Komunitas

Komunitas Bintaro BMX, Membangun Kebersamaan Dengan Sepeda BMX

Bagi Anda yang pada era tahun 80-an masih berusia anak-anak sampai dengan remaja, tentunya Anda kenal sekali dengan sepeda BMX. BMX yang merupakan singkatan dari Bicycle Moto-Cross merupakan sepeda yang memiliki struktur kokoh, berstang tinggi dan lingkar roda yang berukuran medium. Penggunaan sepeda yang diperuntukkan untuk melakukan balap sepeda off-road dan atraksi freestyle ini begitu populer pada zaman itu. Dari mulai anak sekolah tingkat SD sampai dengan SMA begitu tergila-gila dengan sepeda BMX, dari yang sekedar untuk bermain sepeda sehari-hari maupun menggunakannya untuk atraksi freestyle. Saat itu bermunculan berbagai kelompok-kelompok remaja yang kerap berlatih freestyle di berbagai wilayah.

sepeda_bmx

Kepopuleran sepeda BMX mulai meredup pada era 90-an, seiring semakin populernya berbagai jenis sepeda yang bersifat touring. Penggemar-penggemar fanatik sepeda BMX yang sudah menginjak dewasa berangsur-angsur melupakan hobi masa kecilnya dan menggunakan sepeda-sepeda berukuran lebih besar seperti yang banyak terlihat pada saat ini. Beberapa komunitas penggemar sepeda BMX masih bertahan, namun gregetnya sudah jauh berkurang.

Namun pada beberapa waktu belakangan ini sepeda BMX kembali menjadi tren, terutama pada kategori balap moto-cross. Hal ini tidak terlepas dari diakuinya BMX sebagai salah satu jenis sepeda olah raga oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan makin banyaknya berbagai pertandingan-pertandingan moto-cross BMX di berbagai daerah dan tak kalah penting, masuknya moto-cross BMX di ajang PON bahkan Olimpiade. Hal ini turut mendorong bangkitnya kembali popularitas sepeda BMX tidak hanya untuk olah raga balap moto-cross melainkan juga kategori hobi dan ketangkasan seperti freestyle.

Pada waktu belakangan ini, di kawasan Bintaro dan sekitarnya, kegemaran bermain sepeda BMX mulai bangkit kembali yang ditandai dengan munculnya komunitas penggemar sepeda BMX : Bintaro BMX. Munculnya komunitas ini, seperti yang diceritakan Deyan Oliveira, seorang penggemar sepeda BMX yang sekaligus merupakan penggagas berdirinya Bintaro BMX baru berkisar beberapa bulan. Berawal dari kesukaannya bermain sepeda BMX secara freestyle di seputaran Bintaro sendirian. Lama kelamaan aktivitasnya ini mengundang perhatian beberapa anak muda lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama. Akhirnya timbullah ide untuk berlatih bersama.

Lokasi awalnya berada di bawah flyover Bank Permata, di traffic light tepat di putaran balik yang mengarah Giant Bintaro. Namun, karena dirasakan membahayakan, lokasi latihan kemudian berpindah ke kawasan Emerald Bintaro, dekat McDonald Emerald. Terakhir berpindah lagi ke Discovery Park, sebuah taman yang terletak di tengah cluster Discovery, Bintaro Sektor 9. Jadwal rutin latihan Bintaro BMX setiap Jumat sore sampai dengan habis maghrib. Terkadang Bintaro BMX juga berlatih pada hari Minggu.

komunitas_bintaro_bmx_deyan_oliveira_info_bintaro
Deyan Oliveira

Deyan yang juga seorang karyawan swasta di kawasan Joglo ini menjelaskan saat ini anggota komunitas Bintaro BMX yang rutin berlatih sekitar 10 orang, dengan latar belakang yang berbeda-beda, dari mulai pelajar SMA, mahasiswa sampai dengan karyawan. Total yang rutin berlatih maupun simpatisan yang datang sesekali sekitar 20 orang.

Tidak semua anggota dan simpatisan memiliki sepeda sendiri, ada beberapa orang yang tidak memiliki sepeda BMX namun berkeinginan untuk bergabung dan berlatih, Deyan dan rekan-rekannya akan dengan terbuka menyambutnya. Bagi Bintaro BMX, tidak memiliki sepeda sendiri bukanlah satu kendala, yang terpenting adanya semangat untuk berlatih. Bintaro BMX ingin memperkenalkan dulu pada masyarakat adanya komunitas ini sekaligus menimbulkan minat para anak muda di Bintaro dan sekitarnya untuk berlatih berbagai trik bermain sepeda BMX untuk freestyle.

Deyan menambahkan, para anggota komunitas Bintaro BMX sangat mengutamakan kebersamaan di antara anggota. Hal ini terlihat dari keinginan untuk saling berbagi pengetahuan dan keterampilan. Anggota yang lebih senior tidak sungkan mengajarkan kepada anggota-anggota yang yunior trik-trik dalam melakukan freestyle. Untuk meningkatkan keterampilan dalam melakukan atraksi freestyle, terkadang mereka juga belajar dari orang lain yang dianggap memiliki kemampuan lebih. Contohnya, ada seorang atlit BMX nasional yang bermukim di Australia, setiap kembali ke tempat tinggalnya di Bintaro, ia bergabung berlatih bersama anggota Komunitas Bintaro BMX, dan membagi keterampilannya kepada para anggota komunitas.

Dari sisi usia, anggota dan simpatisan anggota komunitas Bintaro BMX terdiri dari usia remaja dan dewasa, masih ada lagi sekelompok penggemar sepeda BMX yang terdiri dari anak-anak. Kelompok ini sering berlatih di jalan lingkar belakang Indy Office Park, CBD Bintaro Sektro 7.

komunitas_bintaro_bmx_info_bintaro
Satu Atraksi Freestyle Anggota Komunitas Bintao BMX

Walaupun usianya masih sangat muda, komunitas Bintaro BMX sesekali mengikuti pertandingan-pertandingan BMX di beberapa tempat, bahkan beberapa anggota Bintaro BMX berencana mengikuti satu ajang pertandingan yang diadakan oleh Pemprov Banten dalam waktu dekat ini. Tidak hanya itu, Bintaro BMX juga rutin berpartisipasi pada kegiatan Car Free Day (CFD) Bintaro dengan melakukan atraksi-atraksi freestyle di situ. Kehadiran Bintaro BMX dengan atraksi-atraksinya sangat mengundang perhatian pengunjung CFD.

Satu hal yang perlu menjadi catatan, munculnya komunitas-komunitas yang melakukan aktivitas positif seperti ini perlu menjadi perhatian semua pihak terutama pihak pengelola kawasan Bintaro Jaya. Ketiadaan tempat berlatih yang cukup baik menjadi kendala utama bagi komunitas Bintaro BMX ini. Padahal, harapan dari komunitas ini cukup sederhana yaitu adanya fasilitas berlatih yang tetap yang dilengkapi sarana pendukungnya, seperti pada fasilitas olah raga ekstrim di Bintaro Xchange, sehingga mereka dapat berlatih tanpa harus berpindah-pindah. Bagaimanapun komunitas ini membawa nama Bintaro pada setiap ajang-ajang pertandingan yang diikutinya. Semoga dengan bertumbuhnya komunitas-komunitas seperti ini akan memperkuat positioning Bintaro sebagai pemukiman berbasis komunitas.

komunitas_bintaro_bmx_info_bintaro_1

Bagi Anda yang ingin berlatih berbagai teknik-teknik freestyle yang menantang sekaligus mengasyikan, datang saja pada setiap latihan Bintaro BMX setiap Jumat sore dari pukul 16.00 di Discovery Park pada sisi yang menghadap Jl. Discovery Park, Bintaro Sektor 9. Patokannya adalah RS Pondok Indah Bintaro yang sedang dibangun. Untuk mendapat update kegiatan, follow Instagram @bintarobmx

 

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • McDonalds Indonesia Memanfaatkan 150 Party Room Menjadi Ruang Kelas Daring yang Aman dan Nyaman untuk Guru

    McDonalds Indonesia Memanfaatkan 150 Party Room Menjadi Ruang Kelas Daring yang Aman dan Nyaman untuk Guru

    Aktivitas pengajaran di sekolah adalah salah satu yang paling terdampak pandemi Covid-19. Para guru diharuskan untuk melakukan penyesuaian secara cepat dengan memberikan pelajaran secara daring. Namun,  tidak semua guru memiliki infrastruktur yang memadai untuk melakukan pembelajaran secara daring. Memahami hal ini, dalam rangka Hari Guru Nasional 25 November 2020, McDonald’s Indonesia berinisiatif menyediakan ruang mengajar […]
  • Karena Waktu Anda Sangat Berharga, Layanan Penggantian Mengantri dari Akuantri.com

    Karena Waktu Anda Sangat Berharga, Layanan Penggantian Mengantri dari Akuantri.com

    Mengantri adalah pekerjaan salah satu pekerjaan yang tidak menyenangkan. Kita semua tentunya sering merasakan betapa menjemukannya mengantri. Namun bagaimana pun kita harus mengantri jika orang yang bergiliran ingin dilayani jumlahnya banyak sementara jumlah petugas yang ada terbatas atau proses yang dialami setiap orang membutuhkan waktu yang lama. Dalam situasi tertentu terkadang ada orang yang meninggalkan […]
  • Tingkatkan Layanan, Angkasa Pura Kargo Luncurkan Baggage Solutions & Aplikasi Terka

    Tingkatkan Layanan, Angkasa Pura Kargo Luncurkan Baggage Solutions & Aplikasi Terka

    Guna memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa bandara, Angkasa Pura Kargo (APK) meluncurkan layanan bagasi bernama Baggage Solutions . Terdiri dari layanan Left Baggage dan Excess Baggage , layanan Baggage Solutions diharapkan dapat menjadi solusi atas sejumlah masalah bagasi yang kerap dialami oleh para penumpang. Layanan ini berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan bertujuan […]
  • Trailblazer Membuat Perjalanan Panjang Akhir Pekan Semakin Nyaman

    Trailblazer Membuat Perjalanan Panjang Akhir Pekan Semakin Nyaman

    Penduduk Jakarta kerap harus menghadapi perjalanan panjang dalam aktifitas sehari-harinya, dengan menghabiskan rata-rata 63 jam per tahun pada jam-jam sibuk di jalan raya. INRIX Global Traffic Scorecard mencatat Indonesia sebagai negara peringkat kedua secara global dalam waktu yang dihabiskan dalam kemacetan jam-jam sibuk. Bahkan, saat libur panjang akhir pekan, terkadang kemacetan menjadi hal yang tak […]
  • Vivo Hadirkan Vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019

    Vivo Hadirkan Vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019

    Sebagai rangkaian kampanye varian terbaru S-Series vivo S1 Pro, vivo Indonesia menghadirkan vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019 pada Minggu (8/12) di Mega Bekasi Hypermall, Bekasi, Jawa Barat. Lewat kegiatan ini, vivo mengajak masyarakat Bekasi dan sekitarnya untuk mengenal lebih dekat dengan S-Series terbaru dari vivo bersama dengan salah satu Product Ambassador vivo Indonesia, […]
  • Garuda Indonesia Hubungkan Amsterdam dengan Medan & Denpasar untuk Memperkuat Pariwisata Nasional

    Garuda Indonesia Hubungkan Amsterdam dengan Medan & Denpasar untuk Memperkuat Pariwisata Nasional

    Maskapai nasional Garuda Indonesia, pada 1 Oktober 2019 mendatang secara resmi akan melayani penerbangan Denpasar – Medan – Amsterdam sebagai bagian dari upaya Garuda Indonesia dalam memenuhi harapan para pengguna jasa terhadap ragam konektivitas jaringan penerbangan internasional serta untuk lebih menggairahkan dunia pariwisata nasional, khususnya Sumatera Utara. Penerbangan ini diharapkan juga akan memberikan pilihan jadwal […]
  • Penghentian Sementara Operasional Penerbangan Lion Air Group

    Penghentian Sementara Operasional Penerbangan Lion Air Group

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi terkait dengan layanan pengoperasian  penerbangan penumpang berjadwal yang melayani jaringan domestik, bahwa melaksanakan penghentian sementara operasional penerbangan. Lion Air Group sangat mendukung pemerintah terkait dengan usaha pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 […]
  • Sadana Nur Utama, Alumni SMAN 1 Temanggung Menjadi Lulusan Terpeduli Pada Wisuda PKN STAN 2017

    Sadana Nur Utama, Alumni SMAN 1 Temanggung Menjadi Lulusan Terpeduli Pada Wisuda PKN STAN 2017

    Siapa bilang generasi muda masa kini semuanya cuek? Sadana Nur Utama (Dana) bisa disebut sebagai pengecualian. Sebagai ketua angkatan D1 Pajak angkatan 2016 ia berinisiatif mengumpulkan soal-soal ujian dari dosen-dosen kordinator di STAN serta dari 11 Balai Diklat Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Apa tujuannya? Mulai dari angkatan 2016 diterapkan standarisasi penyetaraan soal ujian […]
  • Bertemu Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Mendag Sampaikan Lima Fase New Normal Bidang Perdagangan

    Bertemu Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Mendag Sampaikan Lima Fase New Normal Bidang Perdagangan

    Untuk secepatnya menggerakkan ekonomi rakyat di sektor perdagangan, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan lima fase pembukaan tatanan kehidupan baru (new normal) bidang perdagangan. Penerapan pembukaan aktivitas perdagangan khususnya di tempat-tempat usaha yang menggerakkan roda perekenomian bangsa ini akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 mendatang dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan pengawasan serta evaluasi secara […]
  • Kembali Centratama Ditunjuk untuk Menjadi Mitra Infrastruktur ICT di Kawasan Superblok Transpark Bintaro

    Kembali Centratama Ditunjuk untuk Menjadi Mitra Infrastruktur ICT di Kawasan Superblok Transpark Bintaro

    PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT), melalui anak perusahaanya PT MAC Sarana Djaya ditunjuk menjadi mitra untuk membangun dan mengelola infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) di Kawasan Superblok Transpark Bintaro yang berlokasi di wilayah selatan Jakarta. Saat ini grup Centratama menjalankan core business-nya sebagai penyedia menara telekomunikasi independen yang bertumbuh cepat […]
  • OPPO Wujudkan Konsep Layar Gulung Pertama di Dunia

    OPPO Wujudkan Konsep Layar Gulung Pertama di Dunia

    Pada perhelatan OPPO INNO DAY 2020 hari ini (17/11), OPPO memperkenalkan berbagai konsep teknologi masa depan, termasuk beberapa produk konsep seperti perangkat layar gulung OPPO X 2021, OPPO AR Glass 2021, dan aplikasi OPPO CybeReal AR. Yang menarik perhatian adalah kehadiran produk konsep perangkat dengan layar gulung. Melalui konsep layar gulung ini, pengguna nantinya bisa […]
  • Creative Gen, Semangat Membangun Generasi Kreatif, Informatif dan Positif

    Creative Gen, Semangat Membangun Generasi Kreatif, Informatif dan Positif

    Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) bekerjasama dengan Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informatika) mengadakan acara seminar Creative Gen pada hari Jumat, 29 September 2017, dengan tema Generasi Kreatif, Informatif dan Positif. Acara yang diadakan di Aula Universitas Pembangunan Jaya tersebut berlangsung dua setengah jam mulai pukul 09.00 – 11.30. Acara seminar ini merupakan […]
  • Komitmen Mie Sukses’s Isi 2 untuk Meningkatkan Eksistensi Pasar Terwujud melalui Inovasi dan Distribusi yang Kuat

    Komitmen Mie Sukses’s Isi 2 untuk Meningkatkan Eksistensi Pasar Terwujud melalui Inovasi dan Distribusi yang Kuat

    Mie Sukses’s isi 2 secara konsisten mencatatkan pertumbuhan positif sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Merek mi instan dari WINGS Food ini pun terus mendekati eksistensi kompetitor utamanya di pasaran. Hingga saat ini, porsi pangsa pasar mi instan yang dikantongi oleh Mie Sukses’s isi 2 adalah sebesar 2% dengan sang incumbent yang berada di angka […]
  • Kembali Tawarkan Savings Bond Ritel SBR006, Investree Hadirkan Promo Cash Back Hingga Rp 30 Juta

    Kembali Tawarkan Savings Bond Ritel SBR006, Investree Hadirkan Promo Cash Back Hingga Rp 30 Juta

    Untuk keempat kalinya, Investree (PT Investree Radhika Jaya), sebuah fintech-marketplace lending platform kembali menjadi salah satu Mitra Distribusi (Midis) Penjualan Savings Bond Ritel SBR006 untuk seri Savings Bond Ritel dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI),  sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan dengan masa penawaran 1-16 April 2019. Kolaborasi ini bertujuan untuk […]
  • Tips Sukses Jadi Penyiar Radio ala Gofar Hilman

    Tips Sukses Jadi Penyiar Radio ala Gofar Hilman

    Untuk generasi 80-an bila ditanya tentang penyiar radio favorit? Jawabannya barangkali Indy Barends, penyiar radio HardRock FM Jakarta. Namun bagi generasi now, penyiar radio favorit, salah satunya adalah Gofar Hilman. Lihat gaya doi siaran di Hard Rock FM di video berikut. [embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=yQhMI-Hu0EQ[/embedyt] Dalam seminar radio yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Komunikasi UPJ (Universitas Pembangunan Jaya) […]
  • Kalbe Donasi Hand Sanitizer ke RS Rujukan Covid-19 di Jabodetabek

    Kalbe Donasi Hand Sanitizer ke RS Rujukan Covid-19 di Jabodetabek

    PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Divisi Kalbe Consumer Health mendonasikan hand sanitizer kepada beberapa Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jabodetabek melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Serah terima bantuan hand sanitizer sebanyak 5000 botol dilakukan secara simbolis oleh Feni Herawati, Direktur Divisi Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk. kepada Kolonel Cba Agung Maryono, Dansub […]
  • Grab Hadirkan lebih dari 400 Gerai Santapan Cepat Saji Favorit di GrabFood lewat Kerja Sama Strategis

    Grab Hadirkan lebih dari 400 Gerai Santapan Cepat Saji Favorit di GrabFood lewat Kerja Sama Strategis

    Grab, everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kemitraan dengan empat restoran cepat saji favorit Indonesia, termasuk Wendy’s Indonesia, Baskin Robbins Indonesia, The Coffee Bean & Tea Leaf Indonesia dan TASTY Kitchen. Kini, pelanggan GrabFood bisa menikmati menu favorit mereka yang tersedia di lebih dari 400 outlet yang tersebar di 22 kota […]
  • J&T Express Jalin Kolaborasi dengan Aplikasi Tauberes

    J&T Express Jalin Kolaborasi dengan Aplikasi Tauberes

    J&T Express sebagai perusahaan jasa pengiriman yang fokus pada bisnis online resmi bekerjasama dengan aplikasi Tauberes yang dinaungi oleh Garuda Tauberes Indonesia (GTI), Tauberes merupakan aplikasi digitalisasi di pengiriman paket yang menghubungkan layanan kargo udara dengan pelanggan. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Garuda Indonesia Kebon Sirih ini, dihadiri oleh Bapak Robin Lo selaku CEO J&T […]
  • Aqua Ajak Masyarakat Sebarkan Konten Positif Sebagai Wujud Kebaikan dari Rumah

    Aqua Ajak Masyarakat Sebarkan Konten Positif Sebagai Wujud Kebaikan dari Rumah

    Selama masa imbauan untuk tetap di rumah, beberapa orang mulai mengalami keresahan akibat berada di rumah saja dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini menyebabkan tagar #DiRumahAja di media sosial mulai diisi dengan konten yang menyuarakan kejenuhan mereka. Menanggapi fenomena tersebut, Danone-AQUA mengajak masyarakat untuk berfokus pada aksi baik dan pesan positif yang bisa dilakukan […]
  • 3P Selama Pandemi

    3P Selama Pandemi

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi COVID-19 yang sudah dimulai sejak awal April 2020 membuat aktivitas kita menjadi terbatas, Banyak dari kita, akan berpikir dua kali untuk keluar dari rumah. Kalaupun akhirnya harus bepergian, kita akan mengenakan perlengkapan seperti masker, face-shield, cairan disinfektan, topi, bahkan jaket. Kita menjadi lebih memperhatikan sekeliling kita dan lebih […]

Tinggalkan Balasan