Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan

Kita sering mendengar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Namun sayangnya peran serta pemerintah belum banyak dirasakan oleh pelaku-pelaku ekonomi yang menempati porsi terbesar dalam menggerakan perekonomian, bahkan di saat kondisi ekonomi global mengalami penurunan seperti saat ini, usaha-usaha kerakyatan tetap bergerak dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak kecil.

Dalam beberapa waktu belakangan ini wilayah Tangerang Selatan mulai menjadi salah satu sentra kuliner dengan munculnya berbagai usaha kuliner skala kecil yang cukup punya nama bahkan sering menjadi rujukan pada berbagai review kuliner. Namun dikarenakan kurangnya pendampingan menyebabkan usaha-usaha kuliner ini berjalan masing-masing. Melihat kenyataan itu, beberapa pemilik usaha kuliner di wilayah Tangerang Selatan tergerak untuk membentuk suatu wadah bagi usaha-usaha kuliner di wilayah Tangerang Selatan.

Berawal dari pertemuan antara sesama pengusaha kuliner Tangerang Selatan pada bulan Januari 2016, disepakatilah berdirinya Komunitas Juragan Kuliner. Walaupun diinisiasi oleh pelaku usaha kuliner di wilayah Tangerang Selatan, namun komunitas ini sepakat untuk tidak membatasi diri hanya sebatas wilayah Tangerang Selatan, namun juga meliputi wilayah Kotamadya Tangerang dan Kabupaten Tangerang. Dalam perkembangan selanjutnya kelak, komunitas ini pun ingin menjangkau pemilik usaha kuliner di berbagai wilayah di Indonesia.

komunitas_juragan_kuliner_info_bintaro
Beberapa Pengurus Komunitas Juragan Kuliner, dari kiri-kanan : Cut Debi (Training Penjualan Offline), Muhamad Syafrudin (Ketua), Tasrudin Muzakir, (Wakil Ketua), dan Feby Fahriza (Humas)

Walaupun usianya baru seumur jagung, Komunitas Juragan Kuliner ini sudah mengadakan berbagai hal untuk membantu anggotanya untuk mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi, seperti sharing pengalaman best practice antar anggota, memfasilitasi keikutsertaan anggota untuk mengikuti bazaar-bazaar kuliner (baca juga: Kemeriahan Perayaan 17 Agustus di Puri Bintaro), menginformasikan adanya seminar/workshop gratis/berbiaya murah bagi usaha-usaha kuliner, membantu perizinan bagi anggota, maupun upaya-upaya untuk menyebarkan pemahaman dalam menjalankan usaha kuliner secara baik dan bertanggungjawab, seperti ajakan untuk menggunakan bahan-bahan yang sehat dan tanpa pengawet.

Komunikasi yang dijalin sesama anggota dilakukan dengan berbagai hal, seperti gathering yang dilakukan setiap 3 bulan sekali, penggunaan sosmed seperti Instagram dan Facebook, maupun komunikasi di grup seperti Telegram (https://telegram.org) yang mampu menangani percakapan grup sampai dengan 5000 orang. Sampai saat ini jumlah anggota dari Komunitas Juragan Kuliner mencapai sekitar 150, dengan rencana menjangkau lebih banyak lagi usaha-usaha kuliner di berbagai wilayah, tidak hanya di wilayah Tangsel, dibutuhkan sarana komunikasi yang dapat mempermudah komunikasi antar anggota.

Dari sekitar 150 anggota yang ada, 80% merupakan usaha-usaha kuliner di wilayah Tangsel, sisanya berasal dari Kotamadya Tangerang, Kabupaten Tangerang, Jakarta Selatan, Bogor, bahkan Yogyakarta.

Untuk bergabung menjadi anggota komunitas ini syaratnya cukup mudah: memiliki usaha kuliner yang memproduksi dan memasarkan kuliner buatan sendiri (bukan reseller) dan membayar uang keanggotaan sebesar Rp. 100.000 per tahun. Sebelum diterima menjadi anggota, dilakukan verifikasi terlebih dahulu terhadap calon anggota menyangkut usaha kuliner yang dijalankannya. Keanggotaan bersifat seumur hidup dengan syarat anggota membayar biaya keanggotaan setiap tahun.

Jika Anda memiliki usaha kuliner dimana pun berada, Anda dapat mendaftar menjadi anggota dengan mendapatkan berbagai manfaat bagi usaha Anda dengan menghubungi Feby Fahriza (Humas) di 0821 1350 2805.

Komunitas Juragan Kuliner

Facebook : Juragan Kuliner
Instagram : @juragankuliner
Telegram : Juragan Kuliner (dengan diundang)

 

(ES)

 

2 Thoughts to “Komunitas Juragan Kuliner, Mewadahi Pengusaha Kuliner UMKM Dengan Semangat Kebersamaan”

  1. Selamat siang bapak/Ibu, Saya dengan Renaldi dari Beone Solution, Perihal penawaran ERP SAP System untuk perusahaan nya, Saya bermaksud ingin memberikan informasi mengenai product unggulan kami, Yaitu: ERP SAP Business One, SAP Business One merupakan suatu system accounting untuk perdagangan dan industri, Untuk dapat mengelola Penjualan, Pengadaan, Logistik dan Distribusi, Keuangan dan Akuntansi di perusahaan nya, Serta kontrol stok yang lebih baik, Dan juga dapat memantau keuntungan dari bisnis nya.

    untuk informasi lebih lanjut, Hubungi : 0878 7579 9082 (Aldi)

  2. Efi Dian

    Assalamu’alaikum rekan pebisnis kuliner semuanya…
    Kami dari CM Packindo ingin support untuk menyediakan kemasan yang terbaik dan cocok untuk produk makanan dan minuman rekan semuanya. Kami menjual kemasan dalam bentuk roll, bag, sachet, pouch dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kami juga melayani konsultasi kemasan didukung oleh sumber daya yang 15 tahun berpengalaman di bidang kemasan.
    Silakan menghubungi kami Telp/WA 085695550010 (Efi) atau 08119690018 (Anto)
    Wassalamu’alaikum warrahmatullohi wabarakatuh…

Leave a Comment