Rab. Nov 20th, 2019

Liburan Akhir Tahun: Tips Memilih Travel Bag

Bagi Anda yang merencanakan liburan akhir tahun, jangan lupa mempertimbangkan tas untuk dibawa selama perjalanan liburan. Ada banyak pilihan tas di luar sana, beberapa bahkan dilengkapi dengan bel, pluit, dan beragam fitur menggiurkan. Jadi   sedang belanja tas baru untuk pelesiran, bagaimana Anda dapat memilih dengan tepat? Berikut panduan dari Tribunews.com:

Ukuran dan Berat

Pertama, persempit jumlah pilihan Anda dengan memfokuskan pada ukuran dan berat. Urusannya sudah pasti soal bagasi pesawat. Jika tas Anda sendiri sudah berat, kemungkinan besar biaya bagasi Anda akan semakin tinggi nanti.

Hal yang sama berlaku untuk ukuran, jika tas baru Anda berukuran lebih besar dari yang diizinkan pesawat, Anda harus berurusan dengan konsekuensinya. Apa yang Anda butuhkan adalah tas yang tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, tetapi pas untuk Anda. Tiap maskapai penebangan tentu memiliki batasan berat dan ukuran yang beragam, tetapi sebaiknya untuk tas koper, pilih yang berukuran kurang dari 157,5 cm (panjang+lebar+tinggi) dan untuk tas gendong pilih yang berukuran kurang dari 114,3 cm (panjang+lebar+tinggi).

Sebagai tambahan, pertimbangkan juga kebutuhan pribadi Anda: gaya hidup, kesehatan, dan kebutuhan pribadi. Apakah Anda memiliki punggung yang bermasalah? Maka cari tas gendong yang ringan. Apakah Anda suka membawa oleh-oleh saat pulang? Coba gunakan tas lipat.

Roda

Setelah mempertimbangkan ukuran dan berat, pikirkan tentang mobilitas. Ini mungkin tampak sepele, sekedar memilih tas dengan dua roda atau empat roda. Tetapi ada beberapa faktor untuk dipertimbangkan sebelum memilih.

Tas dengan dua roda sudah lebih lama ada di pasaran dibanding tas empat roda, maka pilihan tas roda dua akan lebih banyak. Roda-rodanya hanya bisa berputar maju dan mundur, biasanya tersembunyi di dalam tas. Ini membuat roda lebih awet dan tidak memakan tempat. Desain tas roda dua umumnya memudahkan manuver bahkan di medan yang tidak rata. Satu-satunya kendala dengan tas ini adalah Anda harus menariknya di belakang Anda. Menarik tas ini dengan jangka waktu lama dapat membuat pergelangan tangan dan bahu pegal. Mereka yang memiliki masalah dengan tubuh bagian ini sebaiknya memilih tas roda empat.

Tas roda empat atau sering disebut ‘spinners’ menggunakan roda yang dapat berputar 360 derajat, yang memungkinan Anda menggerakan tas ke arah manapun. Hal ini meningkatkan mobilitas dan memberi Anda pilihan: ingin menarik tas ini di belakang, mendorongnya di depan, atau membawanya di samping. Tetapi roda-roda ini memakan tempat di bawah ruang barang dan rodanya mudah rusak karena benturan. Sebaiknya selalu periksa garansi yang diberikan sebelum membeli tas jenis ini.

Sebagai tambahan, jika Anda mempertimbangkan tas gendong, pastikan salah satu fasilitas yang ditawarkan adalah roda. Cobalah berjalan-jalan keliling toko atau mal untuk menguji jenis-jenis roda yang tersedia. Meskipun hanya ada dua kategori, ada banyak variasi tas beroda. Beberapa tas beroda terasa sangat nyaman dijalankan sementara yang lain terasa sangat menyulitkan.

BACA JUGA  Sarana Olah Raga Ekstrim Baru di Bintaro: Wall Climbing

Warna

Hindari diri Anda dari ketidaknyamanan dengan banyaknya orang yang menggunakan tas hitam. Saat tas-tas hitam ini berjejer di pengambilan bagasi, tas yang berwarna-warni akan lebih mudah dilihat, terlihat lebih ceria, dan lebih cerah, serta hal terpenting adalah mudah dikenali. Jadi, saat Anda mengantre di pengambilan bagasi dan Anda menghindari kemungkinan salah mengambil tas atau terlewat satu putaran karena tas Anda tak terlihat.

Jika Anda tetap ingin menggunakan warna hitam yang dengan model tas yang umum digunakan orang lain, maka ikatkan sejenis pita berwarna atau sapu tangan pada gagang tas untuk membedakannya dari tas lain saat di pengambilan bagasi.

Konstruksi

Anggap tas Anda sebagai teman hidup Anda. Anda ingin hubungan ini bisa bertahan seumur hidup bukan? Maka dalam pencarian tas baru Anda, pertimbangkan bahan pembuatannya. Lagi pula, jika Anda memilih dengan bijak, tas Anda akan menjadi rekan yang setia membawa barang Anda berkeliling dari tahun ke tahun.

Permukaan Tas

Sepertinya produk tas dengan sisi yang keras terus diperbaharui hampir setiap hari. Perusahaan kini menggunakan bahan yang ultra-ringan, seperti polycarbonate dan plastik khusus, untuk membuat tas sangat ringan tetapi juga sangat kuat dan awet. Permukaan yang keras ini menjamin barang Anda tetap aman dari benturan di pesawat. Tetapi, permukaan keras ini juga membuat tas Anda kaku dan tak dapat dikempeskan atau dilipat agar masuk dalam kabin atas pesawat. Juga saat berkemas, Anda mungkin tak bisa memaksakan pakaian terakhir agar muat masuk.

Jika Anda ingin fleksibilitas, permukaan lunak pilihannya. Tas jenis ini ringan, secara umum lebih ringan dari tas dengan permukaan keras. Hal ini membuat tas-tas ini lebih mudah untuk ditekan atau dilipat agar muat masuk dalam kabin. Baiknya cari tas yang terbuat dari ballistic nylon (atau nylon lain yang tahan lama), yang menawarkan perlindungan terbaik dari lapuk dan robek. Pastikan juga bahannya anti air dan anti noda.

Fitur-Fitur Tambahan

Tas Anda harus merefleksikan Anda –gaya Anda, intensitas pemakaian Anda, dan kebutuhan pribadi Anda. Pelancong jenis apa Anda? Petualang? Orang yang suka dengan program wisata? Pertimbangkan di mana dan bagaimana Anda pelesiran dan apa kecenderungan barang yang akan Anda bawa.

Carilah pegangan yang kuat dan terasa nyaman dengan desain ergonomis. Sistem pegangan koper yang dapat dimasukan ke dalam tas adalah yang terbaik, karena pegangan akan terlindungi dari benturan. Cobalah pegangannya, naikan ke ketinggian maksimal, pastikan kuncinya bekerja baik agar tidak turun sendiri, lalu bawa koper jalan dengan pegangannya. Jika tas membentur-bentur kaki Anda, artinya pegangannya tak cukup panjang dan sesuai dengan tinggi badan Anda.

Untuk retsleting. semakin besar ukurannya, semakin awet dan kuat dibawa dalam perjalanan. Pilih yang berbahan logam dibanding plastik. Juga cari yang mudah untuk diperbaiki, misalnya saat menyangkut hanya perlu menarik ke bawah dan menutup ulang. Pilih kunci yang keamanannya memiliki standar tertentu, misalnya sesuai standar Transportation Securit Administration (TSA) dari Amerika Serikat.

BACA JUGA  Berburu Parcel Lebaran di Lottemart Bintaro

Sedangkan soal kantung, tas dengan permukaan lunak secara umum unggul. Sebab bentuk tas permukaan keras tidak memungkinkan adanya kantong tambahan di sisi luar. Tas model ini cocok untuk Anda yang senang kerapihan dan keteraturan.

Garansi

Bacalah seluruh kebijakan perihal garansi yang diberikan sebelum membeli tas. Idealnya, Anda pasti ingin membeli tas dari perusahaan yang memberi garansi seumur hidup.

Pertimbangan terakhir

Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar. Jadi berinvestasilah sedikit lebih banyak untuk mendapat tas yang terbaik dan cocok bagi Anda. Berganti-ganti tas murahan setiap tahun pada akhirnya akan mengeluarkan uang dengan jumlah sama. Jadi, tak perlu takut mengeluarkan biaya agak mahal untuk mendapat tas yang akan menemani Anda dalam waktu panjang.

Promo akhir tahun Samsonite

Silahkan mampir ke Gramedia Emerald Bintaro. Sedang ada promo dari merek travelling bag ternama SAMSONITE. Aneka diskon dapat Anda peroleh di sana sampai akhir Desember 2017.

Info lebih lanjut:
Gramedia World Emerald  Bintaro
CBD Emerald Lantai 1 Blok CE/B-02
Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Pd. Aren
Tangerang Selatan, Banten 15227
Jam Operasional :  9:30AM–9:30PM
Telp (021) 2221-1460

 

(EGS)

 

Baca Juga