KidzArt, Kursus Menggambar Anak Yang Mengajarkan Proses

Bagi seorang anak menggambar adalah salah satu bagian dari aktivitas menyenangkan yang sangat penting dalam proses pertumbuhannya. Dengan menggambar seorang anak dapat belajar berbagai hal yang menjadi dasar untuk memahami sesuatu maupun berimajinasi untuk mengembangkan ide-idenya. Namun, kegiatan menggambar yang baik tidak sesederhana yang mungkin dibayangkan sebagian orang tua. Ada tahapan-tahapan yang harus diikuti sehingga seorang anak dapat berkembang sesuai dengan usianya.

Dengan pengalaman mengembangkan pendidikan menggambar bagi anak-anak selama lebih dari seperempat abad, KidzArt yang berawal dari AS sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan seorang anak melalui kegiatan menggambar dengan mengembangkan berbagai metode belajar menggambar yang menyenangkan sehingga setiap anak dapat mengembangkan idenya secara bebas melalui tahap-tahap yang sudah dipelajarinya. Suasana belajar yang dibangun merupakan suasana yang non-competitive, sehingga anak tidak dipacu untuk menghasilkan gambar yang lebih baik dari teman-temannya, yang justru akan membentuk seorang anak menjadi individualis dan mengejar hasil semata.

Di Indonesia, KidzArt telah hadir semenjak 2009. Saat ini KidzArt telah berkembang di berbagai wilayah, termasuk di Bintaro. KidzArt Bintaro yang berlokasi di Ruko Kebayoran Arcade C1/09 (Depan Sekolah BPK Penabur), CBD Bintaro Sektor 7, merupakan franchise dari KidzArt bersama dengan KidzArt BSD dan KidzArt Taman Palem, Jakarta Barat.

kidz_art_info_bintaro_1

Kelas-kelas pada KidzArt terbagi menjadi 6, yaitu Squiggles to Grin (2-3,5 tahun), Discover (3,5-4,5 tahun), Connect (4,5-6 tahun), Imagine (6-9 tahun), Explore (9-12 tahun) dan Aspire (12-15 tahun). Tidak seperti pada kursus-kursus lainnya, KidzArt tidak menerapkan  ujian kenaikan di akhir setiap program, karena setiap siswa bukan dinilai berdasarkan kemampuannya namun juga kesiapan sang anak.

Kelas Squiggles to Grin, siswa akan dikenalkan dengan berbagai warna dan bentuk, termasuk dilatih dalam kemampuan motorik halusnya, seperti cara memegang dan menggunakan alat gambar yang benar. Pada kelas ini, siswa belum diajarkan cara menggambar.

Kelas Discover, siswa sudah dijarkan cara membuat bentuk-bentuk kurva yang sederhana, seperti garis lurus dan garis lengkung. Pada Kelas Discover ini, siswa sudah bisa menggambar kombinasi yang sederhana dengan menggunakan alat gambar, termasuk dalam memberikan warna dan menggunakan 1 background.

Kelas Connect, siswa sudah bisa menggambar lebih banyak obyek sekaligus, termasuk menggambar menggunakan background dan foreground.

Kelas Imagine, siswa sudah bisa menggambar obyek yang lebih banyak yang bertumpuk. Obyek yang digambar belum detil.

Kelas Explore, siswa sudah bisa menggambar yang kompleks dan detil.

kidz_art_info_bintaro_2
Contoh-contoh gambar dari berbagai kelas : Discover (kiri atas), Connect (tengah atas). Imagine (kanan atas), Explore (kiri bawah), Aaspire (kanan bawah)

Sebelum siswa mulai menggambar, pengajar akan menceritakan mengenai suatu obyek yang nantinya akan digambar secara menyenangkan (Fun Fact). Tidak hanya menjelaskan, pengajar juga akan menunjukkan gambar/video dari obyek tersebut. Misalnya, pada hari itu siswa akan menggambar panda, maka pengajar akan menjelaskan berbagai hal mengenai panda dengan metode bercerita, sambil menunjukkan video mengenai panda, sehingga setiap siswa dapat membayangkan bentuk yang akan digambar. Termasuk di sini pengajar akan mengajak siswa untuk berimajinasi, misalnya panda tersebut berjalan, berputar, makan, dll. Setelah Fun Fact, barulah siswa mulai menggambar panda sesuai imajinasinya.

Dalam menggambar, siswa diajak menggunakan berbagai alat gambar, seperti spidol besar (marker), pastel, kapur, pensil warna, wax, crayon, water color, dll. Ada 23 jenis alat gambar yang dapat dipergunakan oleh siswa. Metode menggambar dalam KidzArt tidak membolehkan siswa untuk menghapus gambar yang salah. Jika terjadi kesalahan menarik garis, siswa diajak untuk memikirkan garis atau warna yang salah itu untuk digunakan menggambar obyek lain. Di sini siswa belajar untuk mengembangkan ide kreatifnya, bukan sekedar memperbaiki kesalahan yang dilakukannya. Itulah sebabnya alat gambar yang digunakan merupakan alat gambar yang sulit untuk dihapus. Sebelum melakukan suatu tarikan garis atau warna, siswa harus memiliki keyakinan diri terlebih dahulu.

Setiap akhir bulan, siswa-siswa kelas Squiggles sampai dengan Explore diberikan project yang menyenangkan berupa menggambar dan mewarnai pada berbagai media 3 dimensi, seperti kanvas kecil, menempelkan potongan-potongan makaroni pada kanvas, sampai dengan menggambar dan mewarnai pada topeng atau kendi kecil. Kegiatan project ini menjadi kegiatan yang paling disenangi siswa, karena siswa dapat menuangkan berbagai ide kreatifnya sesuai tema yang diberikan oleh pengajarnya.

kidz_art_info_bintaro

Selain program reguler, KidzArt Bintaro juga memiliki Holiday Program yang diadakan 2x setahun pada pertengahan dan akhir tahun. Holiday Program ini berlangsung selama 2 minggu, dimana dalam seminggu terdiri dari 3x waktu belajar. Berbeda dengan kelas reguler, Holiday Program ini cuma dibagi menjadi 2 kelas, yaitu Kelas Kecil dan Kelas Besar. Kelas Kecil merupakan gabungan dari anak-anak yang usianya masuk dalam kelas Discover dan Connect, sedangkan Kelas Besar merupakan gabungan dari anak-anak usia kelas Imagine dan Explore. Peserta dari Program Holiday ini dapat terdiri siswa-siswa yang sudah belajar di KidzArt dengan membayar biaya di luar biaya belajar reguler maupun anak-anak yang yang belum belajar di KidzArt namun ingin belajar menggambar.

Sistem belajar pada Program Holiday ini menggunakan tema-tema. Untuk tema umum ditentukan oleh KidzArt pusat, sedangkan tema setiap belajar diberikan kepada masing-masing cabang KidzArt untuk menentukannya.

Di samping prgram belajar menggambar bagi anak-anak, KidzArt juga memiliki sebuah program menarik yaitu program belajar menggambar bagi orang tua (Parent Class). Tujuan dari diadakannya program ini supaya orang tua dapat menyelami proses belajar mengajar yang dilakukan buah hatinya di KidzArt. Program Parent Class ini diadakan minimal 3x setahun dengan waktu yang sifatnya tentatif. Parent Class berlangsung selama 2 hari yaitu Jumat dan Sabtu. Orang tua siswa bebas menentukan waktu yang sesuai dengan jadwalnya, mereka dapat memilih untuk mengikuti program pada hari Jumat atau hari Sabtu, atau hari Jumat dan Sabtu. Untuk mengikuti Parent Class ini, orang tua siswa tidak dikenakan biaya. Materi pelajaran pun ditentukan secara secara kesepakatan dan dilakukan voting suara terbanyak. Parent Class ini merupakan program yang sangat menarik bagi para orang tua. Rata-rata setiap diadakan program ini diikuti oleh 8-9 orang tua murid.

KidzArt Bintaro menawarkan belajar menggambar bagi anak-anak dengan cara yang berbeda. Semua program-program belajar disusun untuk membuat siswa bukan hanya bisa menggambar, namun juga untuk dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya dengan cara yang menyenangkan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 021 – 7487 0832. Simak juga berbagai update KidzArt Bintaro di Instagram @kidzartbintaro.

 

(ES)

Leave a Comment