Jum. Mei 24th, 2019

Kiat Sukses Perusahaan Besar Menggaet Tenaga Kerja Milenial

Artikel ini penting bagi Anda yang menjadi eksekutif perusahaan yang bertugas melakukan rekrutmen karyawan bagi perusahaan. Tentu semua perusahaan tentu ingin merekrut talenta berbakat untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja di berbagai departemen. Salah satu yang menjadi incaran perusahaan besar adalah tenaga kerja dari generasi milenial yang bersemangat dan penuh dengan gagasan baru. Namun, selain nama besar, apa yang bisa ditawarkan perusahaan mapan untuk perhatian generasi milenial?

Perusahaan besar bisa banyak belajar dari startup. Salah satunya, dengan menciptakan budaya kerja yang nyaman seperti layaknya di perusahaan baru yang sedang berkembang. Begini strategi yag bisa diterapkan perusahaan besar untuk menggaet tenaga kerja milenial seperti dikutip dari Qerja.com

Menceritakan kisah sukses perusahaan

Berdasarkan sebuah survei, Gen Y dan Gen Z akan menghargai pemimpin yang jujur dan menunjukkan visi yang solid. Cara untuk menggambarkan visi tersebut di hadapan milenial adalah dengan menceritakan kisah awal pendirian perusahaan. Pendiri perusahaan pasti punya cerita menarik saat jatuh bangun merintis perusahaan. Kisah inspiratif ini bisa ditulis di situs resmi perusahaan. Perusahaan juga bisa menyiratkan nilai-nilai dan misi dalam kisah tersebut.

Ingat, ketika ingin menarik kandidat milenial, perusahaan tidak hanya bisa menawarkan gaji yang tinggi. Generasi milenial ingin membuat perbedaan. Anak-anak muda ini ingin menyumbang gagasan, menciptakan inovasi dan melihat bagaimana ide tersebut terwujud dan berkontribusi untuk organisasi.

Memperkuat branding perusahaan

Ini bukan tentang produk atau layanan perusahaan. Untuk urusan rekrutmen, perusahaan harus bisa menunjukkan bagaimana budaya kerja di kantor mempengaruhi karyawan. Perusahaan dapat menggambarkan bagaimana karyawan bekerja sama satu sama lain, mendukung, dan merasa bahagia dengan pekerjaannya. Kisah ini bisa ditulis dalam bentuk testimoni di situs dan media sosial perusahaan.

Begini Cara Perusahaan Besar Menggaet Tenaga Kerja Milenial

BACA JUGA  Jual Mobil Bekas, Harga Tidak Terjun Bebas

Tapi, generasi milenial tidak akan hanya membaca penuturan karyawan perusahaan di situs resmi. Mereka juga akan mencari tahu ulasan tentang perusahaan di berbagai situs pencarian kerja. Jadi, pastikan perusahaan benar-benar membangun dan mengembangkan budaya kerja yang baik.

Optimalkan postingan lowongan kerja

Bila perusahaan mengincar kandidat Gen Y, baik untuk posisi menengah atau entry level, maka perusahaan akan membuat iklan lowongan kerja dengan menggunakan kata-kata yang biasa dicari kandidat di situs pencari. Dengan begitu, iklan perusahaan akan muncul paling awal. Hindari penggunaan jargon perusahaan dan istilah organisasi. Hal ini bisa menghalangi perusahaan untuk mendapatkan kandidat berkualitas.

Mempertahankan karyawan yang sudah ada

Jika berhasil membuat karyawan yang sudah ada loyal terhadap organisasi, maka itu tandanya perusahaan berhasil menjaga sumber daya manusia. Bagaimana caranya? Apakah dengan memberikan fasilitas seperti makan siang gratis, menyediakan pusat kebugaran di kantor atau sering mengadakan pesta? Tidak juga. Generasi milenial lebih tertarik pada perusahaan yang memberi kesempatan pada karyawan untuk berkontribusi pada keberhasilan organisasi. Tujuan karier generasi milenial yang paling utama adalah memberi dampak positif pada perusahaan tempat bekerja.

(EGS)

 

 

Baca Juga