Berita Utama

Ketidakpastian Pandemi, Muncul Urgensi bagi Perusahaan Kecil hingga Besar Beralih ke Cloud Computing

Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 6 bulan ini berdampak besar pada operasional bisnis. Penerapan kebijakan kerja dari rumah dan dan dari kantor dilakukan secara parsial oleh mayoritas bisnis dan perusahaan.

Kini, Jakarta kembali memberlakukan PSBB Ketat dimana hanya 11 sektor industri saja yang diperbolehkan bekerja dari kantor dengan kapasitas yang minimum. Sementara sektor industri non-esensial kembali bekerja dari rumah. Perubahan kebijakan ini menjadi tantangan, khususnya bagi HR, untuk memastikan operasional bisnis dan kinerja perusahaan tetap berjalan dengan baik di tengah ketidakpastian saat ini.

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta mendukung produktivitas kerja. Hal yang tidak dapat dipenuhi oleh infrastruktur on-premise karena tidak bisa diakses secara fleksibel saat bekerja dari rumah.

Misalnya, saat PSBB ketat ini HR tidak bisa datang ke kantor menarik data kehadiran karyawan, sehingga dapat berpengaruh pada keterlambatan proses payroll. Rekapan manual klaim karyawan yang mungkin masih dilakukan satu persatu melalui email atau chat tentu saja akan menambah waktu pengerjaan. Masalah – masalah yang muncul ini memperkuat fakta bahwa cloud computing, salah satunya Human Resources Information System (HRIS) berbasis cloud,  menjadi jawaban dari kebutuhan bisnis dimana pengguna bisa dengan fleksibel mengakses data dimana saja dan kapan saja. Sehingga jika bisnis dan perusahaan ingin memastikan kinerja dan produktivitas tetap terjaga, migrasi ke cloud menjadi penting dilakukan.

Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio, menyebutkan bahwa, “Masa pandemi ini mendorong percepatan transformasi bisnis, di mana cloud memungkinkan kolaborasi jarak jauh dengan rekan kerja walau dari lokasi yang berbeda. Kami mencatatkan ada peningkatan sekitar 20% permintaan penggunaan teknologi cloud dari sisi Biznet Gio.”

Suwandi Soh, CEO Mekari, juga menegaskan, “Muncul kesadaran akan pentingnya membangun sistem di atas infrastruktur cloud demi mencapai operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien di masa ini. Kita benar – benar diakselerasi masuk ke apa yang disebut “future of workplace” yaitu remote working dan online collaboration. Bisnis yang sudah melakukan migrasi ke cloud akan bertahan dan mampu bersaing dibandingkan bisnis yang masih mengandalkan sistem manual dengan situasi workplace yang hybrid saat ini. Sekarang merupakan momen yang penting dan tepat bagi pemilik bisnis untuk beralih ke cloud computing dan bagi pelaku industri SaaS untuk menggencarkan edukasi atas solusi bisnis yang dapat ditawarkan oleh cloud computing, salah satunya HRIS.”

“Agar meyakinkan bisnis dan perusahaan beralih ke cloud, keamanan data internal menjadi prioritas utama. SaaS provider menjamin bahwa data bisnis aman yang didukung beberapa strategi seperti telah tersertifikasi  standar internasional seperti ISO27001 terkait standar penyimpanan dan pengelolaan data atau dengan memberikan level proteksi Two Factor Authentication saat mengakses data,” tambah Dondy”

Mekari sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, selalu berinovasi untuk menghadirkan solusi bagi operasional bisnis berbasis cloud, salah satunya melalui produk Talenta, software HRIS & Payroll. HRIS sendiri merupakan sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengarsipkan serta menganalisa data – data terkait pengelolaan karyawan seperti gaji, absensi, klaim dan lainnya. Lalu, manfaat apa yang dapat ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud?

Mendukung Fleksibilitas Kerja HR

HRIS berbasis cloud memungkinkan HR mengakses data karyawan dengan mudah kapanpun dan dimanapun. HR bisa mengurus payroll, reimburse, hingga administrasi lainnya secara tepat waktu dan lancar tanpa bergantung pada software di kantor. Produktivitas kerja HR tetap terjaga meskipun sedang bekerja dari rumah.

Peningkatan Skala Operasional HR Melalui Automasi

Dengan kembali diberlakukannya PSBB ketat, perusahaan membutuhkan fungsi HR secara strategis untuk mempersiapkan proyeksi dan perencanaan operasional bisnis kedepannya pasca pandemi hingga infrastruktur yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa bisnis menghadapi future of workplace. Automasi yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta akan membantu HR mengurus hal – hal administratif yang biasanya memakan waktu, sehingga mereka bisa fokus pada perencanaan strategis tersebut.

Efisiensi Biaya

Bisnis dan perusahaan bisa mulai menggunakan HRIS berbasis cloud tanpa mengeluarkan investasi yang besar. Sebagai pertimbangan bagi bisnis dan perusahaan yang pastinya sangat cermat mengatur pengeluaran atau investasi tambahan di masa krisis ini, jika dihitung secara Total Cost of Ownership penggunaan HRIS berbasis cloud pun masih lebih terjangkau.

Kemudahan akses yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta ini diyakini menjadi solusi relevan bagi pemilik bisnis yang ada di seluruh Indonesia untuk mengelola karyawan di situasi saat ini. “Saat ini kita lihat bahwa secara ekonomi sentris, pulau Jawa masih menjadi pusatnya. Namun, banyak pemilik bisnis di luar Jawa yang butuh solusi atas permasalahan yang sama. Dengan HRIS berbasis cloud misalnya, pemilik bisnis di mana saja dapat mengakses solusi pengelolaan HR & payroll tersebut hanya dengan koneksi internet. Kehadiran teknologi cloud ini memungkinkan semua jenis perusahaan kecil hingga besar memiliki kesempatan mendapat solusi yang sama,” tambah Suwandi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik http://bit.ly/talentacloud.

(BON)

 

Baca Juga

  • Johnson & Johnson Indonesia Edukasi Masyarakat Tentang Kesehatan Jiwa melalui Webinar Seminar Awam

    Johnson & Johnson Indonesia Edukasi Masyarakat Tentang Kesehatan Jiwa melalui Webinar Seminar Awam

    PT Johnson & Johnson Indonesia secara konsisten memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, terutama di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Sejak April 2020, perusahaan bahkan telah memulai rangkaian edukasi terkait kesehatan mental bagi masyarakat Indonesia dengan melibatkan sejumlah para pemangku kepentingan. Untuk itulah Johnson & Johnson mengadakan webinar seminar awam yang bertemakan Telemedicine […]
  • Pepes Ikan Duri Lunak “Ibu Eka”, Makan Pepes Ikan Tanpa Repot

    Pepes Ikan Duri Lunak “Ibu Eka”, Makan Pepes Ikan Tanpa Repot

    Pepes ikan saat ini telah menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Pepes yang awalnya merupakan kuliner tradisional khas Sunda semakin banyak digemari karena rasanya yang khas, sangat nikmat dijadikan teman makan nasi yang hangat. Selain pepes ikan, masih banyak olahan pepes dengan menggunakan bahan lainnya seperti ayam, tahu, jamur. Namun pepes ikan tetap menjadi […]
  • Canon Mini Photo Printer: Printer Foto Mungil untuk Kamu yang Trendi dan Kreatif

    Canon Mini Photo Printer: Printer Foto Mungil untuk Kamu yang Trendi dan Kreatif

    Menyimpan foto di smartphone memang praktis dan bisa diakses kapan saja kita mau. Tapi, akan lebih seru dan menyenangkan kalau foto-foto itu bisa langsung dicetak, kapan saja dan di mana saja. Untuk kamu yang trendi dan kreatif, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia menghadirkan printer foto dengan bentuk yang ringkas, […]
  • Mie Sedaap Penuhi Keinginan Masyarakat Indonesia dengan Meluncurkan Varian Terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang

    Mie Sedaap Penuhi Keinginan Masyarakat Indonesia dengan Meluncurkan Varian Terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang

    Mie Sedaap, mie instan unggulan dari Wings Food kini hadir menjawab keinginan masyarakat Indonesia dengan berinovasi menghadirkan mie instan pedas  bercita rasa khas Padang lewat varian terbaru Mie Sedaap Goreng Salero Padang. Varian terbaru dari Mie Sedaap ini memadukan mie goreng dengan bumbu khas nasi padang yang kaya cita rasa rempah-rempah membuat Mie Sedaap Goreng […]
  • Lima Destinasi Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Lokal Saat Liburan Singkat Akhir Pekan

    Lima Destinasi Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Lokal Saat Liburan Singkat Akhir Pekan

    Melarikan diri dari rutinitas yang itu-itu saja tentunya menjadi sesuatu yang lumrah, terlebih di negara berkembang seperti Indonesia. Dan untungnya negara ini memiliki beribu destinasi menarik yang bisa dikunjungi untuk libur panjang taua liburan singkat menghabiskan momen “cuti bersama”. Dan siapa sangka ternyata ibukota Jakarta masih menjadi destinasi yang digandrungi oleh wisatawan lokal untuk liburan […]
  • Tips Aman Mudik dari KNKT

    Tips Aman Mudik dari KNKT

    Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerbitkan tips bagi pemudik untuk melakukan perjalanan yang aman dengan menjaga kondisi fisik selama berkendara jangan sampai mengalami kelelahan (fatigue). Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan, data Kepolisian RI menunjukkan kecelakaan pada masa libur lebaran banyak disebabkan karena kelelahan (fatigue) pengemudi. Fatigue sendiri, menurut Djoko, merupakan kondisi penurunan kewaspadaan dan kemampuan […]
  • Digital Creative Millennials Dorong Creativepreneur untuk Bertransformasi Digital

    Digital Creative Millennials Dorong Creativepreneur untuk Bertransformasi Digital

    Digital Creative Millennials, salah satu program corporate social responsibility (CSR) unggulan dari Telkomsel, memperkuat perannya dalam mendorong kemajuan industri kreatif dan mendukung generasi muda di Indonesia untuk berani berbisnis menggunakan saluran digital. Peran tersebut kini diupayakan dengan menyelenggarakan workshop secara virtual pada 19 November 2020. Workshop tersebut memberikan insight bermanfaat untuk mendorong transformasi digital di […]
  • BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    BincangShopee Berikan Tips Traveling dengan Harga Miring

    Berlibur merupakan kebutuhan yang dibutuhkan seseorang untuk menghilangkan penat dan mengisi kembali energi setelah menghadapi aktivitas sehari-hari. Tidak hanya destinasi luar negeri, destinasi lokal juga sangat menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun untuk bepergian sendiri. Keindahan alam, wisata serta ragam budaya yang ditawarkan oleh setiap daerah di Indonesia sudah menjadi daya tarik bagi […]
  • 25 Tahun Telkomsel : Memaknai Konsistensi Melayani Negeri

    25 Tahun Telkomsel : Memaknai Konsistensi Melayani Negeri

    Telkomsel telah hadir di tengah masyarakat selama genap 25 tahun. Selama perjalanannya, Telkomsel secara konsisten memperkuat komitmen untuk mendampingi dan membawa perubahan nyata di setiap fase kehidupan bangsa Indonesia. Di usia 25 tahun ini, Telkomsel sebagai leading digital telco company memaknai kembali tujuan utama perusahaan untuk terus bergerak maju mendedikasikan seluruh daya dan upaya dalam […]
  • Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Vivo V19 Resmi Diluncurkan

    Memperkuat posisi ke-2 brand smartphone di Indonesia[2], vivo menghadirkan vivo V19  dengan tagline “Perfect Night, Perfect You,” sebagai awal langkah vivo di tahun 2020. Mengusung desain Ultra O Screen dengan ukuran lubang kamera depan terkecil di kelasnya, vivo V19 memberikan pengalaman visual lebih maksimal bagi konsumen. Selain desain layar trendi, vivo V19 juga dilengkapi dengan […]
  • Menghubungkan Destinasi “Instagramable” Dunia

    Menghubungkan Destinasi “Instagramable” Dunia

    Liburan ke luar negeri, Thailand masih menjadi primadona bagi wisatawan Indonesia, karena tetap menyimpan berbagai jenis tourism. Bangkok sebagai ibukota negara sangat popular untuk pusat perdagangan, bisnis serta ekonomi. Wilayahnya berada strategis di tepi barat Sungai Chao Phraya sejak dua abad silam. Sungai ini mengalir dan membagi kota menjadi dua bagian, Phra Na Korn dan Thon […]
  • Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) memprediksi lebih dari 40.000 Kematian di Indonesia hingga 1 November 2020

    Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) memprediksi lebih dari 40.000 Kematian di Indonesia hingga 1 November 2020

    Sebagai bagian dari proyeksi perdana yang membandingkan berbagai tindakan pengendalian penularan COVID-19, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, Seattle memproyeksikan 41,089 kematian (kisaran 16,355 hingga 109,761) akibat COVID-19 di Indonesia hingga 1 November 2020. Proyeksi ini mengasumsikan bahwa Indonesia akan memberlakukan atau mempertahankan pembatasan sosial  ketika kematian per hari mencapai 8 per satu juta orang. Jika penggunaan […]
  • Schneider Electric Selenggarakan Virtual Innovation Day 2020

    Schneider Electric Selenggarakan Virtual Innovation Day 2020

    Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, kembali menyelenggarakan acara tahunan Innovation Day 2020 di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 11 Juni 2020 mendatang secara virtual. Innovation Day kali ini mengangkat tema “Resilient Digital Transformation” yang akan mengulas trend dan tantangan ke depan bagi sektor komersial dan industri dalam membangun […]
  • Polygon Hadirkan Kembali Seri Sepeda Gravel Pertama di Indonesia

    Polygon Hadirkan Kembali Seri Sepeda Gravel Pertama di Indonesia

    Di tengah tren bersepeda yang meningkat, pertengahan tahun 2020 menjadi momentum bagi banyak pabrikan sepeda dalam memenuhi kebutuhan pasar yang terus merangkak naik. Momen ini membuat pabrikan sepeda berlomba untuk menarik minat konsumen dengan merilis produk  andalan mereka masing-masing. Tidak terkecuali bagi Polygon, yang di bulan Juli ini kembali merilis seri teranyar-nya, Bend R. Bend […]
  • Mencari Peralatan Sulap atau Belajar Sulap atau Butuh Atraksi Sulap? Benny Magic Tempatnya

    Mencari Peralatan Sulap atau Belajar Sulap atau Butuh Atraksi Sulap? Benny Magic Tempatnya

    Atraksi sulap selalu mengundang perhatian. Ada keseruan tersendiri campur penasaran melihat atraksi-atraksi yang seolah mustahil dilakukan. Namun, tahukah Anda bahwa setiap orang bisa bermain sulap? Ya, sulap ternyata bisa dipelajari dan tidak memakan waktu yang terlalu lama untuk mempelajarinya. Penasaran? Yuk kita simak ulasan mengenai Benny Magic berikut ini. Benny Magic merupakan usaha sulap yang […]
  • HERO Group Konsisten Peduli Eksistensi Posyandu

    HERO Group Konsisten Peduli Eksistensi Posyandu

    Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap pengabdian kader Posyandu Binaan HERO kepada masyarakat, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) hari ini kembali mengadakan Posyandu Fair. Posyandu Fair merupakan rangkaian dari Program Komitmen untuk Anak & Ibu Sehat HERO (KASIH) yang dilakukan oleh Hero Group. Acara yang diadakan di Gedung Serba Guna, Kelurahan Pondok Jaya, Tangerang […]
  • Nikmati Kopi Arabika Enrekang, Surganya Kopi di Bar Ngopi

    Nikmati Kopi Arabika Enrekang, Surganya Kopi di Bar Ngopi

    Di Bar Ngopi yang terletak di Lotte Mall Bintaro Sektor 7 Anda dapat menikmati salah satu kopi terbaik nusantara yakni kopi arabika Enrekang. Kopi yang biasa disebut arabika Kalosi meraih penghargaan “The Best Coffee” dalam kontes dan lelang kopi internasional di Bali, November 2016 silam. Specialty coffee asal Benteng Alla Utara itu dibanderol dengan harga lelang […]
  • Smartfren Berkolaborasi dengan Redmi 8A Pro Luncurkan Paket Bundling

    Smartfren Berkolaborasi dengan Redmi 8A Pro Luncurkan Paket Bundling

    Smartfren berkolaborasi dengan Xiaomi menawarkan paket bundling untuk smartphone Redmi 8A Pro. Setiap pembelian Redmi 8A Pro, akan mendapatkan kuota sebesar 41 GB per bulan dan akses premium VIU selama 90 hari. “Kerja sama dengan Xiaomi ini diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan lagi, bagi pelanggan yang menginginkan smartphone yang didukung kuota internet besar dengan […]
  • Maxstream Hadirkan Serial ‘Shark Tank’ di Saluran Techstorm

    Maxstream Hadirkan Serial ‘Shark Tank’ di Saluran Techstorm

    Aplikasi video streaming Telkomsel, yaitu MAXstream, kembali memperkaya kontennya untuk mengakomodasi lebih banyak minat pelanggan. Kali ini MAXstream menghadirkan serial ‘Shark Tank’, reality show bertemakan bisnis untuk mengakomodir berkembangnya minat entrepreneurship atau kewirausahaan di kalangan anak muda di Indonesia, dan menginspirasi mereka untuk mewujudkan mimpinya. General Manager Video Telkomsel, Luthfi Cahya Wibisono mengatakan, “Telkomsel secara […]
  • Menteri Rini: Pengoperasian Tol Solo-Ngawi Bakal Putar Roda Ekonomi

    Menteri Rini: Pengoperasian Tol Solo-Ngawi Bakal Putar Roda Ekonomi

    Jalan Tol Solo-Ngawi segmen Kartasura-Sragen telah resmi beroperasi. Ruas tol sepanjang 35,2 Kilometer (Km) tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada hari ini, 15 Juli 2018. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan pengoperasian infrastruktur Jalan Tol Solo-Ngawi akan menjadi konektivitas baru yang berdampak positif bagi ekonomi daerah dan nasional. […]

Tinggalkan Balasan