Berita Utama

Ketidakpastian Pandemi, Muncul Urgensi bagi Perusahaan Kecil hingga Besar Beralih ke Cloud Computing

Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 6 bulan ini berdampak besar pada operasional bisnis. Penerapan kebijakan kerja dari rumah dan dan dari kantor dilakukan secara parsial oleh mayoritas bisnis dan perusahaan.

Kini, Jakarta kembali memberlakukan PSBB Ketat dimana hanya 11 sektor industri saja yang diperbolehkan bekerja dari kantor dengan kapasitas yang minimum. Sementara sektor industri non-esensial kembali bekerja dari rumah. Perubahan kebijakan ini menjadi tantangan, khususnya bagi HR, untuk memastikan operasional bisnis dan kinerja perusahaan tetap berjalan dengan baik di tengah ketidakpastian saat ini.

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta mendukung produktivitas kerja. Hal yang tidak dapat dipenuhi oleh infrastruktur on-premise karena tidak bisa diakses secara fleksibel saat bekerja dari rumah.

Misalnya, saat PSBB ketat ini HR tidak bisa datang ke kantor menarik data kehadiran karyawan, sehingga dapat berpengaruh pada keterlambatan proses payroll. Rekapan manual klaim karyawan yang mungkin masih dilakukan satu persatu melalui email atau chat tentu saja akan menambah waktu pengerjaan. Masalah – masalah yang muncul ini memperkuat fakta bahwa cloud computing, salah satunya Human Resources Information System (HRIS) berbasis cloud,  menjadi jawaban dari kebutuhan bisnis dimana pengguna bisa dengan fleksibel mengakses data dimana saja dan kapan saja. Sehingga jika bisnis dan perusahaan ingin memastikan kinerja dan produktivitas tetap terjaga, migrasi ke cloud menjadi penting dilakukan.

Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio, menyebutkan bahwa, “Masa pandemi ini mendorong percepatan transformasi bisnis, di mana cloud memungkinkan kolaborasi jarak jauh dengan rekan kerja walau dari lokasi yang berbeda. Kami mencatatkan ada peningkatan sekitar 20% permintaan penggunaan teknologi cloud dari sisi Biznet Gio.”

Suwandi Soh, CEO Mekari, juga menegaskan, “Muncul kesadaran akan pentingnya membangun sistem di atas infrastruktur cloud demi mencapai operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien di masa ini. Kita benar – benar diakselerasi masuk ke apa yang disebut “future of workplace” yaitu remote working dan online collaboration. Bisnis yang sudah melakukan migrasi ke cloud akan bertahan dan mampu bersaing dibandingkan bisnis yang masih mengandalkan sistem manual dengan situasi workplace yang hybrid saat ini. Sekarang merupakan momen yang penting dan tepat bagi pemilik bisnis untuk beralih ke cloud computing dan bagi pelaku industri SaaS untuk menggencarkan edukasi atas solusi bisnis yang dapat ditawarkan oleh cloud computing, salah satunya HRIS.”

“Agar meyakinkan bisnis dan perusahaan beralih ke cloud, keamanan data internal menjadi prioritas utama. SaaS provider menjamin bahwa data bisnis aman yang didukung beberapa strategi seperti telah tersertifikasi  standar internasional seperti ISO27001 terkait standar penyimpanan dan pengelolaan data atau dengan memberikan level proteksi Two Factor Authentication saat mengakses data,” tambah Dondy”

Mekari sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, selalu berinovasi untuk menghadirkan solusi bagi operasional bisnis berbasis cloud, salah satunya melalui produk Talenta, software HRIS & Payroll. HRIS sendiri merupakan sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengarsipkan serta menganalisa data – data terkait pengelolaan karyawan seperti gaji, absensi, klaim dan lainnya. Lalu, manfaat apa yang dapat ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud?

Mendukung Fleksibilitas Kerja HR

HRIS berbasis cloud memungkinkan HR mengakses data karyawan dengan mudah kapanpun dan dimanapun. HR bisa mengurus payroll, reimburse, hingga administrasi lainnya secara tepat waktu dan lancar tanpa bergantung pada software di kantor. Produktivitas kerja HR tetap terjaga meskipun sedang bekerja dari rumah.

Peningkatan Skala Operasional HR Melalui Automasi

Dengan kembali diberlakukannya PSBB ketat, perusahaan membutuhkan fungsi HR secara strategis untuk mempersiapkan proyeksi dan perencanaan operasional bisnis kedepannya pasca pandemi hingga infrastruktur yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa bisnis menghadapi future of workplace. Automasi yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta akan membantu HR mengurus hal – hal administratif yang biasanya memakan waktu, sehingga mereka bisa fokus pada perencanaan strategis tersebut.

Efisiensi Biaya

Bisnis dan perusahaan bisa mulai menggunakan HRIS berbasis cloud tanpa mengeluarkan investasi yang besar. Sebagai pertimbangan bagi bisnis dan perusahaan yang pastinya sangat cermat mengatur pengeluaran atau investasi tambahan di masa krisis ini, jika dihitung secara Total Cost of Ownership penggunaan HRIS berbasis cloud pun masih lebih terjangkau.

Kemudahan akses yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta ini diyakini menjadi solusi relevan bagi pemilik bisnis yang ada di seluruh Indonesia untuk mengelola karyawan di situasi saat ini. “Saat ini kita lihat bahwa secara ekonomi sentris, pulau Jawa masih menjadi pusatnya. Namun, banyak pemilik bisnis di luar Jawa yang butuh solusi atas permasalahan yang sama. Dengan HRIS berbasis cloud misalnya, pemilik bisnis di mana saja dapat mengakses solusi pengelolaan HR & payroll tersebut hanya dengan koneksi internet. Kehadiran teknologi cloud ini memungkinkan semua jenis perusahaan kecil hingga besar memiliki kesempatan mendapat solusi yang sama,” tambah Suwandi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik http://bit.ly/talentacloud.

(BON)

 

Baca Juga

  • Trafi, Sekarang Naik Angkutan Umum Jadi Lebih Mudah

    Trafi, Sekarang Naik Angkutan Umum Jadi Lebih Mudah

    Permasalahan kemacetan di Jakarta dan sekitarnya, pada waktu belakangan ini semakin menjadi-jadi. Bila dulu kemacetan lalu lintas terjadi pada jam-jam sibuk tertentu, saat ini kemacetan bisa terjadi bahkan pada tengah malam. Bila kita cermati, sumber kemacetan bersumber dari semakin banyaknya kendaraan bermotor baik mobil mau pun sepeda motor. Di sisi lain, buruknya sarana transportasi umum […]
  • Dukung Animasi Indonesia, Sinar Mas Land Ajak Ratusan Siswa SMP Gelar Nonton Bareng di BSD City

    Dukung Animasi Indonesia, Sinar Mas Land Ajak Ratusan Siswa SMP Gelar Nonton Bareng di BSD City

    Dunia animasi di Indonesia semakin berkembang dan karya-karya anak bangsa mulai dikenal di kancah internasional. Untuk mendukung perkembangan animasi di Indonesia dan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Sinar Mas Land mengadakan acara Nonton Bareng (NoBar) pada hari Sabtu, 24 Agustus 2019 di XXI The Breeze BSD City bersama ratusan siswa SMP. […]
  • AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Sewa Angkut Kargo dan Bantuan

    AirAsia Indonesia Layani Penerbangan Sewa Angkut Kargo dan Bantuan

    Sehubungan dengan peraturan pemerintah terkait pembatasan penerbangan komersial berjadwal sampai dengan 31 Mei 2020, AirAsia Indonesia untuk sementara waktu akan memfokuskan layanannya pada penerbangan sewa (charter) untuk melayani pengiriman barang logistik dan bantuan untuk pemulihan COVID-19, serta kebutuhan lainnya yang telah memperoleh izin dari pemerintah setempat dan otoritas terkait, selain membantu misi repatriasi. Direktur Utama […]
  • Huawei Luncurkan Solusi Cloud untuk Pembayaran Digital

    Huawei Luncurkan Solusi Cloud untuk Pembayaran Digital

    Huawei baru-baru ini meluncurkan Digital Payment Cloud Solution yang didesain untuk membantu para penyedia layanan pembayaran digital dalam membangun ekosistem pembayaran yang tersentra di super app. Inovasi ini merupakan wujud komitmen Huawei dalam mempercepat peningkatan inklusi finansial digital di pasar yang tengah berkembang. “Menurut GSMA, setelah 10 tahun pengembangannya, saat ini jumlah pengguna uang digital […]
  • Ingin Membeli Kaca Mobil? Columbia Motor Spesialisnya, Profesional dan Terpercaya

    Ingin Membeli Kaca Mobil? Columbia Motor Spesialisnya, Profesional dan Terpercaya

    Kaca mobil Anda retak atau pecah? Anda yang pernah mengalami situasi seperti ini tentunya tahu betapa repotnya melakukan penggantian kaca mobil. Yang umum dilakukan adalah menghubungi dealer mobil terdekat. Sayangnya, situasi yang sering terjadi dealer tidak memiliki stok kaca dan Anda harus menunggu sampai kaca tersedia stoknya. Pada beberapa situasi, dealer tidak bisa memberikan informasi […]
  • Memaafkan: Sebuah Upaya Merawat Kesehatan Mental

    Memaafkan: Sebuah Upaya Merawat Kesehatan Mental

    Hari Lebaran, bagi masyarakat Indonesia, biasanya menjadi momentum yang tepat untuk saling bersilaturahmi dan memaafkan. Memaafkan saudara, memaafkan rekan kerja, memaafkan sahabat, memaafkan tetangga atau memaafkan orang lain yang telah membuat kesalalahan, kekhilafan dan kekeliruan. Tradisi memaafkan di hari Lebaran ini merupakan sesuatu yang unik dan khas budaya Indonesia sebagai simbol dan perayaan bahwa kita […]
  • Schneider Electric Selenggarakan Virtual Innovation Day 2020

    Schneider Electric Selenggarakan Virtual Innovation Day 2020

    Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, kembali menyelenggarakan acara tahunan Innovation Day 2020 di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 11 Juni 2020 mendatang secara virtual. Innovation Day kali ini mengangkat tema “Resilient Digital Transformation” yang akan mengulas trend dan tantangan ke depan bagi sektor komersial dan industri dalam membangun […]
  • Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Sembilan puluh tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, sejumlah pemuda Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Di secarik kertas yang ditulis Moehammad Yamin termuat cita-cita bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu: Indonesia. Saat itulah imajinasi bangsa (national imaginary) pertama kali dideklarasikan. Baca juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda Hari itu, pemuda berbagai etnis menomorduakan keinginan jadi nomor satu sendiri […]
  • Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Rayakan Pergantian Tahun 2019 dengan Semarak “Tropical Vibes” Hanya di Aviary Bintaro

    Untuk merayakan musim liburan dan menyambut tahun baru 2020, Aviary Bintaro menawarkan pengalaman bernuansa Tropical Vibes, di mana musim panas ada di bulan Desember. Berbagi keajaiban Natal di resto Starling Eatery dengan Christmas Brunch hanya Rp 200.000 ++/orang hanya pada tanggal 25 Desember 2019 mulai dari 11.00 – 14.30 WIB. Hari Natal-pun tiba, tema dekorasi […]
  • SemuanyaAdaDisini, Kemenperin Kampanyekan IKM Masuk e-Commerce

    SemuanyaAdaDisini, Kemenperin Kampanyekan IKM Masuk e-Commerce

    Kementerian Perindustrian semakin serius memacu pengembangan industri kecil dan menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang dijalankan adalah mengoptimalkan pemasaran produk IKM melalui platform e-commerce untuk menggantikan cara penjualan offline yang sulit dilakukan di masa pandemi Covid-19. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk mempercepat transformasi digital. Sebab, transaksi […]
  • Presdir OVO dan Pendiri Bareksa Menerima Penghargaan Tokoh Penggerak Fintech dari OJK

    Presdir OVO dan Pendiri Bareksa Menerima Penghargaan Tokoh Penggerak Fintech dari OJK

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan penghargaan kepada Presiden Direktur OVO dan Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra sebagai Tokoh Penggerak Fintech dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional. Penghargaan tersebut diberikan secara virtual oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2021 OJK pada Jumat, 15 Januari 2021 dan disaksikan langsung […]
  • Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pemulihan sektor industri di dalam negeri yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk pelaku industri kecil menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang sedang dijalankan, yakni menggelar program restrukturisasi mesin dan peralatan untuk penumbuhan dan pengembangan IKM. “Bagi sektor IKM yang terimbas Covid-19, kami melakukan program pengembangan wirausaha IKM terutama untuk pekerja […]
  • KidzArt, Kursus Menggambar Anak Yang Mengajarkan Proses

    KidzArt, Kursus Menggambar Anak Yang Mengajarkan Proses

    Bagi seorang anak menggambar adalah salah satu bagian dari aktivitas menyenangkan yang sangat penting dalam proses pertumbuhannya. Dengan menggambar seorang anak dapat belajar berbagai hal yang menjadi dasar untuk memahami sesuatu maupun berimajinasi untuk mengembangkan ide-idenya. Namun, kegiatan menggambar yang baik tidak sesederhana yang mungkin dibayangkan sebagian orang tua. Ada tahapan-tahapan yang harus diikuti sehingga […]
  • Apa yang Harus Kita Lakukan Bila Menjadi Korban Pelecehan Seksual

    Apa yang Harus Kita Lakukan Bila Menjadi Korban Pelecehan Seksual

    Pada tanggal 31 Oktober 2019 Jurusan Psikologi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menggelar seminar “Mencegah Kekerasan Gender Berbasis Online”. Seminar ini merupakan kerja sama UPJ dengan lembaga atau inisiatif Never Okay Project. Hadir sebagai pembicara tunggal adalah Fiana Dwiyanti yang merupakan Head of Social Change pada inisiatif Never Okay Project. Didampingi Clara Moningka, staf pengajar Program […]
  • Foto : Muncak Teropong Laut, Obyek Wisata Tempat Menikmati Pemandangan Laut Teluk Lampung yang Sayang Dilewatkan

    Foto : Muncak Teropong Laut, Obyek Wisata Tempat Menikmati Pemandangan Laut Teluk Lampung yang Sayang Dilewatkan

    Bandar Lampung sebagai ibu kota Provinsi Lampung dikenal memiliki berbagai obyek wisata yang berbasis pantai. Lokasinya yang mudah dicapai dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Palembang dan Bandung membuat kota ini semakin dilirik sebagai destinasi berlibur  dengan biaya yang relatif murah. Kota yang dijuluki kota seribu bukit ini memiliki berbagai perbukitan yang berbatasan dengan laut. […]
  • Indosat Ooredoo Siapkan Jaringan Telekomunikasinya Secara Nasional Hadapi Ramadhan dan Lebaran

    Indosat Ooredoo Siapkan Jaringan Telekomunikasinya Secara Nasional Hadapi Ramadhan dan Lebaran

    Ramadhan dan Lebaran menjadi momen istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang ditandai dengan meningkatnya volume berkomunikasi sebagai wujud silaturahmi kepada sanak saudara dan teman. Indosat Ooredoo berkomitmen untuk dapat terus melayani pelanggan dan masyarakat di momen-momen istimewa tersebut, melalui kesiapan layanan dan jaringan telekomunikasinya agar masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar. Hal ini […]
  • Oppo Resmi Luncurkan R17 Pro di Indonesia

    Oppo Resmi Luncurkan R17 Pro di Indonesia

    OPPO membuka tahun 2019 dengan meluncurkan R17 Pro, perangkat dengan kemampuan foto malam hari serta pengisian baterai super cepat, yang dijual seharga Rp9.999.000,00. Pemesanan awal OPPO R17 Pro bisa dilakukan mulai 4 Januari sampai 16 Januari 2019 di seluruh gerai resmi OPPO Indonesia dan berbagai e-dagang Indonesia, seperti Tokopedia, Lazada, JD.id, Shopee, Blibli.com, Akulaku, dan […]
  • Belanja Mudah, Lengkap, dan Instan dengan Fitur Terbaru JD.ID : Nearby Shops

    Belanja Mudah, Lengkap, dan Instan dengan Fitur Terbaru JD.ID : Nearby Shops

    Meskipun sedang berada di tengah situasi pandemi, kegiatan pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat harus tetap berjalan. Namun, berbeda seperti pada masa biasanya, pada masa pandemi ditemukan banyak tantangan oleh para konsumen, salah satunya adalah pemilihan tempat belanja yang aman, nyaman, dekat, dan yang terpenting jauh dari kerumunan. Dikarenakan situasi force majeure ini, sebagian besar konsumen akhirnya […]
  • Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

    Mari Mengenal Batik Jambi, Lacak dan Tengkuluk

    Kekayaan budaya dan tradisi Jambi tidak lepas dari keunikan baik Jambi yang mempunyai kekhasan motif dan warna yang pada umumnya berwarna dasar cerah seperti merah, biru, hijau dan kuning. Motif khas batik Jambi memiliki karakter yang berbeda dari batik yang ada di nusantara, motif-motifnya yang terkenal antara lain: Kapal Sanggat, Durian Pecah, Bunga Matahari, Sungai […]
  • Citi Indonesia (Citibank) Peringati Hari Perempuan Sedunia Bertema #BalanceforBetter

    Citi Indonesia (Citibank) Peringati Hari Perempuan Sedunia Bertema #BalanceforBetter

    Untuk memperingati Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret 2019 yang tahun ini bertema #BalanceforBetter, Citi Indonesia melalui Citi Indonesia Women Council (Citi IWC) hari ini mengundang 100 siswi dari SMU dan SMK di Jakarta untuk memperoleh inspirasi kepemimpinan dan mengikuti serangkaian program literasi keuangan. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, memupuk jiwa kepemimpinan, […]

Tinggalkan Balasan