2019 mulai dari 11.00 – 14.30 WIB. Hari Natal-pun tiba, tema dekorasi […]
  • Transaksi via Aplikasi Meningkat 4 Kali Lipat, Lion Parcel Berikan Free Upsize & Diskon Berlipat Pengiriman via Aplikasi

    Transaksi via Aplikasi Meningkat 4 Kali Lipat, Lion Parcel Berikan Free Upsize & Diskon Berlipat Pengiriman via Aplikasi

    Lion Parcel (PT. Lion Express), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, terus berinovasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengiriman paket melalui platform digital. Kali ini, aplikasi Lion Parcel menghadirkan dua layanan sekaligus, 1) layanan Free Upsize, yang memungkinkan konsumen membayar harga reguler untuk mendapatkan upgrade layanan ONEPACK, dan 2) program membership yang menawarkan diskon berlipat […]
  • Siapkan Ribuan Tutor Online, Leson.ID Kembali Berinovasi dengan Fitur Baru untuk Membantu Murid Indonesia

    Siapkan Ribuan Tutor Online, Leson.ID Kembali Berinovasi dengan Fitur Baru untuk Membantu Murid Indonesia

    Leson.ID kembali membuat inovasi baru untuk mendukung kegiatan pembelajaran para siswa. Dengan kebijakan beberapa pemerintah daerah untuk menutup sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah sebagai upaya mencegah penyebaran Covid19, Leson.id menawarkan paket gratis untuk para siswa tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK yang bisa diakses pada website Leson.ID dengan mudah kapanpun dan dimanapun, yang diharapkan […]
  • Bingung Mencari Jamuan atau Hantaran Lebaran? Pesan Cupcakes di Cupcakes Heaven Saja

    Bingung Mencari Jamuan atau Hantaran Lebaran? Pesan Cupcakes di Cupcakes Heaven Saja

    Tak terasa kita sudah menjalani separuh bulan Ramadhan ini, tak lama lagi kita akan merayakan Lebaran. Sudah mulai melakukan persiapan untuk berlebaran bersama sanak keluarga dan handai taulan? Bagaimana dengan oleh-oleh dan hantaran bagi keluarga di kampung halaman, atau Anda berencana untuk berlebaran di rumah dan melakukan open house? Kira-kira apa yang bisa menjadi oleh-oleh […]
  • Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Grabexpress Ajak Keluarga Indonesia Tunjukkan Kasih Sayang Kepada Para Ibu Melalui Program #1000kadodihariibu

    Hari Ibu tanggal 22 Desember menjadi sebuah momen tepat bagi setiap anak untuk mengungkapkan kasih sayang dan rasa terima kasih kepada sang Ibu. Menyambut momen spesial ini, Grab, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara mempersembahkan 1000 kado istimewa untuk para ibu melalui peluncuran kampanye #1000KadoDiHariIbuyang didukung oleh layanan kurir instan, GrabExpress. Program ini diadakan serentak di 4 […]
  • Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

    Tips Mengenalkan Buku Sejak Dini Kepada Anak

    Mengenalkan buku pada anak merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan orangtua sejak dini. Bagaimana cara memulainya? Simak tips-tips berikut ini. Buku sebaiknya diperkenalkan saat anak masih berusia batita atau di bawah tiga tahun. Bila anak senang membaca, kemampuan berbahasa anak bisa meningkat dengan pesat. Ia akan menemukan kosa kata baru yang bisa digunakan sehari-hari. […]
  • Susu Sehat ya Susu Almond dari Toko Gembili

    Susu Sehat ya Susu Almond dari Toko Gembili

    Susu memang minuman sehat yang terbukti memiliki nutrisi yang tinggi. Rasanya yang enak membuat susu juga banyak digemari. Ada berbagai jenis susu pada saat ini, susu yang berasal dari sapi merupakan susu yang paling banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang mau minum susu sapi dengan berbagai pertimbangan. Yang paling sering menimbulkan […]