Gaya Hidup

Line Umumkan Rencana Pencanangan Ekonomi Token Line dan Peluncuran Lima dApps

LINE Corporation telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan lima aplikasi baru yang terdesentralisasi “dApps”. Kelima aplikasi ini memiliki beberapa kategori layanan, yakni perkiraan, tanya jawab, ulasan produk, ulasan makanan, dan peninjauan lokasi menggunakan media sosial.

Pengumuman mengenai peluncuran dApps ini, dilakukan pada saat berlangsungnya konferensi pers, di mana perusahaan mengungkapkan spesifikasi rinci dan teknologi pada konsep Ekonomi Token LINE. Selain itu, LINE akan mulai menawarkan token digitalnya sendiri yang bernama LINK (untuk pasar di luar Jepang) dari pertukaran aset digital global BITBOX mulai 16 Oktober.

dApps, singkatan dari decentralized applications atau aplikasi terdesentralisasi, merupakan aplikasi berjenis open-source yang dibangun dengan teknologi blockchain.

BITBOX merupakan sebuah layanan token digital dan operasi bisnis yang berhubungan dengan blockchain. Layanan ini dioperasikan oleh LINE Corporation dan LINE Tech Plus Corporation yang dimiliki oleh LVC Corporation (sebuah perusahaan grup LINE yang bergerak di bidang digital token dan operasi bisnis terkait blockchain).

LINE luncurkan ekonomi token untuk membentuk ekonomi co-creation

Ekonomi Token LINE menggunakan jaringan blockchain yang dikembangkan secara internal oleh LINE, yaitu LINK Chain (MainNet) guna mengembangkan ekosistem LINK yang bertujuan untuk mempermudah hubungan antara pengguna dan penyedia layanan guna memperomosikan co-creation dan pertumbuhan timbal balik. Pengguna bisa mendaftarkan diri mereka dan mulai menggunakan layanan dApp apapun yang diumumkan hari ini, atau layanan lain yang akan menjadi bagian ekosistem LINK, agar bisa mulai mendapatkan koin universal LINK Point (untuk wilayah Jepang) atau LINK (untuk pasar di luar Jepang)*4.

Jumlah koin yang nantinya diterima tergantung pada penggunaan atau tingkat kontribusi yang dilakukan para pengguna pada setiap layanan. Selain itu, LINE pun sedang mempersiapkan perilisan kit pengembangan sebagai persiapan masuknya layanan pihak ketiga yang akan bergabung dengan ekosistem LINK mulai tahun 2019 (masih tentatif). Kit pengembangan ini nantinya akan memungkinkan penyedia layanan untuk mengimplementasikan ekonomi token tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan uang membangun jaringan blockchain dan ekonomi token mereka sendiri.

Ekonomi Token merupakan jenis layanan ekonomi, berpusat pada token unik yang diterbitkan dan diedarkan secara internal.

LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan LINK (untuk pasar di luar Jepang) akan diluncurkan oleh LINE Tech Plus Corporation.

LINK Point (untuk wilayah Jepang) mulai Oktober 2018 dapat ditukar menjadi LINE Points; Digital Token milik LINE, LINK (untuk pasar luar Jepang) tersedia di bursa aset digital BITBOX pada 16 Oktober 2018 (kecuali untuk Jepang dan AS).

Selain dapat digunakan untuk layanan-layanan dApp yang lain dalam ekosistem LINK, penduduk di wilayah Jepang dapat menukarkan LINK Points dengan LINE Points sebelum menukarkannya ke dalam mata uang Yen yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di lebih dari 94 ribu lokasi di seluruh Jepang dengan LINE Pay, atau melakukan pembelian di berbagai layanan LINE.

Untuk pengguna yang berada di luar Jepang, LINK pun akan tersedia di platform BITBOX mulai 16 Oktober mendatang. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan LINK sebagai alat tukar untuk kepentingan jual beli yang diperoleh sebagai insentif mata uang kripto lainnya di BITBOX. Sejak peluncuran layanannya pada Juli 2018 lalu, BITBOX memiliki pertumbuhan yang pesat sebagai salah satu layanan global dari sepuluh volume perdagangan tertinggi dunia. BITBOX pun sempat menempati peringkat kedua*5.

Kalkulasi berdasarkan pada website peringkat token digital, CoinGecko (https://www.coingecko.com/)

LINK SCAN diluncurkan untuk memberikan jaminan transparansi

LINK Chain, sebuah jaringan blockchain yang dikembangkan oleh LINE secara internal, merupakan MainNet dari Ekonomi Token LINE. Teknologi blockchain sangat aman dan dapat dipercaya karena mekanisme unik yang menyimpan data di “chains” sehingga akan sangat sulit untuk dibajak atau rusak. Terdaftarnya LINK Point (untuk wilayah Jepang) dan token digital LINK (untuk wilayah di luar Jepang) di LINK Chain memungkinkan para pengguna memperoleh insentif melalui proporsi yang sesuai dengan kontribusi mereka serta akan mendapatkan jaminan transparasi.

LINE memperkenalkan LINK Scan, sebuah layanan yang menjamin transparasi koin-koin LINE sehingga mereka dapat melihat jumlah total LINK Point dan LINK yang didapatkan sebagai insentif sesuai dengan kontribusi yang mereka berikan. Melalui program hadiah poin yang biasa dan layanan-layanan terpusat lainnya, penyedia layanan menentukan rincian program reward sebagai administrator pusat, dan hal-hal yang berkaitan dengan reward sering kali dirahasiakan kepada pengguna.

BACA JUGA  VLIVE Mendorong Para Artis Indonesia dan Penggemar Mereka Tetap di Rumah dengan Kampanye V Paket #Dirumahaja

Di sisi lain, LINK SCAN yang dikembangkan dengan LINK Chain dapat memproses sejumlah besar transaksi dengan sangat cepat yang memungkinkan pengguna untuk membaca ulasan yang ditulis oleh rekan dan penyedia layanan dApp. Berkat hal ini semua transaksi pengguna dapat diverifikasi. Selain itu, LINK SCAN pun mampu menjamin ketepatan dan transparansi sekaligus mencegah manipulasi data serta kesalahan lainnya pada saat yang bersamaan.

LINK Ecosystem menjadi solusi masalah blockchain

Ekonomi Token LINE fokus menyediakan layanan dApp yang berkualitas bagi pengguna, menjamin kepuasan pengguna LINK Point dan LINK, dan menutup jarak antara dunia nyata dan dunia terenkripsi. Meskipun sebagian besar layanan dan konten dibiayai oleh ICO dan diluncurkan di dalam domain blockchain, pada umumnya pasar ini sendiri masih kurang memiliki layanan berkualitas bagi pengguna.

Ekonomi Token LINE hadir sebagai solusi untuk menangani masalah ini dengan menggabungkan berbagai layanan berkualitas tinggi yang ditawarkan oleh LINK Ecosystem sehingga pengguna dapat memeroleh akses cepat dan mudah ke layanan terbaik. LINE juga akan menggunakan teknologi blockchain miliknya untuk menawarkan layanan yang nyaman bagi pengguna, dan membangun serta memperluas mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan nilai lebih.????

Lima layanan baru dApps bergabung dengan ekosistem LINK dalam berbagai kategori, termasuk prediksi dan Q&A

Secara bertahap, LINE akan merilis layanan-layanan dApp (yang didirikan di jaringan blockchain LINK Chain (MainNet)) yang bisa dinikmati dengan menggunakan koin universal dari LINE, LINE Point (untuk wilayah Jepang). Teknologi blockchain sendiri saat ini tengah menjadi objek berbagai penelitian untuk membuktikan keabsahan konsepnya untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia. Teknologi ini sangat berpotensial untuk mengubah dunia secara drastis. Mayoritas layanan-layanan yang ada saat ini memiliki admin terpusat untuk mengatur dan menjalankan layanannya, sistem ini seringkali hanya menjadi sebuah kotak hitam dan layanannya menjadi tidak bisa diakses saat server milik perusahaan bersangkutan rusak.

Layanan dApp bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini dengan mendesentralisasi operasinya melalui teknologi blockchain sehingga aplikasi bersangkutan dapat diatur oleh seluruh jaringan ketimbang satu server saja. Lebih jauh lagi, teknologi blockchain memungkinkan operasi terbuka, dan menyelesaikan masalah seperti kurangnya transparansi dan perubahan yang kerap dihadapi oleh aplikasi-aplikasi saat ini. Teknologi ini pun dapat memberikan transparansi dan keamanan yang jauh lebih baik. Melalui ketentuan layanan-layanan dApp, LINE bertujuan untuk membangun dan mengembangkan dunia co-creative di mana berbagai aksi pengguna di Ekonomi Token LINE akan menerima hadiah yang sesuai sehingga mereka bisa berkontribusi lebih banyak untuk pertumbuhan layanan ini.

Untuk mencapai tujuan ini, LINE mengembangkan layanan-layanan dApp di sejumlah kategori, yakni prediksi, berbagi wawasan, ulasan produk, ulasan makanan, dan ulasan lokasi. Dua dApps, layanan prediksi 4CAST dan platform berbagi wawasan Wizball, diluncurkan pada September ini dalam bentuk beta yang menyediakan pengalaman pertama terhadap ekosistem LINK ke sejumlah pengguna terbatas.

(BON)

 

Baca Juga

  • Rayakan Ulang Tahun Keempat, Shopee Hadirkan Penawaran Terbesar Akhir Tahun melalui Shopee 12.12 Birthday Sale

    Rayakan Ulang Tahun Keempat, Shopee Hadirkan Penawaran Terbesar Akhir Tahun melalui Shopee 12.12 Birthday Sale

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, merayakan ulang tahunnya yang keempat dengan peluncuran festival akhir tahun, Shopee 12.12 Birthday Sale. Setelah kesuksesan pada 2019 ini, Shopee berterima kasih kepada seluruh pengguna setia dengan meluncurkan Shopee 12.12 Birthday Sale. Mulai dari 18 November hingga 12 Desember, pengguna dapat menikmati berbagai hiburan dan penawaran […]
  • Sejarah Tahun Baru Imlek

    Sejarah Tahun Baru Imlek

    Tanggal 16 Februari adalah tahun baru Imlek. Tahun baru ini akan dirayakan oleh terutama dalam peradaban Asia Timur. Di perayaan tahun baru, semua keluarga akan berkumpul, makan bersama. Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Menurut Wikipedia, perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di […]
  • Menuju Puncak 9.9 Super Shopping Day, Shopee Memberikan Penawaran Terbaik dan Fitur Interaktif untuk Pengguna

    Menuju Puncak 9.9 Super Shopping Day, Shopee Memberikan Penawaran Terbaik dan Fitur Interaktif untuk Pengguna

    Menyusul suksesnya peluncuran Shopee 9.9 Super Shopping day pada tanggal 14 Agustus , Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, tidak berhenti dalam menawarkan promo terbaik dan fitur interaktif hingga puncak kampanye, 9 September 2019 bagi seluruh pengguna. Sebagai permulaan, Shopee menggelar acara dengan para ahli, Ario Pratomo pengamat teknologi dan Putri Tanjung […]
  • Ada Corona, Ada Kesempatan?

    Ada Corona, Ada Kesempatan?

    Kalau membaca judul di atas pasti banyak di antara pembaca berpikir kesempatan apakah yang dimaksud. Artikel ini ditulis sebagai keprihatinan terhadap perilaku masyarakat menghadapi pandemi corona ini. Pada dasarnya setiap masalah atau fenomena sosial memang menimbulkan perubahan perilaku baik individu maupun masyarakat yang mengalami. Fenomena pandemi virus Corona ini juga jelas  mempengaruhi perilaku manusia. Mulai […]
  • Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kemendikbud Gandeng Telkomsel Sediakan Akses Internet Terjangkau

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bekrja sama dengan PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyediakan akses internet terjangkau bagi civitas akademika dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara virtual oleh Sekretaris Ditjen Dikti, Paristiyanti Nurwardani dengan Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir […]
  • B’Steak Grill & Pancake

    B’Steak Grill & Pancake

    Resto ini memiliki menu utama steak dan pancake. B’Steak dapat menjadi salah satu pilihan bersantap bersama keluarga di luar rumah, baik untuk sarapan, makan siang maupun makan malam. Buka setiap hari, mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Selain steak juga ada hidangan pasta menu khas dari Italia, rosti menu kentang khas  Swiss yang […]
  • Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek X Pasarpolis Luncurkan Gosure, Solusi Beraktivitas Tanpa Resah

    Gojek, platform teknologi pelopor konsep super app karya anak bangsa, luncurkan inovasi layanan terbaru bernama GoSure. Bekerja sama dengan PasarPolis, penyedia platform asuransi digital inovatif terdepan di Indonesia. GoSure merupakan salah satu wujud komitmen Gojek untuk selalu memberikan solusi teknologi yang memudahkan keseharian pelanggan. Bertujuan membantu pelanggan beraktivitas tanpa resah, GoSure hadir dengan tiga keunggulan […]
  • Foto : Meriahnya Olympus 2017 PKN STAN

    Foto : Meriahnya Olympus 2017 PKN STAN

    Olympus yang merupakan akronim dari “Originally Memorable Experience Upon Last” merupakan ajang tahunan dari mahasiswa/i pajak dan penilai Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Pajak dan melepas mahasiswa yang akan lulus dan memasuki perjalanan panjang karirnya kelak. Digelar pada tanggal 13 dan 24 September 2017 di Kampus PKN STAN, Jurangmangu, Bintaro, […]
  • Shopee dan Gramedia Ajak Masyarakat Mengisi Waktu Luang Secara Produktif dari Rumah

    Shopee dan Gramedia Ajak Masyarakat Mengisi Waktu Luang Secara Produktif dari Rumah

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan bersama Gramedia, toko buku terbesar di Indonesia memberikan akses mudah bagi pengguna terhadap berbagai pilihan buku terlengkap dan berkualitas melalui Gramedia Official Shop. Dalam rangkaian kampanye 6.6 ShopeeMall Great Sale, kolaborasi dengan Gramedia ini diinisiasi sebagai alternatif dari aktivitas produktif yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia […]
  • HP Mendorong Batas Kreativitas dengan HP Spectre X360 Terbaru

    HP Mendorong Batas Kreativitas dengan HP Spectre X360 Terbaru

    HP Inc. Indonesia hari ini meluncurkan HP Spectre x360 terbaru yang merupakan PC konvertibel terkecil di dunia1 . Fitur-fitur terbaru seri HP Spectre ini berupa desain premium, serta terobosan dalam kinerja dan mobilitas. Dengan fitur keamanan yang lebih canggih, perangkat indah ini mendobrak berbagai batasan bagi para konsumen premium masa kini yang menginginkan pengalaman luar […]
  • Liburan Akhir Tahun: Memilih Baju Untuk Liburan Musim Dingin

    Liburan Akhir Tahun: Memilih Baju Untuk Liburan Musim Dingin

    Liburan akhir tahun seperti ini paling pas kalau Anda merasakan sensasi musim dingin di negara sub tropis. Kapan lagi pajang foto background salju di Instagram Anda? Tapi liburan saat winter terbilang cukup tricky karena para traveller harus mempersiapkan peralatan ‘perang’ tambahan di koper atau backpack-nya. Nah, baju apa saja yang wajib Anda bawa? Long John Kalau Anda […]
  • Foto : Serunya Acara  “BWCC BIRTHDAY SERIES”

    Foto : Serunya Acara “BWCC BIRTHDAY SERIES”

    Hari Minggu, 15 Juli 2018 menjadi hari istimewa bagi Bintaro Women and Children Clinic (BWCC). Bertempat di Citra Dream Hotel Bintaro diselenggarakan perayaan ulang tahun BWCC ke 3 yang bertema “BWCC BIRTHDAY SERIES” Sejak pukul 7 pagi telah ramai para peserta mendaftarkan diri di meja registrasi.  Acara klinik Bintaro ini diawali dengan kegiatan yoga untuk […]
  • Sinar Mas Land Menggelar Topping Off Aeon Mall dan Meluncurkan Prime Tower Southgate Residence

    Sinar Mas Land Menggelar Topping Off Aeon Mall dan Meluncurkan Prime Tower Southgate Residence

    Sinar Mas Land menyelenggarakan acara topping off ceremony AEON Mall, serta opening pemasaran tower 2 (dua) Southgate Residence bernama “Prime Tower”. Prime Tower yang merupakan bagian dari proyek Southgate Residence adalah project joint-venture Sinar Mas Land bersama dengan dua perusahaan besar dari Jepang, yaitu Keikyu Corporation dan PT. Itochu. Ketiga perusahaan tersebut membentuk perusahaan joint-venture […]
  • PT Piaggio Indonesia Memulai 2020 dengan Memperluas Jaringan Diler Baru di Rawamangun, Jakarta Timur

    PT Piaggio Indonesia Memulai 2020 dengan Memperluas Jaringan Diler Baru di Rawamangun, Jakarta Timur

    PT Piaggio Indonesia mencatatkan sebuah tonggak prestasi di tahun 2020 melalui peresmian diler baru melalui kerja sama dengan PT Dwi Pratama Mandiri yang semakin memperkuat sosok Piaggio dan Vespa di Jakarta Timur. Ini merupakan diler keempat sejak keduanya memulai kolaborasi pada tahun 2018. Peresmian diler baru ini bertujuan untuk menghadirkan solusi mobilitas premium melalui produk […]
  • Parkson Gourmet Mart Menambah Jajaran Supermarket Kelas Atas di Bintaro

    Parkson Gourmet Mart Menambah Jajaran Supermarket Kelas Atas di Bintaro

    Halo Warga Bintaro, saat ini sudah hadir pasar swalayan di Bintaro yang ditujukan untuk kelas premium yakni Parkson Gourmet Mart. Pasar swalayan premium tersebut berada di Parkson Office Building, CBD Bintaro Jaya Sektor VII dan mulai beroperasi sejak 3 November 2016. Tidak sulit mencari lokasi swalayan tersebut. Bila Anda datang dari arah fly over Bintaro […]
  • Cicipi Bebek Kekinian Dengan Sambal yang Heboh di Bebek Ja N da

    Cicipi Bebek Kekinian Dengan Sambal yang Heboh di Bebek Ja N da

    Bebek Ja N da merupakan singkatan Jawa dan Sunda. Di sini Anda dapat menikmati perpaduan cita rasa dari bumbu khas Jawa N Sunda yang menyatu di setiap gigitan, yang akan buat ketagihan dan tidak akan merasa bosan. Keunggulan dari tempat kuliner ini adalah bebek gorengnya yang makyus. Biasanya bebek goreng yang lezat dimasak dengan daun salam, […]
  • HOMEDEC 2016 – MENYAMBUT MUSIM RENOVASI RUMAH DENGAN MERIAH! – 4 Hari” Terbaik Untuk Belanja dan Mewujudkan Rumah Impian Anda!

    HOMEDEC 2016 – MENYAMBUT MUSIM RENOVASI RUMAH DENGAN MERIAH! – 4 Hari” Terbaik Untuk Belanja dan Mewujudkan Rumah Impian Anda!

    HOMEDEC telah lama dikenal sebagai penyedia pameran dekorasi dan interior rumah yang telah tumbuh dan sukses di Malaysia, dimana di tahun kedua peluncurannya di Indonesia diresmikan oleh Andri Hermawan sebagai Sales Director CIS Exhibition Indonesia dan Lea Aziz sebagai Ketua Umum Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII)  Pusat. Hari ini, HOMEDEC 2016 kembali diselenggarakan di Indonesia […]
  • Sambut Bulan Puasa, Investree Pasarkan Sukuk Tabungan Seri ST 004 dengan Bonus Hingga Rp 30 Juta

    Sambut Bulan Puasa, Investree Pasarkan Sukuk Tabungan Seri ST 004 dengan Bonus Hingga Rp 30 Juta

    Bertepatan dengan bulan puasa yang jatuh pada bulan ini, Investree (PT Investree Radhika Jaya) sebagai fintech-marketplace lending platform dan Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) kembali memasarkan Sukuk Tabungan, kali ini seri ST004, sebagai alternatif investasi syariah yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan bagi individu/perseorangan Warga Negara Indonesia dengan masa penawaran 3-21 […]
  • Foto : Lomba Mewarnai Maped di Gramedia Emerald Bintaro 24 September 2017

    Foto : Lomba Mewarnai Maped di Gramedia Emerald Bintaro 24 September 2017

    Pada hari Minggu, 24 September 2017 lalu diselenggarakan lomba mewarnai Moopi bersama Maped di Gramedia Emerald Bintaro lantai 2. Dimulai dari pukul  9 pagi dan diikuti oleh 150 anak. Lomba berikutnya. Bila Anda yang mau mendapatkan crayon Maped ini, dapat mendaftarkan putra/putri Anda di Lomba Mewarnai Moopy bersama Maped yang akan dilaksanakan di Gramedia Teras Kota pada […]
  • Nikmatnya Steak ala Sous-Vide di Meat Compiler

    Nikmatnya Steak ala Sous-Vide di Meat Compiler

    Umumnya orang memahami steak dibuat dengan cara memanggang daging selama beberapa waktu di atas bara api. Memang cara inilah yang lazim digunakan di berbagai belahan bumi untuk membuat steak selama berabad-abad. Namun, pemanggangan (grilled) ini seringkali menghasilkan steak yang tidak merata tingkat kematangannya. Bisa terjadi pada bagian permukaannya terlalu matang,yang ditunjukkan dengan warna coklat tua kehitaman, […]