Pendidikan

Komitmen PermataBank Ciptakan Ekosistem untuk Memajukan Pendidikan

PermataBank melalui PermataHati, program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, kembali memperkuat komitmennya untuk memberikan dan meningkatkan kualitas kehidupan dan pendidikan di Indonesia yang diwujudkan dengan menyelenggarakan Unite for Education (UFE) Sustainability Forum.

Diusung sejak 2011, penyelenggaraan tahun ke-9 UFE Sustainability Forum mengambil tema Perempuan Pencipta Perubahan. Tema ini menekankan pada peran penting perempuan dalam menggerakkan ekonomi sebuah bangsa. Sejalan dengan fokus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan literasi keuangan bagi kaum perempuan.

“Sesuai dengan visi kami untuk menjadi bank pilihan bagi para stakeholders maka program UFE ini merupakan perwujudan atas komitmen kami untuk mengembangkan ekosistem pendidikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial PermataBank yang berkelanjutan. Dengan program ini juga kami berharap dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan khususnya bagi perempuan, anak muda, serta penyandang disabilitas di Indonesia,” ujar Direktur Utama PermataBank Ridha D.M. Wirakusumah dalam sambutannya.

Perempuan Pencipta Perubahan

Tema tersebut merupakan perwujudan dari fakta di lapangan bahwa peran perempuan dalam mendorong pertumbuhan perekonomian sangatlah besar. Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2017 menunjukkan bahwa persentase penduduk laki-laki dan perempuan Indonesia hampir berimbang, yakni laki-laki sebesar 50,24% dan perempuan sebesar 49,76%.

Namun, kondisi itu bertolak belakang dengan jumlah laki-laki dan perempuan yang aktif dalam perekonomian. Apalagi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mencatat hingga 2017 jumlah pengusaha perempuan di Indonesia mencapai 14,3 juta orang. Jumlahnya bertambah 1,63 juta orang dibandingkan tahun 2015 yang tercatat hanya 12,7 juta orang.

Padahal, McKinsey dalam laporan Women Matter: Time to Accelerate menyebutkan bahwa kontribusi angkatan kerja perempuan akan signifikan dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ke arah yang positif. Hal yang sama juga dialami kaum disabilitas yang selama ini jarang mendapatkan pendidikan yang memadai sehingga tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang mampu membuat mereka independen.

PermataBank memahami kondisi tersebut dan memberi wadah diskusi dengan mengambil kesuksesan perempuan sebagai topik dalam rangkaian program UFE Sustainability Forum tahun ini. “Kami percaya pendidikan merupakan hal yang fundamental bagi setiap individu. Kami ingin ajang edukasi tahunan ini menjadi platform untuk berbagi dan belajar, menginspirasi dan terinspirasi dalam lingkungan yang menyenangkan, interaktif dan menarik agar mendorong terciptanya kolaborasi diantara pemangku kepentingan yang memiliki kepedulian dan semangat yang sama untuk kemajuan pendidikan di Indonesia,” ujar Richele Maramis, Head Corporate Affairs PermataBank.

Pada tahun ini, kali keduanya PermataBank mengemas perhelatan UFE Sustainability Forum dengan format yang berbeda. Acara satu hari penuh ini terbagi dalam Conference Sessions, Master Classes, Collaboration Mini Stage (Ruang Temu), dan Community Expo dengan para pembicara inspiratif yang memiliki keahlian di bidangnya.

Sesi Conference dan Master Class tahun ini menampilkan para pembicara kenamaan seperti Founder Amartha Andi Taufan Garuda Putra, Angkie Yudistia (CEO Thisable), Nurhayati Subakat (CEO Wardah Cosmetics). Sedangkan untuk Ruang Temu, sebuah Collaboration Mini Stage, para komunitas diberikan kesempatan menyampaikan ide, pengalaman, dan pengetahuan yang dapat menginspirasi terbuntuk sebuah kolaborasi antar komunitas. Para pengunjung juga dapat melihat kegiatan para komunitas dalam Community Expo.

Kolaborasi dengan Amartha

Sebagai wujud untuk meningkatkan pengetahuan literasi dan inklusi keuangan bagi kaum perempuan, PermataBank telah menjalin kerja sama dengan Amartha, perusahaan financial technology (fintech) yang fokus menyalurkan kredit kepada kaum perempuan yang berwirausaha atau menjalankan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Di perhelatan UFE Sustainability Forum 2019, kolaborasi PermataBank dengan Amartha diwujudkan dengan pemberian penghargaan Perempuan Pencipta Perubahan kepada para perempuan inspiratif dengan kriteria yang telah ditentukan. Salah satunya, perempuan tersebut telah berperan penting dan terbukti menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka dan membantu menumbuhkan komunitas di area tersebut karena mereka adalah #PerempuanPenciptaPerubahan.

BACA JUGA  Jam Session Bersama Dwiki Dharmawan dan Youth Musicians Farabi Music School

Dalam proses seleksi yang dilakukan sejak September 2019, Amartha telah memilih 10 kandidat terbaik yang berasal dari seluruh Indonesia. Dari 10 orang kandidat ini, telah ditetapkan 3 orang perempuan penerima penghargaan Perempuan Pencipta Perubahan 2019. Mereka adalah Marnah (Ciseeng, Bogor), Sayumti (Indramayu), dan Tumini (Yogyakarta).

Richele Maramis menutup dengan menyampaikan “Kami berharap, penghargaan ini bisa memberikan inspirasi dan dorongan bagi perempuan Indonesia lainnya, khususnya mereka yang juga menopang perekonomian keluarga, untuk terus belajar dan mengembangkan diri serta bisnisnya,”

Dengan diadakannya UFE Sustainability Forum, PermataBank berharap menciptakan sebuah program pembangunan berkelanjutan untuk para penerima manfaat, bersama dengan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, perusahaan, sekolah, siswa, media, individu, wirausahawan, masyarakat dan pendidik untuk mengakhiri kemiskinan, meningkatkan kualitas pendidikan, kesetaraan gender dan mengurangi ketimpangan ekonomi di Indonesia.

(BON)

 

Baca Juga

  • Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Investasi 2018 : Menguji Kepercayaan Pada Bitcoin

    Sepanjang 2017, nilai bitcoin meroket dari sekitar 900 dollar AS pada awal tahun hingga menembus 19.000 dollar AS pada Desember. Roller coaster nilai uang virtual ini berputar kencang. Dalam satu bulan terakhir, nilai bitcoin sempat terpangkas separuh, anjlok hingga mendekati 9.000 dollar AS. Menurut data Coinbase, Jumat (26/1), nilai bitcoin bergerak naik-turun pada kisaran 10.432 dollar AS […]
  • Klik-Apotek.com, Tebus Obat Tanpa Antre

    Klik-Apotek.com, Tebus Obat Tanpa Antre

    Pernah bete gara-gara lama nunggu pas nebus resep di apotek? Sekarang tidak perlu lagi sejak ada apotek online KLIK-APOTEK.com. Bayangkan bila Anda mengantar putra putri Anda yang sakit ke dokter, Anda mengharapkan agar cepat kembali ke rumah agar si sakit dapat segera istirahat. Anak-anak bakal rewel bila menunggu lama di apotek saat menebus obat. Klik-Apotek.com […]
  • Janice Cookies, Inovasi Rasa dan Kemasan Eksklusif Kuliner Bintaro

    Janice Cookies, Inovasi Rasa dan Kemasan Eksklusif Kuliner Bintaro

    INFOBINTARO (IB) – Jika ingin sukses menjadi seorang pengusaha kuliner Bintaro memang harus selalu mencari ide unik untuk dapat diterapkan dalam bisnis yang dijalankan. Ide unik ini tidak selalu harus berupa sebuah inovasi yang canggih melainkan juga bisa dalam bentuk dan kreasi sederhana yang tetap bisa membuat masyarakat untuk mencoba, membeli, dan menjadi pelanggan tetap […]
  • Menu Baru Kopi di Cozyfield Emerald Nan Menggoda

    Menu Baru Kopi di Cozyfield Emerald Nan Menggoda

    Kabar gembira buat warga Bintaro. Saat ini sudah hadir single origin coffee di Cozyfield yang berlokasi di gedung Gramedia World Bintaro yang ada di sektor 7. Menyajikan aneka kopi nusantara. Ada Kopi Petemun dari Aceh, Kopi Sisola dari Toraja, Kopi BorBor dari Pengalengan Jawa Barat dan Kopi Kintamani dari Bali  Di samping dinikmati di cafe, […]
  • Christmas Cooking Competition Bersama Chef Abboud – Lomba Memasak Bernuansa Natal dari Parkson Gourmet Mart

    Christmas Cooking Competition Bersama Chef Abboud – Lomba Memasak Bernuansa Natal dari Parkson Gourmet Mart

    Untuk memeriahkan suasana Natal, Parkson Gourmet Mart mengadakan lomba memasak yang bertajuk Christmas Cooking Competition pada Sabtu, 17 Desember 2016. Acara yang berlangsung di Lantai 2 Parkson Gourmet Mart, CBD Bintaro Sektor 7, ini menghadirkan Chef Abboud, seorang chef ternama dan host dari acara Selera Asal di TVOne. Christmas Cooking Competition ini memperebutkan hadiah uang […]
  • Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul

    Lembutnya Sate Kambing Muda di Sate Tegal Maklibul

    Mendengar nama Tegal biasanya imajinasi kita langsung melayang ke warteg alias warung tegal. Memang nama tegal sangat identik dengan warteg karena menjamurnya warung makan sederhana murah meriah bernama warteg di berbagai pelosok wilayah di Indonesia. Namun Tegal ternyata bukan hanya warteg, belakangan ini sate kambing asal Tegal semakin populer. Kepopuleran ini dipicu penggunaan singkatan yang cukup […]
  • Buka Jurusan D3 Perhotelan, UMN Bekerjasama Dengan Grup Hotel Santika

    Buka Jurusan D3 Perhotelan, UMN Bekerjasama Dengan Grup Hotel Santika

    Setelah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT pada Desember lalu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuka program studi (prodi) baru, yakni Perhotelan pada tahun ajaran 2017/2018. Program studi ini masuk ke dalam Fakultas Bisnis dan memiliki gelar Diploma 3 (D3). Wakil rektor bidang akademik Hira Meidia menjelaskan, sudah saatnya bagi UMN membuka prodi baru guna mengisi […]
  • Apakah Perlu Baby Spa?

    Apakah Perlu Baby Spa?

    Pergi ke spa adalah salah satu cara untuk memanjakan diri Anda ketika sedang dilanda penat atau jika Anda sekadar ingin menyegarkan tubuh dan pikiran. Ternyata, tak cuma orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan di spa. Akhir-akhir ini, baby spa atau spa untuk bayi sangatlah marak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Para pelopor […]
  • Respon Covid-19, XL Axiata dan Indosat Ikut Gratiskan Kuota Internet untuk Akses Belajar di Aplikasi Ruangguru

    Respon Covid-19, XL Axiata dan Indosat Ikut Gratiskan Kuota Internet untuk Akses Belajar di Aplikasi Ruangguru

    Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan kerjasama akses aplikasi Ruangguru bebas kuota dengan XL Axiata dan Indosat. Pada hari Senin (16/03), Ruangguru turut mengumumkan kerjasama paket bebas kuota dengan Telkomsel. Dengan demikian, tiga operator telekomunikasi terbesar di Indonesia telah berkomitmen untuk mempermudah akses bagi seluruh siswa, guru, dan juga orangtua untuk […]
  • Samsung Hadirkan Samsung Notebook 9 Pen untuk Para Kreator

    Samsung Hadirkan Samsung Notebook 9 Pen untuk Para Kreator

    Samsung Electronics Co., Ltd.memperkenalkan Notebook 9 Pen, perangkat premium 2-in-1berupa PC yang dilengkapi dengan S Pen untuk mendukung penggunanya merealisasikan potensi kreatif mereka. Dengan kombinasi antara tampilan, kinerja, dan portabilitas, Notebook 9 Pen sangat tepat bagi pengguna yang menginginkan perangkat yang cocok dengan cara mereka bekerja, dan membutuhkan fleksibilitas untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan kualitas […]
  • Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Untuk merayakan musim liburan dan menyambut tahun baru 2020, Aviary Bintaro menawarkan pengalaman bernuansa Tropical Vibes, di mana musim panas ada di bulan Desember. Berbagi keajaiban Natal di resto Starling Eatery dengan Christmas Brunch hanya Rp 200.000 ++/orang hanya pada tanggal 25 Desember 2019 mulai dari 11.00 – 14.30 WIB. Hari Natal-pun tiba, tema dekorasi […]
  • Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Perkenalkan Smartphone Galaxy J6+ dan J4+

    Samsung Electronics Indonesia mengumumkan anggota terbaru dari seri Galaxy J, yaitu Samsung Galaxy J6+ dan J4+. Menampilkan desain dan display elegan, kamera yang disempurnakan dan kapabilitas kinerja yang tinggi, kedua produk ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak hal dari smartphone Galaxy J sebelumnya. “Galaxy J6+ dan J4+ merupakan gambaran dari dasar-dasar inovasi Samsung Galaxy, […]
  • The New Chevrolet Trailblazer Sabet Dua Penghargaan di Ajang Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2018

    The New Chevrolet Trailblazer Sabet Dua Penghargaan di Ajang Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2018

    PT General Motors (GM) Indonesia, melalui brand Chevrolet, menutup manis akhir tahun 2018 lalu dengan keberhasilannya meraih dua penghargaan otomotif bergengsi dalam ajang Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2018 yang diselenggarakan oleh majalah Mobil Motor akhir Desember lalu. Sebelumnya, the New Chevrolet Trailblazer telah menjalani serangkaian pengujian bersama mobil-mobil dari belasan brand lainnya di […]
  • Ancol Gelar Sholat Idul Adha 1439 H dan Pembagian Daging Qurban

    Ancol Gelar Sholat Idul Adha 1439 H dan Pembagian Daging Qurban

    Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijah 1439 Hijriyah / Rabu, 22 Agustus 2018 merupakan salah satu Hari Raya yang diperingati oleh umat muslim. Dalam peringatan tersebut Manajemen Ancol Taman Impian akan gelar Sholat Idul Adha di lapangan terbuka sentra parkir B (eks theater mobil) dan juga pemotongan serta pembagian daging qurban di […]
  • Cara Mudah dan Ramah Bermedia Sosial

    Cara Mudah dan Ramah Bermedia Sosial

    Media sosial (social media) tidak dapat dipungkiri telah menjadi fenomena sosial yang amat marak akhir-akhir ini. Berbagai media sosial bermunculan dengan menawarkan daya tarik masing-masing. Dan masing-masing media sosial juga memiliki khalayak sasaran masing-masing, mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa, hingga orang dewasa. Menurut Miriam Webster Dictionary media sosial adalah bentuk komunikasi elektronik yang digunakan untuk […]
  • Citilink Indonesia Akan Berlakukan Ketentuan Bagasi Baru bagi Penumpang Penerbangan Domestik

    Citilink Indonesia Akan Berlakukan Ketentuan Bagasi Baru bagi Penumpang Penerbangan Domestik

    Maskapai Berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia akan memberlakukan ketentuan baru untuk penumpangnya yang hendak bepergian dengan membawa bagasi tercatat pada rute-rute penerbangan domestik. “Ketentuan yang akan diberlakukan untuk bagasi tercatat penumpang merupakan penyesuaian dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 185 Tahun 2015 mengenai Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi,” kata Pjs. VP Sales & […]
  • Inilah Hal yang Perlu Diketahui Pelaku Wirausaha Sosial untuk Kembangkan Bisnis

    Inilah Hal yang Perlu Diketahui Pelaku Wirausaha Sosial untuk Kembangkan Bisnis

    Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-bangsa (UN-ESCAP), hingga akhir 2018 terdapat sekitar 340.000 wirausaha sosial di Indonesia. Berbeda dengan jenis usaha lain, wirausaha sosial membuka peluang inklusif dan kesetaraan sebagai inti bisnis dengan misi sosial. Namun masih banyak tantangan yang dihadapi oleh para pelaku wirausaha sosial ini. Mulai dari permasalahan […]
  • THR Sudah Habis Hari ini?

    THR Sudah Habis Hari ini?

    Rasanya belum lama THR turun, namun di antara kita sudah ada yang merasa bokek karena uangnya menipis. Ke mana larinya gaji dan THR? Mungkin ke gaya hidup konsumtif Gaji kita pasti cukup untuk biaya hidup. Saat mengajukan penawaran upah kepada perusahaan, kita sudah memperkirakan berapa besar pengeluaran bulanan, investasi, cicilan, tabungan dan sebagainya. Sementara perusahaan […]
  • Rizka Julia, Memilih Bisnis Kue Cubit Ketimbang Berkarir di Perusahaan Multinasional

    Rizka Julia, Memilih Bisnis Kue Cubit Ketimbang Berkarir di Perusahaan Multinasional

    Kita sering mendengar orang mengatakan, hidup adalah pilihan. Hal ini amat diyakini oleh seorang Rizka Julia, seorang dara cantik yang memiliki gerai Cubite Street Food Bintaro di Taman Jajan Bintaro. Bekerja di sebuah perusahaan oil and gas multinasional bergengsi yang sering menjadi impian banyak orang tidak selamanya menarik. Gaji dan fasilitas besar, prestise, kemapanan tidak […]
  • Euro Retro Enthusiast, Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Mobil Eropa

    Euro Retro Enthusiast, Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Mobil Eropa

    Mobil-mobil buatan Eropa memang dikenal memiliki kualitas yang tinggi. Walaupun saat ini berbagai mobil asal Jepang, Amerika, Korea dan berbagai negara lainnya mendominasi pasar kendaraan pribadi tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia, namun mobil Eropa tetap mendapat tempat di hati penggemarnya. Banyak faktor yang membuat mobil-mobil asal Eropa memiliki banyak penggemar, misalnya […]

Tinggalkan Balasan