Pendidikan

Listerine melalui Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

Listerine salah satu produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia sekaligus sebagai pemimpin pasar produk mouthwash yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia, hari ini secara resmi meluncurkan kampanye terbarunya, ‘Ubah Dengan Suara’ bertempat di DoubleTree Hotel, Jakarta Pusat. Melalui inisiatif ini, Listerine bermitra dengan Indonesia Mengajar untuk meningkatkan kompetensi para pengajar mudanya yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu meningkatkan pendidikan bangsa.

Sistem pendidikan di Indonesia tergolong besar dan beragam dengan jumlah murid lebih dari 50 juta dan tenaga pengajar sebanyak 2,6 juta yang tersebar di lebih dari 250,000 sekolah di Indonesia. Hal ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan sistem pendidikan ke 4 terbesar di dunia (setelah Cina, India dan Amerika). Akan tetapi, terlepas dari begitu besarnya upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia, ternyata pendidikan masih belum tersebar secara merata karena masih adanya keterbatasan akses di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data dari Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, UNESCO, kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan lebih baik lagi dibanding dengan negara lain. Padahal, guru memegang peranan penting dalam membentuk karakter sebuah generasi, terlebih suatu bangsa. Untuk itulah maka diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk sektor swasta, dalam memberikan dukungan terhadap pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung.

Najelaa Shihab, Psikolog dan Pendidik, mengatakan, “Pendidikan itu perlu mengantar setiap dan semua anak Indonesia menuju cita-citanya. Sebagai bangsa, kita punya tujuan yang besar – bukan hanya sekadar pencapaian intelektual atau memastikan pekerjaan, tetapi juga menumbuhkan potensi manusia secara utuh dalam berbagai aspek perkembangan. Saat ini, pendidikan Indonesia butuh percepatan perbaikan, ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau murid dan guru di sekolah – tapi butuh kita semua untuk ambil peran. Banyak komunitas dan organisasi pendidikan, juga individu yang memilih menjadi relawan, kerja barengan untuk pendidikan. Harapannya, semakin banyak inovasi dan kolaborasi yang terjadi antara pemerintah, korporasi, organisasi dan publik yang peduli agar pendidikan tetap relevan menghadapi tantangan zaman. Proses belajar-mengajar harus selalu menempatkan murid sebagai subjek, pengajar perlu memanusiakan hubungan dalam menjalankan perannya. Kita semua – orang dewasa yang ada di sekeliling anak perlu terus menjadi teladan – memfasilitasi anak berdasarkan kebutuhannya, memberikan dukungan dan pengalaman sukses, menerapkan komunikasi yang penuh empati. Semoga semua dan setiap anak di Indonesia mendapatkan akses dan kualitas pendidikan yang baik.”

Melihat kondisi ini, Listerine melalui kampanye ‘Ubah dengan Suara’ mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi para pengajar. Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia menjelaskan, “Perusahaan kami selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Inisiatif kali ini, ditujukan secara khusus kepada para pengajar karena mereka adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Kegiatan belajar mengajar tentunya melibatkan proses komunikasi dan interaksi secara aktif. Ketika pengajar merasa percaya diri, maka dia akan dapat secara optimal mengkomunikasikan materi yang dibawakannya. Listerine percaya bahwa setiap mulut (orang) dapat memberikan suatu perubahan yang positif. Untuk berani speak up, dibutuhkan kepercayaan diri yang bisa didapatkan ketika sesorang memiliki kesehatan mulut dan gigi yang baik. Oleh karena itu, bersama dengan mitra kami Indonesia Mengajar, Listerine akan membuat program edukasi mengenai pentingnya kesehatan mulut dan gigi serta membuatkan modul khusus untuk pembelajaran kreatif bagi para pengajar mudanya.”

Ditemui pada kesempatan yang sama, Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi mengatakan, “Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit. Bakteri normal yg hidup dalam mulut bila tidak terkendali akan berkembang biak dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan , infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi. Jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies dan plak. Bahkan dapat menimbulkan komplikasi seperti kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun paru. Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25% dari mulut sehingga ini tidak cukup karena masih ada 75% bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur, kita perlu membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash.”

Lakish menambahkan “Dengan edukasi kesehatan mulut dan gigi yang tepat kepada pada pengajar muda Indonesia Mengajar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, kami berharap kegiatan belajar – mengajar dapat menjadi optimal. Tidak hanya bagi para pengajar muda saja, kami berharap nantinya pesan ini juga dapat disampaikan kepada para murid agar nantinya kegiatan belajar mengajar tidak tertunda karena murid harus absen karena masalah sakit gigi.”

Pada kesempatan yang sama, Satria Ugahari, Direktur Indonesia Mengajar, turut menyatakan penghargaannya atas dukungan yang telah diberikan Listerine. “Kami sangat menghargai dan berterima kasih terhadap inisiatif Listerine melalui kampanye ’Ubah dengan Suara’. Peranan para Pengajar Muda amat penting untuk mencerdaskan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa secara menyeluruh. Oleh karena itu kita perlu memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kompetensi Pengajar Muda. Lebih dari itu, kompetensi Pengajar Muda ini juga perlu didukung dengan penampilan diri yang maksimal agar suasana kelas menjadi menyenangkan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut agar para Pengajar Muda lebih percaya diri dalam menyampaikan pembelajaran kreatif di hadapan para siswa. Sehingga edukasi kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian yang tak luput dari perhatian kami. Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ juga sejalan dengan visi misi Indonesia Mengajar yaitu mendorong perubahan perilaku generasi muda Indonesia menjadi generasi dan bangsa yang berkarakter kuat. Oleh karena itu, Indonesia Mengajar bersama Listerine akan membuat modul mengenai metode pembelajaran kreatif untuk dapat mengembangkan potensi para Pengajar Muda demi memajukan pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia.”

Untuk memastikan program ini menjangkau pengajar muda di seluruh wilayah Indonesia, Listerine mengajak masyarakat luas, khususnya para generasi muda Indonesia untuk turut serta berpartisipasi mendukung kampanye ‘Ubah dengan Suara’. “Hanya dengan membeli 1 (satu) botol Listerine Cool Mint 250ml, mereka telah menyumbangkan Rp. 1000,- untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Program promosi kampanye ini sudah berjalan sejak bulan Januari 2019 dan pengumpulan donasi secara resmi dimulai sejak tanggal 18 Februari 2019 dan akan berakhir pada 17 Maret 2019.

Hasil yang diperoleh nantinya akan disumbangkan ke Indonesia Mengajar untuk program edukasi kesehatan mulut dan gigi serta pembuatan modul metode pembelajaran kreatif. Kami berharap para generasi muda dapat berpartisipasi dan menunjukkan dukungan mereka untuk program ini dalam rangka menciptakan sebuah perubahan yang positif di Indonesia,” ujar Rikka Anggitha, Brand Amplification Lead Listerine Indonesia.

Turut memberikan dukungannya sebagai public figure yang telah mencapai berbagai prestasi di usianya yang muda dan peduli pada dunia pendidikan Maudy Ayunda, selaku Duta Kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ mengatakan, “Semua orang, siapa pun berhak mendapat pendidikan yang terbaik. Saya pun tidak pernah menyianyiakan pendidikan. Di tengah kesibukan saya di dunia hiburan, saya tetap aktif menjalankan dan menyelesaikan kuliah. Bahkan sewaktu duduk di sekolah dasar, saya pernah bercita – cita untuk menjadi guru karena saya sangat menyenangi lingkungan sekolah. Untuk kemajuan pendidikan Indonesia, menurut saya dibutuhkan suatu pembelajaran yang interaktif dan mendorong pemikiran kritis. Kita harus lebih berani ‘speak up’ dan menyatakan pemikiran kritis kita terhadap suatu isu. Tapi memang harus dimulai dari percaya diri. Inilah salah satu alasan saya mendukung kampanye ini. Our voice makes a difference and it starts with a healthy mouth! Oleh karena itu saya juga ingin mengundang teman – teman generasi muda untuk memberikan dukungannya pada kampanye ‘Ubah dengan Suara’ untuk memajukan pendidikan bangsa.”

Rangkaian kegiatan kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ telah dimulai sejak bulan Januari 2019 lalu dimana Listerine telah mengadakan roadshow ke universitas, mall dan beberapa public space di Jakarta, untuk mengumpulkan suara dari para generasi muda Indonesia. “Dari suara yang kami dapatkan, mayoritas menyatakan pendidikan adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu, kami memfokuskan program kami pada pendidikan untuk merespon isu yang berkembang di publik. Kami secara khusus mendukung para pengajar karena mereka merupakan ujung tombak dunia pendidikan. Bersama dengan mitra kami, Indonesia Mengajar, kami berharap agar kampanye ‘Ubah dengan Suara’ ini dapat membawa dampak dan perubahan positif bagi pendidikan di wilayah terpencil di Indonesia,” tutup Rikka.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Samsung Dekatkan Diri dengan Konsumen melalui Aplikasi Samsung Member

    Samsung Dekatkan Diri dengan Konsumen melalui Aplikasi Samsung Member

    Samsung menghadirkan aplikasi purna jual Samsung Member sebagai upaya mendekatkan diri dengan konsumen. Samsung Member adalah aplikasi untuk semua pengguna Samsung yang mengubah setiap ponsel menjadi dunia yang penuh dengan bermacam keistimewaan dan layanan pelanggan pribadi. Keistimewaan Samsung Member untuk pengguna Samsung ditawarkan melalui beberapa menu yang tersedia yaitu mendapatkan layanan melalui live chat, telpon, […]
  • Royal Enfield, Sang Penakluk Himalaya

    Royal Enfield, Sang Penakluk Himalaya

    Pada ajang pameran otomotif GIIAS Expo 2016 (baca juga : Berniat Membeli Mobil/Motor? Datang Yuk ke GIIAS 2016) ada produk-produk yang lain dari yang lain. Umumnya produk-produk otomotif yang dipamerkan pada suatu pameran otomotif merupakan produk-produk dengan disain yang modern dan futuristik, namun jika kita menengok ke booth yang satu ini kita justru akan menemukan produk-produk […]
  • Honda Bawa Layanan Penjualan dan Purna Jual ke Rumah Konsumen

    Honda Bawa Layanan Penjualan dan Purna Jual ke Rumah Konsumen

    Di tengah merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia, PT Honda Prospect Motor mengajak konsumennya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah melalui kampanye #parkirdirumah dengan melibatkan pengguna dan komunitas Honda di sosial media. Untuk tetap memberikan pelayanan bagi konsumen yang membutuhkan, Honda juga membawa layanan penjualan dan purna jual ke rumah konsumen. Program Home Service Honda saat […]
  • Cari Pempek Tunu, Lenggang Panggang dan Mie Celor? Di Pempek Alfa Tempatnya

    Cari Pempek Tunu, Lenggang Panggang dan Mie Celor? Di Pempek Alfa Tempatnya

    Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas daerah Palembang yang terbuat dari adonan tepung terigu dan ikan, dimakan dengan kuah yang bercuka yang bernama pempek? Baru membayangkannya saja sudah membuat air liur kita menetes. Di berbagai tempat kita mudah menemukan penjual pempek. Umumnya yang dijual adalah nama-nama pempek seperti Kapal Selam, Lenjer atau Adaan. Padahal masih […]
  • Bank DBS Indonesia Berkolaborasi dengan Blibli.com Hadirkan Diskusi Daring bagi Pelaku Usaha

    Bank DBS Indonesia Berkolaborasi dengan Blibli.com Hadirkan Diskusi Daring bagi Pelaku Usaha

    Sebagai salah satu kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia, usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki andil dalam menentukan kondisi ekonomi Indonesia terlebih di tengah pandemi Covid-19. Melihat hal tersebut, Bank DBS Indonesia sebagai institusi perbankan dengan wawasan bisnis dan industri terdepan, berkolaborasi dengan BliBli.com  untuk memberikan wawasan bagi merchant partner BliBli.com dan pelaku […]
  • Gojek Akuisisi Moka untuk Mempercepat Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia

    Gojek Akuisisi Moka untuk Mempercepat Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia

    Gojek,  perusahaan teknologi on-demand dan platform pembayaran terdepan di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. Aksi korporasi ini membuat Gojek dan Moka menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra usaha (merchant), terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale […]
  • 30 Menu Baru Andalan Cozyfield Cafe

    30 Menu Baru Andalan Cozyfield Cafe

    Cozyfield Cafe, sebuah resto yang berkonsep family resto yang menawarkan berbagai menu masakan Indonesia dan internasional yang dikemas dengan konsep fusion mengeluarkan berbagai menu baru yang akan membuat semakin beragamnya pilihan bagi pengunjung. Tidak tanggung-tanggung, ada 30 menu baru yang mulai diluncurkan pada tanggal 1 November 2016. Berbagai variasi menu-menu yang sangat menarik, mulai dari […]
  • Hadirkan IoT Smart Manufacturing, Indosat Ooredoo Business Dukung Peningkatan Produktivitas Industri di Tengah Pandemi

    Hadirkan IoT Smart Manufacturing, Indosat Ooredoo Business Dukung Peningkatan Produktivitas Industri di Tengah Pandemi

    Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia melalui Indosat Ooredoo Business menghadirkan sebuah inovasi IoT (Internet of Things) terbaru yaitu “IoT Smart Manufacturing”, layanan yang dapat meningkatkan produktivitas dengan koneksi IoT (Internet of Things) andal bagi seluruh industri bisnis manufaktur. Selain erat dengan Revolusi Industri 4.0, IoT (Internet of Things) juga dipercaya menjadi salah […]
  • Kolaborasi Telkomsel Bersama Mitra Device Akselerasikan Penguatan Ekosistem Digital Indonesia

    Kolaborasi Telkomsel Bersama Mitra Device Akselerasikan Penguatan Ekosistem Digital Indonesia

    Telkomsel berkolaborasi dengan beberapa Mitra Device Nasional dan Lokal dengan menggelar bundling device 4G di 80 GraPARI dan lebih dari 1.200 toko mitra device di seluruh Indonesia. Kolaborasi yang kuat bersama mitra device ini memudahkan pelanggan Telkomsel dalam mendapatkan berbagai merk smartphone dengan banyak diskon, cashback hingga Rp 2 juta, paket data TAU hingga 70Gb, […]
  • DFSK Perkuat Bisnis di Jantung Pemukiman Banten

    DFSK Perkuat Bisnis di Jantung Pemukiman Banten

    DFSK terus melakukan sejumlah strategi untuk bisa terus memperkenalkan dan menyebarkan beragam kendaraan berkualitas tinggi kepada seluruh masyarakat di Indonesia. Kali ini giliran Kota Serang, Banten, yang menjadi salah satu tujuan perluasan bisnis DFSK di Indonesia karena memiliki potensi yang cukup besar untuk perkembangan bisnis DFSK di masa mendatang. Serang merupakan sebuah Kota yang berfungsi […]
  • Menikmati Menu Tradisional Bernuansa Internasional di Cozyfield Cafe

    Menikmati Menu Tradisional Bernuansa Internasional di Cozyfield Cafe

    Apa yang terlintas di benak kita saat membayangkan cara menikmati menu tradisional seperti rawon? Tentunya kita membayangkan semangkok rawon dan sepiring nasi, yang dinikmati dengan menggunakan sendok dan garpu. Bagaimana dengan opor ayam? Mungkin di pikiran kita terlintas sepiring nasi dengan opor ayam di atasnya, yang dinikmati dengan sendok dan garpu atau dengan menggunakan tangan. […]
  • Soft Skill Yang Perlu Dipelajari dan Ditingkatkan di Tahun 2020

    Soft Skill Yang Perlu Dipelajari dan Ditingkatkan di Tahun 2020

    Saat ini dunia sedang memasuki tahap revolusi industri yang keempat. Sebuah periode yang sering disebut dengan era industri 4.0. yang ditandai dengan pemanfaatan secara maksimal teknologi tingkat tinggi (advanced technology), digitalisasi dan komputerisasi di segala lini kehidupan. Teknologi Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), otomatisasi, robotic, pemanfaatan big data, bioteknologi akan semakin familiar ditemui […]
  • Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, GoPay Ajak Masyarakat Bagikan Harapannya Sekaligus Donasi di GoPay Feed

    Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, GoPay Ajak Masyarakat Bagikan Harapannya Sekaligus Donasi di GoPay Feed

    Sudah tujuh bulan pandemi global COVID-19 memberikan dampak dan perubahan bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani keseharian. Di tengah kondisi ketidakpastian dan penuh kecemasan memasuki penghujung 2020, masyarakat berupaya terus bertahan menjaga semangat menghadapi sisa tahun. Setidaknya hal tersebut terangkum lewat tagar #2021Wishes yang sempat ramai di jagat maya sepanjang akhir pekan lalu. Masyarakat dan sejumlah […]
  • Blibli Sediakan Pengalaman Virtual Tour, Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

    Blibli Sediakan Pengalaman Virtual Tour, Dukung Industri Pariwisata Memasuki New Normal Melalui Teknologi

    Sejak COVID-19 merebak di Indonesia, Blibli telah menjalankan berbagai inisiatif untuk menopang beragam industri di tanah air agar pelaku usaha dapat mempertahankan laju bisnis mereka. Memasuki era new normal atau kondisi normal yang baru, Blibli kembali menghadirkan inisiatif terbaru, kali ini melalui kategori Tour & Travel, yang memungkinkan pelaku industri pariwisata serta pelanggan memenuhi kebutuhan […]
  • Wisata Kuliner Sambil Menikmati Suasana Alam di Pasar Tahura

    Wisata Kuliner Sambil Menikmati Suasana Alam di Pasar Tahura

    Siang itu terdengar teriakan beberapa anak-anak yang sedang mandi di bawah air terjun, ditingkahi suara gemericik air, sementara beberapa puluh meter dari situ terlihat beberapa keluarga sedang menikmati santapan di meja dan kursi kayu. Semilir angin yang berhembus di sela-sela kerindangan pohon membuat siang yang terik itu tidak terasa gerah. Itulah suasana di Pasar Tahura, […]
  • “IndoBuildTech Digital Fair 2020” Siap Digelar, Terobosan Inovatif Pameran Online Building Material dan Interior

    “IndoBuildTech Digital Fair 2020” Siap Digelar, Terobosan Inovatif Pameran Online Building Material dan Interior

    Kreatif dan inovatif menyiasati kendala social distancing di masa adaptasi kebiasaan baru, tahun ini IndoBuildTech Expo – pameran tahunan teknologi building material dan interior terbesar di Indonesia – telah mengembangkan sebuah platform interaktif online guna mempertemukan para Exhibitor dan Visitor secara virtual melalui “IndoBuildTech Digital Fair” sebagai pameran online pertama di Indonesia untuk sektor industri […]
  • Piaggio Group, Produsen Skuter Vespa, Memilih IBM untuk Meningkatkan Interoperabilitas dan Efisiensi di Pabrik Globalnya

    Piaggio Group, Produsen Skuter Vespa, Memilih IBM untuk Meningkatkan Interoperabilitas dan Efisiensi di Pabrik Globalnya

    IBM dan The Piaggio Group, pemimpin di pasar skuter dan sepeda motor Eropa dan salah satu pemain utama dunia, juga aktif di bidang robotika dengan produksi drone darat, telah mengumumkan penyelesaian proyek internasional sebagai transisi aplikasi manajemen Piaggio ke SAP S/4 HANA. Solusi ini akan mempercepat dan menyederhanakan proses internal seperti menyediakan sebuah manajemen pesanan […]
  • Belanja Busana, Makan Siang Sambil Mendengarkan Live Music, Bisa Dilakukan Semua di Griya CIMB Niaga 2

    Belanja Busana, Makan Siang Sambil Mendengarkan Live Music, Bisa Dilakukan Semua di Griya CIMB Niaga 2

    Orang bilang, sambil menyelam minum air. Nah ini bisa Anda lakukan di Griya CIMB Niaga 2. Bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan di sekitar area Bintaro, sedang ada bazaar busana di area lobby Griya CIMB Niaga 2. ​ Bazaar yang berlangsung dari tanggal 27 Maret – 7 April, mulai pukul 08.00-18.00 ini menggelar berbagai busana […]
  • Mau Beli Bunga Untuk Kekasih di Hari Valentine?

    Mau Beli Bunga Untuk Kekasih di Hari Valentine?

    Selain coklat, bunga telah menjadi alternatif hadiah terbaik yang biasa diberikan saat perayaan hari kasih sayang atau valentine. Namun ketika datang ke toko bunga, tak jarang para pria bingung untuk memilih bunga valentine. Bunga apa yang paling bagus dan pas diberikan pada pasangannya. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih bunga yang pas untuk hari valentine […]
  • DANA Sebarkan Inspirasi ke Lebih dari 400 Anak Muda Dalam Sumpah Pemuda Virtual

    DANA Sebarkan Inspirasi ke Lebih dari 400 Anak Muda Dalam Sumpah Pemuda Virtual

    Pemuda atau kalangan muda selalu memegang peranan penting dalam sejarah pembentukan dan perkembangan bangsa Indonesia. Peran penting ini sudah ada sejak lama bahkan sebelum kemerdekaan.  Tonggak dari peran pemuda adalah peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, yang mengusung semangat persatuan melalui tiga ikrar penuh komitmen, yaitu satu bangsa, satu Tanah Air, dan satu bahasa. […]