Berita Utama

Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan. Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyatakan, “Belanja online memang dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal, contohnya dr soap dan Herborist di Tokopedia, terus beroperasi secara online.”

Para kreator lokal produk kesehatan di Tokopedia, seperti dr soap dan Herborist, ternyata berperan aktif melawan COVID-19. Tidak hanya berjuang memutar roda perekonomian digital, mereka juga merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk terus meningkatkan produksi demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kesehatan, terutama di tengah pandemi ini.

dr soap, Surabaya

Sejak tahun 2015, Eunike Selomith dan Joycellynne Stefanie — dua perempuan bersaudara sekaligus Founder dr soap asal Surabaya — selalu berupaya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri.

Melalui dr soap, Eunike dan Stefanie memperkenalkan rangkaian produk antiseptik untuk perawatan harian dan kebutuhan rumah tangga yang mampu membantu mengeliminasi bakteri. Varian produk dr soap meliputi cairan pembersih gadget, sanitizer pembersih dudukan toilet, cairan antibakteri penyegar kain, cairan antiseptik, disinfektan multifungsi, deterjen cair premium dan sabun cuci tangan.

Produk dr soap terbuat dari bahan nabati yang diracik dengan bahan premium pilihan di laboratorium, ramah lingkungan dan dikemas secara menarik. Eunike mengungkapkan, “Setiap produk dr soap aman untuk digunakan oleh siapapun, termasuk ibu hamil atau orang dengan kulit sensitif. Produk kami juga sudah bersertifikasi halal, tidak mengandung SLS, NLS, EDTA dan paraben serta memiliki nomor Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) di Kementerian Kesehatan RI.”

Awal perjalanan dr soap dihadapkan dengan sederet tantangan. Salah satunya ditolak berbagai ritel offline dan pameran karena produk pembersih premium termasuk dalam kategori bisnis yang tidak umum. Hal ini tidak menyurutkan integritas dan tekad dua pemiliknya.

Eunike dan Stefanie akhirnya menemukan berbagai peluang kolaborasi, termasuk bergabungnya dr soap sebagai Official Store di Tokopedia untuk mendapatkan panggung lebih luas. Platform online, menurut Eunike, bisa menjadi rumah bagi siapa saja yang ingin menciptakan peluang. Nama dr soap kini sudah menjangkau Papua dan bahkan mancanegara.

Seiring dengan perkembangan bisnis Eunike dan Stefanie, pada tahun 2019, Engelin Rosafina dan Lani Natalia bergabung sebagai Partner dr soap untuk mendirikan perusahaan distribusi. Dengan menggandeng puluhan mitra distributor dan pengecer, dr soap kini tersebar lebih dari 500 ritel offline dan online di seluruh Indonesia.

Menanggapi isu kesehatan COVID-19 yang saat ini terjadi, Eunike melihat penjualan produk dr soap melonjak. “Cairan pembersih gadget, hand sanitizer atau cairan antiseptik dan pembersih multifungsi termasuk beberapa produk dr soap yang paling banyak dicari masyarakat belakangan ini,” ujar Eunike.

Di sisi lain, dr soap juga berkolaborasi dengan lembaga kemanusiaan dan organisasi perkumpulan dokter, untuk menyalurkan bantuan berupa produk hand sanitizer kepada sejumlah instansi kesehatan dan masyarakat luas yang membutuhkan. “Kami terus mengeksplorasi peluang kerja sama dengan berbagai instansi, besar maupun pemula, untuk memudahkan pengadaan produk sanitasi. Harapannya, kami dapat menggencarkan produksi sesuai kebutuhan sehingga dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan di tengah pandemi COVID-19,” tambah Eunike.

Herborist, Semarang

Bermula dari usaha distribusi kosmetik, toiletries dan parfum yang dirintis sejak 1998, CEO PT Victoria Care Indonesia, Billy Hartono Salim melihat kebutuhan masyarakat yang tinggi akan produk kosmetik, toiletries dan parfum. Pada tahun 2001, Billy memutuskan untuk memproduksinya sendiri melalui sejumlah merek, kemudian lewat Herborist pada tahun 2007.
Herborist menghadirkan beberapa rangkaian produk kosmetik dan wewangian dimulai dari perawatan tubuh, seperti lulur, sabun mandi, lotion tubuh, perawatan kulit, produk perlengkapan mandi dan produk terbaru hand sanitizer.

Billy terus mengeksplorasi beragam inovasi dan strategi pemasaran untuk menjangkau masyarakat luas, salah satunya lewat berjualan online di Tokopedia. Sejak bergabung sebagai Official Store, Herborist telah menjual lebih dari 47.000 produk kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Bahkan sudah memiliki tim khusus untuk menangani penjualan online, yang tadinya hanya berjumlah 3 orang kini hampir 40 orang.

COO PT Victoria Care Indonesia, Sumardi Widjaja, mengungkapkan “Kami melihat adanya potensi besar dalam memanfaatkan baik platform offline maupun online untuk memasarkan produk Herborist, sehingga bisa berjalan beriringan dan saling melengkapi satu sama lain.”

Di tengah pandemi COVID-19, Herborist berinisiatif memulai produksi hand sanitizer dengan harga terjangkau. Sumardi menjelaskan, “Awalnya, kami membuat cairan antiseptik khusus untuk kebutuhan sanitasi pabrik kami. Melihat perkembangan COVID-19 di Indonesia, kami menggerakkan 2/3 tim produksi untuk fokus membuatnya secara massal demi membantu masyarakat mendapatkan produk kesehatan dengan mudah.”

Herborist juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, salah satunya Pemprov Jateng, untuk menyalurkan bantuan berupa 5.000 liter hand sanitizer kepada instansi kesehatan, seperti puskesmas. “Harapannya, upaya kami bersama seluruh pihak dapat membantu memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia,” tutup Sumardi.

Saat ini, masyarakat bisa mendapatkan produk kesehatan dr soap dan Herborist melalui Official Store di Tokopedia. Demi mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain sesuai kebutuhan dan lebih efisien, Tokopedia mengadakan kampanye Peduli Sehat dan Lengkapi Persediaan Rumah. Masyarakat juga bisa memanfaatkan Bebas Ongkir agar lebih efisien.

(BON)

Tags

 

Baca Juga

  • Mercedes-Benz di IAA Frankfurt International Motor Show 2019: “Diidamkan, Sebuah Kemewahan Kontemporer Harus Berkelanjutan

    Mercedes-Benz di IAA Frankfurt International Motor Show 2019: “Diidamkan, Sebuah Kemewahan Kontemporer Harus Berkelanjutan

    Konferensi pers Mercedes-Benz di IAA 2019 di Frankfurt, Jerman, berfokus pada solusi berkelanjutan untuk masa depan mobilitas, yang tercermin dalam produk dan strategi bisnis, di mana Mercedes-Benz mempertahankan posisi sebagai produsen mobil mewah terkemuka. Inisiatif kemewahan berkelanjutan ini diwujudkan pada premier global show car Mercedes-Benz VISION EQS, di mana Mercedes-Benz juga menghadirkan 19 kendaraan lain […]
  • Unscrambl Terintegrasi Dengan Microsoft Teams Agar Pengguna Bisa Berbincang Dengan Data Perusahaan

    Unscrambl Terintegrasi Dengan Microsoft Teams Agar Pengguna Bisa Berbincang Dengan Data Perusahaan

    Perangkat lunak berbasis analisis percakapan (conversational analytics) yang dikembangkan oleh Unscrambl ‘qbo insights’ saat ini telah hadir sebagai qbo app pada Microsoft Teams. qbo memanfaatkan kemampuan pengenalan bahasa alami manusia dalam mengakses data sehingga memungkinkan berbagai fakta dan informasi yang diperoleh dari data tersebut menjadi perhatian utama dalam proses kolaborasi kerja. Dengan adanya penambahan fitur canggih […]
  • Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

    Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

    Ajang promosi tahunan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari ini, Rabu (16/10), di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Pada penyelenggaraannya yang ke-34 tahun ini, TEI 2019 mengusung tema “Moving Forward to Serve the World” dan digelar pada 16–20 Oktober 2019. Menteri […]
  • Gramedia Berikan Paket Murah Rp. 15.000 Baca Sepuasnya Buku Fiksi dan Anak di Aplikasi Gramedia Digital

    Gramedia Berikan Paket Murah Rp. 15.000 Baca Sepuasnya Buku Fiksi dan Anak di Aplikasi Gramedia Digital

    Mendukung himbauan dan aturan pemerintah agar setiap orang tetap di rumah dan tidak beraktivitas di luar rumah. Gramedia menghadirkan paket murah membaca buku fiksi dan buku anak sepuasnya melalui aplikasi Gramedia Digital. Hanya dengan Rp 15.000 pengguna yang berlangganan paket Fiction Premium atau Kids Premium dapat membaca sepuasnya ribuan judul buku yang ada di katalog […]
  • Pernah Coba Saus Telor Asin? Bila Belum, Silahkan Mampir ke Nuyolk di PHX Bintaro

    Pernah Coba Saus Telor Asin? Bila Belum, Silahkan Mampir ke Nuyolk di PHX Bintaro

    Apakah Anda penggemar telor asin,  kuliner Sunny Side Up atau ayam geprek? Silahkan mampir ke PHX Bintaro. Salah satu gerai di sana menyediakan menu kekinian tersebut. Usaha kuliner yang dimulai bulan September 2016 dijalankan oleh dua kakak beradik warga Bintaro Afina Adelia dan Muhammad Dhafin. Afina lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran dan sedang menempuh kuliah S2 […]
  • Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Asuransi Astra Siapkan 1 Triliun untuk Perlindungan Diri Pemudik

    Dalam rangka memberikan ketenangan kepada masyarakat selama perjalanan mudik Lebaran 1439 H, Asuransi Astra telah menyiapkan sedikitnya 1 triliun rupiah untuk memberikan jaminan perlindungan kepada para pemudik di seluruh Indonesia. Program ini adalah wujud komitmen Perusahaan dalam memberikan peace of mind serta upaya membantu pemerintah meningkatkan angka literasi asuransi. Jaminan perlindungan diri atau personal protection […]
  • Siap Adopsi Gaya StartUp, Bank Muamalat Gelar I’m Possible

    Siap Adopsi Gaya StartUp, Bank Muamalat Gelar I’m Possible

    PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (“Bank Muamalat”) mengunjungi kantor Bukalapak dan Tiket.com untuk mengamati secara langsung operasional bisnis perusahaan rintisan (startup) berbasis digital. Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, perkembangan perusahaan startup di Indonesia sangat menarik untuk dipelajari. Pasalnya mereka punya cara kerja yang inovatif, agile dan customer centric. Perhatian Bank […]
  • Prudential Indonesia Berikan Perlindungan Jiwa Pada Relawan dan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    Prudential Indonesia Berikan Perlindungan Jiwa Pada Relawan dan Tenaga Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memberikan apresiasi atas kontribusi para relawan dan tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat menangani pandemi COVID-19. Melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak lebih dari 500 relawan dan tenaga kesehatan yang tengah berjuang di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran akan mendapatkan perlindungan […]
  • Sambut Ramadan 2020, Blibli Berkomitmen Menopang Ritel untuk Mempertahankan Ekonomi Indonesia

    Sambut Ramadan 2020, Blibli Berkomitmen Menopang Ritel untuk Mempertahankan Ekonomi Indonesia

    Ramadan, bulan yang identik dengan perayaan, akan berlangsung dalam kondisi berbeda tahun ini akibat pandemi COVID-19 yang mengharuskan masyarakat untuk melanjutkan physical distancing. Hal ini berdampak pada berbagai sektor ekonomi dan industri tanah air, termasuk ritel di bulan Ramadan yang umumnya berkontribusi besar pada ekonomi karena mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga. Melihat situasi ini, Blibli […]
  • Tanggap Covid-19, PT Bintaro Serpong Damai (Tol BSD) dan Sari Roti Bagikan Sembako dan Ribuan Roti kepada Masyarakat

    Tanggap Covid-19, PT Bintaro Serpong Damai (Tol BSD) dan Sari Roti Bagikan Sembako dan Ribuan Roti kepada Masyarakat

    PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI) melalui Program Nusantara Care terus melakukan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di tengah merebaknya Pandemi Virus Corona (Covid-19) sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi Perusahaan. Kali ini, PT Bintaro Serpong Damai (BSD) Operator Tol BSD sekaligus unit bisnis NI, bersama dengan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk melalui program Sari Roti […]
  • Tahukan Anda bahwa Gus Mus, Kiai Pertama Penerima Yap Thiam Hien Award?

    Tahukan Anda bahwa Gus Mus, Kiai Pertama Penerima Yap Thiam Hien Award?

    Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 diselenggarakan penyerahan Yap Thiam Hien Award 2017 kepada Gus Mus, antara lain, dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif, serta perwakilan keluarga Yap Thiam Hien. Simak video penyerahan award tersebut di […]
  • Jaringan Broadband Telkomsel Siap Dukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh

    Jaringan Broadband Telkomsel Siap Dukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh

    Telkomsel secara konsisten berkomitmen terus bergerak maju memastikan terpenuhinya kualitas akses jaringan broadband guna menjamin kenyamanan pengalaman pelanggan dalam menunjang aktivitas digital di masa pendemi ini. Salah satu yang menjadi prioritas adalah memastikan pengalaman para pelajar dan pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran jarak jauh secara daring dan virtual. Komitmen tersebut terus diupayakan dengan secara berkelanjutan […]
  • Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

    Berbagai Pilihan Menu Nasi Bali di Ayam Sere Pasar Modern Bintaro

    Anda pasti sudah sering mendengar nama kuliner Nasi Kucing. Ya, Nasi Kucing merupakan kuliner asal Jogja yang identik dengan porsinya yang sedikit. Karena porsinya yang sedikit, terkadang orang mengatakan sebagai nasi dengan porsi kucing. Kalau di Jogja ada Nasi Kucing, lain lagi dengan di Solo, ada juga kuliner khas Solo yang porsinya juga sedikit yaitu Nasi […]
  • Biografi Singkat Yap Thiam Hien

    Biografi Singkat Yap Thiam Hien

    Pada hari Rabu, 24 Januari 2018 diselenggarakan penyerahan Yap Thiam Hien Award 2017 kepada Gus Mus, antara lain, dihadiri oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode M Syarif, serta perwakilan keluarga Yap Thiam Hien. Simak video penyerahan award tersebut di […]
  • Ajak Konsumen Peduli Kualitas Udara, Pertamina Uji Emisi Gratis

    Ajak Konsumen Peduli Kualitas Udara, Pertamina Uji Emisi Gratis

    Udara  bersih menjadi cerminan lingkungan yang sehat. Untuk mendukung kualitas udara bersih, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III, mengajak konsumen  berkontribusi menciptakan udara bersih dengan memberikan uji emisi gratis bagi pelanggan SPBU. Uji emisi gratis, diadakan di SPBU 3110701, di Jalan Industri Raya Kemayoran, Jakarta Pusat hari Sabtu (4/7) pada pukul 09.00 – 13.00 […]
  • “IndoBuildTech Digital Fair 2020” Siap Digelar, Terobosan Inovatif Pameran Online Building Material dan Interior

    “IndoBuildTech Digital Fair 2020” Siap Digelar, Terobosan Inovatif Pameran Online Building Material dan Interior

    Kreatif dan inovatif menyiasati kendala social distancing di masa adaptasi kebiasaan baru, tahun ini IndoBuildTech Expo – pameran tahunan teknologi building material dan interior terbesar di Indonesia – telah mengembangkan sebuah platform interaktif online guna mempertemukan para Exhibitor dan Visitor secara virtual melalui “IndoBuildTech Digital Fair” sebagai pameran online pertama di Indonesia untuk sektor industri […]
  • Menatap Wajah Baru Model Bisnis Logistik Berbasis e-Commerce

    Menatap Wajah Baru Model Bisnis Logistik Berbasis e-Commerce

    Perkembangan teknologi informasi telah mengubah perilaku bisnis. Model penjualan barang yang sebelumnya didominasi oleh traditional selling atau direct selling yakni proses transaksi dilakukan secara langsung oleh penjual dan pembeli,kini sudah mulai bergeser ke model e-commerce dengan memanfaatkan berbagai layanan digital seperti online shop, social media, marketplace, dan lainnya. Selain berdampak kepada penggunaan digital money dan […]
  • Nokia 5.3 Memungkinkan Para Penggemarnya Menciptakan dan Menikmati Konten dengan Cara Berbeda

    Nokia 5.3 Memungkinkan Para Penggemarnya Menciptakan dan Menikmati Konten dengan Cara Berbeda

    HMD Global, the home of Nokia phones, mengumumkan kehadiran Nokia 5.3 di pasar Indonesia. Nokia 5.3 hadir dengan quad camera, Qualcomm® Snapdragon™ 665 Mobile Platform dan umur baterai andalan 2 hari. Quad camera dengan dukungan AI menjadikan pengambilan gambar sempurna dimanapun Anda berada, bahkan dalam kondisi redup, berkat Night mode. Lensa wide-angle dan macro membantu […]
  • Mengenal Program Studi Hospitality and Tourism Management (HTM), Unika Atma Jaya

    Mengenal Program Studi Hospitality and Tourism Management (HTM), Unika Atma Jaya

    Saat ini kampus Atma Jaya juga membuka lokasi perkuliahan di daerah BSD City, tepatnya di Jalan Raya Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten 15345. Di kampus baru tersebut ada beberapa jurusan di antaranya Program Studi Manajemen Hospitality dan Pariwisata (Hospitality and Tourism Management, selanjutnya disebut HTM).  Progam ini telah berdiri sejak tahun 2010. Sebelumnya program ini […]
  • Foto : Keseruan Universonic 2017 – PKN STAN

    Foto : Keseruan Universonic 2017 – PKN STAN

    Untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa di tingkat nasional, sekaligus menjadi pintu gerbang untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan mahasiswa dalam bidang olahraga pada tingkat nasional lainnya, Keluarga Mahasiswa Pajak PKN STAN berkolaborasi dengan UKM Bulutangkis (Canon) menggelar ajang Universonic 2017 yang berlangsung di Kampus Politeknik Keuangan Negeri (PKN) STAN, Jurangmangu, Bintaro. Universonic 2017 merupakan kompetisi bulutangkis beregu […]

Tinggalkan Balasan