Ketimbang Bekerja di Luar Negeri, Thiyen Memilih Mengembangkan Bisnis Sendiri di Indonesia

Bayangan kehidupan yang lebih nyaman dan mapan seringkali membuat orang terobsesi untuk tinggal dan bekerja di luar negeri daripada bekerja atau berbisnis di Indonesia. Memang tidak dapat dipungkiri, kehidupan di negara-negara maju seringkali menjadi magnet bagi sebagian warganegara Indonesia untuk mengadu nasib di negara-negara tersebut. Namun bagi seorang Thiyen yang pernah merasakan tinggal dan menetap di beberapa negara yang dianggap lebih maju dari Indonesia, tinggal dan bekerja di luar negeri tidak selalu menjadi pilihan yang menarik.

Thiyen, seorang lajang yang tinggal bersama orang tuanya di Bumi Bintaro Permai ini, memilih mengembangkan bisnisnya, Artmediasia Creative Design, yang fokus menyediakan poster-poster kreatif hasil desainnya (baca juga : Artmediasia Creative Design, Menciptakan Keindahan Bagi Ruangan Anda Melalui Poster Artistik).

Menyelesaikan pendidikan D3-nya di bidang desain grafis di Malaysia, dan S1-nya di Australia tidak lantas membuat Thiyen memilih tinggal dan menetap di negara lain sebagai pilihan hidupnya. Padahal kesempatan untuk tinggal dan menetap di negara-negara lain sangat terbuka. Setamatnya dari pendidikan, Thiyen juga pernah bekerja di Hongkong dan Sydney, selain di Jakarta dan Bali.

Thiyen yang sempat merasakan bekerja di negara lain menjelaskan kepada Info Bintaro, bekerja dan menetap di luar negeri tidak selamanya lebih menyenangkan ketimbang di Indonesia. Ia pernah bekerja di sebuah biro desain dan merasakan bagaimana situasi pekerjaan yang ada tidak lebih baik dari di Indonesia. Ia seringkali harus mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak berhubungan dengan tanggung jawabnya sebagai seorang desainer grafis.

Perubahan pandangannya untuk menetap di Indonesia timbul ketika ia kembali ke Indonesia untuk bertemu orang tuanya. Rencananya, setelah di Indonesia beberapa bulan ia akan kembali ke Australia untuk meneruskan bekerja di sana. Saat ia berada di Indonesia, Thiyen iseng-iseng mencoba membuat desain-desain poster kreasinya dan diposting di akun Instagram yang dimilikinya. Ternyata sambutannya sangat positif. Tidak lama ia mendapatkan order pertamanya dari dari sebuah cafe yang disusul dengan order-order lainnya.

Memang, semenjak dari tahun lalu, Thiyen telah memiliki ide untuk membuat desain-desain yang berisikan kata-kata motivasi bagi anak-anak muda. Order-order pertamanya ini membuat ia tergelitik untuk mengembangkan bisnis di Indonesia. Apalagi sebelumnya ia telah memiliki suplier-suplier yang dapat membantunya memproduksi poster-poster kreatif desainnya.

Thiyen merasakan ada keasyikan tersendiri bila desain-desain posternya disukai pelanggan-pelanggannya. Dengan berbekal pendidikan, pengalaman dan bakat yang dimilikinya, ia percaya bisnis yang dibangunnya ini bisa berkembang. Dan, yang terpenting ia mendapatkan kepuasan batin dari apa yang dikerjakannya. Sesuatu yang tidak diperolehnya dengan bekerja di negara lain, sekalipun dengan iming-iming kehidupan yang lebih menjanjikan.

 

(ES)

Leave a Comment