Komunitas Stand Up Indonesia, Menghadirkan Sains Dalam Komedi Segar

Stand Up Indonesia atau yang disingkat Stand Up Indo adalah sebuah komunitas yang dibentuk pada tahun 2011 untuk mengumpulkan bakat-bakat para pelawak tunggal atau komika di seluruh Indonesia. Komunitas ini didirikan mengingat sedang berkembangnya komedi tunggal atau Stand Up Comedy di Indonesia.

Dalam komunitas ini, anggota yang merupakan komika nantinya akan dilatih, serta dipersiapkan untuk dapat mengikuti acara open mic hingga stand up comedy show yang diadakan di seluruh Indonesia. Pendiri dari komunitas ini adalah lima orang yang terdiri dari Ernest Prakasa, Ryan Adriandhy, Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, dan Isman H. Suryaman

Hingga saat ini sudah banyak komunitas Stand Up Indo yang berdiri di beberapa kota besar di Indonesia termasuk stand up comedy di Bintaro, Tangerang dan Serpong. Percaya atau tidak, follower di akun twitter Stand Up Comedy di Bintaro, Tangerang dan Serpong (StandUp BTS) sudah mencapai 11 ribu followers!

Pada tanggal 18 Maret lalu komunitas StandUpBTS ini mengadakan pertemuan tahunan mereka di Cafe Ind.Ustrie yang terletak di kawasan Bintaro Sektor 7. tempat ini sangat cocok untuk tempat nongkrong anak muda. Cafe Ind.Ustrie ini menyajikan aneka menu asian fusion seperti ramen burger dan juga cakes dan kopi. Acara malam itu terasa meriah dihadiri sekitar 100 anak muda. Hujan gerimis tidak menghalangi para anggota StandUpBTS untuk datang. Ada 2 guest speaker yang tampil yakni Irvan Karta, dosen S3 dan Sylvester Aldes (Aldo), enterpreneur muda pemilik Sambel Nusantara sekaligus pemimpin komunitas Stand Up Comedy di Bekasi.

Tema Stand Up Comedy kali ini adalah “Apakah sudah waktunya manusia meningalkan bumi?” Bila Anda berpikir bahwa stand up comedy adalah acara yang konyol dan murahan, Anda salah besar. Untuk dapat mengerti isi dari guyonan acara ini, Anda wajib punya kecerdasan yang tinggi. Bila tidak, Anda tidak akan mengerti mengapa orang-orang tertawa mendengar guyonan Irvan dan Aldo. So pasti Anda akan telat tertawa. Miris bukan?

Dr. Irvan Setiadi Kartawiria ST., M.Sc. (lahir di Sukabumi, Indonesia, 12 Mei 1976; umur 40 tahun) adalah seorang dosen, scientist dan pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia.  Pria yang cukup dikenal dengan nama Irvan Karta yang merupakan lulusan sarjana teknik dari Institut Teknologi Bandung tahun 1999 ini[1] membawa wajah baru bagi dunia stand up comedy di Indonesia. Baginya menjadi seorang comedian, harus cerdas mempunyai data-data ilmiah. Misalnya di malam itu Irvan membeberkan data jarak planet bumi dan planet Mars serta, berapa waktu tempuh dari Bumi ke Mars. Irvan merupakan seorang comic yang membawa wajah baru di dunia stand up comedy, di mana seseorang dengan intelektualitas tinggi mampu menghibur banyak orang lewat pertunjukan stand up comedy.

Materi yang dibawakan memang selalu dikaitkan dengan logika ilmiah sains. Dosen yang merupakan ahli bioproses ini dulunya adalah seorang karyawan yang sangat sukses. Namun, dia meninggalkannya demi menggapai hasrat dan cita-citanya untuk menjadi seorang pendidik. Setelah penampilan Irvan Karta, tibalah giliran Sylvester Aldes (Aldo). Sosok ini mulai terkenal sejak menjadi salah satu pengisi acara Stand Up Comedy Show Metro TV dan membintangi film “Cek Toko Sebelah”

Leave a Comment