Berita Utama

Langkah Komprehensif Gojek untuk Jaga Kesehatan dan Keselamatan Mitra Driver Andalan Masyarakat di Tengah Covid-19

Sebagai super app terbesar di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di seluruh ekosistemnya melalui berbagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama.

Pandemik COVID-19 adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menghadirkan tantangan bagi masyarakat serta mitra driver Gojek untuk tetap dapat beraktivitas normal. Di sini, para mitra driver-lah yang paling banyak berjasa karena mereka menjadi tulang punggung berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti pengantaran makanan dan obat-obatan, serta untuk bepergian yang sifatnya mendesak. Oleh karenanya, Gojek terus melakukan berbagai inisiatif untuk mengapresiasi para mitra driver, sekaligus menciptakan keamanan dan keselamatan di seluruh layanan kami.

Hans Patuwo selaku Chief Operations Officer Gojek mengatakan, “Dalam situasi seperti sekarang ini, mitra driver Gojek memegang peranan yang luar biasa penting untuk memastikan masyarakat dapat menjalani kehidupan senormal mungkin ketika mereka #dirumahaja. Dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, mitra driver Gojek menjadi garda terdepan untuk menghadirkan layanan pengiriman makanan, transportasi dan layanan lainnya bagi masyarakat Indonesia.”

Gojek melakukan berbagai macam upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para mitra driver di masa wabah ini agar mereka dapat tetap prima dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Berbagai inisiatif komprehensif untuk menjaga kesehatan mitra driver

Gojek menyadari bahwa mitra driver menjadi andalan saat masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia dihimbau untuk tetap berada #dirumahaja untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Untuk itu kami melakukan berbagai macam upaya untuk membantu mitra driver kami tetap sehat dan prima dalam menjalankan kesehariannya.

Penyediaan Masker, Hand Sanitizer, Vitamin dan Desinfektan

Gojek telah menyediakan ribuan masker, cairan pembersih (hand sanitizer), vitamin, dan penyemprotan kendaraan dengan cairan desinfektan di berbagai kota besar di Indonesia dan akan terus dilanjutkan ke kota-kota lainnya. Gojek terus berupaya keras menyediakan berbagai keperluan tersebut agar mitra driver tetap dalam keadaan sehat dalam kesehariannya.

Penyediaan Kartu Penanda Suhu Tubuh di Merchant GoFood untuk membantu driver mengetahui suhu tubuh dari waktu ke waktu

Kartu Penanda Suhu Tubuh ini merupakan pedoman dari Gojek yang dijalankan berbagai mitra merchant GoFood untuk memastikan keamanan dan makanan yang dikirimkan. Kartu ini berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan, yaitu karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan. Dengan prosedur ini, mitra driver kami dapat mengetahui suhu tubuhnya dari waktu ke waktu tanpa harus melakukan pengecekan sendiri.

Fitur Contactless Delivery untuk Perlindungan Mitra Driver

Gojek telah mengimplementasikan sistem contactless delivery atau layanan tanpa kontak fisik langsung pada layanan GoFood dan GoSend, demi meminimalisir kontak langsung antara mitra driver dan pelanggan, dengan menyediakan opsi teks pesan cepat pada fitur Chat. Hal ini kami lakukan agar semua pihak, termasuk mitra driver kami, dapat terminimalisir dari kemungkinan penularan.

Sosialisasi materi edukasi pedoman kesehatan secara intensif kepada mitra driver untuk melindungi resiko penularan virus

Edukasi Pedoman Menjaga Kesehatan bagi mitra driver

Gojek mensosialisasikan materi edukasi secara berkala terkait pencegahan COVID-19 yang mengikuti panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara berkala melalui kanal komunikasi mitra driver, termasuk fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification).

SOP (Standard Operating Procedure) untuk Kesehatan Driver dan Konsumen

Gojek memberlakukan beberapa prosedur baru bagi konsumen selama mereka bepergian dengan GoRide dan GoCar untuk melindungi mitra driver. Ini termasuk:

  • Himbauan untuk konsumen membawa helm sendiri jika memungkinkan, jika tidak bisa, konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh helm dari mitra driver
  • Konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh pintu mobil
  • Konsumen wajib menggunakan masker jika konsumen sedang tidak enak badan
  • Konsumen dilarang membuang tisu atau masker di dalam mobil GoCar
  • Konsumen dihimbau membayar secara non-tunai untuk mengurangi kontak fisik

Langkah Gojek untuk mendukung stabilitas finansial mitra dalam melewati masa pandemik ini

BACA JUGA  Santika Menutup Sementara Beberapa Hotelnya Guna Pencegahan Penyebaran Covid-19

Kami memahami bahwa wabah COVID-19 ini menuntut masyarakat untuk membatasi ruang gerak guna memutus mata rantai penularan. Hal ini pastinya berpotensi berdampak pada pendapatan mitra driver kami. Untuk itu, dalam satu minggu terakhir atau setelah pemerintah mengumumkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional Non-Alam di 14 Maret lalu, kami melakukan berbagai upaya untuk memberikan dukungan kepada mitra driver kami untuk menjaga stabilitas finansial mereka di masa sulit ini.

Bantuan Pendapatan untuk Driver

Gojek meluncurkan skema Program Bantuan Pendapatan kepada mitra driver roda dua dan roda empat yang tidak dapat bekerja karena harus mendapatkan perawatan akibat positif terpapar COVID-19. Gojek juga akan menghentikan sementara cicilan yang berjalan misalnya premi asuransi, cicilan kendaraan dan lain sebagainya, pada bulan berjalan mitra driver mengalami perawatan. Gojek merupakan perusahaan on-demand pertama di Indonesia yang memberlakukan skema bantuan pendapatan bagi mitra driver.

Ajakan Konsumen untuk Berikan Tip Lebih untuk Mitra Driver

Menyadari mitra driver kami semakin menjadi andalan masyarakat di masa yang mengharuskan keterbatasan ruang gerak ini, Gojek melalui kampanye #KasihLebihan, memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna layanan kami untuk memberikan tip kepada para mitra driver. Hal ini kami lakukan dengan memberikan pilihan tambahan tip hingga nominal Rp 100.000 di aplikasi Gojek.

Berbagai inisiatif lain akan diluncurkan dalam waktu dekat

Beberapa hal diatas hanya sebagian kecil dari apa yang kami lakukan dalam beberapa hari terakhir untuk mitra kami. Saat ini kami sedang bekerja keras merancang beberapa inisiatif lainnya untuk dapat terus membantu mitra driver menjaga stabilitas finansial mereka. Kami akan informasikan langkah dan inisiatif ini segera dalam waktu dekat.

Tantangan yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19) membutuhkan peran aktif seluruh pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan. Gojek akan terus melakukan berbagai terobosan untuk dapat menjadi salah satu solusi dari situasi ini yang sama kami harap dapat memberikan rasa aman dan ketenangan bagi masyarakat khususnya pelanggan dan mitra kami. “Lewat dukungan berbagai pihak, kami percaya #PastiAdaJalan untuk kita melewati masa penuh tantangan ini dengan baik,” tutup Hans.

(EGA)
 

Baca Juga

  • Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

    Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

    Untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71, Bintaro Xchange Mall mengadakan berbagai acara yang dikemas dalam tema BXc Mall Berbagi MERDEKA. Acara pertama adalah Lomba Permainan Tradisional, yang bekerjasama dengan Komunitas Hong yang berlangsung tanggal 17 Agustus 2016. Acara berikutnya  adalah Donor Darah, yang sekaligus merupakan perayaan HUT ke-55 PT. Pembangunan Jaya. Rangkaian perayaan HUT […]
  • 170 Ribu Kursi Promo Masih Tersedia pada Minggu Terakhir Periode GOTF Festival 2019

    170 Ribu Kursi Promo Masih Tersedia pada Minggu Terakhir Periode GOTF Festival 2019

    Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui program “Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) Festival” terus menyediakan berbagai pilihan harga penawaran khusus (diskon tiket) dengan alokasi kursi tiket promo yang masih tersedia sebanyak 170 ribu kursi tiket promo pada periode minggu terakhir GOTF Festival dari tanggal 8 April hingga 12 April 2019 mendatang. Adapun total alokasi kursi […]
  • Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

    Mengisi Liburan Anak Dengan Cara Kreatif di Kandank Jurank Doank

    Saat akhir minggu (weekend) merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk anak-anak. Setelah 5 hari menjalankan berbagai aktivitas di sekolah, anak-anak memerlukan waktu untuk beristirahat dan melepaskan diri dari kepenatan dan ketegangan pikiran. Kita bisa memilih berbagai aktivitas untuk mengisi waktu liburan anak, dari mulai bermain di rumah, maupun mengajak anak berjalan-jalan ke suatu tempat, entah berbelanja […]
  • Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Cara Membuat Rendang Hidangan Khas Lebaran

    Tahun 2016 situs berita CNN mengumumkan rendang khas Indonesia sebagai makanan nomor satu terenak di dunia. Pada tahun 2017 CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook.  Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama. ” Rendang is the best,” tulis seorang voter, Kamal F Chaniago. Voter […]
  • Cashlez Siap Bantu Cegah Penularan Virus Corona lewat Transaksi Non Tunai

    Cashlez Siap Bantu Cegah Penularan Virus Corona lewat Transaksi Non Tunai

    PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal pencegahan penularan virus corona. Hal ini sejalan dengan himbauan dari Bank Indonesia, agar masyarakat lebih banyak menggunakan transaksi non tunai untuk menekan penularan virus corona. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)1 , uang […]
  • Teknologi Desain Perangkat Lunak Canggih Menjadikan GM Pemimpin Kendaraan Ringan

    Teknologi Desain Perangkat Lunak Canggih Menjadikan GM Pemimpin Kendaraan Ringan

    General Motors, produsen global kendaraan Chevrolet kini menggunakan teknologi desain perangkat lunak terbaru untuk memperkenalkan kendaraan generasi baru yang lebih ringan. Teknologi merupakan kunci utama untuk mengembangkan kendaraan dengan tenaga penggerak yang lebih ringan dan efisien serta kendaraan nol emisi. GM merupakan produsen otomotif pertama di dunia yang menggunakan teknologi perangkat lunak desain generative dari […]
  • Arti Studio Photo, Studio Photo Dengan Layanan Prima dan Harga Terjangkau, Membuat Foto-Foto Anda Lebih Berarti

    Arti Studio Photo, Studio Photo Dengan Layanan Prima dan Harga Terjangkau, Membuat Foto-Foto Anda Lebih Berarti

    Pada saat ini kegiatan foto memfoto sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Dengan kemajuan teknologi kapan pun kita akan mengambil foto tidak menjadi masalah. Handphone dengan fitur kamera canggih maupun kamera digital bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang tidak mahal. Namun tentu saja, dengan kemudahan ini tidak lantas membuat segala hal […]
  • Made Yogi Dwiyana Utama Meraih Predikat Mahasiswa Terberprestasi di acara MONSTER 2017 di PKN STAN

    Made Yogi Dwiyana Utama Meraih Predikat Mahasiswa Terberprestasi di acara MONSTER 2017 di PKN STAN

    Terlahir dari Bapak, dosen peternakan dan Ibu yang menjadi dosen manajemen di Universitas Udayana, Made mewarisi kecerdasan dari sang orang tua. Yang mengagumkan orang tua tidak memaksakan anak-anaknya untuk menekuni bidang yang sama. Made tidak tertarik untuk mendalami dunia peternakan maupun manajemen yang ditekuni orang tuanya. Sejak lama Made memiliki passion di bidang ekonomi makro, […]
  • Mengenal Sistem Operasi Terbaru dari Huawei

    Mengenal Sistem Operasi Terbaru dari Huawei

    Setelah diluncurkan di ajang Huawei Developer Conference beberapa minggu lalu, Huawei memperkenalkan sistem operasi terbarunya untuk diterapkan di berbagai perangkat dan skenario ke pasar Indonesia dalam sebuah acara workshop. Dua teknologi terbaru dari Huawei antara lain HarmonyOS dan EMUI10. HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat, dan pertama-tama akan digunakan […]
  • Astra Financial Hasilkan Rp 1 Triliun Aplikasi Pembiayaan di GIIAS 2018

    Astra Financial Hasilkan Rp 1 Triliun Aplikasi Pembiayaan di GIIAS 2018

    Astra Financial menghasilkan 4.611 aplikasi pembiayaan atau setara dengan Rp 1 Triliun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pada 2 hingga 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City, Tangerang. “Kami bersyukur Astra Financial menghasilkan 4.611 aplikasi pembiayaan atau setara dengan Rp 1 Triliun di keikutsertaan kami yang pertama […]
  • AirAsia Pastikan Kembangkan Lombok sebagai ‘Hub’ Baru

    AirAsia Pastikan Kembangkan Lombok sebagai ‘Hub’ Baru

    AirAsia memastikan komitmennya untuk mengembangkan ‘hub’ baru di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jumlah kedatangan turis asing di Lombok diperkirakan akan meningkat seiring dengan realisasi komitmen tersebut. AirAsia juga mewacanakan rencana percepatan pemulihan kondisi pasca gempa yang diharapkan dapat memacu jumlah kedatangan wisatawan asing, dan semakin menggeliatkan industri pariwisata setempat dalam rangka mendukung program pengembangan 10 […]
  • Jelang Akhir Tahun 2018 Pelanggan IndiHome Tembus 5 Juta

    Jelang Akhir Tahun 2018 Pelanggan IndiHome Tembus 5 Juta

    Memasuki penghujung tahun 2018, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meraih pencapaian yang baik dengan mencatatkan 5 juta pelanggan IndiHome pada awal Desember 2018. Pencapaian ini merupakan bukti komitmen Telkom dalam menyediakan layanan berkualitas untuk mendukung digital lifestyle masyarakat Indonesia. Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana mengatakan, saat ini layanan fixed broadband berkualitas menjadi kebutuhan prioritas masyarakat Indonesia. “Saat […]
  • Melestarikan Permainan Gasing di Era Milenial, Komunitas Gasing Indonesia

    Melestarikan Permainan Gasing di Era Milenial, Komunitas Gasing Indonesia

    Masih ingat dengan permainan gasing? Permainan dengan melilitkan benang atau tali pada benda bulat bernama gasing dan melemparkan ke lantai atau landasan licin sambil menarik benang/tali sehingga gasing pun berputar. Ada keasyikan tersendiri bagi anak-anak saat menyaksikan gasing yang berputar dalam waktu yang cukup lama. Bagi Anda yang lahir pada sebelum 1990-an mungkin Anda masih […]
  • Mercedes-Benz Memperkenalkan EQ pada Ajang IIMS 2018

    Mercedes-Benz Memperkenalkan EQ pada Ajang IIMS 2018

    Mercedes-Benz akan berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang diselenggarakan mulai tanggal 19 April hingga 29 April 2018. Sebagai merek terdepan di segmen mewah di Indonesia, Mercedes-Benz melihat ajang IIMS 2018 sebagai panggung utama untuk menampilkan barisan kendaraan-kendaraan dari beragam model yang mengedepankan performa, kenyamanan dan keamanan dalam berkendara ciri khas Mercedes-Benz. […]
  • Crunchy Soes Cassava Kini Hadir di Bintaro

    Crunchy Soes Cassava Kini Hadir di Bintaro

    Ada beberapa di antara kita yang tidak dapat mengkonsumsi gluten, Arum Ayu, produsen makanan sehat menciptakan makanan tanpa menggunakan gluten. Terbuat dari singkong yang sehat, berserat, ramah terhadap tubuh dan lingkungan. Serta menggunakan pewarna alami tanpa pengawet dan bahan kimia. Usaha Healthy Cake & Cookies Arum-Ayu merupakan nama kakak beradik Arum dan Ayu. Herdinda Arum […]
  • Telah Hadir di Bintaro Bagi Para Penggemar Olah Raga Bela Diri Tarung Bebas : Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym

    Telah Hadir di Bintaro Bagi Para Penggemar Olah Raga Bela Diri Tarung Bebas : Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym

    Bagi warga Bintaro dan sekitarnya yang ingin belajar bela diri yang cukup ‘keras’, kini telah hadir di Bintaro sebuah sasana latihan bela diri, Black Ant – Muay Thai & Boxing Gym yang berlokasi di Ruko Emerald Avenue 1 EA/A 20, Bintaro Sektor 9. Sasana latihannya sendiri menempati lantai 3 dari bangunan ruko 3 lantai. Dari area parkiran akan […]
  • Jaringan Biznet Kini Hadir di Kota Bandar Lampung

    Jaringan Biznet Kini Hadir di Kota Bandar Lampung

    Pada Selasa, 7 Januari 2020, Biznet mengadakan kegiatan Media Gathering untuk mengumumkan perluasan jaringan Biznet ke Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Dengan telah hadir di Kota Bandar Lampung, layanan Biznet kini telah dapat dinikmati oleh masyarakat yang ada di empat kota di Pulau Sumatra yang mencakup Jambi, Padang, Palembang, dan Bandar Lampung. Acara Media Gathering […]
  • Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Memperkuat posisi ke-2 brand smartphone di Indonesia[2], vivo menghadirkan vivo V19  dengan tagline “Perfect Night, Perfect You,” sebagai awal langkah vivo di tahun 2020. Mengusung desain Ultra O Screen dengan ukuran lubang kamera depan terkecil di kelasnya, vivo V19 memberikan pengalaman visual lebih maksimal bagi konsumen. Selain desain layar trendi, vivo V19 juga dilengkapi dengan […]
  • Yuk Sarapan dan Makan Siang di Soto Bogor Pak Yana

    Yuk Sarapan dan Makan Siang di Soto Bogor Pak Yana

    Soto adalah salah satu kuliner yang cukup populer. Kuliner ini bisa kita temukan pada hampir semua daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Masakan berkuah ini memang cukup digemari karena sangat cocok menjadi teman makan nasi. Menyantap soto yang masih panas mengepul dengan ditemani nasi panas memang pas untuk mengisi perut yang sedang lapar. Tidak […]
  • Lomba Merangkak Bayi – Kalcare

    Lomba Merangkak Bayi – Kalcare

    Kesehatan bayi dapat terindikasi dari kelincahannya beraktivitas. Walaupun bayi belum banyak mampu melakukan aktivitas, namun pada umumnya bayi selalu ingin bergerak, termasuk merangkak. Merangkak adalah salah satu proses pembelajaran bagi bayi untuk berjalan. Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesehatan bayi, Kalcare, sebuah portal klinik di bawah naungan Kalbe Farma kembali mengadakan Lomba Merangkak Bayi. Lomba […]
Ega

Tinggalkan Balasan