Berita Utama

Layani Ramadan dan Idul Fitri 1440H, Telkomsel Bangun 10.000 BTS Multi-Band LTE

Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Momentum RAFI merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang melakukan ibadah puasa Ramadan dan ritual pulang kampung halaman pada saat Idul Fitri yang dikenal dengan mudik. Selain mudik, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan periode tersebut untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Periode RAFI tahun ini menjadi momentum yang istimewa bagi Telkomsel, karena bersamaan periode ini Telkomsel genap berusia 24 tahun. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan setia terhadap Telkomsel selama 24 tahun ini.”

“Pada momen RAFI ini pula keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” lanjut Ririek.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 21% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 66% jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun wisatawan di Indonesia didominasi penggunaan layanan data.

Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan. Di samping itu, pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi dan direktori kuliner, penginapan, dan beragam aktivitas seni dan budaya yang bisa dilakukan di lokasi mudik dan wisata, serta menikmati berbagai layanan hiburan digital, seperti video, musik, dan games.

Di sisi lain, trafik layanan suara diperkirakan turun sekitar -10% dibanding hari normal, sedangkan trafik layanan SMS diperkirakan turun sekitar -2% dibanding hari normal. Hal ini sudah diprediksi sebelumnya, mengingat perilaku pelanggan yang kini semakin fasih dan intensif dalam menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital, yang mengakibatkan turunnya intensitas penggunaan layanan suara maupun layanan SMS.

“Kualitas jaringan merupakan prioritas utama kami dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI. Dengan mengimplementasikan 10.000 BTS 4G di seluruh pita frekuensi, kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” jelas Ririek.

Di samping membangun puluhan ribu BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 10.000 BTS 4G, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Dari sisi produk dan layanan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan kartu perdana dan layanan isi ulang pulsa sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang biasanya meningkat pada periode RAFI. Telkomsel juga menggelar posko layanan di 557 titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata utama (point of interest), yang meliputi Bandar Udara, Terminal Bus, Stasiun Kereta, Dermaga, Rumah Sakit, Area Padat Populasi, Pasar Tradisional, dan Mal.

Selain itu, seluruh kanal pelayanan existing Telkomsel juga bersiaga melayani pelanggan, di antaranya 425 GraPARI Telkomsel Siaga, 493 Mobile GraPARI yang terdiri dari 324 armada mobil dan 169 armada motor, 111 unit layanan digital self-service MyGraPARI, 831 kantor pelayanan mitra distributor, dan 3.779 Outlet Siaga.

Pelanggan dan masyarakat juga dapat memperoleh informasi produk, fitur, serta layanan Telkomsel dengan menghubungi Call Center 188 atau mengakses kanal digital Telkomsel, mulai dari website telkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram), e-mail cs@telkomsel.co.id, serta akun Facebook dan Twitter Telkomsel.

Di samping itu, bertepatan dengan hari ulang tahun pada 26 Mei, sebagai apresiasi kepada pelanggan Telkomsel mengadakan berbagai program spesial seperti Lucky Draw Anniversary & RAFI 2019, penukaran Telkomsel POIN dan aktivasi layanan berhadiah undian spesial, serta program mudik bareng ke 15 kota. Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan spesial RAFI berupa paket layanan data, suara, dan SMS; layanan digital lifestyle; LinkAja; digital advertising; serta mobile banking.

Optimalisasi Jaringan di Jalan Utama dan Jalur Tol

Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel. 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

Di jalan utama dan jalan tol Trans Sumatra kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 90,34% dengan success call mencapai 98,18%. Di jalan utama dan jalan tol Trans Jawa kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 98,39% dengan success call mencapai 99,39%. Sedangkan di jalur kereta api Trans Jawa kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 97,01% dengan success call mencapai 98,93%. Untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatra, tol Trans Jawa dan kereta api Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100%.

Untuk memastikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan, Telkomsel telah menggelar drive test rutin di berbagai titik dengan kepadatan trafik komunikasi tertinggi dengan total jarak tempuh lebih dari 12.000 kilometer. Ada pun parameter pengukuran yang digunakan adalah kekuatan daya pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (Call Setup Success Rate/CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (Call Completion Success Rate/CCSR), lamanya waktu pembangunan panggilan (Call Setup Time/CST), kualitas suara (Mean Opinion Score/MOS), dan kecepatan akses data (Data Throughput). Secara umum drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, di mana angka rata-rata CSSR 98,80%, CST 6,58 detik, MOS≥3 95,21%, Data Throughput 7.773 kbps (average).

Kenyamanan pelanggan Telkomsel dalam berkomunikasi di periode RAFI 2019 didukung sekitar 200.000 BTS di seluruh Indonesia, termasuk sekitar 70.000 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data. Terlebih lagi dengan penataan ulang pita frekuensi (refarming) 800 dan 900 Mhz yang menjadikan pita frekuensi radio yang berdampingan (contiguous), sehingga Telkomsel dapat lebih leluasa dan fleksibel dalam meningkatkan teknologi seluler yang diimplementasikan.

“Hal ini membuka peluang lebih besar bagi masyarakat yang belum dapat menikmati 4G menjadi menikmati layanan broadband bagus dan berkualitas,” tutup Ririek.

Corporate Social Responsibilty (CSR) pada RAFI 2019

Sesuai dengan tema Telkomsel Siaga tahun 2019 ini yaitu “Sebarkan Kebahagiaan”, Telkomsel ingin menebar kebahagiaan pada momen RAFI tahun ini sebagai wujud syukur dan rasa kepedulian kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. Telkomsel menyerahkan takjil buka puasa sebanyak 24 ton kurma kepada 20 masjid di 20 kota di seluruh Indonesia dengan penerima manfaat sekitar 720.000 paket.

Selain itu Telkomsel juga melakukan kegiatan berbagi bersama dengan 5.000 anak yatim dan dhuafa, menggelar sembako murah, pemberian santunan kepada 50 yayasan, edukasi internet baik kepada anak-anak, dan bersih-bersih masjid.

(EGA)

Tags

 

Baca Juga

  • BizChannel@CIMB Mobile Permudah Kelola Keuangan Bisnis dalam Genggaman

    BizChannel@CIMB Mobile Permudah Kelola Keuangan Bisnis dalam Genggaman

    Pandemi COVID-19 membuat aktivitas pengelolaan bisnis kini banyak dilakukan secara mobile, tidak hanya terbatas di perkantoran. Para pengusaha pun membutuhkan dukungan aplikasi perbankan untuk mengelola keuangan perusahaan secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengandalkan aplikasi mobile banking untuk perusahaan atau bisnis yaitu […]
  • AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK

    AHM Inisiasi Kontes Kreativitas Mengajar Guru SMK

    Melanjutkan komitmen berkesinambungan dalam mendukung pendidikan vokasi di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) menginisiasi Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020. Kegiatan ini menjadi bentuk dukungan bagi para guru dalam proses belajar mengajar secara daring untuk penerapan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di 682 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Pembelajaran secara […]
  • Hadiahkan yang Terbaik bagi Mereka yang Spesial, Grab Hadirkan Grabgifts di Grabgifts Shop

    Hadiahkan yang Terbaik bagi Mereka yang Spesial, Grab Hadirkan Grabgifts di Grabgifts Shop

    Grab, everyday everything app terkemuka di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan GrabGifts yang dapat ditemukan di GrabGifts Shop. GrabGifts merupakan e-voucher yang memiliki nominal potongan untuk layanan GrabCar, GrabCar Plus, GrabCar 6-Seater, GrabBike, GrabExpress, dan GrabFood. Melalui kehadiran GrabGifts, Grab berkomitmen untuk menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan memberikan solusi yang dapat mendukung […]
  • HERO GREEN ACTION : RW GAUL menuju Indonesia Tanpa Sampah

    HERO GREEN ACTION : RW GAUL menuju Indonesia Tanpa Sampah

    Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati pada 21 Februari yang lalu, Pada hari ini, Sabtu 25 Februari 2017, PT Hero Supermarket Tbk melalui salah satu unit bisnis GIANT, kembali membuat program peduli lingkungan, bertajuk RW Giant Aksi Untuk Lingkungan (GAUL) yang ditandai oleh penandatanganan komitmen “RW GAUL – Komitmen Bersama Menuju RW […]
  • Hans Christian Andersen,  Sosok Di balik Hari Buku Anak Sedunia

    Hans Christian Andersen, Sosok Di balik Hari Buku Anak Sedunia

    Tanggal 2 April lalu dikenal sebagai Hari Buku Anak Sedunia. Perayaan hari buku ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca atau memupuk minat baca dan mengajak kita semua untuk lebih memberi perhatian pada perkembangan buku anak-anak. Dilansir Indonesiasastra.org, awal mula ditentukannya tanggal 2 April sebagai hari buku anak adalah bertepatan dengan hari kelahiran pengarang buku anak […]
  • Jadi Mahasiswa Baru di Tengah Pandemi, Zenius Tawarkan Beasiswa Senilai Total Satu Miliar

    Jadi Mahasiswa Baru di Tengah Pandemi, Zenius Tawarkan Beasiswa Senilai Total Satu Miliar

    Bagi sebagian orang tua, tidak terasa anak sudah siap memasuki bangku perkuliahan. Saat ini pasti menjadi periode yang membuat sibuk dan deg-degan baik untuk calon mahasiswa maupun orang tua, apalagi menjelang dilaksanakannya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sebagai orang tua, banyak yang harus mulai dipikirkan, mulai dari persiapan anak menghadapi ujian hingga persiapan biaya kuliah. […]
  • Shopee Hadirkan Kampanye “Juli Pesta Hadiah” dengan Grand Prize dan Pesta Cashback Setiap Hari

    Shopee Hadirkan Kampanye “Juli Pesta Hadiah” dengan Grand Prize dan Pesta Cashback Setiap Hari

    Setelah sukses mencatat rekor dua kali transaksi 1,5 juta pesanan dalam 24 jam dalam Big Ramadhan Sale, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, terus meningkatkan antusiasme pengguna dengan menghadirkan kampanye Juli Pesta Hadiah. Kemeriahan kampanye Juli Pesta Hadiah berlangsung mulai 1 Juli – 31 Juli 2018 dengan memberikan Grand Prize dan Pesta […]
  • Program Citi Rewards Points – Traveloka Points Conversion

    Program Citi Rewards Points – Traveloka Points Conversion

    Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terbesar di Asia Tenggara, bekerjasama dengan Citi Indonesia (Citibank) untuk menghadirkan program Citi Rewards Points – Traveloka Points Conversion yang resmi diperkenalkan pada hari ini di Jakarta. Melalui program ini, nasabah kartu kredit Citi yang juga merupakan pengguna Traveloka dapat dengan mudah melakukan penukaran […]
  • Siap-siap! Huawei P40 Akan Merevolusi Fotografi Seluler

    Siap-siap! Huawei P40 Akan Merevolusi Fotografi Seluler

    Tahun 2020 membawa gelombang baru kemajuan teknologi yang sebelumnya hanya bisa diimpikan orang. Produsen ponsel Cina telah mengubah industri smartphone dan memecahkan ekspektasi pengguna tentang apa yang dapat dicapai melalui perangkat mereka. Salah satunya adalah dengan kamera smartphone sekarang yang sangat berkualitas sehingga bisa dibilang dapat bersaing dengan kamera DSLR. Salah satu produsen ponsel Cina […]
  • Qualcomm Tampilkan PC Always On, Always Connected yang Ditenagai oleh Snapdragon di Indonesia

    Qualcomm Tampilkan PC Always On, Always Connected yang Ditenagai oleh Snapdragon di Indonesia

    Untuk pertama kalinya, Qualcomm Incorporated mendemonstrasikan PC Always On, Always Connected yang ditenagai oleh Snapdragon di Indonesia pada acara Microsoft yang berfokus pada edukasi dan dilaksanakan selama dua hari di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Dari tanggal 11 sampai 12 Desember, Qualcomm menampilkan Snapdragon 7c terbaru melalui PC purwarupa milik perusahaan (Qualcomm Reference Design), Snapdragon 8cx […]
  • Bukalapak Beri Mobil dan Motor bagi Pemenang Bonus Akhir Tahun Kartu Prakerja

    Bukalapak Beri Mobil dan Motor bagi Pemenang Bonus Akhir Tahun Kartu Prakerja

    Dalam upaya untuk terus mendukung program pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi khususnya para pekerja dan wirausaha, Bukalapak siapkan beragam hadiah bagi penerima Kartu Prakerja lewat Kompetisi Bonus Akhir Tahun Prakerja yang diadakan pada bulan Desember 2020. “Bukalapak mengadakan kompetisi Bonus Akhir Tahun Kartu Prakerja dengan tujuan untuk mendorong para penerima Kartu Prakerja untuk […]
  • Startup Edukasi Zenius Mendapatkan Pendanaan Pra-seri B dari Openspace Ventures dan Alpha JWC Ventures

    Startup Edukasi Zenius Mendapatkan Pendanaan Pra-seri B dari Openspace Ventures dan Alpha JWC Ventures

    Startup edukasi yang berbasis di Indonesia, Zenius, telah mengumumkan putaran pendanaan Pra-Seri B dengan jumlah yang tidak diungkapkan. Di tahap ini, investor baru Alpha JWC Ventures dan Openspace Ventures bergabung dengan Northstar, Kinesys, dan BeeNext yang telah lebih dulu mendukung Zenius melalui pendanaan Seri A di bulan Februari 2020 lalu. Zenius berencana menggunakan dana ini […]
  • Royco Luncurkan Program Nutrimenu untuk Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Demi Masa Depan Indonesia

    Royco Luncurkan Program Nutrimenu untuk Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Demi Masa Depan Indonesia

    Royco, meluncurkan program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ guna bantu Ibu siapkan asupan gizi seimbang untuk anak. Program ini adalah kegiatan edukasi yang dilakukan Unilever Indonesia melalui brand Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah Garut untuk mendukung program Isi Piringku yang merupakan penerapan dari Pedoman […]
  • Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Aktivitas sehari-hari yang padat sangat menguras energi, apalagi bagi kita yang juga banyak beraktivitas di luar ruangan. Banyaknya pekerjaan di depan komputer, meeting dan presentasi, bertemu klien, berbagai urusan pekerjaan yang datang silih berganti sering membuat kita harus menunda makan siang walaupun perut sudah sangat lapar. Bagi Anda yang sering mengalami situasi seperti itu, ada […]
  • Crowde, Menyabet Salah Satu Penghargaan Pada Kompetisi Business Pitching Pada Indonesia Fintech Forum 2019

    Crowde, Menyabet Salah Satu Penghargaan Pada Kompetisi Business Pitching Pada Indonesia Fintech Forum 2019

    CROWDE terpilih sebagi juara dua pada kompetisi pitching Indonesia Fintech Forum 2019 oleh Kafegama, dengan ide pitching berupa ekosistem finansial yang ramah petani melalui program permodalan peer-to-peer. Selain menghubungkan antara petani dan pemodal, CROWDE juga mengintegrasikan seluruh ekosistem pertanian mulai dari suppliers sampai dengan pembeli melalui teknologi, sehingga metode pembayaran yang digunakan bisa berjalan cashless […]
  • Bukalapak Diakui Financial Times Sebagai Salah Satu High Growth Companies di Asia Pasifik 2020

    Bukalapak Diakui Financial Times Sebagai Salah Satu High Growth Companies di Asia Pasifik 2020

    Satu dekade menjadi bagian dari kemajuan ekonomi Indonesia sebagai tech-commerce, Bukalapak diakui oleh Financial Times sebagai perusahaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi ke-14 di Asia Pasifik atau ke-2 di Indonesia dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan (Compound Annual Growth Rate / CAGR) sebesar 255.5% dan tingkat pertumbuhan pendapatan (Absolute Revenue Growth Rate) sebesar 4,393.2% dalam kurun waktu […]
  • Dampak Emisi Karbon Dalam Transformasi dan Implementasi Bisnis Hijau

    Dampak Emisi Karbon Dalam Transformasi dan Implementasi Bisnis Hijau

    Perubahan iklim masih menjadi pembicaraan hangat di berbagai belahan dunia. Eksplorasi gas dan minyak, pertambangan batu bara, dan pembangkit listrik dianggap menjadi faktor utama terjadinya kerusakan lingkungan yang mengarah pada perubahan iklim. Mengutip laporan DBS Group Research yang bertajuk ‘Environmental, Social and Governance: Turning carbon into gold’, emisi karbon di negara berkembang meningkat, mengingat selain […]
  • Tora Gani, Mengkreasikan Menu Jepang Bercitarasa Indonesia

    Tora Gani, Mengkreasikan Menu Jepang Bercitarasa Indonesia

    Bagi masyarakat Indonesia, kuliner Jepang dikenal sebagai kuliner yang sehat dan rasa yang netral. Namun, kuliner Jepang banyak menggunakan bahan-bahan makanan dari laut (seafood) yang sering dimakan dengan kondisi mentah atau setengah matang, membuat sebagian orang Indonesia yang telah terbiasa dengan kuliner-kuliner yang memiliki rasa yang tajam dengan bumbu-bumbu yang ‘berani’ dan diolah dengan proses […]
  • Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem eSports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia

    Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem eSports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital di Indonesia

    Melanjutkan kosistensi untuk bertransformasi menjadi digital telco company terdepan di Indonesia, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perlanggan, termasuk dalam mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan. Salah satu komitmen yang diwujudkan Telkomsel melalui partisipasi dalam gelaran IDByte Esports 2019 yang diselenggarakan di Tengerang Selatan, Banten. Bertindak sebagai salah […]
  • Metode Diet 16:8

    Metode Diet 16:8

    Sesudah Lebaran apakah berat badan Anda bertambah? Hati-hati bila hal ini dibiarkan terus Anda dapat menderita obesitas alias kegemukan. Berbagai cara diet dapat dipilih. Di antaranya adalah membatasi waktu makan. Menurut penelitian pembatasan waktu makan adalah cara efektif mengurangi berat badan dan menurunkan tekanan darah. Diet ini dinamai diet 16:8, yaitu 16 jam puasa dan […]

Tinggalkan Balasan