Gaya Hidup

Kenali Cara Efektif dan Aman Kelola Keuangan: Dijamin Cuan!

Saat ini masyarakat Indonesia sedang memasuki era tatanan kehidupan baru (new normal), dan ketidakpastian ekonomi masih menjadi hal yang harus diwaspadai.

Saat ini pengelolaan keuangan menjadi prioritas utama dalam menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan, termasuk investasi. Berbicara soal investasi, istilah investasi sering dianggap sebagai momok yang rumit dan hal yang hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang bekerja di industri keuangan.

Apakah benar? Tentu tidak. Semua orang pasti bisa berinvestasi tentunya dan bisa mencapai kestabilan serta independent dalam hal keuangan. Investasi merupakan sebuah konsep finansial yang bisa membantumu mencapai kestabilan finansial demi masa depan dan bahkan keuntungan.

Gimana sih cara memulainya? Yuk simak langkah dasar memulai investasi yang semua pasti bisa coba!

Tentukan Tujuan Keuanganmu

Sadar nggak sih, setiap hal yang kita kerjakan tanpa perencanaan akan berakhir membuang-buang waktu? Sering terjadi ketika kita berbelanja di supermarket tanpa daftar belanja, kita akan berakhir pada banyak pilihan barang dan impulsif. Sama halnya dengan perencanaan keuangan, kita harus punya tujuan dan prioritas yang dapat diukur sehingga tujuan keuangan kita tercapai. Rumit? Tidak kok. Kamu bisa menentukan tujuan keuangan kamu berdasarkan jangka waktu:

Tujuan Keuangan Jangka Pendek

Tujuan ini biasanya memiliki rentang waktu satu sampai dua tahun. Misalnya, kita berencana berlibur. Paling tidak, kita harus mengatur pengeluaran atau menyisihkan sebagian pendapatan untuk memenuhi biaya berlibur sejak jauh-jauh hari.

Tujuan Keuangan Jangka Menengah

Tujuan keuangan jangka menengah memiliki rentang waktu antara dua hingga sepuluh tahun. Salah satu contohnya adalah mempersiapkan uang untuk membiayai pendidikan yang berkualitas untuk anak. Pilihan investasi untuk mencapai tujuan jangka menengah berada di instrumen yang berbeda dengan tujuan jangka pendek.

Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Tujuan keuangan jangka panjang biasanya memiliki rentang waktu lebih dari sepuluh tahun. Risiko yang diambil bisa lebih besar karena kita punya waktu yang panjang untuk mengantisipasi segala ketidakpastian. Contohnya adalah saat kita mempersiapkan masa pensiun.

Persiapan masa pensiun yang tepat harus dilakukan agar kita nggak jadi beban anak cucu kelak. Selain itu, contoh tujuan keuangan jangka panjang adalah pendidikan. Pertanyaannya, gimana sih cara memulainya?

Simpan uang kamu dalam instrumen investasi berisiko rendah

Ketika kamu sudah menyisihkan bagian dari pendapatan kamu, langkah selanjutnya adalah menabung. Tabungan kamu bisa disimpan dalam bentuk instrumen berisiko rendah. Instrumen investasi berisiko rendah tidak memerlukan biaya yang besar.

Sekarang terdapat beberapa ragam instrumen investasi yang dimulai dari satu juta rupiah. Apa saja sih instrumen investasi berisiko rendah yang dapat menjadi langkah pertama perjalanan investasi kamu?

Deposito
Menempatkan dana di deposito lebih menguntungkan dibandingkan tabungan karena memberikan tingkat bunga lebih besar. Deposito berjangka memiliki rentang waktu yang beragam mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Dahulu, masyarakat menganggap membuka deposito harus memiliki dana yang besar. akan tetapi, saat ini kamu bisa membuka deposito berjangka mulai dari satu juta rupiah melalui aplikasi digibank by DBS. Fitur deposito memungkinkan nasabah digibank by DBS untuk melakukan deposito kapanpun dan dimanapun. Saat ini, bunga yang ditawarkan pun relatif lebih tinggi dibanding bunga deposito pada umumnya, yaitu p.a 5,5%. Deposito digibank by DBS juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Surat Utang /Obligasi

Surat utang mirip deposito karena resikonya rendah dengan tingkat imbal balik yang relatif lebih tinggi. Ada tiga jenis produk yang bisa kita beli melalui aplikasi digibank by DBS yaitu Savings Bond Ritel (SBR), Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Sukuk Tabungan (ST). Kalau investasi di SBR, ORI dan ST, kita akan menerima pembayaran (kupon) setiap bulan.

Kamu bisa membeli ketiga produk tersebut melalui fitur e-SBN pada saat peluncuran perdana produk tersebut dengan jumlah investasi awal mulai dari satu juta rupiah saja. Fitur e-SBN memungkinkan nasabah melakukan investasi secara 100% digital end to end mulai dari registrasi Single Investor Identification (SID) hingga pembelian serta penjualan kembali jenis surat utang yang dapat diperdagangkan.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu melalui proses yang rumit dan melakukan investasi di platform perbankan tentunya lebih aman.

Surat Utang /Obligasi Pasar Sekunder

BACA JUGA  OVO Ungkap Fakta Menarik Pengguna Selama Periode Work From Home

Pasar sekunder kini menaungi tiga tipe obligasi yang dapat diperdagangkan seperti FR, INDON dan INDOIS. Sebelumnya untuk nasabah dapat memasuki pasar sekunder harus memiliki modal awal yang besar mulai dari seratus juta rupiah.

Akan tetapi, nasabah kini memiliki kesempatan untuk mengakses pasar sekunder tanpa harus menyiapkan dana yang besar. Melalui digibank by DBS, nasabah dapat memulai investasi di pasar sekunder dengan dana mulai dari satu juta rupiah saja. digibank by DBS merupakan pelopor perbankan digital pertama  yang memberikan akses terhadap masyarakat ke pasar sekunder secara 100% digital.

Jangan lupa, siapkan dana darurat!

Dana darurat adalah hal yang tidak kalah pentingnya dalam menjalani hidup yang penuh dengan ketidakpastian. Tanpa dana darurat, kita bakal kesulitan saat membutuhkan uang dalam keadaan darurat. Salah satu contoh konkret adalah masa pandemi Covid-19, di mana ketidakpastian ekonomi sedang melanda negara.

Akan tetapi, jangan khawatir! Kamu bisa mengelola dana darurat dengan menggunakan instrumen investasi yang tepat seperti deposito dan surat utang. Kamu bisa mengakses deposito dan surat utang kamu melalui aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa mengelola instrumen investasi kamu dengan mudah dan cepat tanpa harus ke cabang.

Pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan ragam peluang investasi yang berisiko rendah tidak hanya dapat digunakan sebagai dana darurat tetapi juga untuk memperoleh keuntungan. Saat ini investasi dapat dilakukan oleh semua orang tanpa harus melalui proses yang rumit dan dana yang besar melalui digibank by DBS.

“Kegiatan perbankan yang termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan kerap dianggap rumit oleh masyarakat. Lama waktu yang dibutuhkan dan proses yang cenderung panjang sering dinilai sebagai hambatan bagi setiap orang yang ingin memulai perjalanan keuangan mereka. Akan tetapi, pengelolaan keuangan yang seimbang menjadi kunci kebebasan dan kestabilan ekonomi individu.

Bank DBS Indonesia menyadari peran teknologi dapat mempermudah hambatan-hambatan tersebut dan membantu nasabah untuk mencapai tujuan keuangan mereka. Saat ini investasi dapat dilakukan oleh semua orang tanpa harus melalui proses yang rumit dan dana yang besar melalui digibank by DBS,” ujar Managing Director Head of Digital Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Leonardo Koesmanto

Saat ini digibank by DBS tengah menyelenggarakan kampanye #SemuaPastiBisa untuk mengajak masyarakat dalam bijak mengelola dan mengembangkan keuangannya di aplikasi digibank by DBS. Nasabah dapat melakukan semua kegiatan perbankan seperti membuka rekening, top-up e-wallet, membayar tagihan bulanan, transfer valas, membuka deposito hingga berinvestasi di pasar sekunder dan rekening valas dengan 10 mata uang dalam satu aplikasi.

(AB)

 

Baca Juga

  • Yamaha Vega Force Hadir dalam Balutan Warna yang Semakin Sporty

    Yamaha Vega Force Hadir dalam Balutan Warna yang Semakin Sporty

    Yamaha Indonesia memberikan kejutan kepada para pelanggan setianya, khususnya bagi mereka pecinta motor bebek di tanah air melalui peluncuran warna serta desain stripping baru pada Yamaha Vega Force yang membuat tampilan motor tersebut menjadi semakin berkelas dan sporty. Yamaha Vega Force kini diperkaya dengan dua pilihan warna baru yaitu Metallic Black serta Metallic Red yang […]
  • Persyaratan Pengecualian Calon Penumpang dan Persiapan Operasional Lion Air Group

    Persyaratan Pengecualian Calon Penumpang dan Persiapan Operasional Lion Air Group

    Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terbaru sehubungan rencana pengoperasian kembali rute domestik yang dijadwalkan pada Minggu (10/ 05). Lion Air Group menekankan, bahwa seluruh layanan Lion Air Group berdasar pada aturan yang telah diterbitkan, sebagai berikut: Surat Edaran […]
  • Xiaomi Redmi Note 7 Hadir Pertama Kalinya Secara Eksklusif di Lazada dan JD.ID

    Xiaomi Redmi Note 7 Hadir Pertama Kalinya Secara Eksklusif di Lazada dan JD.ID

    Setelah sukses meluncurkan Redmi Note 7 secara resmi di Indonesia pada 21 Maret 2019 lalu, pemimpin teknologi global, Xiaomi, akan menghadirkan Redmi Note 7 di situs resmi Xiaomi, Mi.com, Authorized Mi Store serta mitra – mitra e-commerce Xiaomi yang dimulai pada tanggal 27 Maret 2019. Redmi Note 7 hadir dengan layar yang besar dan daya […]
  • Foto : Berbagai Pilihan Travel Bag di Gramedia Emerald Bintaro

    Foto : Berbagai Pilihan Travel Bag di Gramedia Emerald Bintaro

    Bagi Anda yang merencanakan liburan akhir tahun, jangan lupa mempertimbangkan tas untuk dibawa selama perjalanan liburan. Ada banyak pilihan tas di luar sana, beberapa bahkan dilengkapi dengan bel, pluit, dan beragam fitur menggiurkan. Pertimbangkan juga kebutuhan pribadi Anda: gaya hidup, kesehatan, dan kebutuhan pribadi. Apakah Anda memiliki punggung yang bermasalah? Maka cari tas gendong yang […]
  • So Klin Manjakan 15 Pemenang Sakuravaganza Liburan ke Jepang

    So Klin Manjakan 15 Pemenang Sakuravaganza Liburan ke Jepang

    Jepang, yang dikenal sebagai Negeri Matahari Terbit, juga mempunyai julukan lain yaitu Negeri Sakura. Julukan Negeri Sakura sendiri diberikan karena Jepang memiliki bunga yang khas yaitu Bunga Sakura yang merupakan lambang kebahagiaan dan keindahan. Terinspirasi dari hal tersebut, So Klin, deterjen terkemuka andalan Wings, meluncurkan rangkaian So Klin Experience Sakura pada bulan Februari yang lalu. […]
  • Tangguhnya Mesin Duramax Chevrolet Siap Menunjang Jiwa Petualang

    Tangguhnya Mesin Duramax Chevrolet Siap Menunjang Jiwa Petualang

    SUV merupakan kendaraan pendukung dengan versatilitas tinggi, tangguh saat melaju di jalan raya maupun saat berpetualang. Pecinta SUV pun mengandalkan kendaraan ini untuk menikmati tenaga mesin yang besar, mengakodomasi jumlah anggota keluarga, ruang kargo lapang, serta memenuhi kebutuhan jiwa petualang, saat hendak menjelajah kota-kota dan pulau. Riset Chevrolet baru-baru ini menemukan bahwa mobil SUV semakin […]
  • Vivo Dukung Finalis Berikan Performa Tangguh di Grand Final Vivo Z1 Pro Battle 2019

    Vivo Dukung Finalis Berikan Performa Tangguh di Grand Final Vivo Z1 Pro Battle 2019

    Kompetisi vivo Z1 Pro Battle PUBG Mobile 2019 telah menyelesaikan babak Grand Final yang berlangsung seru dan menarik perhatian pada event Gadget Innovation Week (GIW) 2019 pada 1 September 2019 di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Pada Grand Final vivo Z1 Pro PUBG Mobile Battle 2019, tim eSport 8 Dream Genio telah memenangi laga terbaik […]
  • Kolaborasi LinkAja dengan Aplikasi Korpri untuk Indonesia – AKUI

    Kolaborasi LinkAja dengan Aplikasi Korpri untuk Indonesia – AKUI

    Tepat satu hari sebelum pelaksanaan peluncuran Aplikasi KORPRI Untuk Indonesia – AKUI, yang akan dilaksanakan pada perayaan Hari Ulang Tahun Ke-48 KORPRI 29 November 2019, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Dewan Pengurus KORPRI Nasional (DPKN) dengan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja). Penandatanganan MOU dilaksanakan pada momen KORPRI EXPO di ICE BSD oleh Prof. Dr. […]
  • Seminar Social Media Influencer Universitas Pembangunan Jaya

    Seminar Social Media Influencer Universitas Pembangunan Jaya

    Perkembangan social media yang begitu pesat belakangan ini membutuhkan kematangan dalam menyikapinya. Social media bisa digunakan untuk berbagai hal, dari sekedar menunjukkan eksistensi diri, promosi sampai dengan menyebar kebencian. Untuk itu pengguna social media perlu memahami cara menggunakan social media secara tepat, sehingga social media dapat mendatangkan manfaat minimal bagi diri sendiri. Hal ini mengemuka […]
  • Danone SN Indonesia Dukung IPB University Berdayakan Masyarakat dan Mahasiswa Terdampak Pandemi

    Danone SN Indonesia Dukung IPB University Berdayakan Masyarakat dan Mahasiswa Terdampak Pandemi

    Diberlakukannya protokol kesehatan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Penerapan aturan ini di lingkungan kampus, termasuk Kampus IPB, memberikan dampak pada berkurangnya aktivitas perekonomian masyarakat di sekitar kampus. Kondisi tersebut mendorong Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melaksanakan salah satu program […]
  • Bir Bintang Hadirkan Semangat Positif di Rumah melalui Platform TetapBisa: Virtual Nongkrong

    Bir Bintang Hadirkan Semangat Positif di Rumah melalui Platform TetapBisa: Virtual Nongkrong

    Pandemi COVID-19 telah menimbulkan jarak sosial dan memengaruhi kehidupan sehari-hari banyak orang, dan ini bukan hal yang mudah bagi semua orang. Menetap di rumah setiap hari telah menciptakan tantangan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan hal-hal yang biasanya mereka sukai, termasuk nongkrong atau belajar hal baru. Kita perlu mencari cara-cara baru untuk dapat tetap terhubung dan […]
  • Premi Kembali 160% untuk Nasabah Cigna Indonesia

    Premi Kembali 160% untuk Nasabah Cigna Indonesia

    Cigna Indonesia resmi meluncurkan Cigna Exclusive Protection Plus, sebuah solusi perlindungan jiwa berjangka yang tidak hanya memberikan manfaat ketika terjadi risiko tapi juga memberikan kepastian finansial ketika tidak terjadi risiko untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. “Cigna Indonesia hadir untuk membantu orang-orang yang kami layani meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan rasa aman mereka. Kami percaya bahwa produk […]
  • Menggugah Minat Traveling ke Kalimantan Selatan Lion Air Menawarkan Tarif Spesial Mulai dari Rp 354.000

    Menggugah Minat Traveling ke Kalimantan Selatan Lion Air Menawarkan Tarif Spesial Mulai dari Rp 354.000

    Lion Air, member of Lion Air Group, mengumumkan program spesial bertajuk “terbang bareng Lion Air” pada beberapa rute penerbangan domestik khusus dari dan menuju Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamdudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) efektif 04 September 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan Momen terbaik pada kesempatan ini sekaligus semarak bertepatan Hari […]
  • Tempat Nongkrong Asyik dengan Menu Nuansa Nusantara di Cafe Ind.Ustrie

    Tempat Nongkrong Asyik dengan Menu Nuansa Nusantara di Cafe Ind.Ustrie

    Pernah mampir ke Cafe Ind.Ustrie yang ada di kawasan Bintaro Sektor? Bila dilihat dari namanya, mungkin Anda berpikir bahwa cafe ini menyajikan masakan barat. Namun kenyataannya cafe ini menyediakan aneka masakan Indonesia yang lezat. Cafe yang didirikan tahun 2014 ini memiliki latar belakang para pendirinya yang pada saat ini tidak dapat menemukan tempat nongkrong yang […]
  • Aneka Masakan Indonesia di Waroeng Kita

    Aneka Masakan Indonesia di Waroeng Kita

    Bangsa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam yang diwariskan leluhur kita dari ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Salah satu bentuk keanekaragaman itu bisa kita saksikan melalui aneka masakan dari berbagai daerah. Bagi Anda yang ingin mencicipi berbagai masakan tradisional Indonesia, Anda tidak perlu pergi ke berbagai resto, di Waroeng Kita Anda bisa menikmati […]
  • GoPlay dan Citilink Berkolaborasi Hadirkan Pengalaman Baru Nikmati Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

    GoPlay dan Citilink Berkolaborasi Hadirkan Pengalaman Baru Nikmati Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

    GoPlay, platform video-on-demand dari Gojek, dan Citilink, maskapai berbiaya hemat dari Garuda Indonesia Group, hari ini meresmikan kerja sama strategis dalam menghadirkan akses bagi para penumpang Citilink ke ratusan konten berkualitas yang tersedia di aplikasi GoPlay. Langkah ini menjadi pencapaian penting bagi kedua belah pihak, dengan GoPlay sebagai program hiburan digital pertama yang dipilih Citilink […]
  • LOOP dan Gramedia Gelar Simulasi SBMPTN 2019 Serentak se-indonesia

    LOOP dan Gramedia Gelar Simulasi SBMPTN 2019 Serentak se-indonesia

    LOOP dan Gramedia kembali bekerjasama untuk mengadakan simulasi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) se-Indonesia mulai tanggal 23 Maret – 30 April 2019 untuk mengulang kesuksesan program Simulasi SBMPTN yang telah diselenggarakan bersama sejak tiga tahun terakhir. Simulasi akan dilakukan di 19 kota yang meliputi Padang, Palembang, Lampung, Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, Lombok, Makassar, […]
  • Memasak Bersama Anak: Mengolah Cinta dan Logika, Mengaduk Keterampilan dan Komunikasi dan Mematangkan Keceriaan dan Kepercayaan Diri

    Memasak Bersama Anak: Mengolah Cinta dan Logika, Mengaduk Keterampilan dan Komunikasi dan Mematangkan Keceriaan dan Kepercayaan Diri

    Memasak kini menjadi bagian dari budaya populer keseharian. Televisi menayangkan beraneka program memasak baik untuk dewasa maupun anak – baik laki-laki maupun perempuan. Sebetulnya apa manfaat memasak untuk anak? Keterampilan Numerik: Tambahkan 2 sendok gula ke dalam adonan, peras ¼ lemon ke dalam cangkir, panggang kentang selama 30 menit, bagilah tumpukan keju parut untuk 3 […]
  • Konsisten Dukung Industri Clothing Brand Lokal, Telkomsel Kembali Hadirkan Kickfest di Kota Bandung

    Konsisten Dukung Industri Clothing Brand Lokal, Telkomsel Kembali Hadirkan Kickfest di Kota Bandung

    Selama 13 tahun, Telkomsel terus dukung perkembangan industri clothing line dari brand lokal di Indonesia. Dukungan ini dituangkan dalam gelaran Kickfest yang hadir setiap tahun. Di tahun ini Telkomsel Kickfest kembali hadir, dimana akan ada pameran ratusan clothing line dari brand-brand lokal karya anak muda. Selama 4 hari berturut-turut, dari tanggal 31 Oktober – 3 […]
  • Diskusi Perubahan Dunia Menuju Era Neo-Proteksionisme5th: Economix International Seminar FEBUI

    Diskusi Perubahan Dunia Menuju Era Neo-Proteksionisme5th: Economix International Seminar FEBUI

    Seminar International 15th Economix merupakan agenda pembuka dari rangkaian acara 15th Economix. Tahun ini, 15th Economix mengusung tema besar yaitu “The Resurgence of Neo-Protectionism: A changing world”, yang mendiskusikan tentang perubahan dunia menuju era neo-proteksionisme. Seminar Internasional 15th Economix terdiri dari tiga sesi – satu sesi keynote speaker dan dua sesi seminar. Di setiap sesi, 15th Economix akan mengundang pembicara yang kompeten dan terkemuka dari berbagai […]

Tinggalkan Balasan