Sab. Okt 19th, 2019

Kemeriahan Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange Mall

Untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-71, Bintaro Xchange Mall mengadakan berbagai acara yang dikemas dalam tema BXc Mall Berbagi MERDEKA. Acara pertama adalah Lomba Permainan Tradisional, yang bekerjasama dengan Komunitas Hong yang berlangsung tanggal 17 Agustus 2016. Acara berikutnya  adalah Donor Darah, yang sekaligus merupakan perayaan HUT ke-55 PT. Pembangunan Jaya. Rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 akan berakhir dan sekaligus merupakan puncaknya pada tanggal 28 Agustus 2016, dengan diadakannya Karnaval 17-an yang terbagi menjadi 2 lomba, Lomba Stroller Hias dan Lomba Sepeda Hias.

Lomba Permainan Hias yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus sore berlangsung sangat meriah dan mendapat antusiasme dari pengunjung mall yang mengisi liburannya bersama keluarga. Acara yang bekerjasama dengan Komunitas Hong ini menampilkan berbagai permainan tradisional dari daerah Jawa Barat.

permainan_tradisional_info_bintaro_3

Komunitas Hong merupakan komunitas yang didirikan oleh Mohammad Zaini Alif, atau yang akrab dipanggil Kang Zaini, seorang social-entrepreneur di Bandung, Jawa Barat. Berangkat dari kecintaannya terhadap permainan tradisional Indonesia, Kang Zaini mendirikan Komunitas Hong pada tahun 2003 sebagai wadah untuk mengumpulkan dan mempromosikan berbagai permainan tradisional Indonesia. Komunitas Hong telah mengumpulkan dan mendokumentasikan ratusan permainan tradisional dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung. Di markasnya, di Pekarangan Ulin Dago Pakar, Jl. Bukit Pakar No 35, Bandung, berbagai permainan tradisional dapat dimainkan oleh pengunjung sambil berwisata menikmati kuliner tradisional.

Lomba Permainan Tradisional di Bintaro Xchange, dimulai pada pukul 15.00. Diawali dengan MC menjelaskan 10 permainan tradisional Jawa Barat yang akan dilombakan. Penjelasan itu disertai demo setiap permainan oleh anggota komunitas, sehingga pengunjung memahami cara memainkan permainan nantinya saat perlombaan. Dengan diiringi latar belakang musik Sunda yang dimainkan di atas panggung, MC membawakan acara secara santai dan kocak. Dengan logat Sunda yang kental yang diselingi dengan guyonan membuat pengunjung tertawa dan tersenyum-senyum. Sesi perkenalan ini, ditutup dengan pembacaan janji atlit lomba permainan tradisional. Tentunya janji atlit ini cuma untuk lucu-lucuan saja, dimana peserta mengikuti kata-kata yang dibacakan MC yang terkadang membuat peserta dan pengunjung tertawa terbahak-bahak.

permainan_tradisional_info_bintaro_1

10 jenis permainan yang dilombakan adalah:

Ban-Banan : permainan dengan menggiring sebuah lingkaran terbuat dari bambu seukuran dengan ban sepeda dengan menggunakan tongkat kayu.

BACA JUGA  Jangkau Pelanggan, Adira Insurance Buka Kantor Representatif Baru di Pusat Perbelanjaan

Bedil Jepret : permainan menembak bola plastik dengan senapan (bedil) terbuat dari bambu dengan peluru dari buah leunca. Peluru buah leunca terlontar dengan efek jepret dari lengkungan bambu di bedil.

Parepet Jengkol : permainan ini dimainkan oleh 4-5 orang dengan cara saling mengaitkan 1 kaki dengan peserta lain. Dengan diiringi lagu Parepet Jengkol peserta yang kakinya saling mengait berusaha bergerak bersama-sama ke garis finish.

Oray Sarung : permainan yang terdiri dari 4 orang yang berdiri berjejer dan saling menggenggam tangan, untuk memindahkan sarung yang dimasukkan dari kepala hingga turun ke kaki. Kemudian diteruskan oleh orang di sebelahnya dengan cara yang sama hingga sarung sampai di kaki orang yang terakhir.

Kelom Awi : awi (bambu) yang berbentuk silinder berukuran pendek diikat dengan tali. Peserta berusaha berjalan dengan alas kaki (kelom) dari silinder bambu itu sambil memegang tali.

Bakiak : permainan tradisional satu ini sudah umum kita temukan pada lomba-lomba 17-an di mana-mana, atau digunakan sebagai sarana permainan pada acara-acara outbond yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan. 4 orang peserta menggunakan 2 bilah kayu yang dijadikan bakiak berusaha berjalan bersama-sama secara serempak melangkahkan kaki kiri dan kanan.

Pabalonan Samping : permainan lomba lari dengan menggunakan sarung yang satu ujungnya diikatkan di pinggang, sedang ujung lainnya dipegang dengan tangan yang mengembang seperti mau terbang. Peserta berlari bolak-balik sambil menahan sarung yang menahan angin dan terkadang membuat peserta badannya meliuk-liuk ke samping.

Gasing : permainan membawa gasing yang berputar di atas nampan sambil berjalan. Peserta harus bisa membuat gasing tetap berputar dan tidak terjatuh, sambil menjaga langkahnya sendiri supaya tidak terjatuh.

Papancakan : permainan melembar bola bambu ke tumpukan baru hingga runtuh. Peserta harus menyusun batu-batu lagi secepatnya untuk kemudian dilempar kembali.

Rorodaan : Permainan menggunakan sebuah mobil-mobilan kayu secara berpasangan. Satu peserta duduk di mobil-mobilan kayu, sementara pasangannya mendorong punggungnya supaya bergerak secepatnya.

permainan_tradisional_info_bintaro__2

Acara perlombaan dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama berlangsung dari pukul 15.00-16.00 dan sesi kedua dari pukul 16.00-17.00. Panitia membuka pendaftaran di tempat kepada pengunjung yang baru mengetahui adanya perlombaan ini dan ingin berpartisipasi. Umumnya yang mendaftar adalah satu keluarga, walaupun ada juga peserta perorangan.

Sekitar pukul 17.30 acara perlombaan pun berakhir dan menyisakan kegembiraan kepada peserta dan pengunjung, dan yang terpenting pengetahuan baru akan kekayaan budaya Indonesia yang sudah hampir terkubur oleh kemajuan zaman.

BACA JUGA  Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Menteri Rini Resmikan Kapal Wisata Komodo dan Dermaga Pulau Rinca

 

(ES)

 

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan