Pendidikan

Listerine melalui Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ Dukung Kemajuan Pendidikan di Indonesia

Listerine salah satu produk unggulan PT Johnson & Johnson Indonesia sekaligus sebagai pemimpin pasar produk mouthwash yang didukung oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia, hari ini secara resmi meluncurkan kampanye terbarunya, ‘Ubah Dengan Suara’ bertempat di DoubleTree Hotel, Jakarta Pusat. Melalui inisiatif ini, Listerine bermitra dengan Indonesia Mengajar untuk meningkatkan kompetensi para pengajar mudanya yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membantu meningkatkan pendidikan bangsa.

Sistem pendidikan di Indonesia tergolong besar dan beragam dengan jumlah murid lebih dari 50 juta dan tenaga pengajar sebanyak 2,6 juta yang tersebar di lebih dari 250,000 sekolah di Indonesia. Hal ini telah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan sistem pendidikan ke 4 terbesar di dunia (setelah Cina, India dan Amerika). Akan tetapi, terlepas dari begitu besarnya upaya pemerintah dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia, ternyata pendidikan masih belum tersebar secara merata karena masih adanya keterbatasan akses di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data dari Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, UNESCO, kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan lebih baik lagi dibanding dengan negara lain. Padahal, guru memegang peranan penting dalam membentuk karakter sebuah generasi, terlebih suatu bangsa. Untuk itulah maka diperlukan dukungan dari semua pihak, termasuk sektor swasta, dalam memberikan dukungan terhadap pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung.

Najelaa Shihab, Psikolog dan Pendidik, mengatakan, “Pendidikan itu perlu mengantar setiap dan semua anak Indonesia menuju cita-citanya. Sebagai bangsa, kita punya tujuan yang besar – bukan hanya sekadar pencapaian intelektual atau memastikan pekerjaan, tetapi juga menumbuhkan potensi manusia secara utuh dalam berbagai aspek perkembangan. Saat ini, pendidikan Indonesia butuh percepatan perbaikan, ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau murid dan guru di sekolah – tapi butuh kita semua untuk ambil peran. Banyak komunitas dan organisasi pendidikan, juga individu yang memilih menjadi relawan, kerja barengan untuk pendidikan. Harapannya, semakin banyak inovasi dan kolaborasi yang terjadi antara pemerintah, korporasi, organisasi dan publik yang peduli agar pendidikan tetap relevan menghadapi tantangan zaman. Proses belajar-mengajar harus selalu menempatkan murid sebagai subjek, pengajar perlu memanusiakan hubungan dalam menjalankan perannya. Kita semua – orang dewasa yang ada di sekeliling anak perlu terus menjadi teladan – memfasilitasi anak berdasarkan kebutuhannya, memberikan dukungan dan pengalaman sukses, menerapkan komunikasi yang penuh empati. Semoga semua dan setiap anak di Indonesia mendapatkan akses dan kualitas pendidikan yang baik.”

Melihat kondisi ini, Listerine melalui kampanye ‘Ubah dengan Suara’ mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kompetensi para pengajar. Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT. Johnson & Johnson Indonesia menjelaskan, “Perusahaan kami selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi bangsa Indonesia. Inisiatif kali ini, ditujukan secara khusus kepada para pengajar karena mereka adalah ujung tombak pendidikan bangsa. Kegiatan belajar mengajar tentunya melibatkan proses komunikasi dan interaksi secara aktif. Ketika pengajar merasa percaya diri, maka dia akan dapat secara optimal mengkomunikasikan materi yang dibawakannya. Listerine percaya bahwa setiap mulut (orang) dapat memberikan suatu perubahan yang positif. Untuk berani speak up, dibutuhkan kepercayaan diri yang bisa didapatkan ketika sesorang memiliki kesehatan mulut dan gigi yang baik. Oleh karena itu, bersama dengan mitra kami Indonesia Mengajar, Listerine akan membuat program edukasi mengenai pentingnya kesehatan mulut dan gigi serta membuatkan modul khusus untuk pembelajaran kreatif bagi para pengajar mudanya.”

Ditemui pada kesempatan yang sama, Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi mengatakan, “Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit. Bakteri normal yg hidup dalam mulut bila tidak terkendali akan berkembang biak dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan , infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi. Jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies dan plak. Bahkan dapat menimbulkan komplikasi seperti kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun paru. Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25% dari mulut sehingga ini tidak cukup karena masih ada 75% bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya. Oleh karena itu setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur, kita perlu membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash.”

Lakish menambahkan “Dengan edukasi kesehatan mulut dan gigi yang tepat kepada pada pengajar muda Indonesia Mengajar yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, kami berharap kegiatan belajar – mengajar dapat menjadi optimal. Tidak hanya bagi para pengajar muda saja, kami berharap nantinya pesan ini juga dapat disampaikan kepada para murid agar nantinya kegiatan belajar mengajar tidak tertunda karena murid harus absen karena masalah sakit gigi.”

Pada kesempatan yang sama, Satria Ugahari, Direktur Indonesia Mengajar, turut menyatakan penghargaannya atas dukungan yang telah diberikan Listerine. “Kami sangat menghargai dan berterima kasih terhadap inisiatif Listerine melalui kampanye ’Ubah dengan Suara’. Peranan para Pengajar Muda amat penting untuk mencerdaskan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa secara menyeluruh. Oleh karena itu kita perlu memberikan perhatian besar terhadap peningkatan kompetensi Pengajar Muda. Lebih dari itu, kompetensi Pengajar Muda ini juga perlu didukung dengan penampilan diri yang maksimal agar suasana kelas menjadi menyenangkan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut agar para Pengajar Muda lebih percaya diri dalam menyampaikan pembelajaran kreatif di hadapan para siswa. Sehingga edukasi kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian yang tak luput dari perhatian kami. Kampanye ‘Ubah dengan Suara’ juga sejalan dengan visi misi Indonesia Mengajar yaitu mendorong perubahan perilaku generasi muda Indonesia menjadi generasi dan bangsa yang berkarakter kuat. Oleh karena itu, Indonesia Mengajar bersama Listerine akan membuat modul mengenai metode pembelajaran kreatif untuk dapat mengembangkan potensi para Pengajar Muda demi memajukan pendidikan dari berbagai penjuru Indonesia.”

Untuk memastikan program ini menjangkau pengajar muda di seluruh wilayah Indonesia, Listerine mengajak masyarakat luas, khususnya para generasi muda Indonesia untuk turut serta berpartisipasi mendukung kampanye ‘Ubah dengan Suara’. “Hanya dengan membeli 1 (satu) botol Listerine Cool Mint 250ml, mereka telah menyumbangkan Rp. 1000,- untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Program promosi kampanye ini sudah berjalan sejak bulan Januari 2019 dan pengumpulan donasi secara resmi dimulai sejak tanggal 18 Februari 2019 dan akan berakhir pada 17 Maret 2019.

Hasil yang diperoleh nantinya akan disumbangkan ke Indonesia Mengajar untuk program edukasi kesehatan mulut dan gigi serta pembuatan modul metode pembelajaran kreatif. Kami berharap para generasi muda dapat berpartisipasi dan menunjukkan dukungan mereka untuk program ini dalam rangka menciptakan sebuah perubahan yang positif di Indonesia,” ujar Rikka Anggitha, Brand Amplification Lead Listerine Indonesia.

Turut memberikan dukungannya sebagai public figure yang telah mencapai berbagai prestasi di usianya yang muda dan peduli pada dunia pendidikan Maudy Ayunda, selaku Duta Kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ mengatakan, “Semua orang, siapa pun berhak mendapat pendidikan yang terbaik. Saya pun tidak pernah menyianyiakan pendidikan. Di tengah kesibukan saya di dunia hiburan, saya tetap aktif menjalankan dan menyelesaikan kuliah. Bahkan sewaktu duduk di sekolah dasar, saya pernah bercita – cita untuk menjadi guru karena saya sangat menyenangi lingkungan sekolah. Untuk kemajuan pendidikan Indonesia, menurut saya dibutuhkan suatu pembelajaran yang interaktif dan mendorong pemikiran kritis. Kita harus lebih berani ‘speak up’ dan menyatakan pemikiran kritis kita terhadap suatu isu. Tapi memang harus dimulai dari percaya diri. Inilah salah satu alasan saya mendukung kampanye ini. Our voice makes a difference and it starts with a healthy mouth! Oleh karena itu saya juga ingin mengundang teman – teman generasi muda untuk memberikan dukungannya pada kampanye ‘Ubah dengan Suara’ untuk memajukan pendidikan bangsa.”

Rangkaian kegiatan kampanye ‘Ubah Dengan Suara’ telah dimulai sejak bulan Januari 2019 lalu dimana Listerine telah mengadakan roadshow ke universitas, mall dan beberapa public space di Jakarta, untuk mengumpulkan suara dari para generasi muda Indonesia. “Dari suara yang kami dapatkan, mayoritas menyatakan pendidikan adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu, kami memfokuskan program kami pada pendidikan untuk merespon isu yang berkembang di publik. Kami secara khusus mendukung para pengajar karena mereka merupakan ujung tombak dunia pendidikan. Bersama dengan mitra kami, Indonesia Mengajar, kami berharap agar kampanye ‘Ubah dengan Suara’ ini dapat membawa dampak dan perubahan positif bagi pendidikan di wilayah terpencil di Indonesia,” tutup Rikka.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Johnson & Johnson Mengajak Para Pemuda Aktif dalam Membawa Perubahan untuk Indonesia

    Johnson & Johnson Mengajak Para Pemuda Aktif dalam Membawa Perubahan untuk Indonesia

    Sebagai salah satu perusahaan kesehatan terkemuka, PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) kembali memperkuat komitmennya melalui berbagai inisiatif dan program yang diikutinya. Kali ini, Johnson & Johnson Indonesia berpartisipasi dalam acara bergengsi, Indonesia Millennial Summit (IMS) 2019 yang digelar oleh IDN Times berlangsung pada Hari Sabtu tanggal 19 Januari 2019 di Hotel […]
  • Verifikasi Data Calon Pemudik BUMN Mudik Bareng 2019

    Verifikasi Data Calon Pemudik BUMN Mudik Bareng 2019

    Menghadapi mudik Lebaran 1440 H 2019 Kementerian BUMN Sebagai bentuk Negara Hadir Untuk Negeri telah menyiapkan sejumlah langkah, salah satunya dengan menyelenggarakan BUMN Mudik Bareng Tahun 2019 pada kegiatan Verifikasi data bagi calon pemudik yang diselenggarakan Jasa Raharja selaku Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN dari tanggal 7 s.d. 11 Mei 2019, Menteri BUMN Rini S […]
  • Membangun Karakter Anak Melalui Film Superhero

    Membangun Karakter Anak Melalui Film Superhero

    Avengers: Endgame yang dijadwalkan tayang 24 April mendatang disambut gegap gempita. Pembelian tiket online sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu, bahkan beberapa jaringan bioskop bersiap memuat film keluaran Marvel Studio ini selama 24 jam (Warta Kota, 21 April 2019). Banyak penonton mulai dari anak hingga dewasa pun sudah berdebar-debar menunggu dengan tiket di tangan. Sudah […]
  • Layanan GoRide Aktif Kembali di Jakarta Ikuti Aturan Zonasi Pemprov DKI

    Layanan GoRide Aktif Kembali di Jakarta Ikuti Aturan Zonasi Pemprov DKI

    Gojek mengumumkan bahwa layanan GoRide di Jakarta aktif kembali sejak Senin, 8 Juni 2020. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 51 tahun 2020 dan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor 105 tahun 2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi Untuk Pencegahan COVID-19 Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif. […]
  • Resep Gampang Membuat Mango Sticky Rice

    Resep Gampang Membuat Mango Sticky Rice

    Nasi ketan mangga adalah terjemahan dari Mango Sticky Rice. Ini merupakan mangga iris yang disajikan dengan nasi ketan Thailand. Bahan utamanya adalah ketan putih, mangga dan santan. Mango Sticky Rice memiliki nama asli dalam bahasa Thai: Khao Neow Mamuang, Khao Neow berarti ketan putih yang rasanya lebih manis dari pada ketan hitam. Dan Mamuang berarti […]
  • Menikmati Desain Horizon Display dari Huawei Mate 30 Pro

    Menikmati Desain Horizon Display dari Huawei Mate 30 Pro

    Tren desain smartphone flagship semakin berkembang tiap tahunnya, dan yang paling banyak diprediksi adalah desain Waterfall Display, di mana sisi tepian display berbentuk melengkung sehingga bezel tepiannya tidak terlihat, seakan ada tepi jurang dan layarnya mengalir ke bawah, seperti air terjun atau waterfall. Layar yang lebih ‘penuh’ memberikan lanskap visual yang lebih luas kepada pengguna, […]
  • Pahlawan Kekinian

    Pahlawan Kekinian

    Jaman dahulu sosok pahlawan identik dengan tubuh kekar, senjata yang ampuh, keberanian, atau pengorbanannya pada saat perang. Di jaman modern ini konsep pahlawan memang menjadi sangat luas dan subyektif. Setiap orang memiliki pahlawan versi masing-masing. Namun satu hal yang menjadikan pahlawan memiliki arti universal adalah perbuatannya untuk memperjuangkan sesuatu untuk kebaikan bersama. Memperjuangkan sesuatu sebenarnya […]
  • Tips Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat

    Tips Memilih Tempat Penitipan Anak yang Tepat

    Dewasa ini, semakin meningkatnya jumlah orangtua yang keduanya bekerja membuat pengasuhan anak sehari-hari menjadi persoalan baru. Apalagi jika anak masih berusia dini dan mereka tinggal jauh dari rumah kakek-neneknya. Masalah baru yang dihadapi pasangan suami-istri adalah siapakah yang menjaga anak mereka? Pasalnya, kini mencari tenaga asisten rumah tangga ataupun pengasuh yang baik bukan perkara mudah. […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkuat Jaringan Dilernya di Jakarta Timur

    PT Piaggio Indonesia Memperkuat Jaringan Dilernya di Jakarta Timur

    PT Piaggio Indonesia telah berkomitmen untuk memperkuat Premiumization Roadmap Strategy dalam memberikan layanan berkualitas kepada pelanggan, mulai dari memberikan produk terbaik, jaringan diler, suku cadang dan aksesoris. PT Piaggio Indonesia berkolaborasi dengan PT Dwi Pratama Mandiri memperluas jaringan diler di Jatinegara, Jakarta Timur dan merupakan diler ketiga dari PT Dwi Pratama Mandiri sejak kolaborasi pertama […]
  • Bergerak Maju Untuk Tumbuh, Henkel Indonesia Pindah ke Kantor Baru di Bintaro

    Bergerak Maju Untuk Tumbuh, Henkel Indonesia Pindah ke Kantor Baru di Bintaro

    Pada 10 Oktober 2017 Henkel Indonesia secara resmi memulai kegiatan operasionalnya di kantor pusat baru di gedung Nissi Bintaro Campus di Tangerang Selatan. Pada kesempatan spesial ini, Lucky Lee, Presiden Henkel Indonesia, mengatakan, “Pindah ke Bintaro menandai fase baru bagi pertumbuhan Henkel di Indonesia, dan meneguhkan kembali komitmen jangka panjang kami untuk menciptakan nilai berkelanjutan […]
  • Pembalap Utama Tim Hino Dakar Raly, Teruhito Sugawara Hadir di GIIAS

    Pembalap Utama Tim Hino Dakar Raly, Teruhito Sugawara Hadir di GIIAS

    PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan kejutan bagi pengunjung booth Hino di GIIAS 2018 dengan kehadiran dari pembalap utama Hino Team Dakar Rally, yaitu Teruhito Sugawara. Pria kelahiran tahun 1972 ini hadir di booth Hino mulai dari tanggal 3 sampai 4 agustus 2018. Dalam kunjungannya ke booth Hino Indonesia di GIIAS 2018, Teruhito Sugawara […]
  • Dodol Betawi Rizal “Inti Sari”, Melestarikan Kebudayaan Tradisional Betawi Melalui Kuliner

    Dodol Betawi Rizal “Inti Sari”, Melestarikan Kebudayaan Tradisional Betawi Melalui Kuliner

    Dodol memang merupakan salah satu makanan khas Betawi yang banyak dikenal masyarakat. Makanan legit yang disukai banyak orang. Terlebih lagi, sesuai zaman, varian rasa dodol Betawi juga kian berkembang. Di antara sekian banyak stand yang ada di Festival Bintaro 3, Info Bintaro tertarik untuk melihat lebih lanjut stand Dodol Betawi Inti Rasa (baca juga : Ajang […]
  • Didukung Layanan Antar ke Rumah, Vivo Luncurkan Y50

    Didukung Layanan Antar ke Rumah, Vivo Luncurkan Y50

    Sebagai perusahaan teknologi yang berbasis konsumen, vivo terus bergerak memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya pada masa seperti ini. vivo secara resmi menghadirkan seri-Y terbaru, yaitu vivo Y50 yang mengusung memori RAM dan ROM dengan kapasitas besar serta desain Ultra O Screen untuk pengalaman visual terbaik. “Berfokusnya kegiatan kerja, belajar-mengajar ataupun meeting di […]
  • Garuda Indonesia Mulai Terbangkan 107.959 Calon Jemaah Haji 2018/1439H

    Garuda Indonesia Mulai Terbangkan 107.959 Calon Jemaah Haji 2018/1439H

    Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai Selasa 17 Juli 2018 memulai pelaksanaan penerbangan musim Haji 2018/1439H. Layanan penerbangan haji tersebut ditandai dengan keberangkatan kloter pertama yang dilaksanakan secara serentak di 5 embarkasi dari total 9 embarkasi yang dilayani. Kelima embarkasi tersebut yaitu Jakarta, Solo, Padang, Lombok dan Makassar. Sementara penerbangan kloter pertama untuk 4 embarkasi lainnya, […]
  • Nissan Memperkenalkan Nissan Livina dengan Sporty Package

    Nissan Memperkenalkan Nissan Livina dengan Sporty Package

    Nissan Indonesia mengumumkan peluncuran edisi terbatas dari Nissan Livina dengan Sporty Package. Dengan hanya 100 unit tersedia dalam warna hitam, kendaraan ini ditawarkan di harga Rp 265.400.000 (on the road DKI Jakarta).  Pelanggan dapat melakukan pesanan mulai dari hari ini di dealer Nissan di seluruh Indonesia, untuk menerima pengiriman kendaraan pada bulan ini. Sejak All-New […]
  • Rahasia Tetap Fokus Berkendara di Bulan Puasa

    Rahasia Tetap Fokus Berkendara di Bulan Puasa

    Di bulan suci Ramadhan, mayoritas umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar, dahaga serta mengendalikan emosi selama lebih dari 12 jam. Kendati demikian, aktivitas-aktivitas harian termasuk mengemudi tentunya tetap harus dilakukan untuk mendukung kegiatan mereka seperti pergi ke kantor, kuliah, maupun ke tempat-tempat tujuan lainnya. Ketika seseorang berpuasa selama belasan jam, kadar gula darah […]
  • Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank

    Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank

    Mengerjakan sesuatu dengan ‘passion’ sekali pun hasilnya belum langsung terlihat dan banyak kesulitan yang dihadapi. Terus jalani dan kembangkan. Itulah 2 kalimat inti yang yang disampaikan oleh Azalea Ayuningtyas, pendiri & CEO Du’Anyam, saat membagikan pengalamannya dalam mengembangkan bisnisnya pada sesi pertama Chic-Chat & Workshop #1 Permata Bank pada Selasa, 28 Februari 2017 di Excelso, Bintaro […]
  • Shoes and Care, Membuat Sepatu Menjadi Bersih dan Tidak Berbau

    Shoes and Care, Membuat Sepatu Menjadi Bersih dan Tidak Berbau

    “Bau jempol siapa nih?” Anda mungkin pernah mendengar ucapan seperti ini. Biasanya semua yang ada di situ akan reflek menutup hidung dengan tangan. Bayangkan betapa malunya, jika ternyata bau itu bersumber dari kaki Anda, alias sepatu Anda. Bau pada sepatu bersumber dari bakteri yang berkembang biak akibat sepatu yang basah atau lembab dalam waktu yang […]
  • Cari Tempat Makan Daerah Bintaro? Merapat ke Bakso Pak Joko Aja!

    Cari Tempat Makan Daerah Bintaro? Merapat ke Bakso Pak Joko Aja!

    INFOBINTARO – Siapa yang tidak suka dengan bakso? Rata-rata masyarakat Indonesia sangat suka dan familiar dengan yang namanya bakso. Nah untuk sobat Bintaro yang sedang cari-cari tempat makan dareah Bintaro yang recommeded Bakso Pak Joko bisa jadi pilihan kalian. Tempat Makan Enak Bintaro Khusus Bagi Pecinta Bakso Berkeliling mencari tempat makan daerah Bintaro tentu saja […]
  • MAXstream Hadirkan Variasi Konten Spesial Terbaru, Mulai dari Reality Show, Konser Musik hingga Wisuda Online

    MAXstream Hadirkan Variasi Konten Spesial Terbaru, Mulai dari Reality Show, Konser Musik hingga Wisuda Online

    MAXstream, platform video on-demand (VOD) terdepan dari Telkomsel, terus berinovasi menghadirkan ragam konten serial orisinal serta program spesial terbaru dalam genre reality show, konsek musik hingga wisuda online yang siap menghibur sekaligus menginspirasi masyarakat di seluruh Indonesia. Upaya tersebut memperkuat komitmen MAXstream sebagai platform one-stop service video-on-demand (VoD) yang menghadirkan ragam konten hiburan digital berkualitas […]