Pendidikan

Listerine melalui Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

Listerine salah satu produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia sekaligus sebagai pemimpin pasar produk mouthwash yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia, hari ini secara resmi meluncurkan kampanye terbarunya, ‘Ubah Dengan Suara’ bertempat di DoubleTree Hotel, Jakarta Pusat. Melalui inisiatif ini, Listerine bermitra dengan Indonesia Mengajar untuk meningkatkan kompetensi para pengajar mudanya yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu meningkatkan pendidikan bangsa.

Sistem pendidikan di Indonesia tergolong besar dan beragam dengan jumlah murid lebih dari 50 juta dan tenaga pengajar sebanyak 2,6 juta yang tersebar di lebih dari 250,000 sekolah di Indonesia. Hal ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan sistem pendidikan ke 4 terbesar di dunia (setelah Cina, India dan Amerika). Akan tetapi, terlepas dari begitu besarnya upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia, ternyata pendidikan masih belum tersebar secara merata karena masih adanya keterbatasan akses di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data dari Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, UNESCO, kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan lebih baik lagi dibanding dengan negara lain. Padahal, guru memegang peranan penting dalam membentuk karakter sebuah generasi, terlebih suatu bangsa. Untuk itulah maka diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk sektor swasta, dalam memberikan dukungan terhadap pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung.

Najelaa Shihab, Psikolog dan Pendidik, mengatakan, “Pendidikan itu perlu mengantar setiap dan semua anak Indonesia menuju cita-citanya. Sebagai bangsa, kita punya tujuan yang besar – bukan hanya sekadar pencapaian intelektual atau memastikan pekerjaan, tetapi juga menumbuhkan potensi manusia secara utuh dalam berbagai aspek perkembangan. Saat ini, pendidikan Indonesia butuh percepatan perbaikan, ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau murid dan guru di sekolah – tapi butuh kita semua untuk ambil peran. Banyak komunitas dan organisasi pendidikan, juga individu yang memilih menjadi relawan, kerja barengan untuk pendidikan. Harapannya, semakin banyak inovasi dan kolaborasi yang terjadi antara pemerintah, korporasi, organisasi dan publik yang peduli agar pendidikan tetap relevan menghadapi tantangan zaman. Proses belajar-mengajar harus selalu menempatkan murid sebagai subjek, pengajar perlu memanusiakan hubungan dalam menjalankan perannya. Kita semua – orang dewasa yang ada di sekeliling anak perlu terus menjadi teladan – memfasilitasi anak berdasarkan kebutuhannya, memberikan dukungan dan pengalaman sukses, menerapkan komunikasi yang penuh empati. Semoga semua dan setiap anak di Indonesia mendapatkan akses dan kualitas pendidikan yang baik.”

Melihat kondisi ini, Listerine melalui kampanye ‘Ubah dengan Suara’ mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi para pengajar. Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia menjelaskan, “Perusahaan kami selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Inisiatif kali ini, ditujukan secara khusus kepada para pengajar karena mereka adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Kegiatan belajar mengajar tentunya melibatkan proses komunikasi dan interaksi secara aktif. Ketika pengajar merasa percaya diri, maka dia akan dapat secara optimal mengkomunikasikan materi yang dibawakannya. Listerine percaya bahwa setiap mulut (orang) dapat memberikan suatu perubahan yang positif. Untuk berani speak up, dibutuhkan kepercayaan diri yang bisa didapatkan ketika sesorang memiliki kesehatan mulut dan gigi yang baik. Oleh karena itu, bersama dengan mitra kami Indonesia Mengajar, Listerine akan membuat program edukasi mengenai pentingnya kesehatan mulut dan gigi serta membuatkan modul khusus untuk pembelajaran kreatif bagi para pengajar mudanya.”

Ditemui pada kesempatan yang sama, Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi mengatakan, “Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit. Bakteri normal yg hidup dalam mulut bila tidak terkendali akan berkembang biak dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan , infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi. Jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies dan plak. Bahkan dapat menimbulkan komplikasi seperti kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun paru. Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25% dari mulut sehingga ini tidak cukup karena masih ada 75% bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur, kita perlu membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash.”

Lakish menambahkan “Dengan edukasi kesehatan mulut dan gigi yang tepat kepada pada pengajar muda Indonesia Mengajar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, kami berharap kegiatan belajar – mengajar dapat menjadi optimal. Tidak hanya bagi para pengajar muda saja, kami berharap nantinya pesan ini juga dapat disampaikan kepada para murid agar nantinya kegiatan belajar mengajar tidak tertunda karena murid harus absen karena masalah sakit gigi.”

Pada kesempatan yang sama, Satria Ugahari, Direktur Indonesia Mengajar, turut menyatakan penghargaannya atas dukungan yang telah diberikan Listerine. “Kami sangat menghargai dan berterima kasih terhadap inisiatif Listerine melalui kampanye ’Ubah dengan Suara’. Peranan para Pengajar Muda amat penting untuk mencerdaskan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa secara menyeluruh. Oleh karena itu kita perlu memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kompetensi Pengajar Muda. Lebih dari itu, kompetensi Pengajar Muda ini juga perlu didukung dengan penampilan diri yang maksimal agar suasana kelas menjadi menyenangkan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut agar para Pengajar Muda lebih percaya diri dalam menyampaikan pembelajaran kreatif di hadapan para siswa. Sehingga edukasi kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian yang tak luput dari perhatian kami. Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ juga sejalan dengan visi misi Indonesia Mengajar yaitu mendorong perubahan perilaku generasi muda Indonesia menjadi generasi dan bangsa yang berkarakter kuat. Oleh karena itu, Indonesia Mengajar bersama Listerine akan membuat modul mengenai metode pembelajaran kreatif untuk dapat mengembangkan potensi para Pengajar Muda demi memajukan pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia.”

Untuk memastikan program ini menjangkau pengajar muda di seluruh wilayah Indonesia, Listerine mengajak masyarakat luas, khususnya para generasi muda Indonesia untuk turut serta berpartisipasi mendukung kampanye ‘Ubah dengan Suara’. “Hanya dengan membeli 1 (satu) botol Listerine Cool Mint 250ml, mereka telah menyumbangkan Rp. 1000,- untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Program promosi kampanye ini sudah berjalan sejak bulan Januari 2019 dan pengumpulan donasi secara resmi dimulai sejak tanggal 18 Februari 2019 dan akan berakhir pada 17 Maret 2019.

Hasil yang diperoleh nantinya akan disumbangkan ke Indonesia Mengajar untuk program edukasi kesehatan mulut dan gigi serta pembuatan modul metode pembelajaran kreatif. Kami berharap para generasi muda dapat berpartisipasi dan menunjukkan dukungan mereka untuk program ini dalam rangka menciptakan sebuah perubahan yang positif di Indonesia,” ujar Rikka Anggitha, Brand Amplification Lead Listerine Indonesia.

Turut memberikan dukungannya sebagai public figure yang telah mencapai berbagai prestasi di usianya yang muda dan peduli pada dunia pendidikan Maudy Ayunda, selaku Duta Kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ mengatakan, “Semua orang, siapa pun berhak mendapat pendidikan yang terbaik. Saya pun tidak pernah menyianyiakan pendidikan. Di tengah kesibukan saya di dunia hiburan, saya tetap aktif menjalankan dan menyelesaikan kuliah. Bahkan sewaktu duduk di sekolah dasar, saya pernah bercita – cita untuk menjadi guru karena saya sangat menyenangi lingkungan sekolah. Untuk kemajuan pendidikan Indonesia, menurut saya dibutuhkan suatu pembelajaran yang interaktif dan mendorong pemikiran kritis. Kita harus lebih berani ‘speak up’ dan menyatakan pemikiran kritis kita terhadap suatu isu. Tapi memang harus dimulai dari percaya diri. Inilah salah satu alasan saya mendukung kampanye ini. Our voice makes a difference and it starts with a healthy mouth! Oleh karena itu saya juga ingin mengundang teman – teman generasi muda untuk memberikan dukungannya pada kampanye ‘Ubah dengan Suara’ untuk memajukan pendidikan bangsa.”

Rangkaian kegiatan kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ telah dimulai sejak bulan Januari 2019 lalu dimana Listerine telah mengadakan roadshow ke universitas, mall dan beberapa public space di Jakarta, untuk mengumpulkan suara dari para generasi muda Indonesia. “Dari suara yang kami dapatkan, mayoritas menyatakan pendidikan adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu, kami memfokuskan program kami pada pendidikan untuk merespon isu yang berkembang di publik. Kami secara khusus mendukung para pengajar karena mereka merupakan ujung tombak dunia pendidikan. Bersama dengan mitra kami, Indonesia Mengajar, kami berharap agar kampanye ‘Ubah dengan Suara’ ini dapat membawa dampak dan perubahan positif bagi pendidikan di wilayah terpencil di Indonesia,” tutup Rikka.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Oppo Resmi Luncurkan R17 Pro di Indonesia

    Oppo Resmi Luncurkan R17 Pro di Indonesia

    OPPO membuka tahun 2019 dengan meluncurkan R17 Pro, perangkat dengan kemampuan foto malam hari serta pengisian baterai super cepat, yang dijual seharga Rp9.999.000,00. Pemesanan awal OPPO R17 Pro bisa dilakukan mulai 4 Januari sampai 16 Januari 2019 di seluruh gerai resmi OPPO Indonesia dan berbagai e-dagang Indonesia, seperti Tokopedia, Lazada, JD.id, Shopee, Blibli.com, Akulaku, dan […]
  • Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak, ELTI Bintaro

    Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak, ELTI Bintaro

    Pada saat ini Bahasa Inggris telah menjadi bahasa pengantar yang berlaku di berbagai bidang kehidupan. Hampir tidak ada hal-hal dalam kehidupan kita sehari-hari yang tidak menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan dalam hal yang paling sederhana sekalipun. Sayangnya, penguasaan Bahasa Inggris orang Indonesia masih amat terbatas. Hal ini disebabkan umumnya kita baru belajar Bahasa Inggris saat mulai menginjak masa […]
  • Informa Luncurkan Pengalaman Belanja Baru Lebih Lifestyle, Modern dan Nyaman

    Informa Luncurkan Pengalaman Belanja Baru Lebih Lifestyle, Modern dan Nyaman

    Enam belas tahun melayani masyarakat Indonesia, INFORMA yang merupakan pusat furnitur dan aksesoris untuk hunian dan bisnis meluncurkan pengalaman belanja baru yang lebih Lifestyle, Modern dan Nyaman. Selain itu, INFORMA juga membuka HOME GALLERIA di Living World Alam Sutera, Tangerang, pada 18 Desember 2020, yang menghadirkan pengalaman belanja furnitur yang lebih mewah dan prestisius. Meutia […]
  • KOMPASTV Sukses Raih Empat Gelar Juara Dalam Anugerah KPI 2020

    KOMPASTV Sukses Raih Empat Gelar Juara Dalam Anugerah KPI 2020

    KompasTV berhasil meraih empat gelar penghargaan dari ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2020 bertema “Semangat Kreativitas Di Tengah Wabah” yang telah diselenggarakan siang ini di Perpustakaan Nasional Jakarta (10/12/20). Dua penghargaan diberikan kepada program Berkas Kompas dalam kategori Program Peduli Perempuan pada episode ‘Asa Para Perempuan Tangguh’ dan kategori Program Peduli Disabilitas pada episode […]
  • Resep Sapi Lada Hitam ala Chinese Food

    Resep Sapi Lada Hitam ala Chinese Food

    Apakah anda hobi masak? Mungkin bisa mencoba resep memasak sapi lada hitam berikut ini. Bahan 100 gr sapi has dalam, iris gemuk Bahan Marinasi: 1 sdt lada hitam tumbuk kasar 1/2 sdt garam 1,5 sdm kecap manis 1 sdm saus tiram 1/4 sdt kecap asin Bahan Tumisan: 1/2 paprika hijau 1/2 paprika merah 1 bawang […]
  • Shopee Rayakan Rekor Baru Dalam 12.12 Birthday Sale, dengan 12 Juta Produk Terjual dalam 24 Menit Pertama di 12 Desember

    Shopee Rayakan Rekor Baru Dalam 12.12 Birthday Sale, dengan 12 Juta Produk Terjual dalam 24 Menit Pertama di 12 Desember

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, menutup kampanye festival belanja akhir tahun dengan mencatatkan pencapaian terbaru melalui 12.12 Birthday Sale. Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke 5, Shopee memecahkan semua rekor pada tanggal 12 Desember dimana 12 juta produk berhasil terjual dalam waktu 24 menit pertama dan mencatatkan penjualan tertinggi dimana 1 […]
  • Foto : Meriahnya Olympus 2017 PKN STAN

    Foto : Meriahnya Olympus 2017 PKN STAN

    Olympus yang merupakan akronim dari “Originally Memorable Experience Upon Last” merupakan ajang tahunan dari mahasiswa/i pajak dan penilai Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Pajak dan melepas mahasiswa yang akan lulus dan memasuki perjalanan panjang karirnya kelak. Digelar pada tanggal 13 dan 24 September 2017 di Kampus PKN STAN, Jurangmangu, Bintaro, […]
  • Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Menang Banyak dengan Motor Pilihan Milenial di Era New Normal

    Memasuki era New Normal, pemilihan sepeda motor yang praktis menjadi prioritas utama dalam mendukung mobilitas. Salah satu sepeda motor yang dikenal dengan fitur dan kepraktisannya adalah Yamaha FreeGo. Salah satu produk Generasi 125 yang mendapat predikat Best Buy Matic (dalam Motor Plus Award 2019) ini semakin banyak menuai testimoni positif dari berbagai kalangan khususnya kaum […]
  • Keren, Yuk Nonton Festival Musik dan Seni Futuristik Wave of Tomorrow

    Keren, Yuk Nonton Festival Musik dan Seni Futuristik Wave of Tomorrow

    Digelar untuk kedua kalinya, festival musik dan seni berbasis teknologi masa depan, Wave of Tomorrow (WoT), telah resmi kembali dibuka pada Jumat, 20 Desember 2019, di Gedung Tribatra, Jalan Wijaya, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Festival musik dan pameran seni ini akan berlangsung hingga Minggu, 29 Desember 2019. Antrian penonton yang hendak masuk ke ruang pameran tampak […]
  • Grab Hadiahkan Layanan Gratis bagi Garuda Muda Selama 1 Tahun, Sebagai Apresiasi untuk Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

    Grab Hadiahkan Layanan Gratis bagi Garuda Muda Selama 1 Tahun, Sebagai Apresiasi untuk Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, turut merayakan kemenangan tim nasional (timnas) Indonesia U-22 yang baru saja meraih Juara di ajang Piala AFF U-22 2019 yang berlangsung di Kamboja. Sebagai apresiasi atas perjuangan tanpa kenal lelah dari ke 37 pemain Garuda Muda, tim official dan tim pelatih, Grab akan memberikan layanan Grab secara […]
  • Mengapa OPPO Reno Series Begitu Populer di Indonesia?

    Mengapa OPPO Reno Series Begitu Populer di Indonesia?

    OPPO sebagai perusahaan teknologi ternama, yang salah satunya membuat perangkat smartphone, berupaya selalu melakukan inovasi dan perubahan agar produknya mudah dikenali oleh konsumen. Penyederhanaan lini produk OPPO telah mulai dilakukan sejak tahun 2016 saat produk ponsel cerdas F series – yang cukup dikenal di pasaran dengan jargon “selfie expert”. Di tahun 2019, OPPO juga melakukan perombakan lini […]
  • Wisuda Unik Bertema Rote di Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

    Wisuda Unik Bertema Rote di Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

    Merupakan tradisi serta ciri khas bagi UMN untuk mengangkat tema kedaerahan dalam kegiatan wisudanya. Wisuda XII kali ini bertemakan adat dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Tata panggung dan seluruh dekorasi area kegiatan turut dibuat dalam nuansa daerah Rote. Tak hanya itu, UMN juga turut menampilkan tarian-tarian daerah serta lagu-lagu daerah NTT untuk menyemarakkan nuansa […]
  • Kemenperin Manfaatkan Anggaran Dekonsentrasi untuk IKM Terimbas Covid-19

    Kemenperin Manfaatkan Anggaran Dekonsentrasi untuk IKM Terimbas Covid-19

    Kementerian Perindustrian memberikan perhatian serius terhadap industri kecil menengah (IKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu fokusnya adalah membangkitkan kembali gairah pelaku IKM agar tetap berpoduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor sehingga dapat berperan lagi memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. “Berbagai langkah strategis telah disiapkan agar sektor IKM di dalam negeri bisa […]
  • Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bekrja sama dengan PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyediakan akses internet terjangkau bagi civitas akademika dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual oleh Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani dengan Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir […]
  • Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

    Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

    Perusahaan eCommerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara yang menelusuri dan mendapatkan penawaran terbaik melalui website dan aplikasi Lazada selama pesta diskon 24 jam berlangsung. Brand paling populer yang berhasil masuk ke Brand paling diminati antara lain : Realme, Xiaomi, Samsung, […]
  • Apakah Perlu Baby Spa?

    Apakah Perlu Baby Spa?

    Pergi ke spa adalah salah satu cara untuk memanjakan diri Anda ketika sedang dilanda penat atau jika Anda sekadar ingin menyegarkan tubuh dan pikiran. Ternyata, tak cuma orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan di spa. Akhir-akhir ini, baby spa atau spa untuk bayi sangatlah marak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Para pelopor […]
  • BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    Berlibur merupakan kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya destinasi luar negeri, destinasi lokal juga sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun untuk bepergian sendiri. Keindahan alam, wisata serta ragam budaya yang ditawarkan oleh setiap daerah di Indonesia sudah menjadi daya tarik bagi […]
  • Yuk, Konsultasi Gratis Perencanaan Keluarga!

    Yuk, Konsultasi Gratis Perencanaan Keluarga!

    Jakarta Fair 2018, resmi dibuka, mulai 23 Mei sampai dengan 1 Juli 2018. Artinya, durasinya panjang, 40 hari, termasuk saat Lebaran, Jakarta Fair tetap buka, menyapa warga Jakarta yang tidak mudik, sebagai destinasi menarik bagi yang berminat merayakan Lebaran di Ibukota. Apa pembeda Jakarta Fair tahun ini dengan Jakarta Fair tahun-tahun sebelumnya? Pasti lebih semarak. […]
  • Ekosistem Go-Jek Bantu Majukan Cibadak Culinary Night

    Ekosistem Go-Jek Bantu Majukan Cibadak Culinary Night

    GO-JEK – penyedia layanan on-demand terdepan di Indonesia kembali mengukuhkan komitmen mendukung Bandung Smart City dengan menghadirkan ekosistemnya di Cibadak Culinary Night. Tidak hanya menghadirkan solusi transportasi, GO-JEK juga memperkenalkan solusi pembayaran elektronik dan membantu para pengusaha UMKM di Cibadak untuk memperluas pasar melalui GO-FOOD. Strategic Region Head Jawa Barat dan Banten GO-JEK, Becquini Akbar […]
  • Ngopi Sambil Belanja Aneka Kebutuhan Vaping di Viva Vape Haus

    Ngopi Sambil Belanja Aneka Kebutuhan Vaping di Viva Vape Haus

    Outlet ini pertama kali dibuka tanggal 28 Mei 2017. Dimiliki oleh artis sinetron terkenal Reynaldo Nataldi Thompson (Ray) bersama rekannya Reza dan Viva Westy. Mereka bertiga memiliki profesi yang sama di industri perfilman dan sama-sama hobi nge-vape. Dari situlah tercetus ide membuka vape store di bekas bengkel Viva Westy. Ray adalah seorang aktor yang lahir di Jakarta, […]