Berita Utama

Ketidakpastian Pandemi, Muncul Urgensi bagi Perusahaan Kecil hingga Besar Beralih ke Cloud Computing

Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 6 bulan ini berdampak besar pada operasional bisnis. Penerapan kebijakan kerja dari rumah dan dan dari kantor dilakukan secara parsial oleh mayoritas bisnis dan perusahaan.

Kini, Jakarta kembali memberlakukan PSBB Ketat dimana hanya 11 sektor industri saja yang diperbolehkan bekerja dari kantor dengan kapasitas yang minimum. Sementara sektor industri non-esensial kembali bekerja dari rumah. Perubahan kebijakan ini menjadi tantangan, khususnya bagi HR, untuk memastikan operasional bisnis dan kinerja perusahaan tetap berjalan dengan baik di tengah ketidakpastian saat ini.

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta mendukung produktivitas kerja. Hal yang tidak dapat dipenuhi oleh infrastruktur on-premise karena tidak bisa diakses secara fleksibel saat bekerja dari rumah.

Misalnya, saat PSBB ketat ini HR tidak bisa datang ke kantor menarik data kehadiran karyawan, sehingga dapat berpengaruh pada keterlambatan proses payroll. Rekapan manual klaim karyawan yang mungkin masih dilakukan satu persatu melalui email atau chat tentu saja akan menambah waktu pengerjaan. Masalah – masalah yang muncul ini memperkuat fakta bahwa cloud computing, salah satunya Human Resources Information System (HRIS) berbasis cloud,  menjadi jawaban dari kebutuhan bisnis dimana pengguna bisa dengan fleksibel mengakses data dimana saja dan kapan saja. Sehingga jika bisnis dan perusahaan ingin memastikan kinerja dan produktivitas tetap terjaga, migrasi ke cloud menjadi penting dilakukan.

Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio, menyebutkan bahwa, “Masa pandemi ini mendorong percepatan transformasi bisnis, di mana cloud memungkinkan kolaborasi jarak jauh dengan rekan kerja walau dari lokasi yang berbeda. Kami mencatatkan ada peningkatan sekitar 20% permintaan penggunaan teknologi cloud dari sisi Biznet Gio.”

Suwandi Soh, CEO Mekari, juga menegaskan, “Muncul kesadaran akan pentingnya membangun sistem di atas infrastruktur cloud demi mencapai operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien di masa ini. Kita benar – benar diakselerasi masuk ke apa yang disebut “future of workplace” yaitu remote working dan online collaboration. Bisnis yang sudah melakukan migrasi ke cloud akan bertahan dan mampu bersaing dibandingkan bisnis yang masih mengandalkan sistem manual dengan situasi workplace yang hybrid saat ini. Sekarang merupakan momen yang penting dan tepat bagi pemilik bisnis untuk beralih ke cloud computing dan bagi pelaku industri SaaS untuk menggencarkan edukasi atas solusi bisnis yang dapat ditawarkan oleh cloud computing, salah satunya HRIS.”

“Agar meyakinkan bisnis dan perusahaan beralih ke cloud, keamanan data internal menjadi prioritas utama. SaaS provider menjamin bahwa data bisnis aman yang didukung beberapa strategi seperti telah tersertifikasi  standar internasional seperti ISO27001 terkait standar penyimpanan dan pengelolaan data atau dengan memberikan level proteksi Two Factor Authentication saat mengakses data,” tambah Dondy”

Mekari sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, selalu berinovasi untuk menghadirkan solusi bagi operasional bisnis berbasis cloud, salah satunya melalui produk Talenta, software HRIS & Payroll. HRIS sendiri merupakan sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengarsipkan serta menganalisa data – data terkait pengelolaan karyawan seperti gaji, absensi, klaim dan lainnya. Lalu, manfaat apa yang dapat ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud?

Mendukung Fleksibilitas Kerja HR

HRIS berbasis cloud memungkinkan HR mengakses data karyawan dengan mudah kapanpun dan dimanapun. HR bisa mengurus payroll, reimburse, hingga administrasi lainnya secara tepat waktu dan lancar tanpa bergantung pada software di kantor. Produktivitas kerja HR tetap terjaga meskipun sedang bekerja dari rumah.

Peningkatan Skala Operasional HR Melalui Automasi

Dengan kembali diberlakukannya PSBB ketat, perusahaan membutuhkan fungsi HR secara strategis untuk mempersiapkan proyeksi dan perencanaan operasional bisnis kedepannya pasca pandemi hingga infrastruktur yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa bisnis menghadapi future of workplace. Automasi yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta akan membantu HR mengurus hal – hal administratif yang biasanya memakan waktu, sehingga mereka bisa fokus pada perencanaan strategis tersebut.

Efisiensi Biaya

Bisnis dan perusahaan bisa mulai menggunakan HRIS berbasis cloud tanpa mengeluarkan investasi yang besar. Sebagai pertimbangan bagi bisnis dan perusahaan yang pastinya sangat cermat mengatur pengeluaran atau investasi tambahan di masa krisis ini, jika dihitung secara Total Cost of Ownership penggunaan HRIS berbasis cloud pun masih lebih terjangkau.

Kemudahan akses yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta ini diyakini menjadi solusi relevan bagi pemilik bisnis yang ada di seluruh Indonesia untuk mengelola karyawan di situasi saat ini. “Saat ini kita lihat bahwa secara ekonomi sentris, pulau Jawa masih menjadi pusatnya. Namun, banyak pemilik bisnis di luar Jawa yang butuh solusi atas permasalahan yang sama. Dengan HRIS berbasis cloud misalnya, pemilik bisnis di mana saja dapat mengakses solusi pengelolaan HR & payroll tersebut hanya dengan koneksi internet. Kehadiran teknologi cloud ini memungkinkan semua jenis perusahaan kecil hingga besar memiliki kesempatan mendapat solusi yang sama,” tambah Suwandi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik http://bit.ly/talentacloud.

(BON)

 

Baca Juga

  • Glorious Innovation Jadi Tema DFSK di GIIAS 2019

    Glorious Innovation Jadi Tema DFSK di GIIAS 2019

    DFSK mengumumkan ikut serta selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan membawa sejumlah keseruan yang tidak akan terlupakan kepada seluruh pengunjung. Merek otomotif ternama asal China ini menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi konsumen, kegiatan yang seru di booth, sampai dengan hiburan musik dari panggung di booth […]
  • Hadir di Youtube FanFest 2019, IM3 Ooredoo Berikan Generasi Muda Kebebasan Berkolaborasi dan Berkreasi

    Hadir di Youtube FanFest 2019, IM3 Ooredoo Berikan Generasi Muda Kebebasan Berkolaborasi dan Berkreasi

    Pada tanggal 29 November 2019, IM3 Ooredoo berpartisipasi dalam gelaran YouTube FanFest Liveshow di Jakarta setelah sukses melakukan kolaborasi di 4 kota sebelumnya yaitu YouTube FanFest Showcase Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Acara ini akan menampilkan banyak content creator baik dari Indonesia hingga luar negeri, serta menjadi ajang bagi para penggemar untuk bertatap muka dan […]
  • Telkomsel Bersama APTISI Wilayah DKI Jakarta Hadirkan Layanan Internet Murah untuk 312 Perguruan Tinggi

    Telkomsel Bersama APTISI Wilayah DKI Jakarta Hadirkan Layanan Internet Murah untuk 312 Perguruan Tinggi

    Telkomsel melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah III DKI Jakarta dalam menghadirkan layanan paket data murah dan solusi komunikasi pembelajaran jarak jauh. Saat ini Telkomsel terus mengakselerasi dunia pendidikan melalui program #DiRumahTerusBelajar sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru. General Manager SME Sales Management West Area Telkomsel Hasan Kurdi mengatakan, […]
  • Goodyear Kembangkan Konsep Ban Pintar untuk Mengoptimalkan Pengurangan Jarak Henti

    Goodyear Kembangkan Konsep Ban Pintar untuk Mengoptimalkan Pengurangan Jarak Henti

    Melalui inovasi teknologi terbarunya yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan berkendara, Goodyear berhasil mengembangkan konsep ban pintar yang telah teruji sejauh 4,8 juta kilometer dari data uji cobanya di medan jalan. Goodyear menanam keeping sensor yang mampu “berbicara” dan terhubung antara kendaraan dan medan jalan, serta mengukur karakteristik ban tersebut sehingga dapat mengkalkulasikan potensi dari […]
  • Nissan Memulai Pengiriman New Terra Ke Pelanggan

    Nissan Memulai Pengiriman New Terra Ke Pelanggan

    Nissan mengumumkan pengiriman new Terra ke pelanggan telah dimulai sejak Desember 2018. Pada seremoni penyerahan kendaraan kepada pelanggan yang diadakan di Jakarta Selatan pada 21 Desember 2108, Nissan menyerahkan New Terra dengan tipe VL 2WD dengan warna twilight grey. “Sebagai penggemar mobil SUV dengan ukuran yang besar, saya memilih new Nissan Terra yang menawarkan tenaga […]
  • Bingungnya Memilih Menu di Sapo Oriental

    Bingungnya Memilih Menu di Sapo Oriental

    Chinese Food merupakan salah satu masakan yang sangat akrab bagi lidah orang Indonesia. Proses pembauran budaya Tiongkok di Indonesia yang telah berlangsung berabad-abad membuat masakan Chinese begitu menyatu dengan keseharian masyarakat Indonesia. Untuk menemukan tempat makan yang menyajikan menu Chinese Food sangat mudah, di berbagai kota di Indonesia, bahkan sampai di pelosok-pelosok wilayah nusantara, dengan […]
  • Allianz Life Syariah Perkenalkan Peluang Wirausaha bagi Para Milenial

    Allianz Life Syariah Perkenalkan Peluang Wirausaha bagi Para Milenial

    Unit usaha syariah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia (“Allianz Life Syariah”) menerapkan langkah strategis dalam mengembangkan jaringan pemasarannya dengan fokus perekrutan terhadap generasi milenial yang berminat mengembangkan kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship), dimana ke depannya generasi ini juga akan menjadi target pasar asuransi syariah. Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin […]
  • Komitmen Mie Sukses’s Isi 2 untuk Meningkatkan Eksistensi Pasar Terwujud melalui Inovasi dan Distribusi yang Kuat

    Komitmen Mie Sukses’s Isi 2 untuk Meningkatkan Eksistensi Pasar Terwujud melalui Inovasi dan Distribusi yang Kuat

    Mie Sukses’s isi 2 secara konsisten mencatatkan pertumbuhan positif sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Merek mi instan dari WINGS Food ini pun terus mendekati eksistensi kompetitor utamanya di pasaran. Hingga saat ini, porsi pangsa pasar mi instan yang dikantongi oleh Mie Sukses’s isi 2 adalah sebesar 2% dengan sang incumbent yang berada di angka […]
  • Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan

    Berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Halodoc menambahkan kanal layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang diresmikan hari ini (7/4) di Sekretariat POGI Jaya, Jakarta. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan POGI berkomitmen untuk melindungi masyarakat, terutama ibu hamil, agar […]
  • Dell Kembali Berinovasi Dengan Dell XPS 13 Terbaru

    Dell Kembali Berinovasi Dengan Dell XPS 13 Terbaru

    Dell Indonesia resmi meluncurkan Dell XPS 13 terbaru, laptop 13 inci terkecil dan paling tangguh di kelasnya. Selain memperkenalkan salah satu perangkat tercantik di dunia, Dell juga mengungkapkan inovasi tersembunyi luar biasa yang terdapat di produk ini, yang dirancang untuk meningkatkan kinerja, fungsi, dan pengalaman pengguna secara menyeluruh. “Di Dell, inovasi tidak pernah berhenti. Kami […]
  • Bantu UMKM, Ninja Xpress Bersama Mohoi Bersinergi melalui Pesan Bumi

    Bantu UMKM, Ninja Xpress Bersama Mohoi Bersinergi melalui Pesan Bumi

    Di tengah pandemi Covid-19, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menunjukkan ketangguhannya. Sebagai perusahaan jasa logistik, Ninja Xpress berkomitmen untuk terus membantu UMKM baik sebelum maupun saat berada di masa pandemi. Pentingnya UMKM terlihat pada sumbangsih sektor ekonomi kreatif yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Capaian ini terlihat pada tahun 2016, dari data […]
  • Galaxy Note10 L 10+ Buat Para Powerful Generation Melakukan Pekerjaan dan Passion Beragam Lebih Sempurna

    Galaxy Note10 L 10+ Buat Para Powerful Generation Melakukan Pekerjaan dan Passion Beragam Lebih Sempurna

    Resmi diluncurkan hari Rabu lalu, Galaxy Note10+ telah menjadi smartphone andalan Benhard Suryaningrat, yang dikenal sebagai pembuat peta Indonesia untuk jaket Presiden RI, mulai dari mencari inspirasi sampai menjalankan bisnisnya. Ini berkat keunggulan fitu-fitur Galaxy Note10|10+ untuk berkreasi dan bekerja yang dikemas dengan desain Infinity-O Display dan warna yang memukau, serta ditenagai prosesor terbaru 7nm […]
  • Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

    Manfaat Edukasi Dalam Permainan Lego

    Lego – kita semua tahu itu. Sebagian besar dari kita tumbuh dengan itu. Ini adalah salah satu merek terbesar di dunia, langsung dikenali dan memiliki basis penggemar yang sangat besar. Pernahkah Anda memikirkan manfaat pendidikan Lego?  Telah banyak guru dan pakar pendidikan yang membawa lego ke dalam proses pendidikan di kelas. Simak video berikut. [embedyt] […]
  • Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

    Kreator Lokal di Tokopedia Bantu Lawan Corona

    Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan. Riset internal Tokopedia menunjukkan produk yang paling banyak dicari antara lain berbagai jenis masker mulut, camilan sehat, hingga cairan antiseptik atau hand sanitizer. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menyatakan, “Belanja online memang dapat […]
  • Sony Memperluas Lini “Full-frame Mirrorless” Dengan α7 III Terbaru yang Menyatukan Berbagai Teknologi Fotografi Terkini ke Dalam Satu Kamera Ringkas

    Sony Memperluas Lini “Full-frame Mirrorless” Dengan α7 III Terbaru yang Menyatukan Berbagai Teknologi Fotografi Terkini ke Dalam Satu Kamera Ringkas

    Sony memperkenalkan tambahan yang mengesankan ke dalam lini kamera full-frame mirrorless miliknya yaitu α7 III (model ILCE-7M3). Inovasi Sony yang tak tertandingi dalam hal sensor kamera terlihat secara jelas pada α7 III, dengan fitur sensor 24.2MP1 back-illuminated Exmor R CMOS terbaru yang memiliki sensitivitas yang telah ditingkatkan, resolusi terkemuka dan dynamic range 15 stops pada […]
  • Idul Adha 1439 H: Hero Group Ungkapkan Rasa Syukur dengan Berbagi Ratusan Hewan Kurban

    Idul Adha 1439 H: Hero Group Ungkapkan Rasa Syukur dengan Berbagi Ratusan Hewan Kurban

    Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1439 H yang jatuh pada 22 Agustus 2018, PT Hero Supermarket Tbk menyelenggarakan acara simbolis penyerahan hewan kurban yang dilaksanakan pada Senin, 20 Agustus 2018. Penyerahan hewan kurban ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberlangsungan dan kesuksesan bisnis perusahaan yang telah berdiri sejak […]
  • Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri, Jaga Momentum di Tengah Pandemi

    Akselerasi Akses Informasi di Seluruh Negeri, Jaga Momentum di Tengah Pandemi

    Merebaknya pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi seluruh negara di dunia. Hampir semua aktivitas para pelaku bisnis dari berbagai aspek industri terkena dampak pandemi ini dan dituntut mampu beradaptasi agar dapat bertahan. Meski demikian, ada juga beberapa sektor industri yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, […]
  • Posyandu Fair 2017: Hero Supermarket Dukung Kemajuan Posyandu

    Posyandu Fair 2017: Hero Supermarket Dukung Kemajuan Posyandu

    Hero Supermarket menyelenggarakan Posyandu Fair 2017 di Gedung Olahraga Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan pada Sabtu 14 Oktober 2017 . Posyandu Fair adalah acara tahunan yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2015 sebagai bagian dari program KASIH (Komitmen Anak dan Ibu Sehat Hero) dan merupakan bentuk kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas kesehatan Ibu dan anak, yang […]
  • Gerakan Stay Active: Tetap Aktif Bersepeda untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

    Gerakan Stay Active: Tetap Aktif Bersepeda untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

    Pandemi Corona sejak maret lalu mulai menyentuh Indonesia. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari himbauan untuk social distancing hingga berubah menjadi physical distancing. Kondisi saat ini yang dapat dilakukan tetap tenang dan aktif untuk  meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya melalui kegiatan olahraga yang aman yakni bersepeda. Dimana bersepeda sendiri merupakan olahraga individu, yang menurut badan […]
  • Mario Suryo Aji Kembali Balapan di Eropa, Siap Banggakan Bangsa

    Mario Suryo Aji Kembali Balapan di Eropa, Siap Banggakan Bangsa

    Mario Suryo Aji kembali mendapat kesempatan berjuang mengibarkan Merah Putih di Eropa. Salah satu pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berusia 16 tahun tersebut siap berjibaku di FIM CEV Moto3 Junior World Championship musim 2020 yang diisi banyak pebalap berbakat dari seluruh dunia. Perjalanan Mario yang memasuki tahun kedua di ajang ini sempat tertunda karena pandemi. […]

Tinggalkan Balasan