Kepemimpinan PTS dalam era Revolusi Industri 4.0

Dua puluh lima pimpinan PTS dari 24 institusi di Indonesia berkumpul di Bintaro Jaya selama 3 hari dari tanggal 21-23 Mei 2018 dalam kegiatan workshop kepemimpinan.  Workshop dengan tema: Penguatan Kepemimpinan dan Budaya Mutu Akademik Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia ini di dukung oleh DAAD Jerman, dengan pendanaan dari Federal Ministry for Economic Cooperation and Development Jerman, dibawah naungan program National Multiplication Training DAAD Jerman.

Dari sekitar 120 proposal yang diterima DAAD dari berbagai negara terpilih 10 proposal mewakili 10 negara.  Untuk Indonesia, tim konsorsium dari Universitas Pembangunan Jaya Tangerang, Universitas Surabaya dan Universitas Ma Chung di Malang menjadi tuan rumah kegiatan pengembangan kapasitas kepemimpinan para pemimpin PTS.

Acara pelatihan selama 3 hari  di Surabaya tanggal 5-7 Februari 2018 (Bagian I) ditutup dengan kegiatan puncak selama 3 hari di hotel Santika Premiere Bintaro, dimana UPJ menjadi tuan rumah.  Hadir sebagai narasumber Dr (H.C.) Ir Ciputra, founder Pembangunan Jaya, Prof. Ocky K. Radjasa Direktur penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Kemenristekdikti, Dr Illah Sailah Koordinator Kopertis III yang adalah alumni pelatihan senada bernama International Deans’s Course di Jerman, Dr Eric Wibisono direktur penjaminan mutu Ubaya dan Prof. Peter Mayer dari Osnabrueck, Jerman.  Sebagai trainer adalah Dr. Tatas Brotosudarmo (univ Ma Chung), Dr Nemuel Pah (Ubaya) dan Dr. Leenawaty Limantara (rektor UPJ).

Acara yang baru berlangsung sehari ini sangat menarik karena dikemas secara interaktif, dimana peserta akan melaporkan hasil dari Project Action Plan (PAP) yang telah diimplementasikannya selama kurang lebih 3 bulan.  Testimoni peserta menyatakan bahwa workshop Penguatan Kepemimpinan dan Budaya Mutu Akademik PTS ini merupakan pelatihan yang sangat berbobot, memberi banyak inspirasi dan terbukti membawa kemajuan yang signifikan bagi peserta saat bersungguh-sungguh mengerjakan PAP-nya.

PTS penting untuk senantiasa bergerak secara lincah, cepat dan fleksibel menghadapi tantangan revolusi industri dan tuntutan pendidikan tinggi di tingkat nasional dan global.  Semangat untuk terus berbenah diri ditangkap dengan sangat antusias oleh pakar pendidikan tinggi asal Jerman Prof. Peter Mayer.  Beliau sangat senang melihat keaktifan para pimpinan PTS yang mengikuti workshop.

(Sumber : Universitas Pembangunan Jaya)