Gaya Hidup Kesehatan

Lindungi Diri dari Penyakit Kritis dengan Membiasakan Gaya Hidup Sehat

Seiring berkembangnya zaman, hal-hal yang praktis dan instan terus digembar-gemborkan kepada masyarakat. Hal ini mengakibatkan terbentuknya gaya hidup yang serba instan. Beberapa kebiasaan gaya hidup yang kurang baik, seperti terbiasa mengonsumsi fast food atau kurangnya melakukan aktivitas fisik dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit, diantaranya penyakit kritis.

Menurut data World Health Organization (WHO), penyakit kritis yang umumnya tidak menular masih menjadi penyebab 73% kematian di Indonesia. Selain itu, laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) menunjukkan bahwa risiko masyarakat Indonesia terserang penyakit kritis semakin meningkat.

Kenaikan ini berhubungan erat dengan gaya hidup masyarakat yang kurang baik. Namun, tidak perlu khawatir dengan hasil riset ini karena bisa dicegah selama mau menerapkan gaya hidup sehat. Berikut adalah empat rekomendasi untuk melindungi diri dari penyakit kritis:

Jalani pola makan yang sehat dan seimbang

Tidak hanya makan makanan yang mengandung gizi yang baik dan makan sesuai porsi yang dibutuhkan, Kamu juga bisa menerapkan clean eating, yakni mengonsumsi makanan yang alami tanpa melalui proses masak yang panjang. Contohnya saja seperti sayur-sayuran atau daging segar yang dikukus, direbus, atau dipanggang.

Selain menghemat waktu, makanan jenis ini juga dapat menyumbang kandungan yang baik bagi tubuh, seperti serat, lemak baik, mineral, maupun vitamin. Berbeda dengan makanan cepat saji yang umumnya melewati proses pengawetan, penambahan perisa, dan lain sebagainya, yang bisa menjadi penyebab terjadinya berbagai jenis penyakit.

Bagi yang dalam sehari suka minum beberapa gelas kopi supaya tidak mengantuk saat bekerja, mulai sekarang coba mulai ubah kebiasaan Kamu. Minum kopi berlebihan akan membebani organ hati dan meningkatkan risiko gula darah yang tidak stabil. Sebagai alternatif, Kamu bisa minum teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya:

  • Teh ginseng demi meningkatkan energi
  • Teh hijau untuk membantu meningkatkan konsentrasi
  • Teh oolong guna membantu menurunkan berat badan

Lakukan olahraga kecil di tengah kesibukan

Olahraga maksimal yang dilakukan secara rutin dan teratur memang sangat dianjurkan. Namun, karena aktivitas kerja yang padat, hal ini cenderung sulit untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa alternative olahraga yang bisa Kamu lakukan:

  • Sempatkan untuk berjalan. Jika terbiasa turun dari kendaraan tepat di depan kantor, mulai biasakan untuk turun di tempat yang sedikit lebih jauh. Kamu juga dapat naik tangga daripada elevator.
  • Lakukan gerakan peregangan sederhana di tengah aktivitas pekerjaan. Kamu bisa menganggukkan kepala ke atas dan ke bawah secara bergantian, atau memutarnya dengan perlahan untuk meredakan ketegangan leher. Untuk meredakan ketegangan pada punggung, Kamu bisa melakukan gerakan sederhana seperti memeluk tubuh sendiri, dan menempatkan tangan kiri di pundak kanan, dan tangan kanan di pundak kiri sambil menahan posisi selama 10-15 detik, lalu lepaskan perlahan.

Tenangkan hati dan pikiran saat ada masalah

Kehidupan memang seperti rollercoaster, dimana terkadang berada di atas dan terkadang berada di bawah. Memang bukan hal yang mudah untuk membuat hati dan pikiran tenang apalagi jika sedang dalam keadaan yang sulit, tertekan oleh pekerjaan, atau hal lainnya. Kamu bisa mengendalikan rasa sedih dan gelisah supaya tekanan darah stabil dan sistem kekebalan tubuh kuat sehingga mudah melawan penyakit. Berikut ini ada beberapa cara menenangkan hati dan pikiran:

Melakukan relaksasi. Cobalah melakukan relaksasi dengan olah pernafasan dan pemanasan tubuh ringan. Tempatkan aroma terapi di ruangan Kamu yang bisa membuat suasana menjadi lebih rileks sehingga Kamu bisa berpikir lebih jernih.

Curhat dengan orang terdekat. Meskipun orang terdekat belum tentu bisa memberi bantuan atau solusi mengenai masalah yang sedang dihadapi, namun setidaknya Kamu bisa merasa lebih tenang dan lega setelah bercerita.

Beribadah. Beribadah juga bisa membuat Kamu lebih tenang dan percaya diri.
Dengarkan podcast motivasi. Selagi berkendara ketika pergi atau pulang kerja, pilih dengarkan podcast dengan tema motivasi agar semakin optimis dalam menghadapi masalah yang ada.

Istirahat yang cukup. Tidur yang cukup sangatlah penting karena tubuh manusia perlu proses pemulihan untuk bisa kembali segar dalam beraktivitas.

Lindungi diri dengan asuransi penyakit kritis

Di samping menjalani pola hidup sehat, hal penting lainnya adalah melindungi diri dari semua risiko keuangan akibat penyakit kritis. Kamu bisa menghindari hal ini dengan memiliki asuransi yang menanggung risiko penyakit kritis.

Salah satu produk asuransi yang menanggung penyakit kritis adalah FWD Critical Armor. FWD Critical Armor merupakan produk asuransi penyakit kritis komprehensif yang dirancang untuk membantu nasabah fokus memerangi penyakit kritis dan meminimalisir kekhawatiran terhadap kerentanan keuangan. FWD Critical Armor menanggung hingga tiga kali penyakit kritis major dan satu kali penyakit kritis minor sepanjang hidup dengan total manfaat 420% dari Uang pertanggungan.

Selain mendapatkan manfaat meninggal dunia, nasabah juga akan dibebaskan dari kewajiban membayar premi sejak pertama kali didiagnosis penyakit kritis major dan 100% premi akan sepenuhnya dikembalikan jika tidak ada klaim hingga akhir masa perlindungan.

Jadi, Kamu tidak perlu khawatir terhadap kerentanan keuangan akibat penyakit kritis sehingga dapat fokus untuk sehat kembali dan pastinya tidak ada yang terbuang percuma. Kamu dapat mencari tahu lebih lanjut tentang FWD Critical Armor melalui www.fwd.co.id/id/protect/critical-illness/critical-armor/.

Nah, mumpung masih awal 2020, Kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat dan menjadikannya sebagai resolusi tahun ini. Jangan lupa untuk melindungi diri dan orang-orang tersayang dari semua risiko keuangan sedari dini sehingga Kamu bisa memberi arti lebih di setiap perjalanan hidup tanpa khawatir, apapun yang terjadi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai FWD Life, silakan kunjungi fwd.co.id.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • The Face Shop Indonesia Buka Flagship Store Pertamanya

    The Face Shop Indonesia Buka Flagship Store Pertamanya

    The Face Shop Indonesia secara resmi membuka gerai flagship-nya yang pertama di Indonesia, di East Mal Grand Indonesia, lantai 3, unit EM32-33. Gerai ini adalah gerai ke 37 dari jaringan ritel The Face Shop Indonesia, dan merupakan gerai terbesar, memiliki range produk terlengkap, dan telah membawa konsep smart retail terbaru. The Face Shop adalah merek […]
  • Naam Thai Tea, Segarnya Thai Tea Berpadu Dengan Nikmatnya Tahu Goreng Sambal Matah

    Naam Thai Tea, Segarnya Thai Tea Berpadu Dengan Nikmatnya Tahu Goreng Sambal Matah

    Siapa tidak kenal dengan Thai tea? Minuman segar kekinian yang sedang naik daun ini memang digemari banyak orang. Selain rasanya yang segar, maklum saja Thai tea ini bukan sekedar minuman teh biasa, Thai tea kaya rempah-rempah karena dimasak bersama orange blossom water, star anise, asam jawa, dan rempah lain sehingga kesegaran sangat terasa dalam Thai tea. […]
  • Berbagi Kebaikan #Dirumahaja Ala Generasi 125

    Berbagi Kebaikan #Dirumahaja Ala Generasi 125

    Optimis, kreatif, dan pantang menyerah dalam kondisi apapun merupakan semangat dari generasi 125. Dengan semangat #generasi125, Yamaha bersama youtuber Hobby Makan asal Kalimantan akan mengajak kalian untuk tetap berbagi kebaikan meskipun #dirumahaja. Namun bagaimana cara berbagi kebaikan ala generasi 125 dari rumah aja? Jawabannya ada dalam Digital festival Yamaha pada akhir pekan ini hari Sabtu, […]
  • CEO Citi Indonesia Dinobatkan Sebagai Best Leader for Business Sustainability Through Business Innovation

    CEO Citi Indonesia Dinobatkan Sebagai Best Leader for Business Sustainability Through Business Innovation

    Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, Batara Sianturi, baru-baru ini dinobatkan sebagai Best Leader for Business Sustainability through Business Innovation – Effectiveness of Digital Acceleration oleh Warta Ekonomi dalam acara tahunan Indonesia Financial Top Leader 2020. Penghargaan ini diberikan melalui proses metodologi penelitian dan konsultasi dengan menganalisis jumlah berita positif dari para pemimpin dan kinerja […]
  • Delapan Tips Packing Tetap Aman dan NyamanSaat Mudik dengan SUV Anda

    Delapan Tips Packing Tetap Aman dan NyamanSaat Mudik dengan SUV Anda

    Mudik merupakan tradisi yang ditunggu-tunggu, apalagi berkendara bersama keluarga menuju kampung halaman untuk menyongsong kebersamaan. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Chevrolet Indonesia berbagai tips-tips packing agar Anda tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Perhitungkan dengan Cermat Walaupun mobil SUV memiliki ruang lebih untuk menyimpan barang, sebaiknya jangan memenuhi ruang mobil Anda dari dasar ke langit-langit […]
  • Dell Kembali Berinovasi Dengan Dell XPS 13 Terbaru

    Dell Kembali Berinovasi Dengan Dell XPS 13 Terbaru

    Dell Indonesia resmi meluncurkan Dell XPS 13 terbaru, laptop 13 inci terkecil dan paling tangguh di kelasnya. Selain memperkenalkan salah satu perangkat tercantik di dunia, Dell juga mengungkapkan inovasi tersembunyi luar biasa yang terdapat di produk ini, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja, fungsi, dan pengalaman pengguna secara menyeluruh. “Di Dell, inovasi tidak pernah berhenti. Kami […]
  • Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, Graha Raya

    Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, Graha Raya

    Kekayaan kuliner Indonesia seakan tidak ada habis-habisnya. Berbagai daerah memiliki masakan khas yang diwariskan turun temurun. Masakan-masakan tradisional ini ternyata tidak hanya disukai oleh orang-orang lokal setempat, dengan perkembangan informasi dan pemberitaan berbagai media, masakan-masakan tradisional ini nyatanya disukai oleh masyarakat luas. Seperti juga kemunculan ayam goreng Taliwang beberapa tahun belakangan ini. Ayam Taliwang adalah […]
  • “IndoBuildTech Digital Fair 2020” Siap Digelar, Terobosan Inovatif Pameran Online Building Material dan Interior

    “IndoBuildTech Digital Fair 2020” Siap Digelar, Terobosan Inovatif Pameran Online Building Material dan Interior

    Kreatif dan inovatif menyiasati kendala social distancing di masa adaptasi kebiasaan baru, tahun ini IndoBuildTech Expo – pameran tahunan teknologi building material dan interior terbesar di Indonesia – telah mengembangkan sebuah platform interaktif online guna mempertemukan para Exhibitor dan Visitor secara virtual melalui “IndoBuildTech Digital Fair” sebagai pameran online pertama di Indonesia untuk sektor industri […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkenalkan Sport Naked Bike Terbaru dari Aprilia Shiver

    PT Piaggio Indonesia Memperkenalkan Sport Naked Bike Terbaru dari Aprilia Shiver

    PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Aprilia Shiver 900, evolusi terbaru di segmen sport naked bike. Perpaduan teknologi dan daya tahan superior, membuat Aprilia Shiver 900 menghadirkan tenaga dan torsi yang lebih tinggi. Struktur chassis juga menjadi elemen penting yang menjadikan performa motor ini lebih bertenaga. Kepuasan penuh dalam mengendarai Aprilia Shiver 900 terjaga dengan ekstra fitur […]
  • Ayo Latihan Safety Riding, Begini Cara yang Perlu Kamu Pahami

    Ayo Latihan Safety Riding, Begini Cara yang Perlu Kamu Pahami

    Safety riding sangat penting bagi para pengguna sepeda motor. Kini untuk mempelajarinya dengan tepat dan benar, tersedia cara yang disesuaikan dengan kehidupan di era modern ini. Yamaha pun memberikan pelayanan itu melalui pendaftaran online safety riding yang dilaksanakan oleh Yamaha Riding Academy (YRA). Setelah dibuka, masyarakat umum langsung menyerbu untuk mendapatkan edukasi safety riding. Akhir […]
  • Aplikasi Edukatif Imoo Watch Phone untuk Mengisi Kegiatan #dirumahsaja

    Aplikasi Edukatif Imoo Watch Phone untuk Mengisi Kegiatan #dirumahsaja

    Watch Phone ternyata tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan alat pelacak. Jam tangan yang fungsi dasarnya menunjukkan waktu kini jauh lebih canggih. Watch Phone anak merk imoo contohnya, memiliki beragam fungsi yang edukatif dan membuat anak semakin aktif. Beragam fitur yang mendukung tumbuh kembang anak dihadirkan oleh produsen utama watch phone anak di antaranya […]
  • Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

    Salsa Food City, Tempat Bersantap Asyik Bersama Keluarga Sambil Menikmati Live Musik

    Bagi Anda yang sedang mencari tempat bersantai bersama keluarga sambil menikmati berbagai masakan yang lezat di wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan, ada satu tempat lagi yang perlu Anda pertimbangkan : Salsa Food City. Apa sih keistimewaan tempat makan satu ini? Yuk kita simak. Salsa Food City merupakan nama sebuah foodcourt yang berlokasi di Gading Serpong, […]
  • Skystar Ventures Menjadi Tempat Yang Tepat Bagi Para Start Up

    Skystar Ventures Menjadi Tempat Yang Tepat Bagi Para Start Up

    Tak bisa dimungkiri, para mahasiswa saat ini lebih memimpikan bekerja di perusahaan-perusahaan teknologi yang mereka idamkan. Beberapa di antaranya lebih memilih membuat perusahaan rintisan (startup) sendiri dibanding harus bekerja di perusahaan multinasional atau perusahaan konvensional, misalnya. Untuk mendekatkan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan dunia bisnis, UMN sejak 2013 telah menggandeng Skystar Ventures, yaitu co-working […]
  • Idul Fitri 2018, Pelindo 1 Siapkan Mudik Gratis 4.750 Peserta Pelindo 1 Prioritaskan Faktor Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan bagi Pemudik

    Idul Fitri 2018, Pelindo 1 Siapkan Mudik Gratis 4.750 Peserta Pelindo 1 Prioritaskan Faktor Keselamatan, Keamanan, dan Kenyamanan bagi Pemudik

    Guna mempermudah masyarakat untuk merayakan Idul Fitri 2018 di kampung halamannya, PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 menggelar program mudik gratis bagi 4.750 peserta melalui 11 rute mudik yang akan dilayani dengan moda darat dan laut. Program Mudik Gratis ini juga bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi […]
  • Ramadan Berbagi untuk Bersatu Lawan Covid-19

    Ramadan Berbagi untuk Bersatu Lawan Covid-19

    Tahun ini masyarakat Indonesia menjalani bulan suci Ramadan dengan suasana yang berbeda karena terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Selain melalui kegiatan operasional seperti peningkatan kapasitas jaringan dan memberikan akses gratis ke online learning, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Indonesia bersama masyarakat dalam satu bulan ini. Sejalan dengan kampanye “Berbagi untuk Bersatu” melawan penyebaran […]
  • Milna Nature Puffs Organic : Memperkenalkan MPASI Organik Kaya Nutrisi

    Milna Nature Puffs Organic : Memperkenalkan MPASI Organik Kaya Nutrisi

    Si Kecil adalah buah hati tumpuan harapan dan impian setiap orang tua. Untuk mewujudkannya, orang tua selalu memberikan yang terbaik untuk Si Kecil, dimulai dari asupan nutrisinya, lingkungan serta stimulasi untuk melatih motorik Si Kecil, agar mereka tumbuh berkembang dengan optimal. Seiring pertumbuhan bayi, kebutuhan nutrisi juga ikut berkembang. Setelah berusia enam bulan, ASI untuk […]
  • Nasi Crispy Chicken Sambal Matah di Bintaro

    Nasi Crispy Chicken Sambal Matah di Bintaro

    Apakah Anda sudah hafal dengan menu-menu di Cabe Gendut seperti menu Sliced Beef Sambal Matah,  Lidah Sambal Matah, Paru Sambal Matah atau Steak Sambal Matah? Bila belum, Anda dapat menyimak liputan kami sebelumnya di https://www.infobintaro.com/cabe-gendut-rice-bowl-pedas-rasa-mantap-bikin-ketagihan/ Kabar gembira, mulai 1 Oktober 2017 Cabe Gendut melebarkan sayap bisnisnya. Tidak lagi hanya berjualan secara online, usaha ini juga […]
  • Unilever Indonesia Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan Kepada 1001 Panti Asuhan Lewat ‘Belanja Berbagi’

    Unilever Indonesia Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan Kepada 1001 Panti Asuhan Lewat ‘Belanja Berbagi’

    Bagi anak yatim piatu sebagai bagian dari generasi penerus bangsa, panti asuhan merupakan “keluarga” tempat mereka tumbuh dan berkembang bersama sekaligus “rumah” dimana mereka diasuh, dididik, dan dibesarkan hingga tumbuh dewasa menjadi invidu yang hebat. Memahami besarnya fungsi panti asuhan ini, Unilever Indonesia bekerja sama Badan Zakat Amil Nasional (BAZNAS) dan Majelis Pelayanan Sosial PP […]
  • Peresmian Tax Center di Universitas Pembangunan Jaya

    Peresmian Tax Center di Universitas Pembangunan Jaya

    Mendukung kewajiban tertib pajak, Prodi Akuntansi bekerjasama dengan Kanwil DJP Banten meresmikan Tax Center yang berada di Universitas Pembangunan Jaya pada Rabu, (15/3). Tax Center di UPJ diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Akuntansi UPJ untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari secara langsung. Tax Center di UPJ juga menjadikan keluarga UPJ sebagai wajib pajak […]
  • Cafe Pancake : Tempat Kongkow Nyaman dengan Berbagai Pilihan Menu Lezat

    Cafe Pancake : Tempat Kongkow Nyaman dengan Berbagai Pilihan Menu Lezat

    Siapa yang tidak tergiur melihat seporsi pancake tersaji di hadapan kita dengan krim manis berwarna merah lengkap dengan es krim dan potongan strawberry yang sangat menggoda? Mungkin walau pun kita sedang berbincang seru dengan lawan bicara, perhatian kita akan teralih untuk mencicipi pancake dan merasakan lezatnya pancake ini. Pancake seperti ini baru 1 menu dari sekian pilihan menu […]

Tinggalkan Balasan