Sel. Des 10th, 2019

Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, Graha Raya

Kekayaan kuliner Indonesia seakan tidak ada habis-habisnya. Berbagai daerah memiliki masakan khas yang diwariskan turun temurun. Masakan-masakan tradisional ini ternyata tidak hanya disukai oleh orang-orang lokal setempat, dengan perkembangan informasi dan pemberitaan berbagai media, masakan-masakan tradisional ini nyatanya disukai oleh masyarakat luas. Seperti juga kemunculan ayam goreng Taliwang beberapa tahun belakangan ini.

Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise Level Sedang

Ayam Taliwang adalah resep masakan ayam khas Lombok, resep tradisional ini punya ciri khas menyajikan ayam bakar yang diolesi dengan bumbu khas Taliwang, yang terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, kencur.

Bila ayam bakar Taliwang mulai populer beberapa tahun belakangan ini, sebetulnya keberadaannya sudah cukup lama. Berdasarkan informasi dari website Kemendikbud RI,  kemunculan sajian ayam bakar Taliwang tercatat pertama kali ketika terjadi perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem, Bali pada abad 19. Saat itu, Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk membantu Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari Kerajaan Karangasem.

Pasukan dari Kerajaan Taliwang menempati satu wilayah yang dinamakan Karang Taliwang di Cakranegara, Lombok. Mereka bertugas melakukan pendekatan dengan Raja Karangasem agar pertempuran yang menelan banyak korban tersebut tidak berlanjut. Pasukan tersebut juga terdiri dari pemuka agama, juru kuda dan juru masak. Ketika itu, para juru masak menghidangkan sajian ayam bakar yang diberi bumbu hasil dari alam seperti bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan terasi, yang dinamakan ayam pelalah. Ayam pelalah inilah yang menjadi cikal bakal ayam bakar Taliwang samapai saat ini.

Bagi warga Bintaro yang ingin menikmati lezatnya ayam bakar Taliwang ada beberapa pilihan lokasi, salah satunya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise yang terletak di Graha Raya. Lokasi lainnya adalah Rumah Makan Putera Lombok Kebayoran Arcade 1, Ayam Taliwang, Jl. RC Veteran, Ayam Taliwang Sarinah Bintaro, Pondok Jaya dan Ayam Bakar Taliwang Wongso, Rest Area Km. 7.

Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, terletak di Ruko Melia Walk MDA-37 Graha Raya Bintaro. Jam bukanya setiap hari dari pukul 11.00 – 22.00. Tempatnya tidak begitu besar namun kita tetap bisa bersantap dengan santai. Pada jam-jam tertentu pengunjungnya cukup ramai.

BACA JUGA  Manfaat Keju Bagi Pertumbuhan Anak

Menu utama di sini tentu saja ayam bakar Taliwang. Level kepedasannya ada 4, selain pedas yang menjadi ciri khas ayam bakar Taliwang,  tersedia juga level pedas manis, sedang dan manis. Tidak hanya ayam bakar saja, kita juga bisa memilih menu ayam goreng Taliwang, gurami bakar Taliwang, gurami goreng Taliwang dan lele bakar Taliwang dengan 4 level kepedasan.

Di daftar menu, untuk ayam bakar dan ayam goreng Taliwang tercantum hanya 1 ekor, namun kita bisa memesan ukuran 1/2 ekor atau per potong. Untuk gurami, baik gurami bakar mau pun goreng tersedia dalam ukuran per potong.

Ciri khas ayam bakar Taliwang sangat terasa pada ayam bakar yang disajikan, bumbu Taliwangnya terasa meresap bercampur dengan aroma ayam bakar yang harum. Daging ayamnya cukup lembut karena gerai Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise menggunakan ayam kampung muda.

Menikmati menu-menu ayam atau ikan gurami Taliwang tidak lengkap rasanya jika belum memesan menu-menu sayur khas Lombok lainnya, seperti Sayur Plecing Kangkung, Terong Belo Bakar dan Beberuk Terong.

Ciri khas masakan Taliwang berupa bumbu-bumbu seperti cabai merah dan cabai rawit dan bawang merah yang diulek kasar sangat menggugah selera. Walau pun begitu, rasanya tidak sepedas menu ayam atau gurami Taliwang karena menggunakan tomat. Jangan lupa mencampurkan dengan perasan jeruk nipis. Ditanggung selera makan Anda akan semakin meningkat dengan gurihnya ketiga jenis menu sayuran ini, apalagi dengan nasi yang masih panas…hemmm….

Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise menerima pesanan berbagai acara seperti ulang tahun, arisan, perkawinan, dll, baik dengan booking tempat mau pun pesanan di tempat Anda. Untuk pemesanan, silakan menghubungi 021 2944 5643.

Terong Belo Bakar

 

(BON)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.