Gaya Hidup

Line Umumkan Rencana Pencanangan Ekonomi Token Line dan Peluncuran Lima dApps

LINE Corporation telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan lima aplikasi baru yang terdesentralisasi “dApps”. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa kategori layanan, yakni perkiraan, tanya jawab, ulasan produk, ulasan makanan, dan peninjauan lokasi menggunakan media sosial.

Pengumuman mengenai peluncuran dApps ini, dilakukan pada saat berlangsungnya konferensi pers, di mana perusahaan mengungkapkan spesifikasi rinci dan teknologi pada konsep Ekonomi Token LINE. Selain itu, LINE akan mulai menawarkan token digitalnya sendiri yang bernama LINK (untuk pasar di luar Jepang) dari pertukaran aset digital global BITBOX mulai 16 Oktober.

dApps, singkatan dari decentralized applications atau aplikasi terdesentralisasi, merupakan aplikasi berjenis open-source yang dibangun dengan teknologi blockchain.

BITBOX merupakan sebuah layanan token digital dan operasi bisnis yang berhubungan dengan blockchain. Layanan ini dioperasikan oleh LINE Corporation dan LINE Tech Plus Corporation yang dimiliki oleh LVC Corporation (sebuah perusahaan grup LINE yang bergerak di bidang digital token dan operasi bisnis terkait blockchain).

LINE luncurkan ekonomi token untuk membentuk ekonomi co-creation

Ekonomi Token LINE menggunakan jaringan blockchain yang dikembangkan secara internal oleh LINE, yaitu LINK Chain (MainNet) guna mengembangkan ekosistem LINK yang bertujuan untuk mempermudah hubungan antara pengguna dan penyedia layanan guna memperomosikan co-creation dan pertumbuhan timbal balik. Pengguna bisa mendaftarkan diri mereka dan mulai menggunakan layanan dApp apapun yang diumumkan hari ini, atau layanan lain yang akan menjadi bagian ekosistem LINK, agar bisa mulai mendapatkan koin universal LINK Point (untuk wilayah Jepang) atau LINK (untuk pasar di luar Jepang)*4.

Jumlah koin yang nantinya diterima tergantung pada penggunaan atau tingkat kontribusi yang dilakukan para pengguna pada setiap layanan. Selain itu, LINE pun sedang mempersiapkan perilisan kit pengembangan sebagai persiapan masuknya layanan pihak ketiga yang akan bergabung dengan ekosistem LINK mulai tahun 2019 (masih tentatif). Kit pengembangan ini nantinya akan memungkinkan penyedia layanan untuk mengimplementasikan ekonomi token tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan uang membangun jaringan blockchain dan ekonomi token mereka sendiri.

Ekonomi Token merupakan jenis layanan ekonomi, berpusat pada token unik yang diterbitkan dan diedarkan secara internal.

LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan LINK (untuk pasar di luar Jepang) akan diluncurkan oleh LINE Tech Plus Corporation.

LINK Point (untuk wilayah Jepang) mulai Oktober 2018 dapat ditukar menjadi LINE Points; Digital Token milik LINE, LINK (untuk pasar luar Jepang) tersedia di bursa aset digital BITBOX pada 16 Oktober 2018 (kecuali untuk Jepang dan AS).

Selain dapat digunakan untuk layanan-layanan dApp yang lain dalam ekosistem LINK, penduduk di wilayah Jepang dapat menukarkan LINK Points dengan LINE Points sebelum menukarkannya ke dalam mata uang Yen yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di lebih dari 94 ribu lokasi di seluruh Jepang dengan LINE Pay, atau melakukan pembelian di berbagai layanan LINE.

Untuk pengguna yang berada di luar Jepang, LINK pun akan tersedia di platform BITBOX mulai 16 Oktober mendatang. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan LINK sebagai alat tukar untuk kepentingan jual beli yang diperoleh sebagai insentif mata uang kripto lainnya di BITBOX. Sejak peluncuran layanannya pada Juli 2018 lalu, BITBOX memiliki pertumbuhan yang pesat sebagai salah satu layanan global dari sepuluh volume perdagangan tertinggi dunia. BITBOX pun sempat menempati peringkat kedua*5.

Kalkulasi berdasarkan pada website peringkat token digital, CoinGecko (https://www.coingecko.com/)

LINK SCAN diluncurkan untuk memberikan jaminan transparansi

LINK Chain, sebuah jaringan blockchain yang dikembangkan oleh LINE secara internal, merupakan MainNet dari Ekonomi Token LINE. Teknologi blockchain sangat aman dan dapat dipercaya karena mekanisme unik yang menyimpan data di “chains” sehingga akan sangat sulit untuk dibajak atau rusak. Terdaftarnya LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan token digital LINK (untuk wilayah di luar Jepang) di LINK Chain memungkinkan para pengguna memperoleh insentif melalui proporsi yang sesuai dengan kontribusi mereka serta akan mendapatkan jaminan transparasi.

LINE memperkenalkan LINK Scan, sebuah layanan yang menjamin transparasi koin-koin LINE sehingga mereka dapat melihat jumlah total LINK Point dan LINK yang didapatkan sebagai insentif sesuai dengan kontribusi yang mereka berikan. Melalui program hadiah poin yang biasa dan layanan-layanan terpusat lainnya, penyedia layanan menentukan rincian program reward sebagai administrator pusat, dan hal-hal yang berkaitan dengan reward sering kali dirahasiakan kepada pengguna.

Di sisi lain, LINK SCAN yang dikembangkan dengan LINK Chain dapat memproses sejumlah besar transaksi dengan sangat cepat yang memungkinkan pengguna untuk membaca ulasan yang ditulis oleh rekan dan penyedia layanan dApp. Berkat hal ini semua transaksi pengguna dapat diverifikasi. Selain itu, LINK SCAN pun mampu menjamin ketepatan dan transparansi sekaligus mencegah manipulasi data serta kesalahan lainnya pada saat yang bersamaan.

LINK Ecosystem menjadi solusi masalah blockchain

Ekonomi Token LINE fokus menyediakan layanan dApp yang berkualitas bagi pengguna, menjamin kepuasan pengguna LINK Point dan LINK, dan menutup jarak antara dunia nyata dan dunia terenkripsi. Meskipun sebagian besar layanan dan konten dibiayai oleh ICO dan diluncurkan di dalam domain blockchain, pada umumnya pasar ini sendiri masih kurang memiliki layanan berkualitas bagi pengguna.

Ekonomi Token LINE hadir sebagai solusi untuk menangani masalah ini dengan menggabungkan berbagai layanan berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh LINK Ecosystem sehingga pengguna dapat memeroleh akses cepat dan mudah ke layanan terbaik. LINE juga akan menggunakan teknologi blockchain miliknya untuk menawarkan layanan yang nyaman bagi pengguna, dan membangun serta memperluas mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nilai lebih.????

Lima layanan baru dApps bergabung dengan ekosistem LINK dalam berbagai kategori, termasuk prediksi dan Q&A

Secara bertahap, LINE akan merilis layanan-layanan dApp (yang didirikan di jaringan blockchain LINK Chain (MainNet)) yang bisa dinikmati dengan menggunakan koin universal dari LINE, LINE Point (untuk wilayah Jepang). Teknologi blockchain sendiri saat ini tengah menjadi objek berbagai penelitian untuk membuktikan keabsahan konsepnya untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia. Teknologi ini sangat berpotensial untuk mengubah dunia secara drastis. Mayoritas layanan-layanan yang ada saat ini memiliki admin terpusat untuk mengatur dan menjalankan layanannya, sistem ini seringkali hanya menjadi sebuah kotak hitam dan layanannya menjadi tidak bisa diakses saat server milik perusahaan bersangkutan rusak.

Layanan dApp bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini dengan mendesentralisasi operasinya melalui teknologi blockchain sehingga aplikasi bersangkutan dapat diatur oleh seluruh jaringan ketimbang satu server saja. Lebih jauh lagi, teknologi blockchain memungkinkan operasi terbuka, dan menyelesaikan masalah seperti kurangnya transparansi dan perubahan yang kerap dihadapi oleh aplikasi-aplikasi saat ini. Teknologi ini pun dapat memberikan transparansi dan keamanan yang jauh lebih baik. Melalui ketentuan layanan-layanan dApp, LINE bertujuan untuk membangun dan mengembangkan dunia co-creative di mana berbagai aksi pengguna di Ekonomi Token LINE akan menerima hadiah yang sesuai sehingga mereka bisa berkontribusi lebih banyak untuk pertumbuhan layanan ini.

Untuk mencapai tujuan ini, LINE mengembangkan layanan-layanan dApp di sejumlah kategori, yakni prediksi, berbagi wawasan, ulasan produk, ulasan makanan, dan ulasan lokasi. Dua dApps, layanan prediksi 4CAST dan platform berbagi wawasan Wizball, diluncurkan pada September ini dalam bentuk beta yang menyediakan pengalaman pertama terhadap ekosistem LINK ke sejumlah pengguna terbatas.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Penampilan Duel Otak Siswa Student Memory Course Di Gramedia Emerald

    Penampilan Duel Otak Siswa Student Memory Course Di Gramedia Emerald

    Kemampuan mengingat seseorang merupakan hal yang sangat penting, namun kemampuan mengingat ini seringkali terabaikan. Padahal kemampuan mengingat sesorang merupakan salah satu kunci untuk menyerap berbagai pengetahuan mau pun bersosialisasi dalam kehidupannya. Contoh-contoh yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari yang menunjukkan betapa kurangnya kita melatih daya ingat seperti kita mencari-cari kacamata yang sedang kita gunakan, atau […]
  • BMW Group Indonesia Tampil Cemerlang di Ajang IIMS 2018

    BMW Group Indonesia Tampil Cemerlang di Ajang IIMS 2018

    BMW Group Indonesia tampil cemerlang pada gelaran ajang otomotif tahunan – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Hingga hari terakhir pameran IIMS 2018, BMW Group Indonesia berhasil bukukan pemesanan kendaraan hingga lebih dari 600 unit kendaraan untuk brand BMW dan MINI. Hasil tersebut tunjukkan peningkatan lebih dari 30% dibandingkan dengan hasil penjualan di ajang IIMS […]
  • Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Ayam Bakar Madu si Bangkong, Ayam Bakar Spesial Bagi Pecinta Kuliner Berbasis Daging Ayam

    Yuhuuuu……, para pecinta ayam bakar madu, ada kabar gembira nih.Ayam Madu si Bangkong buka cabang ke-12 di PHX BINTARO, pusat kuliner yang ada di Jl. Senayan Utama Blok HJ1 No. 1A, Bintaro Sektor 9 Jangan lewatkan promo 500 porsi free paket ayam madu si bangkong goreng. Cuma di tanggal 11-12 Janusri 2020, bayar 20.000 dapet […]
  • Prudential dan Ovo Menjalin Kemitraan Strategis di Indonesia

    Prudential dan Ovo Menjalin Kemitraan Strategis di Indonesia

    PT Prudential Life Assurance (“Prudential”), sebagai bagian dari grup bisnis Prudential Corporation Asia, pada Senin, 10 Juni 2019 mengumumkan kemitraan strategis dengan PT Visionet Internasional (“OVO”), sebuah platform pembayaran digital, rewards dan layanan keuangan terkemuka di Indonesia. Kemitraan ini secara signifikan meningkatkan jangkauan Prudential di Indonesia sebagai salah satu pasar asuransi dengan pertumbuhan tercepat di […]
  • Lenovo Rayakan Hari Lingkungan Dunia dengan Meluncurkan Ransel Laptop Baru yang Terbuat dari 34 Botol Plastik Daur Ulang

    Lenovo Rayakan Hari Lingkungan Dunia dengan Meluncurkan Ransel Laptop Baru yang Terbuat dari 34 Botol Plastik Daur Ulang

    Dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni, Lenovo, produsen PC dan perangkat pintar terkemuka di dunia, meluncurkan ransel edisi terbatas yang bahan dasarnya dirancang dan dibuat secara berkelanjutan. Ransel ini mengandung lebih dari 83 persen bahan daur ulang, dan diproduksi dengan polyester daur ulang (setara dengan 34 botol air plastik). Ransel ini juga […]
  • Di Ceger Ada Oleh-Oleh Bogor

    Di Ceger Ada Oleh-Oleh Bogor

    Talas merupakan tanaman pangan berupa herba menahun. Talas termasuk dalam suku talas-talasan (Araceae), berperawakan tegak, tingginya 1 cm atau lebih dan merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun. Talas mempunyai beberapa nama umum yaitu Taro, Old cocoyam, ‘Dash(e)en’ dan ‘Eddo (e)’. Di beberapa negara dikenal dengan nama lain, seperti: Abalong (Philipina), Taioba (Brazil), Arvi (India), Keladi […]
  • Shadow Arena Kini Telah Tersedia Melalui Steam Early Access

    Shadow Arena Kini Telah Tersedia Melalui Steam Early Access

    Baru-baru ini, Pearl Abyss mengumumkan bahwa Shadow Arena, Game Action Battle Royale, telah tersedia di Steam untuk tahap Early Access. Setelah menjalankan beberapa pengujian Beta secara global, Shadow Arena akan terus menyajikan pengalaman permainan yang terus berkembang dengan menerapkan masukan dari para pemain secara berkesinambungan. Berbasis alam semesta Black Desert, Shadow Arena menempatkan para pemain untuk bertanding satu sama lain […]
  • PT. Tozy Sentosa, Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu & Dhuafa

    PT. Tozy Sentosa, Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu & Dhuafa

    Sebagai bentuk sumbangsih pada masyarakat sekitar lokasi bisnisnya, PT. Tozy Sentosa, sebagai salah satu perusahaan retail terkemuka di Indonesia yang menaungi Centro-Parkson Department Store dan Parkson Gourmet Mart, mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembagian paket beras 5 kilogram dan bingkisan hadiah kepada masing-masing dari 200 orang anak yatim piatu dan dhuafa yang berada […]
  • Serunya Berkreasi dengan Printer Trendi Pixma TS8270

    Serunya Berkreasi dengan Printer Trendi Pixma TS8270

    Tampil trendi dan kekinian from head to toe sudah jadi kode wajib bagi anak muda milenial, apalagi saat akan mem-posting foto bertema #OOTD (Outfit Of The Day). Untuk tampil kece dan fashionable tentunya diperlukan sentuhan kreatif dan unik. Printer terbaru Canon, PIXMA TS8270 membantu kamu mengkreasikan stiker kuku favoritmu. Jika tak sempat ke salon, kamu […]
  • Perluas Jangkauan GrabExpress, Grab dan KAI Integrasikan Layanan Pengiriman Barang Antar Kota

    Perluas Jangkauan GrabExpress, Grab dan KAI Integrasikan Layanan Pengiriman Barang Antar Kota

    Grab, everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kemitraan strategis antara layanan pengiriman paket on-demand miliknya, GrabExpress, dengan layanan logistik milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Rail Express. Penandatanganan Memorandum of Understanding terkait Grab Rail Express dilakukan oleh Edi Sukmoro, Dirut PT KAI dan Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia di sela-sela perayaan […]
  • Astra Gandeng WeLab Berikan Pinjaman Berbasis Fintech Terkini di Indonesia

    Astra Gandeng WeLab Berikan Pinjaman Berbasis Fintech Terkini di Indonesia

    PT Astra International Tbk (Astra), salah satu perusahaan induk terbesar dengan diversifikasi bisnis di Indonesia, melalui anak perusahaannya PT Sedaya Multi Investama (SMI), dan WeLab, perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok dan Hong Kong yang bergerak pada bidang pembiayaan konsumen, pada hari ini (5/9) mengumumkan pembentukan perusahaan pada bidang fintech, PT Astra WeLab Digital Arta (AWDA). […]
  • Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Mercedes-Benz Meluncurkan E 300 e EQ Power Sebagai Plug-in Hybrid E-Class Pertama di Indonesia

    Mercedes-Benz siap memamerkan model plug-in hybrid pertamanya di Indonesia yakni E 300 e EQ Power, tersedia untuk pemesanan di GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2019, yang diselenggarakan mulai 18 Juli hingga 28 Juli 2019. “Sesuai dengan tema GIIAS 2019 tahun ini “Future in Motion”, MercedesBenz dengan bangga mengumumkan peluncuran perdana new E 300 e EQ […]
  • Teknologi Gojek Bantu Upaya Nestle Indonesia dan Shell Lubricants Indonesia Dalam Pencegahan Covid-19

    Teknologi Gojek Bantu Upaya Nestle Indonesia dan Shell Lubricants Indonesia Dalam Pencegahan Covid-19

    Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara, menjadi mitra strategis Nestlé Indonesia dan Shell Advance yang merupakan bagian dari lini bisnis Shell Lubricants Indonesia dalam melakukan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19. Kolaborasi Gojek, Nestlé Indonesia dan Shell Advance diwujudkan dalam solusi Promogo, yaitu iklan berbasis teknologi yang ada di armada GoCar dan GoRide. Armada di kedua […]
  • Leader di Masa Pandemi, Rhenald Kasali: Harus Mampu Memberi Arah Baru

    Leader di Masa Pandemi, Rhenald Kasali: Harus Mampu Memberi Arah Baru

    Dalam masa pandemi saat ini peran pemimpin (leader) dituntut mampu memberikan arah baru bagi bisnis yang dijalankan serta harus mempunyai jiwa sebagai pelayan, pengayom, dan penerang jalan, sehingga pemimpin dituntut untuk bekerja lebih keras, bertanggung jawab, lebih berempati dan bisa memberikan dukungan. Hal itu diungkapkan oleh Prof. Rhenald Kasali Ph.D dalam acara Monthly Business Clinic […]
  • Venslar Kembali ke Shadow Arena Dengan Kemampuan Team Support yang Diperkuat

    Venslar Kembali ke Shadow Arena Dengan Kemampuan Team Support yang Diperkuat

    Pearl Abyss mengumumkan bahwa game PvP penuh aksi mereka, Shadow Arena kini memiliki versi terbaru dari Hero mereka yaitu Venslar. Venslar versi baru ini dapat membuat pemain lebih strategis dengan memberikan support bagi kawan mereka sembari bertempur. Venslar sebelumnya, yang adalah Hero Offense kini terlahir kembali sebagai Hero Support, salah satu dari 3 tipe Hero di Shadow Arena. […]
  • Fasilitas OLah Raga Yang Ciamik Bagi Warga Graha Raya: Klub Keluarga Graha Raya

    Fasilitas OLah Raga Yang Ciamik Bagi Warga Graha Raya: Klub Keluarga Graha Raya

    Geliat Perumahan Graha Raya yang semakin berkembang pesat membutuhkan berbagai fasilitas umum bagi warganya. Tidak terkecuali fasilitas olah raga. Beruntunglah warga Graha Raya, PT. Jaya Real Property, Tbk. yang merupakan pengembang kawasan Graha Raya memfasilitasi masyarakat dengan fasilitas olah raga yang cukup representatif dengan kehadiran Klub Keluarga Graha Raya. Klub Keluarga Graha Raya terletak di Jl. […]
  • Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

    Program Kesehatan Terpadu Balita dan Lansia oleh Hotel Santika Premiere Bintaro

    Sebanyak 78 balita dan 21 lansia menjalani program kesehatan terpadu dan pemberian asupan sehat (Poswindu) dari Hotel Santika Premiere Bintaro bekerja sama dengan Kader Posyandu pada hari Kamis 04 Agustus 2016, di Posyandu Anggrek, RT06/02 Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Program ini merupakan aktivitas rutin yang diadakan setiap bulan oleh Hotel Santika Premiere […]
  • Penuhi Kebutuhan Konsumen Saat Pandemi, Oppo Hadirkan A92 6GB

    Penuhi Kebutuhan Konsumen Saat Pandemi, Oppo Hadirkan A92 6GB

    Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat masyarakat untuk tetap melakukan berbagai kegiatan di rumah saja, seperti bekerja maupun sekolah. Adanya kebijakan ini berpengaruh terhadap kebutuhan akan perangkat smartphone yang juga ikut meningkat. Masyarakat cenderung menginginkan ponsel cerdas dengan kemampuan andal guna menunjang berbagai kegiatan secara daring, memiliki daya tahan baterai kuat, memiliki media simpan […]
  • Lenovo Mendapat Penghargaan Gold Service Quality Award 2018

    Lenovo Mendapat Penghargaan Gold Service Quality Award 2018

    Lenovo, salah satu merek PC terdepan di dunia, memenangkan penghargaan Gold dari Service Quality Award 2018 untuk kategori komputer. Service Quality Award merupakan penghargaan bagi merek yang terbukti mampu membangun kualitas layanan prima, dan diukur melalui Service Quality Index (SQI). Survei dan penilaian terhadap kepuasan pelanggan dilakukan oleh Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre […]
  • Fitur Cerdas Jovi pada Vivo Smartphone, Mendukung Aktivitas di Rutinitas Baru

    Fitur Cerdas Jovi pada Vivo Smartphone, Mendukung Aktivitas di Rutinitas Baru

    Memasuki kondisi baru, tentu banyak perubahan kegiatan yang harus diadaptasi kembali mengikuti keadaan, sehingga dibutuhkan kewaspadaan lebih atas kesehatan dan kebersihan diri selama masa penyesuaian ini. Sejalan dengan rutinitas baru, vivo Jovi Smart Scene, virtual personal asisten berbasis AI pada vivo V19 akan mempelajari kebiasaan pengguna dan kemudian menerapkannya dalam kinerja fitur – fitur untuk […]