Kedai Mini Bintaro, Tempatnya Kuliner Padang & Malaysia yang Sulit Ditemukan di Tempat Lain

Masakan Padang? Hemm…tidak sulit kita menemukan berbagai resto atau gerai makan yang menyajikan berbagai menu masakan Padang. Jika kita berkendara dari mulai Sektor 1 sampai Graha Raya, kita akan menemukan berbagai resto Padang di mana-mana, termasuk juga yang berjenis warung tenda. Namun mungkin akan berbeda jika kita mencari kuliner-kuliner seperti Gulai Gajeboh, Soto Padang, Nasi Goreng Padang maupun Pete Kaca Mata. Dijamin Anda akan menemukan banyak resto atau gerai masakan Padang yang menggelengkan kepala saat Anda menanyakan mengenai menu-menu di atas.

Jika Anda ingin mencoba menu masakan Padang yang lain dari yang lain, di Kedai Mini Bintaro lah tempatnya. Gerai yang terletak di Jl. Maleo Raya, Bintaro Sektor 9 ini menyajikan menu-menu masakan Padang yang cukup langka. Letak Kedai Mini Bintaro berada di deretan ruko yang ditempati oleh Alfamart dan Indomaret Maleo Raya, Kedai Mini Bintaro menempati bagian pojok dari deretan ruko tersebut.

kedai_mini_info_bintaro_1

Penampilan Kedai Mini Bintaro cukup sederhana. Deretan meja kayu dengan kursi-kursi plastik akan menyambut Anda begitu memasuki Kedai Mini Bintaro. Tidak menggunakan AC, namun tempatnya tidak gerah walaupun pada siang hari yang terik, karena tempatnya yang terbuka dan dinanungi sebuah pohon besar. Semilir angin akan menemani acara bersantap Anda. Anda bisa mengakses wifi gratis di sini saat Anda bersantap yang disediakan oleh pengelola Kedai Mini Bintaro bagi pengunjung-pengunjungnya.

Kedai Mini Bintaro mulai beroperasi sejak 11 Desember 2015. Walaupun usianya baru setahun, namun pelanggan-pelanggan Kedai Mini Bintaro tidak hanya berasal dari Bintaro saja. Pelanggan-pelanggannya ada yang berasal dari Pondok Indah, Ciputat, Graha Raya dan BSD. Bahkan pelanggan dari Pondok Indah rutin datang dengan membawa rombongan. Mereka mengetahui Kedai Mini Bintaro karena mereka pernah mampir dan merasakan berbagai menu di sini. Dari situ, Kedai Mini Bintaro makin dikenal dari mulut ke mulut. Mayoritas pelanggannya berasal dari komunitas masyrakat Minang.

Jam bukanya dari pukul 08.00-21.00 setiap hari, kecuali hari Senin, Kedai Mini Bintaro libur. Kedai yang dimiliki oleh seorang profesional di sebuah perusahaan minyak asing ini menyajikan berbagai menu, namun penekanannya tetap masakan Padang dan Malaysia, karena pengalamannya tinggal cukup lama di Malaysia menginspirasinya untuk membuka satu gerai makanan yang cukup populer di Malaysia, yaitu masakan Padang maupun masakan Malaysia sendiri.

Jangan terfokus dulu dengan sebuah etalase besar yang menyajikan berbagai lauk dan sayuran sebelum Anda mencoba menu-menu andalan di sini. Menu-menu yang tersaji di etalase ini cocok bagi Anda yang ingin membungkus lauk atau sayuran untuk dibawa pulang.

kedai_mini_info_bintaro_2

Ambil contoh salah satu menu andalannya, Gulai Gajeboh. Gulai Gajeboh, atau sampade daging adalah masakan khas Sumatera Barat dengan bahan utama daging sapi. Bagian yang dipakai adalah punuk, dengan lemak tebal menempel di bagian daging. Perbandingan lemak dan daging pada gulai gajebo bisa 3:1. Semakin tipis bagian daging, rasanya semakin gurih. Potongan ‘lemak berdaging’ itu disajikan dengan kuah asam padeh yang sama sekali tidak menggunakan santan. Rasanya gurih, rasa gurihnya ditimbulkan kombinasi lemak sapi dengan kuah asam padeh yang kental. Hati-hati jika Anda penderita kolesterol tinggi.

Menu satu ini terhitung langka. Bila rendang merupakan masakan yang sangat populer tidak hanya di Indonesia, melainkan di dunia. Gulai Gajeboh ini sering dianggap sebagai kuliner Padang terpopuler ke-2 setelah Rendang. Namun sayangnya, kita sulit menemukan Gulai Gajeboh ini. Bahkan, konon di Jakarta pun, tidak banyak resto yang menyajikan Gulai Padeh yang bercitarasa asli Padang.

Menu-menu lainnya tidak kalah enaknya, seperti Soto Padang maupun Nasi Goreng Padang. Soto Padangnya sangat segar, terasa asam karena menggunakan cuka bukan asam atau jeruk. Namun cita rasa asli masakan Padang justru terasa, karena umumnya masakan asal Sumatera lebih banyak menggunakan cuka ketimbang asam, seperti di Jawa. Soto Padang ini dapat disantap dengan nasi atau lontong sebagai temannya. Nasi Goreng Padang sendiri sangat ‘tasty’, cukup berbeda dengan nasi goreng yang biasa kita temukan yang dominan manis dan sedikit pedas. Pedasnya Nasi Goreng Padang menggunakan cabe merah. Kalau ingin menikmati Nasi Goreng Padang yang asli sebaiknya Anda minta dibuatkan yang pedas rasanya.

Untuk menu non Padang yang menjadi rekomendasi adalah Bakso Sapi Asli Kedai Mini. Menu satu ini merupakan kreasi dari Kedai Mini Bintaro yang terinspirasi dari Bakso Sapi yang cukup pupuler di Kebayoran Lama. Baksonya sangat terasa daging sapinya. Biasanya menu bakso menggunakan mie kuning, namun Bakso Sapi Asli Kedai Mini menggunkan bihun. Tambahan irisan lobak membuat menu satu ini sangat segar, apalagi kuahnya menggunakan kaldu rebusan daging.

kedai_mini_info_bintaro_3

Untuk menu Malaysia yang menjadi favorit dari pengunjung di sini adalah Roti Canai. Roti Canai (Cane) adalah menu Melayu yang mendapatkan pengaruh dari India. Pilihan untuk Roti Canai cukup beragam dari mulai Polos, Kuah Kari, Keju, Coklat, Susu dan Telur. Roti Canai di sini disajikan dengan menggunakan wadah piring logam besar, yang memang dibeli di Malaysia. Cukup unik.

Untuk menemani makan, Anda bisa memesan Teh Tarik. Teh Tarik yang juga berasal dari Malaysia, di Kedai Mini Bintaro disajikan dengan menggunakan susu evaporated, berbeda dengan kebanyakan teh tarik di tempat lain yang menggunakan susu kental manis. Penggunaan susu exaporated ini membuat teh tarik di sini terasa lebih segar, namun tidak mengurangi rasa tehnya sendiri. Rasa tehnya tidak ‘hilang’, tertutup oleh rasa susunya.

Kedai Mini Bintaro juga menerima pesanan untuk berbagai acara seperti arisan, pernikahan dan berbagai acara lainnya. Selain itu, Kedai Mini Bintaro juga menerima pesanan di tempat pelanggan, maksudnya Kedai Mini Bintaro akan mempersiapkan berbagai menu di rumah atau gedung dari pelanggannya. Untuk memesan, pesanan minimum 50 orang. Tak hanya itu, Kedai Mini Bintaro juga menjual Bolu Kukus Meranti. Untuk delivery order di Kedai Mini Bintaro juga dapat menggunakan layanan GoFood.

Untuk pemesanan langsung, Anda dapat menghubungi 0859 4633 3132.

Instagram : @kedaiminibintaro. Website : www.kedaimini.com

 

(ES)

One Thought to “Kedai Mini Bintaro, Tempatnya Kuliner Padang & Malaysia yang Sulit Ditemukan di Tempat Lain”

  1. Padang food is the most delicious food in the world!

Leave a Comment