Pendidikan

Kemendikbud Gandeng Kementerian/Lembaga Sosialisasikan Sistem Pengadaan di Sekolah (SIPLah)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), serta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengadakan Sosialisasi Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) Lintas Kementerian/Lembaga secara daring melalui webinar pada hari Senin-Kamis, 3 s.d. 6 Agustus 2020.

Kemendikbud bersama kementerian dan lembaga menyampaikan pentingnya sinergi antara kementerian dan lembaga pada aplikasi SIPLah sebagai salah satu upaya memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tengah kondisi pandemi corona virus disease (coviid-19).

“Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, dimana perekonomian baik secara makro maupun mikro mengalami penurunan, sehingga kita harus mampu memanfaatkan peluang dan potensi ekonomi digital serta pendampingan terhadap UMKM. Pendampingan terhadap UMKM diperlukan sehingga UMKM dapat memanfaatkan sistem daring untuk mempertahankan usahanya,” demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im, saat membuka acara sosialisasi tersebut secara daring, Senin (03/08/2020).

Menurutnya, sosialisasi SIPLah sebagai pasar elektronik untuk pengadaan barang dan jasa pada satuan pendidikan merupakan langkah strategis guna mengikutsertakan kementerian dan lembaga terkait untuk menggerakkan jaringannya dalam upaya memanfaatkan potensi pasar daring yang diakses oleh lebih dari 63.000 satuan pendidikan dari sekitar 440.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

“Sosialisasi ini dirasa perlu untuk menggandeng lintas kementerian dan lembaga terutama yang memiliki UMKM binaan dan kewenangan terkait perizinan usaha UMKM sehingga ekosistem pasar pendidikan ini dapat dimanfaatkan untuk kemajuan UMKM di Indonesia terutama di era pandemi Covid-19.” terang Ainun pada webinar tersebut.

Ia mengatakan bahwa ada potensi besar pada aplikasi SIPLah, yaitu terdapat sekitar 200.000 barang dan jasa pendidikan,  dan sekitar 11.000 penyedia barang dan jasa. Namun demikian, Ainun merasa perlu mengajak sebanyak mungkin UMKM untuk bergabung memasarkan barang dan jasa pada aplikasi SIPLah.

Pengadaan Barang dan Jasa di Satuan Pendidikan Melalui SIPLah

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menjelaskan bahwa SIPLah merupakan wujud kesungguhan Kemendikbud untuk memperbaiki tata kelola pengadaan barang dan jasa di dunia pendidikan. LKPP memberikan jaminan pengadaan barang dan jasa pada satuan pendidikan yang lebih tepat, lebih mudah, tercatat, dan termonitor dalam SIPLah.

“LKPP menilai bahwa SIPLah menjadi bagian dari upaya Kemendikbud yang bertujuan memperbaiki tata kelola pengadaan barang/jasa pemerintah, yang sebelumnya dilakukan secara offline, saat ini dapat dilakukan secara online, tercatat, termonitor dan diperbaharui secara berkala,” jelas Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP, Yulianto Prihhandoyo.

Yulianto mengatakan SIPLah memliliki prinsip efektif, efisien, transparan, terbuka, bersaing, adil, dan akuntabel dalam proses pengadaan barang dan jasa oleh satuan pendidikan merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Hal-hal yang tidak diatur dalam Perpres tersebut mendorong diterbitkannya Permendikbud nomor 14 tahun 2020, sehingga memberi payung bagi satuan pendidikan dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa.

SIPLah sebagai solusi pengadaan barang dan jasa oleh satuan pendidikan juga diakomodir oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kemendagri mengakomodasi pengadaan barang dan jasa di satuan pendidikan mengacu pada regulasi yang dikeluarkan oleh Kemendikbud,” kata Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Bahri.

Sementara itu, Sesditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Sutanto, mengemukakan bahwa kehadiran SIPLah juga sejalan dengan adanya program digitalisasi sekolah. “Digitalisasi sekolah adalah serangkaian perangkat dan prosedur elektronik yang berfungsi mendigitalisasi pengelolaan dana BOS mulai dari proses perencanaan, realisasi, dan pelaporan,” ujarnya.

SIPLah Penopang Kemajuan UMKM di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 membawa dampak di berbagai sektor kehidupan terutama pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Saat ini, SIPLah telah mempertemukan sekitar 11.000 penyedia barang dengan sekitar 63.000 satuan pendidikan dari 440.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. SIPLah sebagai solusi bagi pihak yang membutuhkan barang dan jasa pendidikan dan bagi pelaku UMKM.

Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Daniel Asnur mengatakan, pada masa pandemi Covid–19 banyak UMKM telah menutup usahanya. Usaha mikro tidak memiliki kas/tabungan dan telah mengurangi tenaga kerja. Namun masih terdapat peluang yang besar bagi UMKM untuk memasarkan produknya melalui Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah). “Oleh karena itu, UMKM dapat berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa di pemerintah khususnya di sekolah dan hal ini sejalan dengan arahan Presiden dalam menargetkan 2 juta UMKM go online, melalui SIPLah sebagai wadahnya dalam meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat saat ini yang sedang menurun,” ucapnya.

Terkait perizinan UMKM, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyampaikan informasi tentang regulasi yang memudahkan perizinan melalui sistem Penerapan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Online Single Submission (OSS) untuk mengurangi birokrasi dan memudahkan pelaku usaha dalam memperoleh izin berusaha.

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, para pelaku usaha mendaftar di Online Single Submission (OSS) harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) kemudian secara sistem akan terbit izin usaha dan selanjutnya izin komersial/operasional,” terang Pelaksana Tugas Direktur Pengembangan Sistem Perizinan Berusaha Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Agus Prayitno.

Dalam rangka percepatan gerakan nasional UMKM Go Online, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyambut baik kehadiran SIPLah. Pelaksana Tugas Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, I Nyoman Adiarna mengatakan bahwa sudah banyak pencapaian Kemenkominfo dalam meningkatkan peran UMKM melalui gerakan nasional UMKM Go Online yang bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kemendikbud, dan kementerian/lembaga lainnya.

Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi SIPLah disebutkan oleh Kementerian Perdagangan telah memenuhi Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Perdagangan melalui Sistem Elektronik (PPMSE).

Kepala Subdit Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Kementerian Perdagangan, Agus Purwanto mengatakan, dengan adanya Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) pada sektor pendidikan merupakan suatu peluang untuk semakin meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dari suatu kegiatan pengadaan barang/jasa. “SIPLah merupakan satu langkah terobosan yang penting khususnya untuk jajaran Kemendikbud dalam menjawab tantangan di era digital saat ini,” tuturnya.

Terobosan Kemendikbud melalui aplikasi SIPLah ini juga mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perindustrian yang konsisten melakukan pendampingan dan edukasi pada industri kecil menengah (IKM) berupa bimbingan teknis, tune up, dan scale up.

Kepala Subdit Pengembangan Program IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian, Riefky Yuswandy berharap SIPLah menjadi pintu masuk bagi para IKM untuk meningkatkan penjualan produk dan akses pasarnya terutama pasar yang dananya bersumber dari dana pemerintah (APBN). Peningkatan belanja APBN untuk produksi dalam negeri juga akan memperkuat seluruh ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(EV)

 

Baca Juga

  • Lazada Indonesia Tunjuk Agnez Mo Sebagai Brand Ambassador Sambut Festival Belanja 9.9

    Lazada Indonesia Tunjuk Agnez Mo Sebagai Brand Ambassador Sambut Festival Belanja 9.9

    Menjelang keriaan festival belanja akhir tahun, Lazada Indonesia mengumumkan kolaborasi dengan Agnez Mo, artis multitalenta, penyanyi dan penulis lagu, sebagai brand ambassador. Kolaborasi dengan Agnez Mo merupakan bagian dari inisiatif untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen Lazada di Indonesia. Sebagai platform e-Commerce terdepan di Asia Tenggara, Lazada melihat Agnez Mo sebagai sosok yang inspiratif, berprestasi, […]
  • Wings Group dan Yayasan Anak Bangsa Bisa Bagikan Sembako kepada Puluhan Ribu Mitra Driver Gojek

    Wings Group dan Yayasan Anak Bangsa Bisa Bagikan Sembako kepada Puluhan Ribu Mitra Driver Gojek

    PT Sayap Mas Utama (Wings Group) menginisiasi gerakan sosial dengan mendistribusikan paket sembako kepada pelaku sektor informal yang terdampak pandemi COVID-19. Dalam menjalankan inisiatif ini, Wings Group menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) yang didirikan Gojek, untuk mendistribusikan 30.000 paket sembako bagi mitra driver Gojek di Jabodetabek melalui jaringan FamilyMart. Kedua belah pihak menyumbangkan dana […]
  • Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi, IM3 Ooredoo Zone Hadir di Sepanjang Jalur Mudik

    Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi, IM3 Ooredoo Zone Hadir di Sepanjang Jalur Mudik

    Jelang Hari Raya Idul Fitri, IM3 Ooredoo menghadirkan berbagai program menarik untuk para pelanggan yang melakukan mudik ke kampung halaman. Setelah meluncurkan paket New Freedom dengan total kuota internet besar hingga 60GB dan semakin lengkap dengan gratis Nelpon ke semua operator, IM3 Ooredoo juga menghadirkan 20 booth IM3 Ooredoo Zone yang tersebar di sepanjang jalur […]
  • Galaxy Land by Eraspace.com, Event Online untuk Siasati Pandemi

    Galaxy Land by Eraspace.com, Event Online untuk Siasati Pandemi

    Akibat merebaknya pandemi Covid-19, event Galaxy Land yang biasanya diselenggarakan secara offline di pusat-pusat perbelanjaan, kali ini digelar secara online di microsite www.galaxy-land.com yang berada di dalam situs eraspace.com. Perubahan format event Galaxy Land ini dilakukan oleh Erajaya Group dan Samsung untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan bagi Konsumen Erajaya dan Samsung serta memastikan Konsumen di […]
  • Tokopedia, Ovo dan Grab Bersatu Perangi Covid-19

    Tokopedia, Ovo dan Grab Bersatu Perangi Covid-19

    Tokopedia, OVO dan Grab — ekosistem digital terbesar di Indonesia — mendonasikan masing-masing Rp1 miliar (total Rp3 miliar) untuk membantu memerangi COVID-19. Inisiatif gabungan ini sekaligus menjadi ajakan bagi seluruh kalangan masyarakat agar menyatukan suara dan langkah, bergotong royong menekan laju penyebaran COVID-19. Donasi akan digunakan untuk membantu penyediaan alat perlindungan diri bagi para tenaga […]
  • Lion Air Mulai 20 Januari 2021 Terbang ke Berau dari Surabaya

    Lion Air Mulai 20 Januari 2021 Terbang ke Berau dari Surabaya

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan informasi terbaru terkait rencana pembukaan rute baru ke destinasi baru yaitu Berau, Kalimantan Timur. Pengoperasian akan dilaksanakan pada 20 Januari 2021, yang langsung diterbangi dari Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB). Lion Air akan mengoperasikan layanan berjadwal harian (7 […]
  • 8 Mitos Terkait Nutrisi yang Perlu Diluruskan

    8 Mitos Terkait Nutrisi yang Perlu Diluruskan

    Herbalife Nutition Indonesia, pada hari ini kembali menyelenggarakan Nutrition Talk dengan topik diskusi terkait dengan hasil survei “Herbalife Nutrition Asia Pacific Nutrition Myths Survey 2020” yang mengungkap kebenaran seputar beberapa mitos nutrisi yang beredar di masyarakat Asia Pasifik. Kegiatan rutin bulanan ini ditujukan untuk memberikan kontribusi atas upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya nutrisi. Nutrition […]
  • Honda Raih Sepuluh Penghargaan dari Ajang GridOto Award 2020

    Honda Raih Sepuluh Penghargaan dari Ajang GridOto Award 2020

    PT Honda Prospect Motor (HPM) menerima 10 penghargaan dalam acara Gridoto Award 2020 yang diadakan secara virtual pada tanggal 16 Desember 2020. Honda meraih penghargaan di ajang ini berdasarkan penilaian model terbaik, nilai jual kembali dan biaya kepemilikan terbaik di kelasnya . Gridoto Award merupakan ajang penghargaan yang digelar oleh Gridoto.com untuk memberikan apresiasi kepada […]
  • Ovo, Visionet dan Kadin Paradigma Baru Kota Tangerang Teken Kerja Sama untuk Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Ovo, Visionet dan Kadin Paradigma Baru Kota Tangerang Teken Kerja Sama untuk Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Bertempat di Lapangan Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, OVO dan Kamar Dagang dan Industri Paradigma Baru (KADIN PB) Kota Tangerang menandatangani Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk menjadikan OVO QR code tersedia sebagai platform pembayaran untuk para pelaku UMKM di Kota Tangerang. Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur OVO, Johnny Widodo dan Hadi B.Sc selaku Ketua Dewan […]
  • Lenovo Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Berbagai Hadiah Menarik

    Lenovo Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Berbagai Hadiah Menarik

    Lenovo, salah satu merek PC terdepan di dunia, mengadakan promo khusus Chinese New Year untuk menyambut tahun baru imlek. Melalui promo ini, pelanggan berkesempatan mendapatkan hadiah langsung untuk setiap pembelian produk Lenovo terbaru di semua lini produknya. Untuk pembelian produk Yoga C930 dan Yoga S730 serta Legion C730 Cube, pelanggan akan mendapatkan hadiah langsung berupa […]
  • Ini Dia Pemenang NMAX Jingle Competition 2020 Pilihan Yamaha Bersama Yovie Widianto ! Kamu Salah Satunya ?

    Ini Dia Pemenang NMAX Jingle Competition 2020 Pilihan Yamaha Bersama Yovie Widianto ! Kamu Salah Satunya ?

    Di tengah pandemi COVID-19, tidak mematahkan antusias ratusan peserta untuk mengikuti NMAX Jingle Competition yang telah diselenggarakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bersama PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) dengan semangat Two Yamahas, One Passion. Kini tiba saatnya, Yamaha akan mengumumkan 6 (enam) karya terbaik pilihan Yamaha dan Yovie Widianto melalui Live Instagram resmi […]
  • Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Edisi Spesial Sumpah Pemuda : Sumpah Pemuda Generasi Millennial Jaman Now

    Sembilan puluh tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, sejumlah pemuda Indonesia mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Di secarik kertas yang ditulis Moehammad Yamin termuat cita-cita bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu: Indonesia. Saat itulah imajinasi bangsa (national imaginary) pertama kali dideklarasikan. Baca juga: Mengenal Museum Sumpah Pemuda Hari itu, pemuda berbagai etnis menomorduakan keinginan jadi nomor satu sendiri […]
  • Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Penawaran Terbaik Piaggio dan Vespa di Bulan Suci Ramadan

    Dalam rangka bulan suci Ramadan, PT Piaggio Indonesia memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan setia produk premium khas Italia dengan program Piaggio Vespa Ramadan Promo 2019. Program ini berlaku selama periode 1 – 30 Mei 2019 untuk setiap pembelian unit Piaggio dan Vespa. Program khusus ini merupakan salah satu upaya dari PT Piaggio Indonesia di […]
  • Alibaba Luncurkan Paviliun Indonesia di Tmall Global

    Alibaba Luncurkan Paviliun Indonesia di Tmall Global

    Alibaba Group Holding Limited meluncurkan Paviliun Indonesia di platform Tmall Global. Hal ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman ratusan juta konsumen Tiongkok tentang produk-produk terbaik Indonesia menjelang 11.11 Global Shopping Festival, pesta belanja satu hari terbesar di dunia yang digelar tiap tanggal 11 November. Momentum untuk memperkenalkan merek-merek Indonesia ini merupakan salah satu hasil […]
  • Burung Kuau Besar Maskot Hari Pers Nasional 2018

    Burung Kuau Besar Maskot Hari Pers Nasional 2018

    Peringatan Hari Pers Nasional 2018 diadakan di kota Padang, Sumatera Barat. Burung Kuau Besar Kuau Raja (Argusianus argus) merupakan mascot Provinsi Sumatera Barat. Keunikan dan kemilaunya bulunya  yang kembang serta pena juga mengambarkan dinamika Pers Indonesia saling sinergi dalam keaneka ragaman budaya dan keindahan pesona wisata Indonesia termasuk di Sumatera Barat, untuk layak dikunjungi dan […]
  • Pemprov Banten Selesaikan Inventarisasi Aset SMA/SMK 2018

    Pemprov Banten Selesaikan Inventarisasi Aset SMA/SMK 2018

    Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan menuntaskan inventarisasi aset terkait pelimpahan kewenangan SMA/SMK tahun 2018 ini agar tidak menjadi temuan BPK dalam LHP tahun berikutnya. Kepala DPKAD Provinsi Banten Nandy Mulya di Serang, Rabu mengatakan, dari hasil serah terima Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P3D) dalam rangka […]
  • Tour Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang Dulu 12 Jam, Kini Hanya 6 Jam

    Tour Perdana Tol Trans Sumatera: Bakauheni-Palembang Dulu 12 Jam, Kini Hanya 6 Jam

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno memastikan Tol Trans Sumatera bisa melayani masyarakat di libur lebaran 2019. Hal ini diungkapkan Rini saat melakukan perjalanan dari Lampung menuju Palembang yang dikemas dalam acara “Tour Perdana Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang” pada hari Jumat (24/5/ 2019). Perjalanan menuju Tol Trans Sumatera dimulai dari Pelabuhan Penyeberangan […]
  • Jack Ma: Tidak Hanya Perlengkapan Medis, Berbagi Pengalaman Penting untuk Kalahkan Covid-19

    Jack Ma: Tidak Hanya Perlengkapan Medis, Berbagi Pengalaman Penting untuk Kalahkan Covid-19

    Berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik, adalah hal yang krusial dalam usaha penanganan Covid-19, mengutip pernyataan Jack Ma (28/4) pada sesi livestream webinar medis yang mempertemukan sejumlah praktisi medis di Afrika dan Tiongkok untuk bertukar pikiran tentang metode-metode dalam penanganan penyebaran virus corona. Pendiri Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation ini melanjutkan, “Selama tiga bulan […]
  • Legenda Era 60-an Siap Dihidupkan Kembali

    Legenda Era 60-an Siap Dihidupkan Kembali

    Ford akan menghidupkan kembali model Mustang Mach 1, mobil yang pertama kali debut selama masa keemasan muscle car pada akhir 1960-an. Dilansir Driving, Minggu, Ford mengkonfirmasi kembalinya kendaraan untuk model tahun 2021 dengan mesin V8 5.0 liter. Namun, perusahaan otomotif AS itu menolak untuk merilis rincian spesifik mengenai kinerja, ketersediaan, dan harga yang akan ia banderol. Mustang […]
  • Vivo Hadirkan Vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019

    Vivo Hadirkan Vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019

    Sebagai rangkaian kampanye varian terbaru S-Series vivo S1 Pro, vivo Indonesia menghadirkan vivo S1 Pro Live Experience Tour 2019 pada Minggu (8/12) di Mega Bekasi Hypermall, Bekasi, Jawa Barat. Lewat kegiatan ini, vivo mengajak masyarakat Bekasi dan sekitarnya untuk mengenal lebih dekat dengan S-Series terbaru dari vivo bersama dengan salah satu Product Ambassador vivo Indonesia, […]

Tinggalkan Balasan