Rab. Nov 13th, 2019

KiosTix Berbagi Pengalaman Cara Sukses Menjadi Entrepreneur Digital

Industri kreatif dan hiburan -seperti konser musik, event olahraga, pertunjukan seni, aplikasi dan game developer, film, festival seni, MICE (meeting, incentive, conference, exhibition), dan pariwisata- diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan pesat saat ini dan di masa-masa mendatang.

Pertumbuhan pesat itu terutama ditopang oleh perkembangan teknologi digital dan internet yang kini telah menjadi kebutuhan utama setiap orang. Saat ini, lebih 171 juta atau 64,8% orang Indonesia merupakan pengguna internet aktif. Mereka sudah aware e-commerce dan transaksi digital.

Salah satu pelaku utama kemajuan pesat industri kreatif dan digital di Indonesia itu adalah KiosGroup. KiosGroup adalah kelompok bisnis yang bergerak melayani dan menopang perkembangan industri kreatif di Indonesia melalui platform start-up digital.

Ada banyak start-up digital yang tergabung dalam KiosGroup, salah satunya KiosTix yang bergerak dalam ranah bisnis manajemen tiket hiburan dan pertunjukan berbasis online. Berdiri pada 2012, KiosTix merupakan pionir industri manajemen tiket event yang telah berhasil mengubah kebiasaan orang Indonesia dalam membeli tiket ke era digital yang lebih fun dan flexibel.

Untuk melakukan edukasi publik tentang perkembangan industri kreatif dan digital ini, KiosTix aktif menggelar Ruang Diskusi ke kalangan industri, profesional, komunitas milenial, kampus, dan masyarakat umum di Jakarta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Industri kreatif semakin berkembang dengan berbasis pada internet. Perkembangannya akan menggeser; kalau dulu kebutuhan pokok manusia berupa sandang, pangan, dan papan; kini dan di masa depan menonton konser, bermain game, dan traveling juga jadi kebutuhan pokok. Untuk itu dibutuhkan entrepreneur generasi milenial di bidang ini,” ujar Endah Lestari, Chief Operation Officer (COO) KiosTix, sebagai pembicara dalam diskusi di Universitas Multimedia Nusantara, (9/9).

Untuk itu, KiosTix berkolaborasi dengan Skystar Ventures dan Career Building Universitas Multimedia Nusantara kembali menggelar Ruang Diskusi ke-4 di kampus Universitas Media Nusantara (UMN), Gedung D, Lecture Theater, Jalan Scientia Boulevard, Serpong, Jawa Barat, pada Senin, 9 September 2019. Mengambil tema “A Closer Look of Entrepreneurship” dengan pembicara Endah Lestari (COO KiosTix) dan moderator dari UMN. acara ini diikuti oleh para mahasiswa Universitas Media Nusantara.

BACA JUGA  Telkomsel Gratiskan Telpon dan SMS di Wilayah Bencana Palu dan Donggala

“Diskusi ini bagus bagi generasi milenial, karena diberikan wawasan praktis bagaimana cara step by step memulai dan membangun entrepreneurship start-up digital,” ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Partnership dan Business Development KiosTix, Jakarta (9/9).

Berbagai tren terbaru industri hiburan dan manajemen tiket dibahas dalam diskusi ini. Diantaranya tentang pengalaman KiosTix menangani event-event besar skala global dan nasional, perkembangan teknologi digital dalam manajemen event, peluang kerja dalam industri hiburan, dan entrepreneurship dalam industri kreatif..

“Seminar ini juga merupakan salah satu rangkaian dari program Entrepreneurship Development hasil kolaborasi dari Skystar Ventures dan Universitas Multimedia Nusantara. Kami memilih KiosTix sebagai narasumber untuk berbagi pengetahuan kepada mahasiswa mengenai perjalanan membangun bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujar Cinthya Tania, Partnership Coordinator of Skystar Ventures, di sela-sela acara (9/9).

KiosTix saat ini merupakan perusahaan manajemen tiket dan penyedia tiket pertunjukan terbesar di Indonesia. Beberapa event skala internasional dan nasional yang pernah digarap oleh KiosTix diantaranya pemegang hak tunggal penjualan tiket Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang dihadiri lebih 2 juta penonton, Suzuki Asian Football Championship (AFF) 2016, Soundrenaline, Popcon Asia, Soundsations, Raisa Concert Intimate, Konser Trilogi, Kenny Concert in Jakarta, dan lain-lain. Lebih 900 event telah dikerjakan oleh KiosTix, dan lebih dari 10 juta tiket telah dijual oleh KiosTix sejak berdiri pada 2012 lalu.

(EGA)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan