Berita Utama

Ketidakpastian Pandemi, Muncul Urgensi bagi Perusahaan Kecil hingga Besar Beralih ke Cloud Computing

Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 6 bulan ini berdampak besar pada operasional bisnis. Penerapan kebijakan kerja dari rumah dan dan dari kantor dilakukan secara parsial oleh mayoritas bisnis dan perusahaan.

Kini, Jakarta kembali memberlakukan PSBB Ketat dimana hanya 11 sektor industri saja yang diperbolehkan bekerja dari kantor dengan kapasitas yang minimum. Sementara sektor industri non-esensial kembali bekerja dari rumah. Perubahan kebijakan ini menjadi tantangan, khususnya bagi HR, untuk memastikan operasional bisnis dan kinerja perusahaan tetap berjalan dengan baik di tengah ketidakpastian saat ini.

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta mendukung produktivitas kerja. Hal yang tidak dapat dipenuhi oleh infrastruktur on-premise karena tidak bisa diakses secara fleksibel saat bekerja dari rumah.

Misalnya, saat PSBB ketat ini HR tidak bisa datang ke kantor menarik data kehadiran karyawan, sehingga dapat berpengaruh pada keterlambatan proses payroll. Rekapan manual klaim karyawan yang mungkin masih dilakukan satu persatu melalui email atau chat tentu saja akan menambah waktu pengerjaan. Masalah – masalah yang muncul ini memperkuat fakta bahwa cloud computing, salah satunya Human Resources Information System (HRIS) berbasis cloud,  menjadi jawaban dari kebutuhan bisnis dimana pengguna bisa dengan fleksibel mengakses data dimana saja dan kapan saja. Sehingga jika bisnis dan perusahaan ingin memastikan kinerja dan produktivitas tetap terjaga, migrasi ke cloud menjadi penting dilakukan.

Dondy Bappedyanto, CEO Biznet Gio, menyebutkan bahwa, “Masa pandemi ini mendorong percepatan transformasi bisnis, di mana cloud memungkinkan kolaborasi jarak jauh dengan rekan kerja walau dari lokasi yang berbeda. Kami mencatatkan ada peningkatan sekitar 20% permintaan penggunaan teknologi cloud dari sisi Biznet Gio.”

Suwandi Soh, CEO Mekari, juga menegaskan, “Muncul kesadaran akan pentingnya membangun sistem di atas infrastruktur cloud demi mencapai operasional bisnis yang lebih efektif dan efisien di masa ini. Kita benar – benar diakselerasi masuk ke apa yang disebut “future of workplace” yaitu remote working dan online collaboration. Bisnis yang sudah melakukan migrasi ke cloud akan bertahan dan mampu bersaing dibandingkan bisnis yang masih mengandalkan sistem manual dengan situasi workplace yang hybrid saat ini. Sekarang merupakan momen yang penting dan tepat bagi pemilik bisnis untuk beralih ke cloud computing dan bagi pelaku industri SaaS untuk menggencarkan edukasi atas solusi bisnis yang dapat ditawarkan oleh cloud computing, salah satunya HRIS.”

“Agar meyakinkan bisnis dan perusahaan beralih ke cloud, keamanan data internal menjadi prioritas utama. SaaS provider menjamin bahwa data bisnis aman yang didukung beberapa strategi seperti telah tersertifikasi  standar internasional seperti ISO27001 terkait standar penyimpanan dan pengelolaan data atau dengan memberikan level proteksi Two Factor Authentication saat mengakses data,” tambah Dondy”

Mekari sebagai perusahaan software as a service untuk bisnis UKM dan mid-enterprise, selalu berinovasi untuk menghadirkan solusi bagi operasional bisnis berbasis cloud, salah satunya melalui produk Talenta, software HRIS & Payroll. HRIS sendiri merupakan sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengarsipkan serta menganalisa data – data terkait pengelolaan karyawan seperti gaji, absensi, klaim dan lainnya. Lalu, manfaat apa yang dapat ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud?

Mendukung Fleksibilitas Kerja HR

HRIS berbasis cloud memungkinkan HR mengakses data karyawan dengan mudah kapanpun dan dimanapun. HR bisa mengurus payroll, reimburse, hingga administrasi lainnya secara tepat waktu dan lancar tanpa bergantung pada software di kantor. Produktivitas kerja HR tetap terjaga meskipun sedang bekerja dari rumah.

Peningkatan Skala Operasional HR Melalui Automasi

Dengan kembali diberlakukannya PSBB ketat, perusahaan membutuhkan fungsi HR secara strategis untuk mempersiapkan proyeksi dan perencanaan operasional bisnis kedepannya pasca pandemi hingga infrastruktur yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa bisnis menghadapi future of workplace. Automasi yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta akan membantu HR mengurus hal – hal administratif yang biasanya memakan waktu, sehingga mereka bisa fokus pada perencanaan strategis tersebut.

Efisiensi Biaya

Bisnis dan perusahaan bisa mulai menggunakan HRIS berbasis cloud tanpa mengeluarkan investasi yang besar. Sebagai pertimbangan bagi bisnis dan perusahaan yang pastinya sangat cermat mengatur pengeluaran atau investasi tambahan di masa krisis ini, jika dihitung secara Total Cost of Ownership penggunaan HRIS berbasis cloud pun masih lebih terjangkau.

Kemudahan akses yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud seperti Talenta ini diyakini menjadi solusi relevan bagi pemilik bisnis yang ada di seluruh Indonesia untuk mengelola karyawan di situasi saat ini. “Saat ini kita lihat bahwa secara ekonomi sentris, pulau Jawa masih menjadi pusatnya. Namun, banyak pemilik bisnis di luar Jawa yang butuh solusi atas permasalahan yang sama. Dengan HRIS berbasis cloud misalnya, pemilik bisnis di mana saja dapat mengakses solusi pengelolaan HR & payroll tersebut hanya dengan koneksi internet. Kehadiran teknologi cloud ini memungkinkan semua jenis perusahaan kecil hingga besar memiliki kesempatan mendapat solusi yang sama,” tambah Suwandi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik http://bit.ly/talentacloud.

(BON)

 

Baca Juga

  • The Best Tom Yam in Town ada di Phuket Bintaro, Yuk Cobain

    The Best Tom Yam in Town ada di Phuket Bintaro, Yuk Cobain

    Popularitas Tom Yam sebagai kuliner khas asal Thailand yang digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia khususnya di kota-kota besar semakin meningkat. Kita dengan mudah menemukan berbagai restoran baik di mall-mall maupun di hotel berbintang sampai dengan gerai-gerai kuliner di tenda-tenda yang menyajikan Tom Yam. Tom Yam yang kadang-kadang disebut dengan Dom Yam atau Tom Jam […]
  • GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 Resmi Dibuka

    GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 Resmi Dibuka

    Gelaran world class auto show series, GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 secara resmi telah dibuka oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Serpong, Tangerang. Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan membuka the 12th GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC) dan mengunjungi pameran GIIAS 2017 pada tanggal 11 Agustus 2017. […]
  • Astra & UGM Dukung Akademi Kewirausahaan Masyarakat

    Astra & UGM Dukung Akademi Kewirausahaan Masyarakat

    PT Astra International Tbk mendukung kegiatan Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM) yang dijalankan oleh Creative Hub Fisipol Universitas Gadjah Mada. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra Sejahtera Bersama Bangsa. Program AKM yang menitikberatkan pada pengembangan desa juga sejalan dengan program Kampung Berseri Astra (KBA) yang selama ini sudah dijalankan sejak tahun 2013. KBA ini dikembangkan dengan […]
  • Pepsodent Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Sembari Berbagi melalui Peluncuran Pepsodent Siwak

    Pepsodent Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Sembari Berbagi melalui Peluncuran Pepsodent Siwak

    Mengawali tahun baru dengan kebaikan, Pepsodent, brand dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Pepsodent Siwak. Bahan ekstrak kayu siwak dalam produk ini mengandung begitu banyak kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut, dan sudah dikenal oleh umat Muslim sejak dahulu kala. Lebih dari itu, peluncuran Pepsodent Siwak juga mengajak masyarakat untuk berbagi melalui program donasi yang […]
  • Maybank Marathon Anywhere Resmi Diluncurkan

    Maybank Marathon Anywhere Resmi Diluncurkan

    Situasi pandemi Covid-19 saat ini telah berdampak pada menurunnya penyelenggaraan sejumlah event lari di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Namun, antusiasme masyarakat khususnya para pehobi olah raga lari yang gemar menjalani tantangan untuk menamatkan lari dalam jarak tertentu masih tinggi. Hal ini mendorong Maybank Indonesia selaku penyelenggara Maybank Marathon untuk meluncurkan Maybank Marathon Anywhere […]
  • Menperin Ajak Ratusan Pelaku Industri Berinvestasi untuk Pendidikan Vokasi

    Menperin Ajak Ratusan Pelaku Industri Berinvestasi untuk Pendidikan Vokasi

    Kementerian Perindustrian terus bersinergi dengan para pelaku usaha, asosiasi dan stakeholder terkait dalam mendorong pertumbuhan indusri. Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu strategi prioritas dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas sektor manufaktur dalam negeri. Melalui kegiatan pendidikan vokasi yang link and match dengan industri, pemerintah mengajak para pengusaha untuk terlibat dalam kegiatan pembangunan […]
  • Wajib Dicoba Beragam Nasi khas Jawa Barat di Rasana Sunda

    Wajib Dicoba Beragam Nasi khas Jawa Barat di Rasana Sunda

    Setelah di artikel lalu kita mengenal aneka sambal dan lalap di Rasana Sunda, kali ini Info Bintaro mengajak Anda untuk mengenal aneka nasi khas Jawa Barat yang tersaji di restoran Rasana Sunda di Bintaro Sektor 7. Nasi Timbel Nasi timbel Bintaro ini dilengkapi dengan ayam panggang/empal, tahu, tempe goreng, jambal roti, sayur asem/lodeh. Nasi timbel […]
  • Komunitas Bintaro BMX, Membangun Kebersamaan Dengan Sepeda BMX

    Komunitas Bintaro BMX, Membangun Kebersamaan Dengan Sepeda BMX

    Bagi Anda yang pada era tahun 80-an masih berusia anak-anak sampai dengan remaja, tentunya Anda kenal sekali dengan sepeda BMX. BMX yang merupakan singkatan dari Bicycle Moto-Cross merupakan sepeda yang memiliki struktur kokoh, berstang tinggi dan lingkar roda yang berukuran medium. Penggunaan sepeda yang diperuntukkan untuk melakukan balap sepeda off-road dan atraksi freestyle ini begitu […]
  • Tahukah Anda Bahwa Menu Fish and Chips Berasal dari Inggris?

    Tahukah Anda Bahwa Menu Fish and Chips Berasal dari Inggris?

    Awalnya hidangan Fish and Chips merupakan hidangan sederhana bagi kelas pekerja di Inggris. Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830. Kekayaan […]
  • Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

    Trade Expo Indonesia 2019 Digelar, Mendag: Saatnya Tingkatkan Promosi Produk Indonesia ke Pasar Global

    Ajang promosi tahunan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 resmi dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari ini, Rabu (16/10), di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Pada penyelenggaraannya yang ke-34 tahun ini, TEI 2019 mengusung tema “Moving Forward to Serve the World” dan digelar pada 16–20 Oktober 2019. Menteri […]
  • Aplikasi Pelaporan Warga Qlue Segera Hadir di Bandung, Makassar, dan Kupang

    Aplikasi Pelaporan Warga Qlue Segera Hadir di Bandung, Makassar, dan Kupang

    Warga di Bandung, Makassar, dan Kupang akan dapat memanfaatkan aplikasi Qlue sebagai platform pelaporan masalah perkotaan. Qlue telah melakukan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan tiga pemerintah kota tersebut pada awal tahun ini dan dijadwalkan aplikasi Qlue akan mulai dapat digunakan oleh warga pada akhir Mei 2019. Qlue merupakan perusahaan rintisan teknologi yang mengembangkan aplikasi […]
  • Karena Waktu Anda Sangat Berharga, Layanan Penggantian Mengantri dari Akuantri.com

    Karena Waktu Anda Sangat Berharga, Layanan Penggantian Mengantri dari Akuantri.com

    Mengantri adalah pekerjaan salah satu pekerjaan yang tidak menyenangkan. Kita semua tentunya sering merasakan betapa menjemukannya mengantri. Namun bagaimana pun kita harus mengantri jika orang yang bergiliran ingin dilayani jumlahnya banyak sementara jumlah petugas yang ada terbatas atau proses yang dialami setiap orang membutuhkan waktu yang lama. Dalam situasi tertentu terkadang ada orang yang meninggalkan […]
  • Kenali Peran Penting Perencanaan dalam Berwirausaha : Belajar dari Kasus 7-Eleven

    Kenali Peran Penting Perencanaan dalam Berwirausaha : Belajar dari Kasus 7-Eleven

    Tahukah Anda bahwa kesuksesan dan kegagalan suatu usaha dipengaruhi oleh baik dan buruknya perencanaan kita dalam berwirausaha? Ya, memang sungguh disayangkan, nyatanya banyak usaha yang sebetulnya memiliki potensi yang cukup besar untuk sukses, namun tidak bertahan lama dan bangkrut dikarenakan perencanaan yang kurang matang. Usaha yang gagal dikarenakan seorang wirausaha tidak matang dalam menyusun perencanaan […]
  • Bersama Tiara Idol, Smartfren Mengajak Kita Berinternet Anti Waswas

    Bersama Tiara Idol, Smartfren Mengajak Kita Berinternet Anti Waswas

    Tiara Andini tidak pernah menyangka langkahnya menembus belantika musik nasional begitu mulus di tahun 2020. Keikutsertaannya dalam ajang Indonesian Idol dan berhasil menjadi juara kedua, telah melambungkan nama dan bakatnya. Kisah belia dari kota kecil Jember di Jawa Timur dalam mewujudkan mimpinya pun menjadi sensasi nasional. Memasuki babak baru dalam karier dan kehidupannya, kini Tiara […]
  • Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Penanggulangan COVID-19

    Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Penanggulangan COVID-19

    Berkolaborasi dengan Telkomsel, layanan telemedicine di aplikasi Halodoc kini dapat diakses tanpa kuota oleh pelanggan Telkomsel selama masa penanggulangan COVID-19. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan Telkomsel bersama-sama mendukung imbauan pemerintah untuk membatasi jarak fisik (physical distancing) dengan memberikan akses akan kebutuhan informasi dan layanan kesehatan secara jarak jauh melalui Halodoc. VP Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang […]
  • Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama PT Hero Supermarket, Tbk. dan Media

    Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama PT Hero Supermarket, Tbk. dan Media

    Dalam rangka mempererat tali silaturahmi di Bulan Ramadan 1438 H, PT Hero Supermarket, Tbk. mengadakan acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan media-media yang selama ini mendukung PT Hero Supermarket, Tbk. dalam menginformasikan berbagai kegiatan perusahaan pada hari Jumat, 16 Juni 2017. Acara yang berlangsung di Graha HERO Lantai 5, Jl. CBD Bintaro Sektor 7 Blok B7/ […]
  • Kolaborasi PT. BIT Teknologi Nusantara dengan Hitachi Vantara: Menyingkap Cloud Selanjutnya

    Kolaborasi PT. BIT Teknologi Nusantara dengan Hitachi Vantara: Menyingkap Cloud Selanjutnya

    PT. Bit Teknologi Nusantara, anak perusahaan dari operator pemancar yang terdaftar di Indonesia, PT. Solusi Tunas Pratama Tbk, hari ini mengumumkan penawaran BIT Super Cloud Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dan Cloud Management Platform (CMP) terbarunya kepada para pelanggan. BIT Super Cloud merupakan platform cloud khusus pertama dan satu-satunya yang diciptakan untuk perusahaan yang ingin memulai bisnis cloud […]
  • Sukses Berkarir Dengan Kemampuan Mengingat

    Sukses Berkarir Dengan Kemampuan Mengingat

    Apakah Anda pernah mengalami situasi dipanggil oleh ‘big boss’ perusahaan di mana Anda bekerja di ruangannya dan ia menanyakan beberapa data penting dan Anda gelagapan menjawabnya karena Anda tidak ingat? Atau saat Anda berbicara di telpon dengan salah satu customer penting perusahaan, tiba-tiba ia menanyakan suatu hal yang pernah ia tanyakan lama sebelumnya dan Anda tidak ingat mengenai […]
  • Erajaya Group Hadirkan Iboxing Week Online Pertama

    Erajaya Group Hadirkan Iboxing Week Online Pertama

    Sebagai bagian dari rangkaian acara EraVersary 2020, Erajaya Group untuk pertama kalinya menggelar acara iBoxing Week Online melalui platform iBox.co.id. Ajang iBoxing Week ke-15 ini akan berlangsung dari tanggal 24 – 30 Agustus 2020, dan akan hadir dengan promo dan kegiatan yang berbeda setiap harinya. Di samping penawaran harga khusus, pelanggan Erajaya Group juga dapat […]
  • Lomba Robot in Action & Workshop “NXT Robot Performance” Digikidz Bintaro

    Lomba Robot in Action & Workshop “NXT Robot Performance” Digikidz Bintaro

    Permainan anak LEGO sudah mendunia termasuk di Indonesia. Para anak gemar bermain dengan LEGO ini. Melihat antuasisme tersebut pada hari Sabtu, 29 April 2017 diselenggarakan lomba Robot in Action & Workshop “NXT Robot Performance” di Heritage Bintaro Junction, Bintaro Sektor 7. Hanya membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 80.000, peserta mendapat voucher makan siang sebesar Rp. […]

Tinggalkan Balasan