Rab. Okt 16th, 2019

Kurang Gizi Karena Diet Mayo?

Pesta tahun baru biasanya penuh dengan acara makan-makan. Demikian juga bulan Februari, biasanya digunakan untuk merayakan momen kebersamaan di bulan penuh cinta. Apalagi kalo bukan Valentine’s Day. Makan-makan bersama kekasih, sahabat, pasangan dan keluarga menambah kemungkinan Anda gemuk. Baju-baju pun mulai terasa sesak.

Kalau sudah begini, maka cara instan langsing pun ditempuh, yakni dengan diet. Bermacam diet bisa menjadi pilihan. Nah, diet yang sedang tren di antaranya adalah diet mayo. Mengapa diet ini menjadi sangat populer? Karena memang dapat memangkas berat badan sampai sepuluh kilogram (kg). Bisa kurus dalam dua minggu adalah alasan orang-orang mencoba diet mayo.

Apa itu diet mayo?

Diet mayo yang sudah lama beredar adalah suatu jenis diet yang terutama membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Mereka yang mengikuti diet mayo akan diminta untuk mematuhi aturan dan larangan yang ada selama 13 hari. Diet ini menjanjikan penurunan berat badan hingga 7 kg selama siklus 13 hari tersebut.

Saat ini sudah banyak katering makanan yang menyediakan menu 13 hari diet mayo, jika Anda perhatikan biasanya jenis menu yang disajikan diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Tidak ada nasi, menu didominasi oleh sayur dan sumber protein. Tidak lupa makanan tersebut diolah tanpa garam.

Oleh para peneliti, diet ini disebut juga fad diet, yang berarti belum dapat dibuktikan manfaatnya bagi kesehatan dan belum diketahui efeknya untuk jangka panjang. Diet mayo ini tidak ada kaitannya dengan Mayo Clinic. Klaim penurunan berat badan yang cepat dalam diet mayo bisa jadi dikarenakan berkurangnya secara drastis asupan karbohidrat Anda.

Berat badan bisa turun drastis

Diet Mayo memang membuat kalori yang masuk dalam sehari hanya setengah dari kebutuhan manusia. Wajar berat badan orang yang diet mayo cepat turun. Bila dianalisa daftar menu diet mayo, kalori yang masuk hanya sebesar 600 kilokalori. Sudah mencakup sarapan, makan siang, dan makan malam.  Sedangkan kebutuhan kalori orang Asia adalah 1.500 kilokalori (perempuan) dan 1.700 sampai 1.900 kilokalori (laki-laki).

Tanpa garam

Terbayang bahwa Anda akan makan tanpa garam bila menjalani diet mayo selama dua minggu. Garam bersifat mengikat air dalam tubuh. Jika Anda mengenal istilah bloating alias tubuh “membengkak”, maka garam merupakan salah satu penyebab bloating. Atau jika Anda merasa selalu haus setelah mengonsumsi makanan yang asin, sifat mengikat air pada garam itulah yang sedang terjadi pada tubuh Anda.

BACA JUGA  Pentingnya Check-up Kesehatan Sebelum Liburan Akhir Tahun

Diet mayo sangat membatasi konsumsi garam, sehingga bukan tidak mungkin Anda menjadi sering buang air kecil. Ini karena tidak ada garam yang dapat mengikat air di tubuh Anda. Garam juga mengandung sodium, suatu senyawa elektrolit yang bekerja untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Karena tidak ada air yang terikat dan frekuensi buang air kecil yang bertambah, Anda mengalami penurunan berat badan secara drastis yang diakibatkan oleh hilangnya cairan tubuh. Jadi bila berat badan Anda turun, ini dikarenakan air yang berkurang. Bukan lemak tubuh yang berkurang.

Efek samping diet tanpa garam

Salah satu efek yang ditimbulkan dari diet mayo adalah efek yoyo. Saat siklus 13 hari diet mayo Anda selesai, Anda kembali pada pola makan Anda yang lama, dan terjadilah kenaikan berat badan. Karena diet mayo hanya membatasi kalori Anda tanpa perubahan gaya hidup secara keseluruhan, maka ketika Anda kembali makan seperti sebelum berdiet, berat badan Anda juga perlahan-lahan kembali seperti semula.

Menjalani diet mayo untuk jangka waktu yang lama tidak terlalu disarankan, karena sifatnya yang membatasi jenis zat gizi tertentu dan kalorinya yang sedikit menyebabkan Anda rentan mengalami kekurangan zat gizi. Apakah Anda mau mengalami kurang gizi?

Catering Diet Mayo

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan diet mayo, berikut adalah daftar catering yang menyediakan menu diet mayo untuk daerah Bintaro:

Kenko Catering  
Jl. Alam Permai X No.54, RT.8/RW.16, Pondok Pinang, Jakarta Selatan.
Telp. : 0856-9771-7859
Website : https://kenkocatering.com

Noii’s Diet Catering
WA / SMS : 0812 1815 805 / 0819 327 35 005
Line : noiisdietjkt
BBM : D4DD82C5
IG : @noiisdietjkt
Website : http://www.kateringdietmayo.com/paket-katering-diet-mayo-di-bintaro-jakarta-selatan

MyMeal Catering
Telp. : 0811-9055-900
Website : www.mymealcatering.com
IG : @mymealcatering

Dulce Kitchen
Email : dulcekitchen.id@gmail.com
WA : 081703087575
Line 1 : @wwb2136x
​Line 2 : dulce.kitchen
Website : https://dulce-kitchen.weebly.com/diet-mayo.html
IG : @dulce.kitchen

BACA JUGA  Eating Disorder: Anorexia Nervosa

(EGS)

 

Baca Juga