Komunitas Bintaro BMX, Membangun Kebersamaan Dengan Sepeda BMX

Bagi Anda yang pada era tahun 80-an masih berusia anak-anak sampai dengan remaja, tentunya Anda kenal sekali dengan sepeda BMX. BMX yang merupakan singkatan dari Bicycle Moto-Cross merupakan sepeda yang memiliki struktur kokoh, berstang tinggi dan lingkar roda yang berukuran medium. Penggunaan sepeda yang diperuntukkan untuk melakukan balap sepeda off-road dan atraksi freestyle ini begitu populer pada zaman itu. Dari mulai anak sekolah tingkat SD sampai dengan SMA begitu tergila-gila dengan sepeda BMX, dari yang sekedar untuk bermain sepeda sehari-hari maupun menggunakannya untuk atraksi freestyle. Saat itu bermunculan berbagai kelompok-kelompok remaja yang kerap berlatih freestyle di berbagai wilayah.

sepeda_bmx

Kepopuleran sepeda BMX mulai meredup pada era 90-an, seiring semakin populernya berbagai jenis sepeda yang bersifat touring. Penggemar-penggemar fanatik sepeda BMX yang sudah menginjak dewasa berangsur-angsur melupakan hobi masa kecilnya dan menggunakan sepeda-sepeda berukuran lebih besar seperti yang banyak terlihat pada saat ini. Beberapa komunitas penggemar sepeda BMX masih bertahan, namun gregetnya sudah jauh berkurang.

Namun pada beberapa waktu belakangan ini sepeda BMX kembali menjadi tren, terutama pada kategori balap moto-cross. Hal ini tidak terlepas dari diakuinya BMX sebagai salah satu jenis sepeda olah raga oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) dan makin banyaknya berbagai pertandingan-pertandingan moto-cross BMX di berbagai daerah dan tak kalah penting, masuknya moto-cross BMX di ajang PON bahkan Olimpiade. Hal ini turut mendorong bangkitnya kembali popularitas sepeda BMX tidak hanya untuk olah raga balap moto-cross melainkan juga kategori hobi dan ketangkasan seperti freestyle.

Pada waktu belakangan ini, di kawasan Bintaro dan sekitarnya, kegemaran bermain sepeda BMX mulai bangkit kembali yang ditandai dengan munculnya komunitas penggemar sepeda BMX : Bintaro BMX. Munculnya komunitas ini, seperti yang diceritakan Deyan Oliveira, seorang penggemar sepeda BMX yang sekaligus merupakan penggagas berdirinya Bintaro BMX baru berkisar beberapa bulan. Berawal dari kesukaannya bermain sepeda BMX secara freestyle di seputaran Bintaro sendirian. Lama kelamaan aktivitasnya ini mengundang perhatian beberapa anak muda lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama. Akhirnya timbullah ide untuk berlatih bersama.

Lokasi awalnya berada di bawah flyover Bank Permata, di traffic light tepat di putaran balik yang mengarah Giant Bintaro. Namun, karena dirasakan membahayakan, lokasi latihan kemudian berpindah ke kawasan Emerald Bintaro, dekat McDonald Emerald. Terakhir berpindah lagi ke Discovery Park, sebuah taman yang terletak di tengah cluster Discovery, Bintaro Sektor 9. Jadwal rutin latihan Bintaro BMX setiap Jumat sore sampai dengan habis maghrib. Terkadang Bintaro BMX juga berlatih pada hari Minggu.

komunitas_bintaro_bmx_deyan_oliveira_info_bintaro
Deyan Oliveira

Deyan yang juga seorang karyawan swasta di kawasan Joglo ini menjelaskan saat ini anggota komunitas Bintaro BMX yang rutin berlatih sekitar 10 orang, dengan latar belakang yang berbeda-beda, dari mulai pelajar SMA, mahasiswa sampai dengan karyawan. Total yang rutin berlatih maupun simpatisan yang datang sesekali sekitar 20 orang.

Tidak semua anggota dan simpatisan memiliki sepeda sendiri, ada beberapa orang yang tidak memiliki sepeda BMX namun berkeinginan untuk bergabung dan berlatih, Deyan dan rekan-rekannya akan dengan terbuka menyambutnya. Bagi Bintaro BMX, tidak memiliki sepeda sendiri bukanlah satu kendala, yang terpenting adanya semangat untuk berlatih. Bintaro BMX ingin memperkenalkan dulu pada masyarakat adanya komunitas ini sekaligus menimbulkan minat para anak muda di Bintaro dan sekitarnya untuk berlatih berbagai trik bermain sepeda BMX untuk freestyle.

Deyan menambahkan, para anggota komunitas Bintaro BMX sangat mengutamakan kebersamaan di antara anggota. Hal ini terlihat dari keinginan untuk saling berbagi pengetahuan dan keterampilan. Anggota yang lebih senior tidak sungkan mengajarkan kepada anggota-anggota yang yunior trik-trik dalam melakukan freestyle. Untuk meningkatkan keterampilan dalam melakukan atraksi freestyle, terkadang mereka juga belajar dari orang lain yang dianggap memiliki kemampuan lebih. Contohnya, ada seorang atlit BMX nasional yang bermukim di Australia, setiap kembali ke tempat tinggalnya di Bintaro, ia bergabung berlatih bersama anggota Komunitas Bintaro BMX, dan membagi keterampilannya kepada para anggota komunitas.

Dari sisi usia, anggota dan simpatisan anggota komunitas Bintaro BMX terdiri dari usia remaja dan dewasa, masih ada lagi sekelompok penggemar sepeda BMX yang terdiri dari anak-anak. Kelompok ini sering berlatih di jalan lingkar belakang Indy Office Park, CBD Bintaro Sektro 7.

komunitas_bintaro_bmx_info_bintaro
Satu Atraksi Freestyle Anggota Komunitas Bintao BMX

Walaupun usianya masih sangat muda, komunitas Bintaro BMX sesekali mengikuti pertandingan-pertandingan BMX di beberapa tempat, bahkan beberapa anggota Bintaro BMX berencana mengikuti satu ajang pertandingan yang diadakan oleh Pemprov Banten dalam waktu dekat ini. Tidak hanya itu, Bintaro BMX juga rutin berpartisipasi pada kegiatan Car Free Day (CFD) Bintaro dengan melakukan atraksi-atraksi freestyle di situ. Kehadiran Bintaro BMX dengan atraksi-atraksinya sangat mengundang perhatian pengunjung CFD.

Satu hal yang perlu menjadi catatan, munculnya komunitas-komunitas yang melakukan aktivitas positif seperti ini perlu menjadi perhatian semua pihak terutama pihak pengelola kawasan Bintaro Jaya. Ketiadaan tempat berlatih yang cukup baik menjadi kendala utama bagi komunitas Bintaro BMX ini. Padahal, harapan dari komunitas ini cukup sederhana yaitu adanya fasilitas berlatih yang tetap yang dilengkapi sarana pendukungnya, seperti pada fasilitas olah raga ekstrim di Bintaro Xchange, sehingga mereka dapat berlatih tanpa harus berpindah-pindah. Bagaimanapun komunitas ini membawa nama Bintaro pada setiap ajang-ajang pertandingan yang diikutinya. Semoga dengan bertumbuhnya komunitas-komunitas seperti ini akan memperkuat positioning Bintaro sebagai pemukiman berbasis komunitas.

komunitas_bintaro_bmx_info_bintaro_1

Bagi Anda yang ingin berlatih berbagai teknik-teknik freestyle yang menantang sekaligus mengasyikan, datang saja pada setiap latihan Bintaro BMX setiap Jumat sore dari pukul 16.00 di Discovery Park pada sisi yang menghadap Jl. Discovery Park, Bintaro Sektor 9. Patokannya adalah RS Pondok Indah Bintaro yang sedang dibangun. Untuk mendapat update kegiatan, follow Instagram @bintarobmx

 

(ES)

Leave a Comment