Lezatnya Ayam Batokok, Ayam Penyet Cabe Hijau ala Minang dari Kreasi Anglo

Siapa tidak kenal dengan masakan Minang? Berbagai menu masakan Minang memiliki banyak penggemar fanatik, tidak hanya di Indonesia namun juga di negara-negara lain. Sebut saja rendang, menu yang telah diakui sebagai makanan terlezat di dunia versi survey yang dilakukan CNN pada tahun 2011. Namun masakan Padang yang lezat bukan saja rendang, masih ada masakan-masakan Minang lainnya yang tidak kalah enak, salah satu di antaranya adalah Ayam Batokok.

Ayam Batokok mirip seperti ayam penyet, alias ayam yang digreprek atau dipukul supaya penyet. Batokok sendiri artinya adalah dipukul. Tujuannya supaya dagingnya menjadi lebih lembut dan bumbunya lebih meresap. Menu khas Minang ini tidak selalu bisa dijumpai di restoran Padang. Namun jangan kuatir, jika Anda ingin merasakan lezatnya Ayam Batokok, Anda bisa memesan dari Kreasi Anglo, sebuah bisnis kuliner dan fashion dari Ibu Nur, seorang warga di Anggrek Loka, Graha Raya, Tangerang Selatan (baca juga : Madu Baduy Sekarang Ada di Graha Raya Bintaro). Anglo sendiri merupakan singkatan dari Anggrek Loka.

Ayam Batokok

Namun berbeda dengan ayam penyet yang biasanya sambalnya disajikan di cobek di atas sambal merah, Ayam Batokok disajikan dengan sambal cabe hijau yang disebut lado hijau. Lado hijau dibaluri pada ayam goreng dengan bentuk yang kasar, sehingga rasa pedas dan harum bumbu-bumbunya lebih meresap dan berbaur dengan gurih dan renyahnya daging ayamnya.

Menurut Ibu Nur yang asli dari Minang, masakan Ayam Batokok merupakan menu masakan sehari-hari di Sumatera Barat, namun masakan ini tidak banyak ditemukan di berbagai rumah makan Minang. Kalau pun ada sedikit restoran Minang yang menyajikan menu Ayam Batokok, namun Ayam Batokok yang disajikan seringkali masih mengandung lemak karena ayam yang digunakan memang ayam negeri. Ibu Nur yang suka memasak semenjak mudanya ini menjelaskan kunci kelezatan Ayam Batokok adalah ayam yang empuk namun tidak kering, dan tidak ada lagi lemak-lemak yang tersisa seperti lazimnya pada daging ayam negeri, serta tidak kalah penting adalah racikan bumbu yang digunakan.

Ibu Nur menambahkan, hal penting dalam membuat Ayam Batokok yang lezat adalah memproses daging ayam agar empuk dan bumbunya meresap. Ada 3x tahap yang dilakukan, dari mulai proses pencampuran ayam dengan bumbu-bumbu, kemudian digoreng dengan tingkat kematangan yang pas. Langkah selanjutnya adalah membalurkan lado hijau yang telah disiapkan sebelumnya.

Saat Info Bintaro mencicipi Ayam Batokok dari Kreasi Anglo, kami pun mengamini kalau Ayam Batokok ini sangat lezat. Dagingnya terasa lembut saat dikunyah, sedikit garing walau pun tidak kering dengan bumbu yang terasa meresap sampai ke bagian dalam dagingnya. Berpadu dengan pedasnya lado hijau yang pedasnya sedang, lengkaplah kenikmatan Ayam Batokok ini. Sepiring nasi hangat adalah teman yang pas untuk menikmati Ayam Batokok dari Kreasi Anglo ini.

Tidak hanya Ayam Batokok, Kreasi Anglo juga menyediakan menu-menu masakan Minang lainnya seperti Rendang, Ayam Goreng, dll.

Ayam Goreng

Berbagai menu ini bisa dipesan melalui pesanan langsung. Khusus Ayam Batokok bisa dipesan dalam bentuk jadi atau ½ jadi. Untuk dalam bentuk ½ jadi ini, Anda bisa menyimpannya di kulkas. Untuk menikmatinya, Anda cukup menggoreng dan membalurinya dengan bumbu yang sudah disertakan saat pemesanan.

Kreasi Anglo juga menerima pesanan untuk berbagai acara. Untuk pemesanan dalam jumlah banyak, pesanan minimum 20 porsi dan dipesan paling lambat 2 hari sebelumnya. Untuk pemesanan bisa menghubungi Ibu Nur, WA: 0812 9330 243.

 

(ES)

Leave a Comment