Koperasi Keluarga Mitra Manunggal, Mengembangkan Usaha Tanaman Dengan Semangat Kebersamaan

Semangat gotong royong ternyata masih ada tersisa di sebagian masyarakat Indonesia, sekali pun banyak pihak yang menyoroti semakin tingginya sikap individualisme karena pengaruh kehidupan modern. Hal ini terlihat saat R. Winardi bersama warga yang tinggal di sekitar Lapangan Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan mengadakan arisan warga. Dari situ timbul ide untuk mendirikan koperasi untuk memayungi berbagai warga yang kebanyakan menjalankan usaha kecil.

kemima_info_bintaro

Akhirnya pada tahun 2012, berdirilah Koperasi Keluarga Mitra Manunggal (Kemima). Winardi, yang memiliki usaha pembiakan dan pembesaran tanaman, Wins Cultura, pun ditunjuk menjadi ketua koperasi ini. Koperasi yang baru berdiri itu memiliki 30 anggota yang memiliki berbagai jenis usaha. Namun diakui oleh Winardi, tidak semua anggotanya aktif. Bisa dikatakan, Winardi dengan Wins Cultura-nya yang cukup mewarnai berbagai kegiatan koperasi. Karena keaktifannya, Koperasi Kemima menjadi identik dengan kegiatan usaha budidaya tanaman hias yang juga menjadi usaha dari Wins Cultura. Bidang usaha dari Koperasi Kemima pun bergeser yang di awal merupakan koperasi simpan pinjam menjadi budi daya tanaman hias dan buah-buahan.

Koperasi Kemima memiliki bidang usaha utama pembiakan dan pembesaran tanaman hias dan tanaman buah serta pelatihan. Winardi bersama anggota-anggota Koperasi Kemima pun kerap mengadakan penyuluhan kepada ibu-ibu PKK yang berada di sekitar Pondok Cabe secara gratis mengenai pengembangan tanaman hias dan buah-buahan menjadi satu alternatif usaha yang menjanjikan.

Winardi bersama anggota-anggotanya pun sering mengadakan pelatihan di sekolah-sekolah di sekitar Pondok Cabe. Siswa bisa belajar tentang cara menanam berbagai jenis tanaman di kelas maupun datang ke kebun pembibitan Koperasi Kemima. Namun Win mengakui, dukungan dari pihak sekolah untuk kegiatan pelatihan yang dilakukannya bersama anggota-anggotanya masih kurang. Padahal ia meyakini kegiatan seperti ini dapat membawa dampak positif kepada siswa-siswa.

kemima_info_bintaro_1

Winardi bersama Koperasi Kemima-nya pun membuka kesempatan kepada masyarakat di wilayah Tangerang Selatan yang membutuhkan pelatihan budi daya tanaman hias dan pembesarannya dapat menghubungi Koperasi Kemima. Di samping itu, Koperasi Kemima pun dapat menyediakan berbagai tanaman hias dan tanaman buah-buahan baik untuk dipelihara di halaman rumah maupun untuk keperluan lainnya.

Bagi Anda yang membutuhkan tanaman hias atau tanaman buah-buahan atau pelatihan budi daya tanaman, dapat menghubungi:

Win’s Cultura
Jl. Trubus I No. 31 / Jl. Talas No. 7
Penerbat, Pondok Cabe Ilir – Pamulang
Tangerang Selatan
Telp. : 0878 8568 8288 / 0812 8448 483
Fax : 021 – 742 1863
Email : wins.cultura@yahoo.com

 

(ES)

Leave a Reply