Kesehatan

Kesehatan Jantung, Kematian Mendadak, Olahraga dan Tidur

Kita sering kali mendengar kematian mendadak setelah berolah raga. Baik itu sepak bola, bersepeda atau lainnya. Dari gejala-gejala yang digambarkan, dikesankan bahwa serangan jantunglah penyebabnya. Seketika kesehatan jantung menjadi perhatian banyak orang. Dalam tulisan ini saya ingin mengulas bagaimana hubungan antara tidur yang sehat, olah raga dan kesehatan jantung.
Cukup Tidur
Semua orang tahu, bagaimana olahraga amat bermanfaat bagi kesehatan, terutama jantung manusia. Tetapi mengorbankan tidur demi berolah raga tidaklah bijak. Bagi para atlet, tidur amatlah penting untuk meningkatkan prestasi. Ini dikonfirmasi oleh berbagai data penelitian yang menunjukkan bahwa atlet dengan tidur yang cukup lebih berprestasi dibanding yang tidak.
Kini, jumlah tidur yang cukup, dikaitkan dengan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Laporan dari Harvard Heart Letter Januari 2007 menghubungkan antara kekurangan tidur dengan tekanan darah tinggi, atherosklerosis, payah jantung, serangan jantung dan stroke, hingga diabetes dan obesitas. Diduga kondisi kurang tidur akan meningkatkan kadar zat-zat inflamasi yang pada akhirnya menyebabkan penyakit-penyakit kronis tersebut.
Baru-baru ini, para peneliti dari the University of Warwick menyatakan bahwa jika kita tidur kurang dari enam jam sehari, kita akan mempunyai risiko 48 persen lebih besar untuk menderita atau meninggal akibat penyakit jantung, dan kemungkinan 15 persen lebih untuk menderita atau meninggal akibat stroke. Penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal terbitan 8 Februari 2011 juga mengungkapkan fakta gaya hidup tidur larut malam dan bangun sepagi bisa menjadi bom waktu bagi kesehatan kita.
Dalam tulisannya, para peneliti menerangkan bahwa jumlah tidur yang pendek dalam waktu lama, akan menghasilkan beberapa zat yang nantinya menjadi risiko bagi berkembangnya tekanan darah tinggi, peningkatan kolesterol, diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung dan stroke.
Hal senada diungkap dalan jurnal SLEEP 1 Agustus 2010. Para peneliti dari West Virginia University School of Medicine menyatakan bahwa jumlah tidur ideal bagi kesehatan jantung adalah 7 jam sehari. Penelitian ini mengikuti kebiasaan tidur 30.000 orang dewasa. Mereka menemukan bahwa tidur kurang maupun berlebih akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Mereka yang tidur kurang dari 5 jam mempunyai risiko dua kali lipat untuk menderita penyakit jantung, sementara yang tidur lebih dari 9 jam perhari berisiko satu setengah kali lipat.
Sleep Apnea
Yang unik, tidur lebih dari 7 jam pun menunjukkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Walau para peneliti menyatakan tidak mengetahui penyebabnya secara pasti, diduga gangguan tidur yang menyebabkan kantuk berlebih menjadi penyebabnya. Jadi bukan kelebihan tidur, tetapi kantuk berlebihan yang perlu diperhatikan.
Sleep apnea atau henti nafas tidur, merupakan gangguan pernafasan saat tidur yang ditandai dengan ngorok, mendengkur dan kantuk berlebihan, hipersomnia. Penderitanya mudah dikenali dari penampilannya yang selalu mengantuk. Apalagi ketika tertidur, kita dengan mudah mendengar deru dengkuran. Ketika tidur, saluran nafas penderita sleep apnea akan melemas hingga menyempit dan pada akhirnya menyumbat.
Akibatnya, walau gerakan nafas tetap ada, udara tidak dapat lewat. Karena sesak, penderitanya akan terbangun-bangun sepanjang malam, tanpa sadar. Tak heran jika orang yang mendengkur bangun dengan rasa tak segar dan terus mengantuk tanpa tahu sebabnya. Berhentinya nafas saat tidur, menyebabkan jantung bekerja keras, bahkan ekstra keras. Ini ditunjukkan dalam pemeriksaan tidur pendengkur yang juga meliputi perekaman jantung, dimana irama jantung jadi tak beraturan. Kesimpulannya, ngorok berakibat buruk bagi kesehatan jantung.
Dalam panduan yang dikeluarkan oleh Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation and Treatment of High Blood Pressure, sleep apnea sudah dinyatakan sebagai salah satu penyebab utama hipertensi. Selanjutnya Heart Failure Society of America di tahun 2006 mengeluarkan panduan yang didalamnya juga menyertakan pemeriksaan akan risiko sleep apnea dalam tata laksana penyakit jantung.
Olah Raga dan Tidur
Olah raga saja sepertinya tidak cukup bagi kesehatan jantung. Tidur yang sehat, cukup dan tidak mendengkur ternyata jauh lebih penting. Selama ini kita ketahui bahwa pendengkur adalah orang-orang yang gemuk. Tetapi ternyata banyak juga atlet dengan proporsi tubuh yang baik, juga menderita sleep apnea.
Kematian para atlet di usia 40-an menjadi perhatian. Di Amerika beberapa pensiunan atlet NFL diduga menderita sleep apnea. Reggie White meninggal secara mendadak di tahun 2004 pada usia 43 tahun, dan sleep apnea diduga berperan. Di Inggris kematian mendadak seorang atlet saat mengikuti triathlon juga mengagetkan khalayak.
Tom Zehmisch, berbeda dengan para atlet NFL yang berbadan besar, sebenarnya berperawakan langsing dengan penampilan. Ia berusia 46 tahun ketika meninggal akibat serangan jantung saat bersepeda dalam sebuah lomba triathlon. Tom dilaporkan tidur mendengkur, salah satu tanda dari sleep apnea. Sleep apnea pada atlet atau penggemar olah raga menjadi amat penting. Bayangkan saat terjaga dan berolah raga, jantung bekerja keras. Kemudian saat tidur, jantung malah bekerja semakin keras lagi akibat henti nafas. Jantung tak pernah beristirahat.
Penanganan sleep apnea diawali dengan pemeriksaan tidur di laboratorium tidur menggunakan alat bernama polisomnografi. Dari pemeriksaan ini akan didapatkan diagnosa sleep apnea, serta derajat dan karakter henti nafas yang dialami. Di samping itu, kondisi dan fungsi jantung selama tidur pun akan terlihat.
Berangkat dari hasil diagnosa kita akan dapat memilih perawatan yang tepat bagi setiap pasien. Pilihan utama perawatan adalah dengan menggunakan CPAP (continuous positive airway pressure). Alternatif lain adalah dengan jalan pembedahan atau penggunaan dental appliances.
Beberapa contoh pengguna CPAP yang populer adalah peserta the Biggest Looser Sherry Johnston dan Sean Algaier, serta atlet NFL lainnya Percy Harvin. Kepada stasiun TV NBC, ia mengungkapkan bahwa ia didiagnosa oleh dokter menderita sleep apnea yang diduga telah menyebabkan migren parah yang telah membuatnya sering kali absen dari latihan.
Setelah jatuh pingsan di salah satu sesi latihan, ia segera dilarikan ke rumah sakit. Para dokter yang melihatnya sering mengalami henti nafas segera melakukan pemeriksaan tidur. Sejak itu ia pulang dengan membawa alat kecil untuk menemani tidurnya. Kini ia tidur dengan sehat, tanpa mendengkur, apalagi henti nafas. Dan ia pun meneruskan karir atletnya dengan gemilang.
****
Kematian akibat serangan jantung selalu datang tiba-tiba. Kita sebagai manusia, harus bisa menjaga dan merawat kesehatan jantung. Untuk itu, saya selalu mengingat pesan dari Prof. William Dement, bapak kedokteran tidur: Untuk mencapai kesehatan yang optimal kita membutuhkan tiga faktor utama,  kebugaran fisik, nutrisi yang seimbang dan TIDUR yang sehat.
Sumber : Kompas.com
 

Baca Juga

  • Menghias Ruang, Menata Hidup

    Menghias Ruang, Menata Hidup

    Mendekor sangat mudah bila Anda dapat menemukan produk dekorasi berkualitas terbaik. Tidak hanya manis di mata, tapi juga memiliki fungsi yang baik & berdampak positif bagi pengguna serta lingkungan sekitarnya. Namun terkadang kita bingung dan tidak ada waktu untuk memilih perabot rumah. Untungnya di jaman internet seperti saat ini sudah tersedia situs online yang menyediakan […]
  • Rumah Main Cikal Menjadi Rumah Kedua Bagi Para Muridnya

    Rumah Main Cikal Menjadi Rumah Kedua Bagi Para Muridnya

    Sabtu, 22 September lalu diadakan kegiatan Open House di mana para calon orang tua dapat berkunjung ke Rumah Main Cikal Bintaro dan bercakap-cakap dengan volunteer parent yakni orang tua dari para murid yang telah bersekolah di sana. Para calon orang tua murid dapat langsung melihat fasilitas yang ada di Rumah Main Cikal Bintaro yang berlokasi di […]
  • Weekend Program: Totok Wajah

    Weekend Program: Totok Wajah

    Sebentar lagi weekend nih…Mau ngapain ya…Mumpung kantong tebal abis gajian, gak ada salahnya memanjakan diri di salon. Aneka perawatan muka dan tubuh ada di sana. Salah satunya adalah totok wajah. Totok wajah tidak hanya berguna untuk kaum wanita lho. Kaum pria pun dapat melakukan totok wajah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah. Terapi totok […]
  • Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 oleh PMI melalui Penyediaan Solusi IoT

    Telkomsel Dukung Program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 oleh PMI melalui Penyediaan Solusi IoT

    Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Telkomsel mengumumkan kolaborasi dalam menjalankan upaya kolektif untuk menanggulangi wabah COVID-19 di Indonesia. Pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 yang diinisiasi oleh PMI, Telkomsel dipercaya untuk menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM), yang akan membantu PMI untuk tetap […]
  • Mengapa Cantrang Sempat Dilarang

    Mengapa Cantrang Sempat Dilarang

    Setelah beberapa waktu dilarang, penggunaan cantrang akhirnya diperbolehkan pemerintah RI. Simak beritanya di https://www.youtube.com/watch?v=HO-ufFmhXRA Pemerintah melunak soal penggunaan alat penangkap ikan jenis cantrang. Sempat dilarang keras dan akhirnya menuai protes dari kelompok nelayan Indonesia, khususnya di Pantai Utara Jawa, cantrang akhirnya diperbolehkan digunakan dengan syarat dan batasan. Perjalanan Polemik Cantrang Polemik cantrang berawal dari dikeluarkannya […]
  • Mie Sedaap Cup Mencari Sang Juara Menjadi Ajang Penyaluran Bakat Para Pelajar SMA/SMK di Jakarta

    Mie Sedaap Cup Mencari Sang Juara Menjadi Ajang Penyaluran Bakat Para Pelajar SMA/SMK di Jakarta

    Mie Sedaap Cup, mi instan dalam bentuk kemasan cup dari Wings Food menggelar “Mie Sedaap Cup Mencari Sang Juara” Roadshow School To School 2019 sepanjang bulan November 2019. Event ini digelar dalam bentuk Roadshow School to School yang dilaksanakan di tujuh Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) di Jakarta dengan puncaknya yaitu “Final Mie Sedaap […]
  • Pentingnya Kompetensi Wirausaha

    Pentingnya Kompetensi Wirausaha

    Menghadapi persaingan ekonomi yang semakin pesat dan berkembang, dibutuhkan pelaku-pelaku ekonomi yang kuat dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan global. Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan pelaku ekonomi yang bisadiandalkan, baik secara kuantitas maupun kualitas. Pelaku ekonomi tersebut dapat bermacam-macam. Salah satunya adalah wirausaha. Wirausaha adalah orang yang kreatif, dinamis dan inovatif, dan mau […]
  • Thai Lion Air Beroperasi Kembali dengan Melayani Enam Kota Tujuan Domestik di Thailand

    Thai Lion Air Beroperasi Kembali dengan Melayani Enam Kota Tujuan Domestik di Thailand

    Thai Lion Air (kode penerbangan SL) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini bahwa telah kembali beroperasi dengan melayani penerbangan domestik, efektif Jumat (01/ 05). Sebelumnya, Thai Lion Air melakukan penundaan atau pembatalan sementara sesuai dengan aturan karena dampak dari wabah corona virus disease 19 (Covid-19). Sebagai informasi, layanan domestik masih diperbolehkan beroperasi namun […]
  • Hadir di Youtube FanFest 2019, IM3 Ooredoo Berikan Generasi Muda Kebebasan Berkolaborasi dan Berkreasi

    Hadir di Youtube FanFest 2019, IM3 Ooredoo Berikan Generasi Muda Kebebasan Berkolaborasi dan Berkreasi

    Pada tanggal 29 November 2019, IM3 Ooredoo berpartisipasi dalam gelaran YouTube FanFest Liveshow di Jakarta setelah sukses melakukan kolaborasi di 4 kota sebelumnya yaitu YouTube FanFest Showcase Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Acara ini akan menampilkan banyak content creator baik dari Indonesia hingga luar negeri, serta menjadi ajang bagi para penggemar untuk bertatap muka dan […]
  • Mobil Esemka Siap Mengaspal, Wujud Kekuatan Industri Otomotif Nasional

    Mobil Esemka Siap Mengaspal, Wujud Kekuatan Industri Otomotif Nasional

    Industri otomotif Tanah Air terus menggeliat dan semakin menunjukkan daya saingnya. Hal ini dibuktikan oleh hadirnya produsen kendaraan bermotor roda empat dengan principal (pemilik produk) dari Indonesia, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK). Kehadiran pabrik mobil bermerek ESEMKA tersebut, ditargetkan dapat meningkatkan penyerapan komponen otomotif dalam negeri, khususnya yang diproduksi Industri Kecil dan Menengah […]
  • Grab Bersama Pemerintah Tangerang Selatan Hadirkan GrabProtect dan Lakukan Swab Test bagi Sekitar 1.000 Mitra Pengemudi

    Grab Bersama Pemerintah Tangerang Selatan Hadirkan GrabProtect dan Lakukan Swab Test bagi Sekitar 1.000 Mitra Pengemudi

    Setelah meluncurkan GrabProtect di tiga Kabupaten/Kota sebelumnya yakni Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang, Grab Indonesia kembali membuktikan komitmennya untuk mengutamakan kesehatan mitra dan penggunanya dengan meluncurkan GrabProtect di Kota Tangerang Selatan. Kehadiran GrabProtect ini bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19 sehingga masyarakat dan mitra GrabBike dapat merasa lebih aman dan nyaman ketika […]
  • Berenang,Tenis dan Taekwondo Sekaligus Bisa Anda Lakukan di Graha Taman Club House

    Berenang,Tenis dan Taekwondo Sekaligus Bisa Anda Lakukan di Graha Taman Club House

    Apa yang akan terbayang di benak anda begitu anda datang ke Graha Taman Club House? Mungkin salah satunya adalah mudahnya akses menuju club house ini. Lokasinya yang berada dekat flyover Kebayoran Residence dan jalan raya Jombang, tidak jauh dari British International School, terletak di pinggir jalan menuju sektor 9 Bintaro Jaya. Tidak hanya bagi anda […]
  • Dorong Pemilik UMKM Jual Produk Digital, Tokopedia Luncurkan Aplikasi 1 MB “Mitra Tokopedia”

    Dorong Pemilik UMKM Jual Produk Digital, Tokopedia Luncurkan Aplikasi 1 MB “Mitra Tokopedia”

    Tokopedia resmi meluncurkan Mitra Tokopedia, aplikasi dimana semua orang bisa berjualan produk digital Tokopedia, seperti paket data, token listrik, BPJS, voucher game dan lain sebagainya. Mitra Tokopedia akan mempermudah semua orang untuk memulai dan mengembangkan usaha, terutama para pemilik usaha kecil, baik toko kelontong, warung, kios, usaha individu atau sejenisnya. Melalui aplikasi ini, Tokopedia menjembatani […]
  • Kuliner Enak di Bintaro yang Mengedepankan Finger Snack

    Kuliner Enak di Bintaro yang Mengedepankan Finger Snack

    INFOBINTARO (IB) – Finger snack atau finger food sudah menjadi tren di masyarakat saat ini. Mulai dari acara formal hingga acara santai bersama keluarga seringkali ditemani makanan jenis ini untuk meramaikan suasana, didampingi oleh makanan berat atau berbagai jenis minuman segar seperti salah satu kuliner enak di Bintaro yang mengedepankan sajian finger snack dibawah ini. […]
  • Nestle Dancow Hadirkan Dancow Nutritods

    Nestle Dancow Hadirkan Dancow Nutritods

    Nestle DANCOW resmi hadirkan DANCOW Nutritods, produk yang diformulasikan khusus bagi anak Indonesia usia 1-5 tahun dan program Nutritods yang menyajikan serangkaian informasi dan aktivitas untuk membantu tumbuh kembang optimal anak usia Toddler dan Prasekolah didukung oleh para ahli yang tergabung dalam Nutritods Council Expert. Seiring dengan berlanjutnya proses pembelajaran di rumah sesuai dengan peraturan […]
  • Perkuat Konektivitas, Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Rute Jakarta – Nias PP

    Perkuat Konektivitas, Garuda Indonesia Resmikan Penerbangan Langsung Rute Jakarta – Nias PP

    Maskapai nasional Garuda Indonesia meluncurkan rute penerbangan terbaru Jakarta – Nias pp yang dioperasikan menggunakan armada CRJ Bombardier 1000 Next-Gen berkapasitas 96 penumpang. Adapun rute penerbangan Jakarta – Nias tersebut beroperasi sebanyak 3 kali seminggu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pembukaan rute penerbangan baru ke Gunung Sitoli tersebut efektif mulai 15 November 2018 yang […]
  • Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland CycleWerks Indonesia secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan Grand Opening yang dilakukan PT. Sumatra Motor Indonesia, sebagai keagenan Cleveland CycleWerks di Indonesia, pada Kamis, 13 Juli 2017 di Aviary Hotel Bintaro. Grand Opening ini berlanjut dengan peresmian showroom utamanya di Indonesia, yang terletak di kawasan Bintaro, pada hari Minggu, 16 […]
  • Bagaimana Menghindari Terbakarnya Genset di Ruang Genset

    Bagaimana Menghindari Terbakarnya Genset di Ruang Genset

    Belakangan ini kita sering mendengar peristiwa kebakaran yang disebabkan terbakarnya genset di ruang genset. Beberapa hari yang lalu peristiwa terbakarnya Apartemen Cinere Bellevue di Depok, Jawa Barat sangat menghebohkan masyarakat. Peristiwa ini menghiasi berbagai pemberitaan media-media baik TV, radio, cetak maupun online. Mengerahkan belasan unit mobil pemadam kebakaran, pemadaman kebakaran ini membutuhkan waktu lebih dari 24 […]
  • Huawei Watch GT 2 Resmi Hadir di Indonesia

    Huawei Watch GT 2 Resmi Hadir di Indonesia

    Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat smart wearable yang mendukung gaya hidup sehat ke pasar Indonesia, yaitu HUAWEI WATCH GT 2 dalam lini termutakhir Huawei. HUAWEI WATCH GT 2 terbaru tampil dengan desain menawan dan baterai lebih tahan lama, yakni dua pekan. Smart watch teknologi tinggi ini diprediksi akan memberikan skala efisiensi biaya […]
  • Lifebuoy Luncurkan Varian Honey & Habbatussauda untuk Lindungi Kulit dari Kuman dengan Kandungan Ekstrak Alami

    Lifebuoy Luncurkan Varian Honey & Habbatussauda untuk Lindungi Kulit dari Kuman dengan Kandungan Ekstrak Alami

    Lifebuoy, sabun pilihan keluarga Indonesia meluncurkan Lifebuoy Honey & Habbatussauda untuk melindungi kulit dari kuman*, dengan kandungan ekstrak alami, dan telah mendapatkan sertifikasi Halal. Hasil perpaduan honey (madu) yang memiliki kemampuan alami sebagai anti bakteri dan habbatussauda (jintan hitam) yang dapat mendukung pertahanan tubuh, serta tentunya formula antibakteri Lifebuoy dapat memberikan perlindungan tubuh keluarga Indonesia […]