Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

Bulan Ramadan telah tiba. Bagi umat Muslim, menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Menahan rasa haus dan lapar mungkin terasa berat di tengah aktivitas padat, salah satunya saat traveling. Otomatis, kamu membutuhkan tubuh yang bugar selama traveling di bulan puasa. Selain mengonsumsi makanan bergizi, simak tips dari PEGI PEGI.com agar kamu tetap bugar berpuasa saat traveling!

  1. Bekali Jadwal Imsyak dan Buka Puasa
    Sederhana tapi sering dilupakan, padahal jadwal imsyak dan buka puasa di tiap kota berbeda-beda. Misalnya, dengan cara browsing atau mampir ke masjid terdekat di kota yang kamu singgahi untuk mengetahui jadwalnya.
  2. Utamakan Serat, Hindari Pedas dan Berminyak
    Sebagai sumber energi bagi tubuh, kamu butuh mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat saat sahur dan berbuka. Makanan berserat juga membutuhkan waktu lama untuk diserap sehingga rasa lapar pun bakal tertunda. Hindari juga makanan pedas dan berminyak agar lambung tidak bekerja keras mencerna makanan.
  3. Perbanyak Air Putih
    Traveling sambil berpuasa mungkin menguras tenaga, makanya kamu wajib mengonsumsi air putih baik saat sahur maupun berbuka puasa. Air putih bisa menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.
  4. Cukup Istirahat
    Saat traveling sambil berpuasa, tubuh kamu bekerja dua kali lebih keras daripada biasanya. Tidur selama enam hingga delapan jam di malam hari dapat mengembalikan energi yang terkuras. Jika sempat, kamu juga bisa melakukan power nap selama 10-15 menit di siang hari. Misalnya, saat di perjalanan berpindah tempat wisata.
  5. Konsumsi Multivitamin
    Terkadang, makanan sehat saja belum cukup. Kamu bisa tambahkan konsumsi multivitamin sebagai cadangan energi tambahan. Untuk wanita, kamu bisa pilih mulitivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi, sedangkan untuk pria yang kandungan vitamin dan mineralnya lebih tinggi.
  6. Hindari Medan Berat
    Bukannya dilarang, tetapi akan lebih bijak jika kamu menghindari lokasi wisata yang memiliki medan berat. Mendaki gunung hingga menerobos hutan belantara adalah dua jenis traveling yang tidak dianjurkan saat berpuasa. Bisa pilih aktivitas lain seperti jelajah museum, wisata sejarah, atau window shopping. Selamat berlibur!