Rab. Des 11th, 2019

Kilas Sejarah Chevrolet Sebagai Pelopor SUV Sejak Pertama Kali Diperkenalkan Tahun 1935

Selama lebih dari 80 tahun, Chevrolet telah dikenal sebagai sebuah brand pelopor kendaraan SUV (sport utility vehicles) yang saat ini terus berkembang pesat di pasar dunia. Di Indonesia saat ini, Chevrolet memiliki dua produk SUV unggulan yakni Chevrolet Trailblazer dan Trax. Berkaitan dengan hal tersebut, mari kita telusuri sejarah Chevrolet dalam mengembangkan kendaraan jenis SUV.

Dimulai pada tahun 1935 ketika Chevrolet memulai sejarah SUV nya dengan memperkenalkan Suburban Carryall, sebuah kendaraan berkapasitas delapan penumpang yang dibangun dengan kerangka kendaraan jenis truk. Walaupun istilah SUV belum banyak digunakan hingga tahun 1980-an, Chevrolet Suburban Carryall memiliki ciri khas di segmennya, antara lain memiliki dua kabin yang memanjang, kursi tiga baris, serta jendela di setiap sisi mobil. Hingga saat ini Chevrolet Suburban masih diproduksi, yang menjadikan nama model tersebut sebagai nama yang paling lama digunakan dalam industri otomotif dan turut mempopulerkan model SUV Chevrolet lainnya di seluruh dunia.

Seiring dengan semakin dikenalnya Chevrolet Trailblazer dan model-model lainnya, Chevrolet berkomitmen untuk dapat terus memenuhi kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Dari data internal diperoleh gambaran bahwa sejalan dengan tren global, preferensi pelanggan Asia Tenggara telah bergeser dari kendaraan tipe sedan ke tipe SUV. Hal ini terlihat dari meningkatnya penjualan kendaraan jenis SUV hingga lebih dari 7 persen sejak tahun 2011, sementara penjualan jenis sedan dan turunannya justru mengalami penurunan sebesar 4 persen dalam periode yang sama. Saat ini, SUV merupakam jenis kendaraan yang terlaris di wilayah Asia Pasifik, berdasarkan dari JATO Dynamics.

SUV kedua yang selanjutnya diperkenalkan oleh Chevrolet adalah K5 Blazer. SUV seri ini adalah yang pertama kali menggunakan nama Blazer dan menekankan kesan sporty. Diluncurkan pada tahun 1969, K5 memiliki jarak sumbu roda lebih pendek dibandingkan dengan Suburban. Bagian atasnya dapat dilepas untuk membuatnya menjadi konvertibel. Dengan menggabungkan kemampuan off-road dengan fitur-fitur mewah saat itu, K5 menjadi inspirasi bagi generasi penggemar kegiatan outdoor lifestyle untuk menikmati petualangan di berbagai medan off-road. K5 adalah salah satu kendaraan pertama di industri otomotif yang digambarkan sebagai “sport utility vehicle” dalam dunia periklanan dan menjadikan sebuah kesuksesan besar bagi Chevrolet.

BACA JUGA  Keselamatan Pengguna Jalan Menjadi Alasan Utama Inovasi Produk 3M Indonesia

Pada tahun 1982, Chevrolet memperkenalkan sebuah model baru, S-10 Blazer (atau Blazer) – salah satu SUV kompak pertama di industri ini dan kerap mendapatkan pujian. Pada tahun 1995, model ini memenangkan penghargaan Truck of the Year yang diselenggarakan oleh Motor Trend. Chevrolet pun kembali menegaskan keunggulannya di segmen SUV dengan memperkenalkan Chevrolet Trailblazer di tahun 1999 yang merupakan varian teratas dari Blazer. Selanjutnya, Trailblazer menjadi model yang terpisah dan berhasil meraih penghargaan North American Truck of the Year. Saat ini, generasi baru Trailblazer banyak terjual di berbagai belahan dunia. Baru-baru ini, Chevrolet memperkenalkan kembali Blazer sebagai midsize crossover untuk pasar Amerika Utara.

Chevrolet Tahoe (dipamerkan di Seoul Motor Show 2019) diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1995. Memiliki style yang mirip Chevrolet Suburban namun dengan ukuran lebih pendek, nama SUV besar ini merujuk ke sebuah daerah perbukitan terjal dengan pemandangan indah di sekitar Danau Tahoe di Amerika Serikat bagian barat. Saat ini Chevrolet Tahoe generasi keempat, sangat identic dengan kendaraan yang digunakan oleh badan penegak hukum Amerika Serikat. Bahkan, Chevrolet Tahoe sering turut mewarnai film-film Hollywood dan berbagai acara televisi sebagai kendaraan dinas agen-agen rahasia AS, seperti yang digunakan oleh Samuel L. Jackson yang berperan sebagai Nick Fury dalam film Marvel.

Di era tahun 2000an, Chevrolet semakin memperkukuh rekam jejak keunggulannya di segmen SUV dan Crossover terbaru yang membuat perjalanan semakin mengasyikan dan berkesan seperti Traverse, Equinox, dan Trax. Chevrolet hadir untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk kendaraan jenis ini.

(BON)

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

You may have missed

Dalam rangka merayakan Hari Belanja Nasional (Harbolnas), Bukalapak meluncurkan kampanye bertajuk Kalap 12.12. Kampanye yang berlangsung 1-15 Desember 2019 ini mengajak masyarakat di seluruh Indonesia untuk kalap berbelanja di Bukalapak karena diskon yang diberikan mencapai total Rp 50 Miliar, ditambah beragam promo, mulai dari diskon langsung, voucher diskon, gratis ongkir, Flash Deal Rp 12, Cashback 99%, hingga kesempatan untuk mendapatkan barang-barang luar biasa seperti Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan seharga Rp 12.000 saja di program Serbu Seru Kalap. “Setiap orang pada dasarnya butuh pelampiasan untuk menyalurkan emosi dan keinginan, termasuk di dalamnya keinginan dan napsu belanja. Oleh karena itu, di momen Harbolnas ini, momen yang sudah menjadi tradisi di dunia belanja online dan selalu ditunggu-tunggu, kami memberikan kesempatan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk melampiaskan napsu belanjanya hingga kalap, karena asik menikmati semua promo dan penawaran spesial di Kalap 12.12”, ujar Erick Wicaksono, VP of Marketing Bukalapak. “Untuk menambah semangat agar semakin kalap, Kalap 12.12 juga menghadirkan Serbu Seru Kalap mulai tanggal 10 Desember, di mana para pengguna Bukalapak bisa menyerbu Mobil Toko, Ruko, hingga Kos-Kosan yang tidak hanya luar biasa dan berbeda dari tahun sebelumnya, tapi juga bisa mendorong para penyerbu yang berhasil untuk memulai usaha dan meningkatkan kualitas hidup mereka”, tambah Erick. Informasi lebih lanjut mengenai promo KALAP 12.12 bisa dilihat di bukalapak.com.